MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Cara Meningkatkan Brand Image

Cara Meningkatkan Brand Image
Add Comments
13 March 2022

Bagi pemilik merek dagang, brand image bukan hanya sekadar pencitraan semata tetapi jauh lebih dari itu. Brand image akan menjadi representatif produk atau jasa yang dimiliki untuk kemudian dikenal dan dipahami oleh konsumen.

Cara meningkatkan brand image
Buat para pemilik usaha, mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan harus memiliki brand image agar pastinya dikenal oleh masyarakat. Bagi sebagian lainnya, bisa jadi hanya fokus terhadap bagaimana meningkatkan penjualan tanpa memperhatikan brand image. Padahal, brand image itu adalah bagian dari satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari penjualan.


Terus, apa itu brand image?

Meskipun brand image adalah saduran kata dari bahasa Inggris dimana brand berarti merek dan image berarti citra. Sehingga jika dibuat dalam satu kesatuan, maka brand image adalah persepsi terhadap suatu merek di mata konsumen. Atau brand image bisa juga diartikan sebagai bagaimana konsumen menilai atas merek dagang tertentu.


Jadi, penting banget kan ya suatu brand image tersebut untuk dikenal dan diketahui maksud tujuannya agar konsumen tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Ujung-ujungnya pastinya bakal meningkatkan penghasilan.

Nah, agar brand image itu dekat dengan konsumen maka penting untuk mengetahui cara meningkatkan brand image. Apa saja itu?


1. Pahami apa yang ditawarkan dan keunggulannya

Untuk meningkatkan awareness atas produk yang ditawarkan maka paling penting adalah memahami produk atau jasa yang ingin  dipasarkan sehingga mudah dalam menentukan target konsumen. Jika saat ini produk yang ingin ditawarkan sudah memiliki saingan maka penting untuk menonjolkan keunggulan yang dimiliki melalui desain logo menarik dan eye catching hingga pembuatan tagline yang gampang diingat.

Penggunaan logo dan pemilahan tagline pastinya bakal memberikan efek psikologis terhadap siapapun yang melihatnya. Ujung-ujungnya adalah memberikan efek berantai sehingga merek kita dikenal dan dipahami oleh konsumen.

 

2. Perluas jaringan pemasaran

Pernah dengar kalimat, “lebih dekat lebih baik”. Ternyata kalimat ini sangat membantu loh dalam meningkatkan brand image. Kebayang kan ya, kalau produk saat ini hanya bisa didapatkan di supermarket ternama doang itu pun hanya di kota besar dibandingkan dengan jika produk saat ini bisa didapatkan di minimarket hingga warung kelontong.

Jika melihat dua case di atas, jelas untuk meningkatkan brand image perluasan jaringan pemasaran bakal memberikan dampak lebih besar dibandingkan dengan hanya di tempat tertentu saja. Kemudahan dalam menemukan produk atau jasa bakal memberikan efek luar biasa terhadap konsumen dalam mengingat merek dan produk yang ditawarkan.

Hal ini juga berlaku untuk jasa. Jika gerai atau counter jasa tersebar di berbagai daerah maka orang-orang akan lebih gampang mengenal brand tersebut.

 

Perluasan jaringan pemasaran
Perluasan jaringan untuk meningkatkan brand image

3. Manfaatkan teknik promosi yang tepat

Promosi sudah sedari dulu dikenal sebagai salah satu cara dalam meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan brand image. Melalui promosi, para pemilik merek dagang menampilkan produk dan brand yang ingin ditawarkan.

Tetapi penting juga untuk diketahui bahwa, memilih teknik promosi yang tepat akan membantu dalam meningkatkan brand image. Jangan sampai, promosi yang ada malah membuat pesan tersebut tidak ter-delivery ke konsumen.

Pemilihan bahasa, ilustrasi dan audio visual dalam pembuatan promosi sangat penting agar tidak terjadi miss-informasi. Jika hal ini dilakukan dengan tepat maka lambat laun brand image pastinya bakal lebih meningkat.

 

promosi dalam meningkatkan brand image
Promosi bertujuan untuk meningkatkan awareness brand yang dimiliki

4. Kolaborasi dalam membangun citra

Pernah lihat kan ya, suatu produk disampaikan oleh artis ternama? Atau melihat banyak influencer menggunakan produk tertentu. Fenomena ini adalah salah satu contoh kolaborasi dalam membangun citra suatu brand.

Sebagai contoh, seperti yang dilakukan oleh JNE sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman. Kerennya, JNE berkolaborasi dengan Ario Anindito dalam menciptakan seragam kurir yang ikonik dan pastinya lebih fresh.

Seragam kurir JNE

Kiri depan Bapak Jontri Kusnanto (Head of National Operation Dept) Kanan depan Bapak  Ayung Prasetio (Head of Human Capital) Kanan Belakang Bapak Edi Santoso ( Director of JNE) Tengah Bapak M. Feriadi (Presiden Direktur JNE)



Seperti yang diketahui bahwa, Ario Anindito ini adalah seorang professional komik artis. Karyanya sudah mendunia dan dipercaya oleh banyak perusahaan hiburan besar di Amerika. Sebut saja Marvel, DC dan lainnya. Terus hubungannya dengan lini produk dan jasa JNE seperti apa? Kok bisa berkolaborasi.

Seragam Kurir JNE


Jadi gini loh. Tahu kan ya, kalau mendengar kata “paket” di depan rumah itu pasti yang teringat pertama kali adalah kurir JNE. Berdasarkan aktivitas seperti ini lah, Ario Anindito terinspirasi untuk menciptakan karakter ksatria JNE bernama Joni Super Kurir. Karakter ini tidak terlepas dari peran kurir JNE yang selalu berusaha mengirimkan paket tepat waktu di tangan yang tepat pula.

 

Menurut Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto, dalam sambutannya saat peresmian seragam ksatria JNE X Ario Anindito mengatakan, “sesuai dengan tagline JNE yaitu Connecting Happiness. Dimana penggambaran ksatria JNE bukan hanya mengantarkan paket saja, tetapi lebih jauh dari itu. JNE juga pastinya harus dapat memberikan manfaat seluas – luasnya bagi masyarakat”.

 

Apalagi, JNE merupakan perusahaan asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 1990 dan berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. Dengan kolaborasi ini, JNE turut bangga dan mengapresiasi karya anak bangsa. Ke depan, kolaborasi seperti ini dapat turut mewarnai cerita JNE untuk terus mengantarkan kebahagiaan di masyarakat sesuai dengan nilai-nilai JNE.

Konvoi seragam JNE
Pelepasan Konvoi Seragam JNE


Seragam JNE X Ario Anindito ini akan resmi digunakan di Jakarta mulai tanggal 12 Maret 2022 khusus di hari Sabtu dan Minggu dan secara bertahap akan digunakan pada seluruh cabang JNE se-Indonesia.

So, melalui kolaborasi yang JNE lakukan bisa menjadi contoh buat para pemilik brand lainnya dalam upaya meningkatkan brand image sehingga lebih dikenal oleh masyarakat.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.