MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Oli Pertamina Enduro: Oli Motor Terbaik untuk Motor Matic Zaman Sekarang

Oli Pertamina Enduro: Oli Motor Terbaik untuk Motor Matic Zaman Sekarang
Add Comments
28 February 2020
“Katanya oli motor terbaik, baru 15 hari ganti oli bunyi mesin sudah tidak nyaman” seloroh suara ini aku dengar samar-samar dari tempat tinggalku.


Jalanan masih lembab, bekas hujan semalam. Beberapa pasir halus dan kerikil berserakan dipinggir gang berukuran 2 meter. Dempetan rumah tanpa pekarangan sempurna berjejer di sisi kiri dan kanan gang. Hampir setiap rumah, membariskan motor matic yang dimiliki tepat disetiap sisi gang. Teratur dan terisi berdasarkan waktu kedatangan pemiliknya. Di gang buntu kawasan Tebet ini lah, aku bertetangga dengan Pak Syaiful. Pria paruh bayah yang suaranya aku dengar barusan. Saat ini, keseharian beliau, kerja sebagai pengemudi ojek daring.

“Pagi Pak. Sudah siap-siap saja nih Pak” sapaku ke Pak Syaiful yang sedang melap sisa air hujan di motor matic kesayangan beliau. “Iya nih mas. Pagi ini mau ke bengkel dulu. Ingin ganti oli motor matic, sebelum mulai ngojek,” jawab beliau sambil tersenyum.


Meskipun umur beliau sudah hampir masuk kepala lima. Tetapi semangat kerja yang tidak kenal lelah demi istri dan dua orang anaknya membuatku takjub. Bahkan diwaktu senggang, ketika aku pulang kerja, kami sering ngobrol bersama. Mulai dari kondisi Jakarta, info yang lagi nge-trend diberita hingga membahas tentang oli motor terbaik.

Percakapan ringan dan hangat hampir setiap hari kami lakukan. Meskipun terkadang aku pulang malam karena lembur kerja di kantor. Begitupun juga dengan beliau yang biasa tetap melayani pelanggan melalui aplikasi di gawai, hingga larut malam. Dari beliaulah, aku mengenal dan memahami betapa kerasnya mencari rejeki dijalanan ibukota.

Oli motor matic Enduro


Apalagi tantangannya ditambah karena kondisi cuaca. Jakarta jika musim kemarau, panasnya benar-benar menyengat tubuh. Tetapi, jika musim hujan seperti saat ini, bisa banjir dimana-mana. Padahal, setiap hari beliau menempuh jarak sekitar 100 kilometer lebih untuk hilir mudik menerima dan memenuhi pesanan dari pelanggan berbasis daring. Macet jalanan, layaknya sahabat buat beliau. Bukan lagi menjadi hambatan. Karena mau tidak mau, kemacetan pasti ditemuin. Tinggal harus sabar dan tetap fokus mengendarai kendaraan matic miliknya.

Baginya, motor matic kesayangan ibarat istri kedua. Butuh untuk dijaga, dipahami dan dirawat dengan baik. Salah satunya adalah pemilihan oli motor matic untuk menjaga agar mesin motor tetap prima. Keluhan beliau pagi tadi bahwa suara motor sudah tidak nyaman, akhirnya memilih mengganti oli motor lama dengan oli motor terbaik Enduro dari Pertamina.

Jatuh hati pada informasi pertama

Sehari sebelumnya, ternyata Pak Syaiful mengenal oli Enduro melalui portal berita yang beliau baca disela waktu menunggu pesanan. Meskipun sudah paruh baya, bukan berarti beliau tidak update berita terkini. Nah, dari gawai beliaulah muncul pop up iklan oli motor terbaik Enduro. Layaknya cinta, bisa jatuh pada pandangan pertama. Begitupun dengan beliau, jatuh hati pada informasi pertama.

Oli motor matic terbaik Enduro
Informasi Enduro Matic-G 20W-40 pada portal detik.com


Dibacanya dengan saksama, hingga mata beliau berbinar. Disitu tertulis, “Oli motor terbaik Enduro Matic G 20W-40 mampu menjaga mesin hingga 7.500 kilometer”. Informasi ini meyakinkan beliau untuk mengganti oli motor matic lama dengan Enduro jika waktunya tiba. Eh, ternyata. Baru kemarin membaca informasi tentang Enduro, hari ini sudah harus ganti oli karena bunyi mesin yang sudah tidak nyaman.

Meskipun kemacetan Jakarta dimana-mana, ternyata beliau tetap senang menggunakan oli motor matic, Enduro. Karena salah satu kelebihan Enduro Matic G 20W - 40 adalah stabilnya kekentalan oli. Sehingga pada kondisi jalanan macet yang membuat mesin motor panas, oli Enduro tetap stabil kekentalannya dan pastinya kinerja mesin tetap terjaga.

 Dari motor matic hingga oli idola kendaraan

 “Mas, tahu tidak? Kalau motor matic ini sekarang ganti oli nya sudah lebih lama. Tidak seperti oli terdahulu. Baru 15 hari harus sudah ganti oli. Itu semua karena sudah menggunakan oli Enduro Matic G 20W-40 dari Pertamina. Oli ini sudah menjadi oli idola kendaraan matic zaman sekarang” begitulah ucapan Pak Syaiful memulai percakapan di minggu pagi.

Terkadang memang, jika tidak ada tema yang dibicarakan, Pak Syaiful lebih cenderung bahas tentang motor matic. Nah entah mengapa, hari ini beliau langsung bahas oli.

Aku mencoba mengingat, percakapan kami sebelumnya, ternyata memang benar. Beberapa bulan terakhir, Pak Syaiful sering ganti oli setiap 15 hari sekali. Pantesan saja, pagi ini beliau bahas tentang oli. Aku pun jadi penasaran dengan Oli Enduro. Karena minggu depan adalah jadwal ganti oli motor matic milikku.


Oli motor terbaik


Mengenal lebih dekat oli Enduro

Disela waktu istirahat kerja di kantor. Aku pun mengingat percakapan dengan Pak Syaiful hari minggu kemarin. Seketika itu pula, aku ketikkan ‘Oli Pertamina Enduro' dihalaman pencarian internet. Tujuannya hanya satu, mengenal lebih lanjut oli motor matic ini.

Beberapa informasi penting, aku dapatkan. Mulai dari material pembuatan yang berasal dari bahan baku sintetis dengan kekentalan lebih tinggi SAE 20W-40 hingga standar mutu yang digunakan.

Saat ini ternyata, oli motor matic Enduro sudah memenuhi standar mutu JASO MB yang merupakan standar mutu dari Jepang untuk motor matic 4 Tak.

Oli motor Enduro Matic G 20W-40
Kelebihan Oli Enduro Matic G 20W-40

Kerennya lagi, oli motor matic Enduro juga sudah memenuhi tingkat performance API  SL yang menjanjikan performa optimal untuk segala kondisi. Cocok untuk kondisi macet di musim kemarau hingga musim penghujan bersuhu dingin.

Jika musim kemarau, biasanya mesin akan panas sehingga menyebabkan oli encer, ternyata hal ini tidak terjadi pada oli Enduro Matic G 20W-40. Kekentalannya akan tetap stabil. Selain itu pula, kandungan Molybdenum (Mo) mampu meminimalkan gesekan mesin pada suhu dan kecepatan tinggi.

Terus jika musim penghujan dan suhu dingin, kekentalan oli Enduro tetap stabil juga sehingga akan melindungi mesin sejak pertama kali dihidupkan.

Aku bergumam dalam hati, “wajar saja jika Pak Syaiful menjadikan oli Enduro Matic G 20W-40 sebagai oli idola kendaraan beliau”. Semua kelebihan yang dimiliki membuat oli ini layak menjadi oli motor terbaik.

Ketika Enduro jadi oli idola kendaraan

Akhirnya, jadwal ganti oli motor matic kesayanganku yang sudah aku miliki sejak 6 tahun silam datang juga. Berbekal pengalaman dari Pak Syaiful dan informasi diinternet, aku memutuskan untuk menggunakan oli Enduro.

Masalah motor matic tua biasanya adalah presisi yang mulai berkurang. Untungnya oli motor matic Enduro cocok untuk digunakan. Karena kekentalan olinya mampu mengatasi presisi motor tua aku yang mulai renggang. Apalagi, harga oli ini sangat terjangkau, Rp 33.000 untuk kemasan 0,8 liter.

Oli motor terbaik Enduro


Wajar saja, jika Pak Syaiful menjadikan oli ini sebagai oli idola kendaraan beliau. Dengan berbagai kelebihan, harga pas dikantong dan cocok juga buat motor tua matic aku. Maka, mulai saat ini, oli Enduro aku labelin sebagai oli motor terbaik idola untuk perawatan motor matic.

Sekarang, aku yakin. Tidak akan ada lagi, teriakan Pak Syaiful ganti oli setiap 15 hari sekali. Apalagi masalah mesin cepat aus dan panas. Karena semuanya sudah teratasi bersama oli motor terbaik Enduro dari Pertamina.

Oli motor terbaik Enduro

Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.

  1. Buat saya, perempuan yang sangat kurang paham motor dan segala permesinannya.
    merawat motor itu penting, supaya ndak kenapa kenapa di jalan.
    Oli yang mengerti mesin motor pun termasuk yang berkepentingan ya kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener sekali. Nah,kalau motornya matic. Enduro matic ini, cocok sekali sebagai oli motor matic

      Delete
  2. Berarti kak Syaiful awalnya kena jebakan iklan yang katanya oli motor terbaik.. gak taunya cuma 15 hari udah ganti oli lagi ya..

    Syukurlah udah nemuin Enduro, jadinya lebih hemat karena jadwal ganti oli bisa geser hingga 7500km. Mantabb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah dari iklan itu lah, Pak Syaiful tahu kalau ada Oli Enduro yang bisa lebih lama jika dipakai

      Delete
  3. Untuk kendaraan,emang nggak boleh asal pilih ya produknya.
    Karena kualitas produk akan buat mesin kendaraan awet dan nggak cepat rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. memilih oli yang tepat seperti Enduro akan memperbaiki kinerja mesin motor

      Delete
  4. Biasanya aku suka kesal dengan pop iklan yang muncul tiba-tiba dan mengganggu kegiatan membaca. Eh, tapi dalam kasus Pak Syaiful, pop iklan malah membawa berkah ya. Beliau jadi tahu ada oli Enduro yang kualitasnya jauh lebih baik dari yang biasa beliau gunakan. Bebas deh dari setiap 15 hari ganti oli. Kan sebentar banget itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali, buat para pengemudi daring terkadang mereka menempuh jarak lebih jauh dibanding pegawai kantoran sehingga ganti olinya bisa lebih cepat. Nah, untungnya ada Enduro Matic, ganti olinya setelah jarak tempuh 7500 kilometer

      Delete
  5. Memang pekerjaan sebagai pengemudi online itu berat, tapi mau ga mau harus bias dijalani. Untungnya memang ada oli Enduro, jadi bisa lebih lama ganti olinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, sudah gitu harga olinya juga terjangkau.

      Delete
  6. aku tuh kok ga pernah merhatiin ya oli yg dipake apa 😀 padahal penting kan ya.

    ntar minta enduro deh ke mas bengkel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting sekali. Jangan sampai oli yang digunakan tidak bertahan lama. Yuk, pastikan menggunakan Enduro

      Delete
  7. meskipun aku kurang memahami seluk beluk perawatan motor, tapi aku mengerti lho kalau ganti oli ini penting. Setiap 2500 km kan kalau motor. Apalagi ini produk lokal kebanggaan Indonesia ya, produknya berkualitas lagi, bangga banget pakainya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. Ini Oli Enduro buatan anak negeri, kita harus bangga menggunakannya

      Delete
    2. Kalau di servis resmi, apakah kita bisa minta merek oli yang lain ya Mas? Kan biasanya sdh disediakan merk tertentu ya

      Delete
  8. wah enak nih pertamina mengeluarkan produk oli enduro matic, sekilas baca artikel ini. Oli enduro ini lumayan bagus juga buat kendaraan matic, kapan-kapan mau nyoba ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong Bang Oji. Enduro Matic ini sangat sesuia dengan iklim di Indonesia

      Delete
  9. Biasanya kalau ke bengkel buat ganti oli kendaraan saya cuma ngikut saja apa kata tukang servisnya. Setelah baca artikel ini saya harus memastikan oli yang digunakan enduro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Mulai sekarang, pastikan oli motornya jika ganti oli dibengkel adalah Enduro

      Delete
    2. Enduro memang mabteb, asli buatan anak negeri pula. Harus bangga..

      Delete
    3. Sama mba, saya juga gitu. Apa kata tukang bengkelnya aja olinya hrs gmn.
      Tp berikutnya sama mau nih pake enduro

      Delete
  10. Oli motor terbaik emang ya Oli Enduro ini. Banyak testimoni yg oke kok tentang oli yang satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Itu lah mengapa Enduro cocok untuk digunakan karena sudah terbukti kualitasnya.

      Delete
  11. Memang ada bau wangi yang tidak biasa, sih ya. Hmm....

    Saya kurang paham perolian. Suami yang handle semua. tapi bulan ini, tumben saya diajak beli dan ngetap oli. Katanya agar belajar dan nanti bisa menulis di blog.

    Ealah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Salah satu kelebihannya, wangi harum. Wah, kalau sudah terbiasa ganti oli, pasti seterusnya bisa. Jangan lupa, pakainya Enduro

      Delete
  12. suamiku yg paham soal motor. perawatannya pakai oli enduro juga. mesin jadi lebih awet katanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya. Bener sekali. Enduro memang oli terbaik

      Delete
  13. Kebetulan, pakai Enduro juga di Jogja. Awet. Motor jadinya.

    ReplyDelete
  14. Wah semoga semakin banyak yg terinspirasi juga yah mas dari kisah Pak Syaiful, yang skrg udah jatuh cinta banget sama Oli Enduro hhee nggak perlu repot lg ganti oli setiap 15hari sekali. Nice info makasih yah mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Bener. Semoga bisa jadi inspirasi penggunaan oli motor

      Delete
  15. Toasss....sy juga pake enduro untuk motor kesayangan. Harga terjangkau kualitas oke

    ReplyDelete
  16. Aku sehari2 pake Mio khusus belanja sayuran ke pasar atau warung n buat jajan dekat rumah. Asiknya ya Enduro produk Pertamina ini kualitasnya oke bgt. Motor kudu dirawat dg baik... kmrn2 aku baru ganti oli n gear box loh 😂😁😁😁😁

    ReplyDelete
  17. Pemilihan oli itu harus terbaik ya soale menyangkut umur mesin kendaraan kita juga nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Bener. Semakin baik oli nya semakin awet mesin motor

      Delete
  18. Bangga deh dengan oli matic Enduro. Selain bikinan anak negeri, oli ini juga gak kalah kualitasnya. Yang terpenting bikin awet mesin motor dan memperlama umur kendaraan. Kalo di dunia perskin-ker-an, semacam serum buat kulit wajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener sekali. Apalagi kalau motornya dipakai tiap hari. Ga mau kan, kalau tiba2 mandet gara2 olinya bukan oli terbaik kayak Enduro

      Delete
  19. Pemilihan oli yang tepat memang sangat penting ya kak, karena demi kelangsungan hidup mesin kita. Untung ada oli dengan harga yang oke serta kwalitas top

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Bener. Kualitas oke, harga terjangkau. Buatan Pertamina pula.

      Delete
    2. Wah buatan pertamina ya kak, sudah terbukti yang terbaik pasti ya kan. nggak mau kelain hati kalau begini

      Delete
  20. Tos dulu Mas kita sama sama pake oli enduro.Aku pake Enduromatic yang bikin motorku tetep dingin di jalan yabg macet

    ReplyDelete
  21. Kebetulan saya sukanya motor "gigi" ^_^, tapi pastinya Enduro juga ada produk buat motor gigi ya. Nanti saya coba juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok. Semua varian motor, juga ada Oli Enduronya.

      Delete
    2. Bulan ini jatahnya ganti oli, pengen nyobain Oli Enduro ah biar motor matic ku lebih maksimal performanya

      Delete
    3. Wah. Pas sekali ya. Cobain deh bedanya. Pasti kerasa

      Delete
  22. Oli ini penting banget untuk kenyamanan kondisi kendaraan ya Mas. Apalagi untuk para pengemudi ojek online seperti Pak Syaiful.

    Semoga Pak Syaiful dilancarkan dan dimudahkan rejekinya selalu ya. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. Oli itu ibarat vitamin yang menjaga tubuh dari dalam. Jadi agar mesin tetap awet, butuh Oli Enduro yang terjangkau.

      Delete
  23. Oli motor terbaik Enduro Matic G 20W-40 mampu menjaga mesin hingga 7.500 kilometer, noted banget. Secara kl kendaraan matic udah kurang enak dipake, pastinya nyari Enduro lah,, agar mesin awet terusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. Lumayan kan sampai 7500 kilometer kalau pakai Enduro

      Delete
  24. Tandanga kit mesti ganti oli sebenarnya berapa lama ya Mas, kalau saya beranggapan 1 bulan. Tapi Bapak itu bisa mengenali harus ganti ketika suaranya sudah ngga enak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung penggunaan mba. Kalau sering digunakan, tinggal lihat kilometernya. Tapi klo jarang, 1 bulan sekali sudah cukup seharusnya

      Delete
  25. Saya pemakai motor matic juga nih mas. Kalau gamti oli sering juga oake Enduro buat matic. Lumayan bagus dan bikin kayak naru sih di mesin motor

    ReplyDelete
  26. Memilih oli memang gak boleh sembarangan. Bagus deh ini Pertamina punya oli berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pastinya. Agar tidak nyesal dikemudian hari. Oli Enduro sudah terbukti sebagai oli motor terbaik

      Delete
  27. Sebagai perempuan saya akui gak banyak ngerti perolian. Mudah2an cuma saya aja. Tapi, paksu selalu menyampaikan, klo oli itu gak bisa salah pilih, pakai yg berkualitas dan asli. Contohnya ya enduro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba.. kita perempuan taunya tinggal pake ya.. hehehe tapi emang kudu diingetin beli oli yang berkualitas

      Delete
    2. Bener. Harus ingat mulai sekarang. Kalau ganti Oli ya Enduro

      Delete
  28. Saya harus kasih tau ke suami ini. Soalnya motor suami tuh sering banget gonta ganti oli dan gak cocok. Performamya juga jadi kurang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Layak coba kalau gitu. Coba sarankan ke suami untuk pakai Enduro. Semoga performanya jadi oke.

      Delete
  29. Enduro emang cucok deh oli buat motor,kualitasnya bagus juga produk anak bangsa.

    ReplyDelete
  30. Bangga pake produk anak bangsa! Selama ini kalau ganti oli motor juga pake Enduro nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Alhamdulillah. Samaan kita. Enduro memang keren kok sebagai oli motor terbaik.

      Delete
  31. Kalau pakai oli harus oli yang berkualitas ya salah satunya produk Dari Pertamina ini keren banget oli pakai Enduro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Bener sekali. Kualitas oke harga terjangkau. Cocok buat motor zaman sekarang.

      Delete
  32. kebetulan aku juga pakai buat motor di rumah. Ganti oli plus service jangan lupa. Biar biaya nggk bengkak dibelakang mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. Jadi perawatan motor rutin itu penting.

      Delete
  33. Wah aku bukan teman Pak Syaiful nih soalnya aku gak bisa naik kendaraan yang matic wkwkwk ku org jadul :D
    Btw emang kalau buat oli kudu pilih yang tepat ya mas, buat motor matic jg sebaiknya pilih oli yang khusus emang buat matic. Udah bener lha itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Non matic juga ada oli Enduronya juga mba April.

      Delete
  34. Aku lupa suamiku pake Enduro bukan ya wkwkkww ga ngerti masalah perolian tapi abis baca artikel ini, wah oli ini sepertinya mantap ya

    ReplyDelete
  35. Sepakat kak.. Untuk urusan oli tidak bisa main2.. Harus yang teepercaya.. Soalnya demi keselamatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Bener sekali. Kalau sudah oli abal2, motornya pun jadi kasihan. Bisa bongkar mesin jadinya. Yuk, mulai pakai Endurk sebagai oli motor terbaik.

      Delete
  36. Ahh,, jadi inget saya belum ganti oli motor kesayangan saya. Memang harus diperhatikan untuk kebutuhan oli ini. Jangan sampe mesinnya udah rusak baru kita sadar kalo selama ini salah pilih oli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener. Soalnya kan penyesalan datangnya terakhir. Jadi agar ga menyesal harus memilih oli yang tepat sejak sekarang. Pastinya Enduro

      Delete
  37. Oli ini tersedia di semua service dealer motor ya Mas? Aku jarang pilih-pilih oli sedikasih sama Mas yang service aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini belum semua. Tapi oli ini bisa dibeli hampir semua SPBU

      Delete
  38. sebagai pribadi yang suka banget jalan-jalan keluar kota menggunakan speda motor, aku juga selalu memperhatikan pemilihan oli hingga pergantian olinya secara rutin. Dan kebetulan sekali aku menggunakan enduro juga untuk speda motor kesayangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, samaan kita. Memang Enduro olinya bagus. Harga terjangkau pula.

      Delete
  39. Terima kasih informasinya. Next ganti oli, pilihnya Enduro agar mesin awet dan bias melaju lebih lama.

    ReplyDelete
  40. Suami ku juga pake enduro untuk kendaraannya. Udah pake enduro dan perawatan rutin, tentu saja mesin kendaraan kami jadi lebih awet.

    ReplyDelete