MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Sukses Bisnis Online, Pahami Ur Passion dan Tipsnya

Sukses Bisnis Online, Pahami Ur Passion dan Tipsnya
Add Comments
13 November 2020

 

“Kak, saya ingin bisnis online. Lumayan, bisa nambah-nambah penghasilan dari kerja sekarang. Apalagi, saya suka dengan fashion artis-artis gitu. Terus kalau di kota sini, belum banyak yang jual produk fashion ala artis”

 

Begitu lah kiranya, percakapan adik saya ketika mengutarakan keinginannya untuk memulai bisnis online. Meskipun memang dia sudah kerja, tetapi ternyata dia memiliki keinginan untuk berbisnis. Apalagi di tahun 2020, dimana pandemi melanda. Sudah pasti, bisnis online bisa jadi salah satu sumber penghasilan.

Tetapi, memulai bisnis online bukan hanya semata keinginan saja. Banyak hal yang perlu diperhatikan. Begitupun dengan adik saya. Sebelum memulai bisnis fashion yang sekarang digeluti, pastinya sudah riset dulu.

Awalnya sih, berawal dari berbagai acara fashion show di TV. Bahkan saking seringnya melihat dunia fashion dan tren yang berkembang saat ini via televisi, adik saya sering menjahit baju sendiri sesuai selera dan model yang dilihat dari TV tersebut. Semua itu berlangsung begitu saja, tanpa ada yang menggurui.

Memang sih, kata orang, bisnis itu harus dijiwai. Bakal sulit, jika tidak memiliki jiwa bisnis untuk memulai. Nah, mungkin agak sedikit berbeda dengan adik saya. Memulai bisnis online, bukan karena memiliki jiwa bisnis tetapi lebih ke arah memiliki passion dalam fashion.

 

Buat yang ingin sukses bisnis online, berikut tips yang bisa diterapkan agar menghasilkan cuan.

Sukses bisnis online bisa dimulai dari passion

Seperti yang disampaikan di awal tadi bahwa passion bisa menjadi salah satu rahasia untuk memulai bisnis online. Sebenarnya sih, apa pun passion kita jika dikemas secara kreatif dan inovatif pastinya selalu saja bisa menghasilkan cuan. Ada banyak keuntungan, jika kita melakukan bisnis sesuai passion. Salah satunya adalah, lebih nyaman untuk dilakukan karena tidak ada paksaan atau intervensi dari luar. Selain itu, yang namanya passion sudah pasti lebih dikuasai dan digemari.

 

sukses-bisnis-online
Passion bisa jadi modal awal bisnis online

Pahami pangsa pasar

Salah satu kiat sukses bisnis online adalah memahami pangsa pasar. Sama seperti bisnis yang lainnya, pangsa pasar atau target pasar akan membuat kita lebih jelas dalam melakukan kreasi barang dagangan.

Jika, pangsa pasarnya adalah para milenial yang cenderung dinamis sesuai perkembangan tren maka barang dagangan harus juga dinamis. Dinamis disini bukan berarti barang dagangannya berubah-ubah, tetapi lebih ke arah kreasi barang yang mengikuti selera pasar.

Contohnya untuk bisnis fashion, jika yang dijual awalnya adalah baju dengan potongan reguler fit padahal para milenial sekarang lebih senang dengan baju potongan slim fit. Jelas sekali bahwa, tren baju yang akan diproduksi sudah passti mengikuti selera pasar yaitu slim fit.

 

Produk unik dan berkarakter.

Pernah kan, ketika melihat suatu produk fashion langsung tahu bahwa produk tersebut belinya di butik X atau di toko Y. Hal yang sama juga berlaku jika ingin sukses dalam bisnis online.

Pemilihan produk unik dan berkarakter menjadi salah satu tips sukses bisnis online karena menjadi salah satu selling point memilih untuk membeli. Penting sekali untuk memahami bahwa setiap produk untuk bisa bersaing adalah keunikan produk tersebut. Pemilihan warna, tipe kain dan model kekinian adalah salah satu bagian yang bersinergi untuk menciptakan produk unik dan berkarakter.

Bahkan jika harus menjadikan artis idola sebagai trend fashion, itu sah-sah saja. Hanya perlu untuk dipertimbangkan model serupa tetapi berbeda dengan tetap memasukkan unsur karakter yang diinginkan.

 

Pemanfaatan packaging sebagai media promosi

Apa yang terlintas, jika membahas tentang packaging produk? Pastinya hanya sebagai media pembungkus produk kan. Nah, salah satu trik sukses bisnis online adalah membuat packaging sebagai media promosi bukan hanya sekadar wadah pembungkus saja.

Salah satu cara sederhana memanfaatkan packaging sebagai media promosi adalah dengan melakukan perubahan fungsi yang awalnya mungkin hanya plastik biasa diganti menjadi kemasan totebag dengan mencantumkan info toko dan detail contact.

Jelas sekali bahwa, jika totebag ini digunakan oleh para Sis kesana kemari, akan menjadi media promosi berjalan tanpa harus mengeluarkan uang untuk promosi. Itu lah poin pentingnya dalam memanfaatkan packaging.

 

Gunakan media sosial dan optimalkan promosi online

Bisnis online tetapi tidak punya media sosial? Uups. Ayo, mulai lah untuk membuatnya.

Siapa sih, sekarang yang tidak memiliki Facebook atau Instagram. Dua media sosial ini menjadi salah satu sarana promosi terbaik sekaligus murah karena tidak perlu face to face.

Pahami golden time dalam melakukan postingan produk untuk mendapatkan interaksi terbaik dengan para Sis. Pastinya pemilihan cara penyajian produk dan kemudahan dalam memahami produk adalah poin penting yang perlu diperhatikan jika memilih menggunakan media sosial.

 

Memilih e-commerce yang tepat.

Bisnis online tidak terlepas dari keberadaan e-commerce selain memanfaatkan media sosial yang dimiliki. Ada banyak e-commercial saat ini beredar, semua memiliki keunggulan dan karakter masing-masing.

 

tips-bisnis-online
Sistersel dengan konsep social selling



Tetapi memang, sangat penting untuk memahami bahwa memilih e-commercial yang tepat pastinya akan membantu dalam meningkatkan omzet penjualan. Salah satu e-commercial yang menawarkan berbagai manfaat dan kemudahan dalam menjalankan bisnis online adalah Sistersel.

Mau tahu apa saja manfaat memilih Sistersel sebagai media e-commercial untuk bisnis online, langsung saja simak penjelasan berikut:

A) Sistersel menghadirkan business coach (BC)

Business coach (BC) menjadi salah satu keuntungan yang ditawarkan ketika tergabung dengan Sistersel. Tidak tanggung-tanggung, Sistersel BC dimentori oleh para coach yang sudah ahli dalam dunia wirausaha. Para siswa yang sudah tergabung dengan sistersel, tinggal memilih BC berdasarkan lokasi atau bisa juga berdasarkan nama.

Setelah memilih BC, maka bisa langsung melakukan konsultasi bisnis secara real time mulai dari kendala, proses pemasaran hingga cara pendekatan dengan para Sis. Semuanya dilakukan secara online. Menarik bukan?

 

business-coach-sistersel

B) Pemilihan mekanisme penjualan yang fleksibel

Ketika selesai melakukan registrasi di Sistersel maka sudah otomatis menjadi siswa sehingga bisa langsung melakukan bisnis online. Ada beberapa mekanisme penjualan yang layak untuk dicoba yaitu sistem reseller (stock) atau dropshipping. Fleksibilitas penjualan seperti ini sangat sesuai buat para murid yang belum memiliki produk tetapi ingin memiliki bisnis online.

 

C) Produk yang sudah pasti original

Pernah beli produk tetapi kecewa dengan barang yang datang karena tidak original. Nah, di Sistersel semua produk dijamin original. Jadi tidak ada lagi kekhawatiran barang KW. Hal ini sangat penting, karena kualitas barang akan menentukan keberlangsungan repeat order.

 

D) Menghasilkan uang dari rumah

Menjadi bagian dari Sistersel dengan gaya penjualan social selling sudah pasti bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghasilkan uang dari rumah. Apalagi ketika pandemi seperti ini. Dengan memilih berbagai produk yang beraneka ragam tanpa perlu memiliki produk terlebih dahulu, maka semua bisa menghasilkan uang. Hanya bermodalkan aplikasi Sistersel.

 

Saatnya menjalankan bisnis online dari rumah dengan menerapkan tips dan trik sukses tersebut sesuai lifestyle kita. Sekarang, tidak ada lagi keraguan memulai bisnis untuk mendapatkan penghasilan hanya dari rumah.

Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.

  1. Keren nih Sistersel adain business coach, bermanfaat banget buat yang ingin menghasilkan uang dari rumah, terlebih di masa pandemi sekarang kan ye, di mana banyak yang nganggur, ketimbang berlama-lama nganggur, mending bikin usaha dengan sistersel :)

    ReplyDelete
  2. Kalau ada bisnis coachnya pasti akan lebih mudah ya kak, aku jadi tertarik menjalankan sistersel juga ^^ terima kasih informasinya yah kak.

    ReplyDelete
  3. Wah, mantap nih adiknya Mas Taumy. Pandai memunculkan fashion ala artis bahkan sampai pakaiannya dijahit sendiri. Semoga sukses bisnisnya.

    Ah ya, sistersel ini punya shopie paris bukan ya?

    ReplyDelete
  4. passion beneran jadi kata kunci untuk memulai segala sesuatu termasuk bisnis online ini ya kak, apalagi ini sangat simpel, bisa dijalankan dirumah dan dibimbing coachnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat. Passion itu seperti kunci dan penggerak, selain modal tentunya.

      Delete
  5. Penasaran dan pengen banget belajar bisnis online tapi masih bingung mau jualan apa hehee

    ReplyDelete
  6. Bisnis harusnya dijiwai ya dan paling asyik sih kalau bisa berbisnis dari yang memang disukai.

    ReplyDelete
  7. Keren banget loh ada business Coachnya, padahal dimana2 yg seperti ini pelatihannya mahal. baru tahu soal sistercell ini, manfaatnyabanyakkk

    ReplyDelete
  8. Bener setuju banget nih, kalau dari passion ngejalaninnya enjoy banget, ga ada perjuangan maksa maksa in diri. Bakalan semangat dan ga mudah jatuh bila gagal.

    ReplyDelete
  9. Bener setuju banget nih, kalau dari passion ngejalaninnya enjoy banget, ga ada perjuangan maksa maksa in diri. Bakalan semangat dan ga mudah jatuh bila gagal.

    ReplyDelete
  10. Memang asik sih kalo berbisnis (atau apa pun) sesuai passion. Lebih bisa menjaga semangat.

    ReplyDelete
  11. penasaran sih sama si sistercell. sepertinya aku harus mengenal mereka lebih dalam, supaya kau lebih berani terjun bisnis online

    ReplyDelete
  12. berbisnis sih baiknya melakukan hal yang kita mahir dan sudah kita jalankan...art least tau dulu sebelum terjun. Jadi punya passion, klo ikut arus aja atau faktor ikut2an...jamin gak bakal jalan lama

    ReplyDelete
  13. Bisnis online saat ini berkembang pesat banget dan memang jadi penghasilan tambahan dan utama buat seseorang yang memang passionnya luar biasa di sini. Nah, selama bisinis online salah satu packing adalah yang terpenting.

    ReplyDelete
  14. Sistem social commerce ini sangat unik. Saya beberapa kali membaca keunggulannya. Hanya saja belum ada waktu untuk gabung dan mempelajarinya

    ReplyDelete
  15. Peluang baru nih, bagi para Sis. Karena Sistersel sangat bisa disesuaikan. Misalnya bisa buat katalog sendiri. Jadi produk-produk yang akan dijual, bisa disesuaikan sendiri, yang brand sendiri sudah terkenal, misalnya dari Sophie Paris. Ada sistem pelatihan lagi.

    ReplyDelete
  16. Kalo udah passion, memang benar mas, mau lambat atau cepat insya Allah pasti menghasilkan. Salah satu alasannya karena kita menjalaninya karena kita suka. Beda dengan jalan hidup atau karier yang dipaksakan karena ikut-ikutan orang lain.

    Buat yang memang udah tahu arahnya kemana, passionnya di mana, pas banget kalo mencari pendampingan dan business coach dari profesional. Saya baru tahu ini Sistersel.

    ReplyDelete
  17. Aku juga merasakan nih terjun di bisnis online tuh nggak selalu berjalan mulus. Apalagi kalo barang online kita yg mau beli tetangga yg gak mau bayar ongkir hahaha

    ReplyDelete
  18. Selain uang untuk modal bisnis online. Bisa dikatakan passion lebih penting sbg modal utama ya. Sebab kadang itu bisnis ada suka citanya, ya kalau sudah sesuai passion kita bisnisnya pasti kita ngerasa jadi seneng terus ya.

    ReplyDelete
  19. Ternyata sistersel bagus juga ya. Selain membuka peluang usaha bisnis online juga ada business coachnya.

    ReplyDelete
  20. Terbukti sister sel peduli terhadap para sellernya ya mas.. hingga Sistersel menghadirkan business coach (BC).
    Jadi para seller semuanya belajar bagaimana berbisnis dengan baik.

    ReplyDelete
  21. kan aku jadi penasaran ya sama sistersel
    habisini tak bukak dan bikin profil ah
    kali aja ya rejekiku terbuka lewat sistersel, hoho

    ReplyDelete
  22. Menarik sekali ini Sistersel, bisnis online dengan gaya penjualan social selling, Makin mudah jadinya menjalankan bisnis online dari rumah dengan menerapkan tips dan trik sukses tersebut sesuai lifestyle kita.

    ReplyDelete
  23. Baru dengar saya ttg sistersel ..bagus ya dan saya jadi kepo donk..emang nih bisnis fashion kata orang Betawi bilang gak ade matinye..walaupun produknya berputar mengikuti trend tapi tetetp ada aja penggemar berbagai model nya..semangat ya bisnis online nya

    ReplyDelete
  24. setuju mas, klo emang mau berdagang atau menjalankan bisnis ya harus sesuai passion biar terus semangat dan hepi ngejalaninnya, dan ga putus di tengah jalan gitu, apalagi sekarang udh banyak platform e-commerce kaya sistersel dan bisa maksimalin digital marketing via sosmed yaaa

    ReplyDelete
  25. bisnis online di era sekarang bukan lagi jadi pilihan melainkan keharusan ya, berbekal ilmu basic digital marketing dan diterapkan juga konsisten bisa menghasilkan

    ReplyDelete
  26. Sekarang bisnis online semakin banyak dan juga UMKM nya sejak pandemi ini. Bahkan, sudah berkembang daru dulu sebelum pandemi.

    Btw, baru tahu saya dengar sisterser. Panduan bisnisnya jadi paham dan juga lumayan gampang-gampang susah kalau mau jalanin bisnisnya, yang penting harus berusaha dan niat untuk berbisnis untuk mendapatkan penghasilan,

    Semangat bagi yang berbisnis dan juga para UMKM, semoga sukses

    ReplyDelete
  27. Bagus kiat dan tips fashion secara online. Juga bisnis Sistersel, yang saya masih bingung apakah model bisnis ini franchise atau apa?

    ReplyDelete
  28. Sistersel menggiurkan juga nih hehe. Apalagi kondisi pandemi gini, mau bisnis online fashion masih maju mundur tadi nya. Semoga dgn hadirnya Sistersel bisa membantu yah mas ;)

    ReplyDelete
  29. Jadi adiknya Mas sekarang udah jadi member Sistersel juga ya?
    Ikut bisnis dengan Sistersel nanti pengalamannya sharing juga ya... Biar banyak masukan nya nih kalau sumbernya dari yg udah pengalaman...

    ReplyDelete
  30. Mas Taumy tahu banget soal Sistersel ya. Sudah jualan apa di Sistersel, Mas? :)

    ReplyDelete
  31. Ya mulai dari passion itu kadang cocok untuk yang baru mau mulai. Tapi ke depannya, untuk menggapai profit yang lebih tinggi, fokus pada apa yang orang butuhkan, bukan lagi pada apa yang kita sukai.

    ReplyDelete
  32. Bener juga sih. Kalau gda passion emang berat sih. Karena kalau bisnis online itu kuncinya memang harus konsisten ya.

    ReplyDelete
  33. kalau passionnya dii fashion sepertinya cocok banget gabung disini ya kak, apalagi kalau diberikan coaching , pasti makin sukses lagi deh

    ReplyDelete
  34. Hebat nih Sistersel ngasih solusi untuk yang butuh penghasilan tambahan tanpa ribet
    Asal mau tekun dan menerapkan apa yang diajarkan business coach, pasti berhasil

    ReplyDelete
  35. wah iya banget mas taumy, saya juga sukanya kalo beli baju online yang dapat totebagnya nih, hihi mayan masih kepake buat belanja kan.

    eh sistersel ini baru kah? menarik juga programnya, ada pelatihan yang diawasi sama mentor2nya juga, jadi bisa makin berkembang nih

    ReplyDelete
  36. Business Coach itu sepertinya fitur berbayar yah ...

    ReplyDelete
  37. Semakin mudah ya kalau ingin memulai bisnis online dengan hadirnya Sistersel ini, dan iya, sebisa mungkin melakukan bisnis harus yang sesuai passion supaya makin asik jalaninnya. Bagusnya lagi di Sistersel ini ada Coach-nya, wah jadi pengen tahu lebih banyak lagi deh :)

    ReplyDelete
  38. Hari gini mau bisnis online udah lebih gampang ya. Tapi herannya, hari gini masih banyak aja yang beranggapan kalo megang hape dan beraktivitas online itu kegiatan nirfaedah yang cuma buang waktu. Kagak tau die, sekenceng apa perputaran uang di bisnis online :))

    ReplyDelete
  39. Lagibhype banget nih Sistersel. Sistem dropship memudahkan sekali. Aku baru tahu ternyata ada coaching nya juga. This is what beginners need!

    ReplyDelete
  40. Packaging produk yang menarik akan membuat pembeli suka dan betah karena produk yang ia beli terjaga kondisinya. Soalnya daku sebagai pembeli demen begitu hehe

    ReplyDelete
  41. Mencari atau menciptakan produk yang berkarakter ini memang susah2 gampang ya..saya belum nemu juga nih mungkin harus fokus lebih dalam lagi untuk mendapatkannya...

    ReplyDelete
  42. Nah bener, bisnis sesuai passion biasanya lebih cepat berkembang karena menjalaninya dengan perasaan suka cita dan ga merasa terbebani. Apalagi kalau ditunjang dengan adanya business coaching, makin melesat deh. Semoga sukses ya adeknya berbisnis online

    ReplyDelete
  43. Salut sih dengan adiknya yang punya side job sesuai passion lagi. Semangat kak !

    Apalagi dengan adanya e-com Sistersel, jadi memperluas market penjualan. Terbaik sih :)

    ReplyDelete
  44. aku setuju,,,passion dapat membentuk kemampuan kita untuk berinovasi. Jadi kerja yg kita jalanin juga ga stuck

    ReplyDelete
  45. menurutku, selain passion juga harus punya grit dan konsisten supaya bisa mencapai tujuan dan kesuksesan

    ReplyDelete
  46. Semakin banyak ya e-commerce yang membantu pelaku usaha online untuk memasarkan produknya

    ReplyDelete
  47. Perkembangan bisnis online memang semakin pesat ya. Adanya e-commercial memang membantu untuk proses penjualan. Nah, jadi tahu ada Sistersel nih.

    ReplyDelete
  48. Saya baru tau nih soal Sistersel, kerennya lagi ada business coach nya. Saya tertarik banget buat gabung berhubung pernah punya pengalaman gagal di bisnis pakaian.

    ReplyDelete
  49. Passion ini ngebantu bgt klo usaha lgi drop, jdi motivasi tersendiri... apa sistersel ini khusus barang2 cewek aja ya?

    ReplyDelete
  50. Wah, menarik srkali ini siatershel. Kalau mau terjun ke dunia usaha memang sebaiknya ada pembimbing atau coach, bisa belajar marketing dan kalau ada apa2 biasanya diarahkan

    ReplyDelete
  51. lagi masa pandemi gini, harus pandai berkreatif, termasuk dagang Bisa tetep dapat penghasilan walaupun di rumah aja..
    Saya juga suka jualan online pakaian, sesuai dengan biasa dikenakan. Biar dagangnya nggak mudah bosan

    ReplyDelete
  52. apa aja dicoba deh pokoknya ya kak, yang penting bisa jadi usaha dan harus sabar serta konsisten tentunya. ini PR jga sih buat ku.

    ReplyDelete
  53. udh enak ya bisnis jaman sekarang bisa lewat online dimana aja dan kapan aja, yg penting konsisten :)

    ReplyDelete
  54. Betul ini bisnis online harus dipikirkan matang-matang, karena saingan juga banyak, jadi harus makin pintar dan kreatif .

    ReplyDelete
  55. Hai kak...
    Aku juga tertarik dengan fashion bisnis ni..
    Aq jadi tertarik dengan cerita ending adiknya ..

    ReplyDelete
  56. Saya dapat terus nih email dari sistersel ehehe. Pas baca tulisan ini jadi kepo dan bukain lagi email email tsb.

    ReplyDelete