MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Backpacker ke Dubai

Backpacker ke Dubai
Add Comments
22 July 2018

Dubai, salah satu kota yang menawarkan segala kemewahan dan fasilitas serba nomor satu di dunia ini sangat menarik untuk dikunjungi. Tetapi, apakah mungkin melakukan backpacker ke Dubai? Jawabannya, pastinya sangat mungkin.

Meskipun, banyak traveller, menjadikan Dubai dalam daftar negara yang wajib dikunjungi sekali dalam seumur hidup, tetapi tidak jarang, impian itu hanya terkubur karena mahalnya biaya untuk berwisata ke tempat ini. Bahkan para traveller rela menabung bertahun-tahun hanya sekedar menchecklist ambisi ke Dubai. 

Ternyata dibalik kemewahan Dubai, banyak cara yang dapat ditempuh untuk berkunjung ke salah satu negara bagain Uni Emirate Arab ini. Kata orang, banyak jalan menuju Roma, begitupun juga Dubai. Jika dilakukan dengan perencanaan yang tepat, maka bisa jadi tahun depan, kaki sudah menapak di Dubai. Berikut langkah mudah, merencanakan liburan hemat ke Dubai:

Tips Liburan Hemat ke Dubai
Pusat Kota Dubai diambil dari Burj Khalifa

Penerbangan

Backpacker ke Dubai dimulai dari perencanaan matang dengan pemilihan maskapai yang tepat. Pengetahuan tentang maskapai low cost carrier ataupun full service dengan tujuan Dubai sangat penting. Pemilihan kota pemberangkatan dan maskapai penerbangan juga sangat menentukan harga tiket menuju Dubai. Terkadang lebih hemat jika memilih maskapai dari negara tetangga. Sebut saja Cebu Pacific Airlines sebagai low cost carrier dan Philipines Airlines sebagai full service yang berasal dari Filipina.
 
Tips Liburan Hemat ke Dubai
Formasi kursi pesawat Cebu Pacific Airlines
Ketika sudah mengetahui, maskapai yang akan digunakan, maka langkah awal adalah memanfaatkan media sosial yang dimiliki untuk follow, subscribe atau pun menyukai laman media sosial kedua maskapai tersebut. Dengan cara begini, maka informasi harga hemat atau pun promo dari kedua maskapai akan selalu terupdate tanpa perlu khawatir ketinggalan informasi. Tetapi perlu diingat, menggunakan maskapai ini, artinya akan transit di Manila. Jadi, perlu strategi khusus pula untuk melakukan pemesanan tiketnya, caranya:

Pesan tiket ketika promo ulang tahun muncul.

Memesan tiket ketika promo ulang tahun, sangat memberikan kesempatan untuk benar-benar menghemat biaya penerbangan. Untuk maskapai full service, Philiphines Airlines sendiri bisa memberikan harga promo sekitar 2 juta untuk penerbangan ke Dubai. Sedangkan Cebu Pacific Airlinesnya memberikan penawaran lebih hemat lagi ke Dubai dengan biaya tiket sekitar 1 juta untuk pulang pergi dengan promonya yang sering diberi nama “promo 1 peso” di medio Februari-Maret tiap tahunnya. Jadi mulai lah follow kedua maskakapai ini.

Pesan terlebih dahulu rute terjauh.

Sebagai maskapai negara tetangga, maka dibutuhkan penerbangan dengan dua nomor pemesanan. Mengapa dua? Karena, jika memilih penerbangan langsung dari Jakarta, maka sudah dapat dipastikan biaya tiket luar biasa mahal. Mulai lah dengan memesan terlebih dahulu rute terjauh, yaitu Manila-Dubai pergi-pulang dengan lama penerbangan sekitar 8-9 jam (long haul), baru kemudian memesan tiket penerbangan Jakarta-Manila pergi-pulang.

Pastikan jeda minimal 6 jam antara penerbangan pertama dan penerbangan berikutnya.

Memilih penerbangan dengan dua nomor penerbangan berbeda antar negara, artinya perlu melakukan antisipasi keterlambatan pesawat, proses imigrasi di negara transit (Manila) dan proses pengambilan bagasi. Pilihlah penerbangan dengan jeda waktu minimal 6 jam dari jadwal kedatangan untuk memberikan waktu cukup sebelum akhirnya melakukan penerbangan lanjutan, Manila-Dubai.


Baca juga: Backpacker Kuala Lumpur


Selain cara diatas, maka perlu juga untuk subscribe dan atau follow website penerbangan yang menyediakan jasa pemberitahuan harga tiket murah seperti skyscanner.com atau fly4free.com, dengan cara ini, maka otomatis informasi terkait harga tiket murah selalu diketahui.

VISA Dubai

Mengunjungi Dubai, maka tidak hanya membutuhkan paspor, tetapi juga diperlukan VISA sebagai ijin tinggal disuatu negara. Sebenarnya penggunaan maskapai Emirates Airlines dan Etihad, mengakomodir pembuatan VISA untuk mereka yang terbang dengan maskapai tersebut. Sayangnya, harga tiket untuk kedua maskapai tersebut jauh dari kata hemat. Sehingga, pengurusan VISA untuk liburan hemat ke Dubai bisa menggunakan layanan atau bantuan dari travel agen. Terkadang, travel agen mempersyaratkan uang tabungan minimal dengan angka yang cukup fantastis, surat jaminan dan sponsor sehingga membuat rumit proses pembuatan VISA untuk sebagian orang.

Untungnya, ada komunitas Indo-Dubai di group Facebook sebagai tempat menanyakan segala hal terkait Dubai. Dari sini pula, diperoleh travel agen yang bersedia membantu mengeluarkan VISA Dubai hanya dengan persyaratan tiket pergi-pulang dan scan halaman pertama paspor, tanpa perlu menunjukkan bukti tabungan hingga puluhan juta. Biaya yang dikeluarkan untuk jasa pembuatan VISA ini pun terjangkau.

Penginapan

Berkunjung ke Dubai, artinya perlu untuk mengatur tempat menginap. Jika memiliki dana cukup, bisa jadi Burj Al Arab menjadi pilihan untuk liburan mewah dengan biaya menginap semalam sekitar 20 juta. Tetapi jika ingin hemat, maka gunakan lah jasa penginapan yang ada pada Airbnb.com. Beberapa pilihan penginapan di Airbnb memungkinkan traveller memesan penginapan tipe dormitory/bunk bed, apartemen atau sewa satu rumah dengan segala fasilitasnya. Harga yang ditawarkan pun sangat masuk akal bahkan lebih hemat jika dibandingkan memesan penginapan pada website khusus penyedia penginapan seperti agoda, booking.com dan traveloka.

 
Tips Backpacker ke Dubai
Burj Al Arab diambil dari Souk Madinat Jumeirah

Tinggal gratis di Dubai pun bisa dilakukan. Salah satu penyedia lamannya adalah couchsurfing.com. Layanan ini memungkinkan para traveller menginap gratis di warga lokal. Prosesnya pun sangat gampang, cukup dengan memiliki akun keanggotaan dan mengisi lengkap profil berdasarkan karakter pribadi yang dapat dilakukan secara gratis. Kemudian melakukan “request” ke “host” yang ada di Dubai dengan menyertakan tanggal dan rencana perjalanan. Sebaiknya lakukan “request” 2 – 3 bulan sebelum tanggal pemberangkatan. Jika diterima oleh “host” di Dubai, maka biaya penginapan pun teratasi tanpa perlu mengeluarkan uang sama sekali.

Transportasi dalam kota

Kemegahan bangunan dan gaya hidup di Dubai, juga didukung dengan ketersediaan berbagai jenis moda transportasi dalam kota. Beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk berkeliling didalam kota seperti taxi, bus, metro, trem dan boat. Jika memiliki finansial mumpuni, maka taxi bisa menjadi pilihan. Moda ini, merupakan transportasi termahal dibandingkan lainnya untuk rute sejenis dengan keuntungan tidak perlu lagi berjalan menuju halte bus atau pun stasiun metro.


Baca juga: Backpacker pemula ke Singapura


Tips Backpacker ke Dubai
Pintu masuk Station Metro Burj Khalifa

Pilihan hemat sebenarnya dengan  “Nul Card” yang dapat dipergunakan untuk pembayaran tiket bus dan metro. Metro di dubai sejenis MRT yang menghubungkan antara downtown Dubai ke tengah kota. Ada beberapa pilihan “Nul Card”, mulai dari tipe red, silver dan gold. Masing-masing kartu memiliki kelebihan. Sebaiknya belilah minimal tipe silver jika berencana tingal lebih dari 2 hari di Dubai. Tempat pembeliannya pun bisa dilakukan mulai dari stasiun metro bandara Dubai (DBX). Tipe silver ini bisa dilakukan pengisian saldo sesuai kebutuhan disemua stasion metro. Kelebihan lain dari “Nul Card”, selain sebagai media pembayaran bus dan metro, bisa juga digunakan untuk media pembayaran tiket bus perjalanan antar negara bagian seperti rute Dubai-Abu Dhabi.

Makan dan minum

Layaknya Jakarta, kebiasaan makan dan minum di Dubai dilakukan di restoran sepanjang jalan protokol atau yang berada di dalam Mall. Biaya untuk satu porsi makanan lengkap berkisar antara 100-130 ribu rupiah. Harga lumayan untuk sekali makan. Tetapi, jika ingin menghemat biaya makan ada 2 cara yang bisa menjadi referensi:
  1. Makan di Kedai: Pilihlah kedai makanan yang berada bukan dijalur utama/protokol. Biasanya dibeberapa jalan kecil tersedia kedai makanan dengan harga sekitar 45-75 ribu untuk satu porsi makanan. Harga masih masuk akal untuk kota sekelas Dubai.
  2. Makan dengan cara ditimbang: cara termurah untuk menikmati makanan adalah dengan cara ditimbang. Beberapa supermarket sepeti Carefour menyediakan area foodcourt dengan menjual makanan yang ditimbang. Sehingga biaya makan pun menjadi murah. Seperti satu porsi “Fish Briyani” dengan berat kurang dari 6 ons dijual seharga 25 ribu rupiah.

 
Tips Liburan Hemat ke Dubai
Set makan siang di Dubai

Jadi mulai sekarang, jika ingin travelling ke Dubai maka sudah bisa dipersiapkan rencana pengeluaran dan total anggaran selama perjalanan. Tidak ada lagi alasan biaya mahal, untuk liburan di kota semahal Dubai, jika mengaplikasikan tips backpacker ke Dubai ini. Selamat mempersiapkan liburan.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Wiiiw infonya menrarik banget, memang ke Dubai sepertinya mahal ya, tapi kalau ngikuti info di atas massuk akal lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Bener, klo sudah tahu tipsnya. Kesana g sampai 6 juta sudah all in selama 8 hari.

      Delete
  2. Nginep semalam 20 juta 😅😅😅
    Di Indonesia bisa kebeli motor itu. Wkwkwkkw..

    Semoga suatu saat bisa ke Dubai, dengan prinsip2 ala backpacker atau kalau ada rejeki ya liburan mevvah disana.. 😂😂😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Saya pun juga kaget setelah tahu room rate nya, untungnya ada cara menghemat biaya penginapan disana 😀

      Delete
  3. waw mahal-mahal ya, biaya nginap semalam disana bisa beberapa trip di indonesia hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Icha, klo nginapnya di Burj Al Arab, tapi kalau ikutin tips diatas hanya kurang dari 6 juta sudah All in. Tiket pesawat pp (Jakarta-Manila-Dubai), Visa, makan dan minum, nul card, penginapan dan satu tas souvenir beserta kaos lainnya

      Delete
  4. Wah infonya lengkap banget, Mas, mengingat biaya di sana memang lumayan mahal. Semoga suatu saat bisa ke Dubai dengan budget yang terjangkau, hehe. Thanks for sharing, anyway!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Siapkan dana 6 juta'an saja 😀

      Delete
  5. Selalu deh tulisan Bang Taumy ini lengkap banget tipsnya. Sungguh aku tercengang dengan biaya penginapan semalamnya bisa sampe sekitar 20 juta. 20juta bisa puas keliling jawa dan sumatera ini sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih. Bener sekali, 20 juta sudah puas. Kebetulan saya disana menghabiskan kurang dari 6 juta. All in dengan tiket pesawat selama 8 hari.

      Delete
  6. Tips liburan hemat ke Dubai yang noted pisan ieu. Dimulai dari perencanaan transportasi termasuk penerbangan, penginapan, kuliner,de el el. Tips yang aplikatif untuk trip ke destinasi lain, hemat terencana. Tks ya Kak tipsnya. Keren!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 kak Tuty, semoga bisa ke Dubai ya dengan biaya hemat

      Delete
  7. itu dubai kayak kota mati ya dari burj khalifa. hehe
    btw terimakasih bang ceritanya, jadi punya gambaran kalo mau ke dubai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak, itu karena diambilnya dari gedung paling tinggi sejagad, Burj Khalifa. Jadi kelihatan, cuma kotak2 doang.

      Delete
  8. Tips liburan hemat ke Dubai yang noted pisan ieu. Dimulai dari perencanaan transportasi termasuk penerbangan, penginapan, kuliner,de el el. Tips yang aplikatif untuk trip ke destinasi lain, hemat terencana. Tks ya Kak tipsnya. Keren!!!

    ReplyDelete
  9. Langsung aku bookmark nih tulisannya Kak Taumy, semoga suatu hari tips and trik ke Dubainya bisa aku aplikasikan .. Amien .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga bermanfaat dan terlaksana ya.

      Delete
  10. Another article worth bookmarking for. Thank you for sharing this article, Kak. In the future please check the spelling. It is so unfortunate that this great article has to be the house for many typos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak Maria atas masukannya

      Delete
  11. Selalu kagum saat lihat video-video teman yang sering mondar-mandir ke Dubai. Selalu ada cerita menarik yang WOW tentang Dubai. Ngga nyangka ternyata selalu ada cara hemat untuk ke Dubai, asal pintar-pintar merencanakannya. Tipsnya bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, perencanaan sangat penting untuk menghemat anggaran

      Delete
  12. Untuk tips soal penerbangan dengan dua nomor pemesanan rupanya bisa menghemat uang ya.
    Oh ya saya juga belum pernah nyobain penginapan melalui di AirBnB, kayaknya layak juga dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika bareng keluarga, airbnb lebih nyaman sih. Karena dapatnya kayak apartemen gitu, fasilitasnya lengkap juga.

      Delete
  13. Eduan 20 juta. Bisa modal ngegembel keliling indonesia tuh. Dubai tuh mahal bgt ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Itu penginapan termahal disana. Saya sendiri, habis kurang dari 6 juta sudah All in, tiket pesawat, Visa, penginapan dll selama 8 hari

      Delete
  14. Terima kasih tulisannya sangat menarik dan informatif dan saya baru tahu bahwa beli makanan ditimbang. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Ada banyak supermarket di Dubai yang makannya ditimbang

      Delete
  15. Informasi menarik,tapi kalo impian ke luar negeri saya mah lebih minat ke eropa karena pengen banget nonton Manchester United langsung di Old Trafford wkwkwk.

    ReplyDelete
  16. kalo baca informasi tentang liburan tuh rasanya pengen bener" pergi. thanks kak infonya. :)
    biyanya wow banget ya...

    ReplyDelete
  17. Pas sampai di bagian bisa menginap gratis di Dubai, aku langsung buka website pembanding harga tiket pesawat. Lumayaan kalau nemu tiket murah ke Dubai. Menginap di Burj Al Arab jelas ga mampu, minimal foto di depannya deh hehehe. Terima kasih infonya Bang

    ReplyDelete
  18. nyeraah....tapi kalau ketemu nasibnya ke dubai, nih tulisan mesti disimpeen..

    ReplyDelete
  19. Tulisan nya informatif sekali, semoga suatu saat bisa mengunjungi DUbai dengan biaya hemat. Aamiin

    ReplyDelete
  20. jadi total pengeluaran ke dubai berapa kak ala backpacker kemarin?
    hehehe penasaran!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5.8 juta kak Inez, selmaa 8 hari. All in ( Tiket pesawat pp Jakarta-Manila-Dubai, VISA, Nul Card, Penginapan, entrance fee Burj Khalifa, Makan, satu tas souvenir, kaos 1 lusin dan satu set baju jubah) 😀

      Delete
  21. Asiiik, baca ini jadi tau tips-tips jalan2 hemat di Dubai. Selama ini ngeri banget liat living cost di sana. Padahal pengen banget suatu saat nikmatin air mancur di sana. Makasih infonya ya, Mas

    ReplyDelete
  22. Tips hemat ke Dubai nya benar-benar bikin rindu trip jauh, trus sepertinya saya harus gabung ke komunitas Indo-Dubai juga nih biar mudah juga ngurus ini itunya ya, mas

    ReplyDelete
  23. Total pengeluaran waktu ke Dubai habis berapa? Beserta pengeluaran pernak pernik manisnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5.8 juta all in Lala. Sudah termasuk tiket pesawat pp Jakarta-Manila-Dubai, penginapan selama 8 hari, makan dan minum, Visa, tiket masuk Burj Khalifa, satu tas souvenir dan lain2 😀

      Delete
  24. Kereeennnn bang tipsnya. Bener emang Dubai salah satu destinasi impian, walaupun ga terlalu nargetin apalagiiiiiii selama ini kan taunya Dubai mahalnya ga ketulungan. Baca tips ini rasa-rasanya aku kebelet pengen kesana dgn ngikutin tips dari bang taumy ini hahahaa

    ReplyDelete
  25. Ah gila. Pantesan menang lomba blogger, baca tulisannya rapi dan lengkap. Keren. Makasih yaa mas, kudu nyoba nih sekali" liburan ke Dubai. Pasti keren 😍

    ReplyDelete
  26. Terima kasih info dan kiat kiatnya.
    Mulai kencengin nabung dan intip maskapai LCC promo.

    ReplyDelete
  27. Bukan Lagi jadi angan angan ya kalo mau ke Dubai. Ikutin tips hemat nya dan persiaper jauh jauh hari hehe

    ReplyDelete
  28. Sangat informatif. Kak kalo pakai E-passport apakah masih diperlukan visa?

    ReplyDelete
  29. Asyik nih baca tips ini. Terima kasih banyak infonya kak. Semoga someday bisa praktek tips dari ka taumi

    ReplyDelete
  30. Keren euy, jadi dapet tipsnya untuk bisa jalan-jalan ke Dubai dengan biaya terjangkau.

    ReplyDelete
  31. Keren, tips yang menarik..
    Semoga saya bisa kesampean pergi ke dubai..
    Aamiin

    ReplyDelete
  32. Wih... wih... Dubai memang menarik hati ya, Mas.
    Sampai saat ini baru bisa menyaksikan pesonanya dari televisi dan foto.
    Semoga bisa ke sana langsung. Aamiin.

    Terima kasih sharingnya, Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga bisa langsung melihat kemegahan negara bagian UAE ini

      Delete
  33. Dubai! Destinasi wisata di timur tengah dengan segala kemegahannya yang luar biasa. Siapa sangka dulu hanya negara yang gersang dengan mengandalkan minyak sebagai pemasukan utamanya sekarang dapat mengembangkan sektor pariwisatanya juga.
    Nice tips, terimakasih, Noted mudah-mudahan dapat pergi kesana

    ReplyDelete
  34. Jadi penerbangan 1 dan 2 baiknya dijeda 6 jam ya? Iya ya... Namanya juga transportasi, gak tau apa yg ada di jalan (eh udara). Daripada mepet tapi malah mleset. Mending sabar menanti

    ReplyDelete
  35. Jadi penerbangan 1 dan 2 baiknya dijeda 6 jam ya? Iya ya... Namanya juga transportasi, gak tau apa yg ada di jalan (eh udara). Daripada mepet tapi malah mleset. Mending sabar menanti

    ReplyDelete
  36. Membaca artikel tentang Dubai, jadi pengen banget liburan ke sana. Karena sepertinya apa-apa lebih mahal dibanding Indonesia, mesti rajin menabung dan agak lama sepertinya. Semoga suatu saat Allah subhanahu wa ta'ala mengabulkan saya bisa jalan-jalan ke Dubai. Amin 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Ini bisa jadi pilihan yang hemat kok, jika menjalankan tips diatas

      Delete
  37. Bisa ke Dubai UEA memang terkenal susah/mahal. Beruntungnya ada komunitas Indonesia Dubai yang bisa rekomendasi kan travel agent yg bisa bantu urus bisa dg mudah dan tanpa ribet ya

    ReplyDelete
  38. Pengen banget sih ke Dubai. Harus menabung dulu karena apa serba mahal. Tetapi, baca-baca tips hemat seperti ini juga

    ReplyDelete
  39. Wah info keren niy..ga kebayang bs 6 jt utk 8 hr di Dubai...kalau sdh tau tipsnya sih kemana2 jg bs jauh lbh murah ya...

    ReplyDelete
  40. Waw di Al Burj semalam bisa sampe 20juta, mending buat Umroh hahaha. Ada yg 150rib semalem gak di Dubai 😂

    ReplyDelete
  41. Dubai itu lagi jadi favorite para pelancong, tapi baru tau lho ada grup indo-Dubai
    Lumayan juga utk mencari lebih jauh informasi seputar dubai lebih jauh terutama ketika ada niatan untuk berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  42. Salah satu destinasi impian nih
    Tapi alamaaaak muahalnya rek. Kudu rajin nabung dan kerja keras bagai quda euy
    Btw makasi infonya ya mas

    ReplyDelete
  43. Wuahh Dubai..makin penasaran sama Dubai sejak nonton film Mission Impossible yang ada syuting di Burj Khalifa.

    Tapi kalau lihat badai pasirnya, kayaknya enakan di Indonesia deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Sama, saya pun ke Dubai karena nonton film MI

      Delete
  44. Ini info menarik buat aku dan keluargaku nih kalau mau ke Dubai. Tinggalin jejak dulu ah. Makasih ya infonya

    ReplyDelete
  45. Dubai memang terkenal dengan wisata mewahnya. Tapi kalau direncanakan dengan tepat, anggaran pun bisa diminimalkan.

    ReplyDelete
  46. Tips hemat liburan ke luar negri kayak gini wajib jadi pelajaran nih, kadang keliatanya pergi ke Dubai bakalan mahal banget, tapi liat ini masuk akal juga sih, kalau direncanain dengan matang dana juga gak bengkak ya.

    ReplyDelete
  47. Pingin ke Dubai, tapi harus nyuapin budget tebal kayaknya, hehe ... banyak pinginnya

    ReplyDelete
  48. Wah baru tahu ternyata bisa penginapan gratis ya. Duuh jadi pengen ini ke Dubai.

    ReplyDelete
  49. Mingggu lalu saya di Dubai cuma transit...pengin berkunjung satu waktu nanti
    Infonya bermanfaat ini
    Terima kasih Mas

    ReplyDelete
  50. Pastinya wisata ke Dubai ini sudah mengusung konsep halal tourism yaa?!?

    ReplyDelete
  51. hallo bro, mw tanya2 sdkit nih bro apakah membawa obat2an pribadi yg gk perlu resep seperti paramex apakah boleh?

    ReplyDelete
  52. Kurasa Dubai adalah negara destinasi wisata banyak orang. Termasuk aku juga. Mari lakukan backpacker ke Dubai deh. Biar nggak hanya sekedar menjadi mimpiku doang.... hehehe

    ReplyDelete
  53. wahh, di dubai juga lumayan pricey yaa, terutama untuk biaya akomodasi.
    Backpackeran ke dubai = jalan-jalan sultan juga wkkw

    ReplyDelete
  54. Boleh ni tipsnya. Dubai kan memang negara penghasil minyak jadi kayaknya apa2 di sana mahal. Ya ngga ya. Hehe. Saya juga baru tahu kalau couchsurfing gratis. Saya dulu mau daftar sebagai host. Tapi mikir2 lagi wkwk.

    ReplyDelete
  55. Bisa share group FB Indo-Dubainya mas. Thank u 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di link ini ya https://facebook.com/groups/5160832438/

      Delete