MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips dan Trik Interview Kerja Pasca Kelulusan Kuliah

Tips dan Trik Interview Kerja Pasca Kelulusan Kuliah
Add Comments
7 June 2021

Adakah yang lebih membahagiakan ketika waktu wisuda tiba dan orang tua ikut menyaksikan prosesinya dalam gedung auditorium yang megah dan dipenuhi dengan kaum intelektual?


Wisuda memang menjadi hal istimewa bagi seluruh mahasiswa. Bukan hanya sebuah prosesi sakral dengan baju oversize dan toga di kepala, tetapi lebih dari itu. Wisuda sarjana adalah sebuah pengakuan dan pencapaian diri atas usaha bertahun-tahun yang telah dilewati sekaligus bentuk terima kasih kepada orang tua yang selalu mendukung apapun yang dibutuhkan oleh sang anak.

Tetapi, setelah wisuda dan euforianya berakhir, maka saatnya kembali berjuang di medan perang yang sesungguhnya. Jika dahulu, untuk mencapai wisuda adalah peperangan antara diri sendiri dengan mata kuliah yang super duper banyak. Tetapi kali ini berbeda. Menjadi freshgraduated adalah tantangan baru. Berbagai berkas lamaran sudah pasti dipersiapkan dengan baik, dikirim sana-sini berharap segera ada panggilan interview kerja.

Dahulu, jauh sebelum teknologi digital berkembang. Proses pengiriman berkas masih mengandalkan kantor pos atau door to door alias datang langsung ke perusahaan. Biaya yang dikeluarkan dan effort-nya sudah pasti lumayan, karena ada biaya untuk print dokumen, fotocopy dan pengiriman. Belum lagi jika harus mengantarkan langsung berkas lamaran, ada biaya transportasi.

Rasa sumringah dan kebahagian kecil bakal terasa, ketika usaha pengiriman berkas itu membuahkan hasil. Iya, membuahkan hasil. Apalagi kalau bukan, panggilan interview. Mungkin rasa bahagianya masih belum bisa menyamai rasa bahagia ketika wisuda. Karena ini barulah, panggilan interview kerja.

Masalah utama yang muncul kala itu adalah kurangnya pemahaman dan pengetahuan terkait proses interview kerja itu sendiri. Sebagai mahasiswa yang baru lulus zaman itu, mencari informasi terkait proses interview kerja adalah hal yang sulit dan by moment. Artinya, momen bertanya itu biasanya ada ketika acara temu alumni.

Momen ini benar-benar dimanfaatkan untuk bertanya hal yang general, seperti bagaimana proses interview di perusahaan A? Apa yang biasanya ditanyakan ketika interview? Atau bagaimana cara agar yang menginterview tertarik? Hanya sebatas itu saja, tidak pernah terpikirkan untuk menanyakan hal teknis yang ternyata mempengaruhi kelulusan interview.

Setelah mencoba satu, dua, tiga hingga tak terhitung lagi jumlahnya interview kerja barulah tersadar bahwa betapa pentingnya persiapan menghadapi wawancara kerja. Kegagalan demi kegagalan datang berganti, tetapi itu bukan lah penghalang untuk kembali mencoba melamar di perusahaan berbeda hingga akhirnya interview kerja berhasil dan diterima sebagai karyawan di perusahaan yang dilamar. Kalian ingin tahu, rasanya bagaimana? Bahagianya melebihi bahagia ketika wisuda.

“Jadi, jika kembali ditanya adakah yang lebih membahagiakan ketika waktu wisuda tiba? Jawabannya, jelas ada. Apalagi kalau bukan keterima kerja pertama kali setelah melalui proses interview kerja”.
tips-interview-kerja

 

Ratusan purnama memang sudah berlalu, saya sendiri juga alhamdulillah sudah bekerja di salah satu perusahaan. Tetapi, masalah interview kerja, masih menjadi momok buat banyak orang.

Untungnya sih, saat ini perkembangan dunia digital begitu pesat dan diikuti dengan munculnya berbagai platform belajar online yang benar-benar bisa diandalkan, salah satunya adalah Qubisa.

Sebagai layanan kursus online gratis, Qubisa hadir dengan berbagai materi yang bisa digunakan untuk career development, webinar pengembangan diri, kursus online digital marketing hingga bisa juga loh untuk kumpulkan poin di Liga PoinQu sambil belajar.

Ketika membuka platform e-learning Qubisa, saya sendiri tiba-tiba tertarik dengan materi Rahasia Gagal Interview. Awalnya sih, saya berusaha mengingat kembali perjuangan sebelumnya terkait interview kerja zaman freshgraduated dan ternyata, materi ini benar-benar menyajikan runtutan tips dan trik agar bisa berhasil dalam interview kerja.

Materi rahasia gagal interview sendiri terdiri atas 16 topik video yang secara gamblang menjabarkan satu per satu detail hal-hal yang perlu diperhatikan ketika interview kerja diantaranya:
1.      Mempersiapkan jawaban atas pertanyaan umum yang sering ditanyakan ketika interview kerja.

Pertanyaan tersebut biasanya adalah:
  • Mengapa kita layak untuk di hire. 
  • Apa kelebihan dan kekurangan yang kita miliki?
  • Jelaskan potensi diri yang ada saat ini?
  • Apakah bisa bekerja secara tim dengan beda umur dan jenis kelamin?
  • Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini?

Nah, ternyata semua jawaban atas pertanyaan ini harus dipersiapkan terlebih dahulu agar ketika ditanya nantinya ketika interview, kita sudah siap untuk menjawabnya tinggal disesuaikan dengan pertanyaan dan kondisi.
tips-dan-trik-interview


Saya mendengar materi ini, lumayan angguk-angguk kepala, meskipun hanya menggunakan platform belajar daring tetapi pembahasannya mengena banget. Mungkin bagi para freshgraduated, spontanitas adalah hal yang sering dilakukan. Hal ini pula yang sama aku lakukan ketika awal interview dahulu, tetapi ternyata ini salah. Persiapkan dengan baik setiap pertanyaan yang pastinya akan ditanyakan.


 2.      Perhatikan cara berpakaian ketika interview kerja.

Pakaian yang dikenakan ketika melakukan wawancara kerja juga harus diperhatikan. Di video platform belajar online ini juga disampaikan lengkap dengan contohnya. Seperti, jika yang dilamar adalah posisi manager di salah satu kantor ternama, maka sebaiknya menggunakan kemeja lengkap dengan jas-nya. Tetapi, jika yang dilamar adalah posisi MT, cukup menggunakan kemeja dan celana bahan dengan sepatu berwarna gelap.


Pemilihan pakaian kerja ternyata bukan hanya sekadar pakaian saja tetapi lebih mencermikan rasa percaya diri yang dimiliki. Materi ini juga menekankan hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai salah kostum. Memakai kemeja dengan jas lengkap untuk melakukan interview kerja di perusahaan seperti Google karena mereka biasanya menggunakan pakaian kasual.

3.      Datang lebih awal dari waktu wawancara kerja.

Kebiasaan molor ketika kuliah, jangan sampai diterapkan pas jadwal wawancara kerja. Materi yang ada dalam kursus online gratis ini menekankan bahwa, datang lah lebih awal agar bisa mempersiapkan diri sebelum waktu interview tiba. Sebaiknya, datang 15-30 menit lebih awal.

4.      Bersikap sopan dan menjalin relasi.

Ketika melakukan interview kerja, itu artinya kita akan berinteraksi dengan beberapa orang yang ditemui di lingkungan calon tempat kita kerja nantinya. Bersikap sopan terhadap semua orang yang ditemui adalah hal yang wajib dilakukan. Dalam materi ini juga disampaikan bagaimana kita bisa menjalin relasi dengan baik terhadap orang yang tidak sengaja bertemu. Mungkin bertemu ketika di ruang tunggu, atau di cafetaria sekitar yang suatu saat relasi ini bisa bermanfaat. Jangan hanya tinggal diam dan sibuk dengan gadget sendiri.

Menikmati 16 video dalam materi Rahasia Gagal Interview yang disampaikan oleh Restu B. Wicaksono (Trainer & coach) hampir tidak terasa loh. Karena memang cara penyampaian materinya sangat lugas dan to the point disertai contoh. Jadi langsung paham dan terekam dimemori. Durasi setiap videonya juga cukup optimal sekitar 2 hingga 6 menitan, jadi terasa padat.

Oh iya, meskipun materi ini terdiri atas 16 video, kita juga bisa kok langsung memilih video yang kita rasa layak untuk dinikmati pertama kali. Jadi, tidak harus berurutan dan bagusnya lagi, video yang dinonton bisa di pause jika dirasa dibutuhkan. Menarik sih memang dalam menikmati microlearning yang ada di Qubisa. Materinya sangat banyak dengan berbagai tema. Selain itu, saat ini ternyata ada lomba video microlearning festival berhadiah 95 juta. Jadi, setiap orang yang memiliki pengetahuan untuk tema tertentu tinggal buat saja video microlearningnya dan berpeluang mendapatkan hadiah.

Kini semuanya dalam genggaman, pengalaman menikmati materi rahasia gagal interview benar-benar berkesan dan bermanfaat. Pastinya materi ini bakal menjadi pengetahuan buat para pencari kerja untuk menghadapi interview kerja pasca lulus kuliah. Selamat menikmati setiap materi microlearningnya.
Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.

  1. Iya sih bener. Berangkat interview paling nggak memang kudu punya persiapan. Minimal kita mengenal diri kita sendirilah. Jadi, saat ditanya nggak bingung mau jawab apa.

    Dan kita bisa dapat tips dan trik interview dari kursus online gratis. Mau ikut kursusnya ah kalau begitu.

    ReplyDelete
  2. iya benar banget ini.
    dulu saat akan interview kerja selain belajar tentang nilai perusahaan, aku juga memperhatikan penampilan daj datang diawal waktu

    ReplyDelete
  3. Aku setuju, ketika interview memang kita gak boleh 'kosong'. Paling tidak harus kenal dengan diri sendiri, juga perusahaan yang kita lamar seperti apa.

    Selain itu, penampilan juga harus diperhatikan. Jangan sampai ada nilai minus dari penampilan. Begitu pula tutur bahasa.

    Hal-hal ini simpel tapi kadang setelah lulus kuliah bingung juga gimana, untunglah ada Qubisa yang bikin kita belajar mudah dengan microlearning

    ReplyDelete
  4. Penting banget tahu rahasianya interview agar bisa diterima, ya. Termasuk di masa pandemi begini yang biasanya berlangsung secara daring.

    ReplyDelete
  5. Iya bener banget, pertanyaan yang sering diajukan padahal mudah, tapi ternyata jawabannya cukup sulit. Contohnya sebutkan 3 kelebihan dan 3 kekurangan diri kita. Dan apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini.

    Sekarang jadi semakin mudah untuk menyiapkan proses interview ya? Kita bisa mempelajarinya di website QuBisa.

    ReplyDelete
  6. banyak banget tips dan materi-materi keren yang ada di QuBisa, saya juga suka belajar disana.

    tips dan trik interview ini emang berguna banget, jadi ingin apply kerja lagi setelah baca ini, tapi pekerjaan yang diinginkan belum ada yang klik, hehehh

    ReplyDelete
  7. menurutku platform itu bagus kak, memenuhi kebutuhan pekerja digital dan umum di indonesia. kan dunia kerja terus berubah yaa.. jadi ini salah satu cara untuk terus meningkatkan kompetensi

    ReplyDelete
  8. Aku juga sudah cobain microlearning dari QuBisa nihh. Nyenengin, ga ngebosenin yaa kak. Terus sekarang jadi pengin ikutan webinar2nya 😍

    ReplyDelete
  9. jadi ingat dulu pas interview buat penerimaan salah satu kementerian jawabnya nggal ada persiapan sama sekali dan akhirnya nggak keterima deh. memang bagian wawancara kerja ini butuh persiapan banget yaa

    ReplyDelete
  10. Lagi interview juga sebisa mungkin menatap si pewawancara dan tangan usahakan di atas meja. Katanya ada filosofinya ya seperti itu, biar lebih luas dan tenang menjawab

    ReplyDelete
  11. Aku sempat merasakan awal-awal kuliah kirim lamaran kerja pakai pos sampai banyak:) tapi setelah kerja buat pindah2nya Alhamdulillah sudah pakai email menghemat banget.
    Interview kerja hal yang paling penting juga saat melamar pekerjaan ya, kalau ada tips & triknya enak banget nih. Untungnya sekarang banyak penyedia platform belajar online yang punya berbagai tips bisa dipelajari seperti Qubisa

    ReplyDelete
  12. Kalau dulu belajar etika job searching dan interview dari kampus yang sering bikin seminar2 gitu. Sekarang lebih praktis ya bisa belajar dari platform belajar online qubisa ini. Memudahkan teman-teman yang lagi cari kerja.

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat jaman jadi job hunter dulu. Rajin kirim lamaran ke perusahaan-perusahaan. Dulu interview sampai lintas kota dan daerah. Eh, rejekinya di kampung halaman. Sekarang giliran gak jadi job hunter malah ngendon di Ibukota, hehe. Dulu aku rajin baca tips begini. Ya gimana lagi, namanya juga job hunter.

    ReplyDelete
  14. Kyaaa ingat jaman dulu jadinya. Daftar kerja, bikin lamaran, dari perusahaan satu ke yang lain. Banyak nanya-nanya pas wawancara biar sukses. Sekarang lebih dimudahkan bisa mengandalkan qubisa

    ReplyDelete
  15. Zaman sekarang bersyukur banget ya, karena sudah banyak platform belajar online dan kursus online yang gratis maupun berbayar, bisa nambah pengetahuan dan tingkatin skill, salah satunya tips wawancara ini, biar bisa dapat kerja

    ReplyDelete
  16. Sekarang di era digital mau ngelamar lowongan tinggal via email, lebih hemat, praktis pula. Dulu mah butuh perjuangan banget
    Btw makasih mas buat tips interviewnya.

    ReplyDelete
  17. tipsnya bermanfaat banget kak, buat bekasl siapapun yang membutuhkan persiapan buat interview

    ReplyDelete
  18. tips nya sangat bermanfaat kak
    aku share ke saudara sepupu ya
    dia fresh graduate, lagi cari kerjaan

    ReplyDelete
  19. Bener banget nih mas, zaman aku menghadapi interview pertanyaan-pertanyaan tadi sering muncul, salah jawab resiko nya yah harus tela gak diterima. Aku juga pernah mengalami gagal masuk hanya gara-gara penampilan ( pakaian yang aku pakai saat itu ) padahal sudah melalui tahap 4 test. Tapi itu jadi penalaman yang menarik dan bisa belajar dari situ ;). Anw thanks infonya yah mas ;).

    ReplyDelete
  20. Wow hebatnya sekarang sudah ada platform yang khusus mengajarkan pengembangan pribadi termasuk interview. Semoga banyak yang bisa belajar.

    ReplyDelete
  21. Sepakat banget kalau mau wawancara datang lebih awal. Pakaian juga yang rapi ya kak. Dan sebaiknya menguasai juga apa bidang pekerjaannya

    ReplyDelete
  22. Selain persiapan diri dari mulai pertanyaan umum, waktu, dan pakaian, mencari tahu tentang perusahaan yang akan menginterview juga nggak kalah pentingnya. Soalnya saya sempat juga ditanya 'Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini'?

    ReplyDelete
  23. Jadi ingat masa gadis kala masih suka gonta ganti kerjaan

    baru berhenti dan berkarir lumayan lama setelah kerja di perusahaan ekspor impor karena bisa jalan jalan ke lapangan

    waktu itupun nggak boleh salah kostum dan salah strategi ^^

    ReplyDelete
  24. Keknya aku demam interview daripada demam panggung 😂 pikiran berusaha tenang eh tubuh suka demam sendiri dihari h- wkwk

    ReplyDelete
  25. Jadi inget masa deg2an mau wawancara kerja, harus PD dan ga berlebihan ketika menjawab krna akan memancing pertanyaan lain

    ReplyDelete
  26. Datang lebih awal memang termasuk kunci untuk menunjukkan sisi positif diri agar kalau memang rejeki, si pekerjaan itu akhirnya jadi amanah untuk dijalani. Semoga.

    ReplyDelete
  27. Ahaa penting banget poin2 di atas, terutama ga pake telat saat mau interview .
    Soalnya ku suka interview karyawan juga yang masuk dan paling gemesh kalo ga menepati waktu yang telah dijanjikan . Langsung bete deh...hhaaaa

    ReplyDelete
  28. masih kebayang rasa deg-degan waktu wawancara kerja. tapi ini dibutuhkan juga nih kalau nanti mewawancarai orang yang mau kerja di perusahaan kita

    ReplyDelete
  29. Sebagai orang yang pernah menginterview menurut saya penampilan penting, tidak harus pakai barang bermerk, tapi yang penting bersih dan rapi, first impression itu penting. karena setelah melihat tampilan, baru keliatan kualitas orang setelah berbicara.

    ReplyDelete
  30. Dulu pas jaman kuliah salah satu bekal yg disaranin adalah ngumpulin sertifikat seminar. Wkwk... Ternyata ga begitu kepake. Memang menghadapi interview jg ada triknya ya biar ga grogi perlu bgt tahu tipe seperti di atas

    ReplyDelete
  31. Cakep nih tips dan triknya, aku harus infoin ke adik yang sebentar lagi kerja juga nih

    ReplyDelete
  32. Membantu banget nih. Dulu waktu baru lulus, aku juga cari banyak info tips seperti ini, jadi lebih pede pas wawancara kerja

    ReplyDelete
  33. waaah thank you nih lengkap bgt tipsnya :) penting bgt nih perlu dipelajari untuk interview biar lancar dan sukses

    ReplyDelete
  34. Makasih tipsnya, kak. Saya share ke adik sepupu ah, mumpung dia lg persiapan cari kerja.

    ReplyDelete