MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Memilih Supplier Sembako agar Usaha Kuliner Tetap lancar

Tips Memilih Supplier Sembako agar Usaha Kuliner Tetap lancar
Add Comments
Thursday, 16 July 2020

Di masa pandemi seperti ini, berbagai usaha dan kreativitas benar-benar diuji. Mulai dari menurunya daya beli, ketersediaan stok terbatas hingga perputaran uang yang lambat. Mau tidak mau, suka atau tidak, maka dibutuhkan kemampuan dan semangat lebih untuk mempertahankan bisnis yang sedang berjalan. Seperti yang terjadi pada salah satu usaha kuliner rekan saya.

 

Awalnya, dia memulai bisnis kuliner dari keisengan membuka booth pada minimarket di sekitar tempat tinggalnya. Kuliner yang dijual cukup sederhana tetapi kekinian, namanya “Sostel-Sosis Telur” dengan berbagai pilihan topping dan saos. Dari satu menu, muncullah menu varian pendamping seperti minuman green tea dengan vla keju hingga kopi creamy.

 

Pengembangan varian makanan, ternyata juga diikuti dengan pengembangan jumlah omzet. Sehingga memutuskan untuk menyewa salah satu ruko di sekitar jalur utama dan dijadikan sebagai kedai usaha kuliner. Seiring waktu berjalan, berbagai sistem managemen usaha kuliner diterapkan.

 

Sebut saja, pemilihan varian menu terlaris, analisis stock & demand, proses menjaga kualitas bahan makanan hingga promosi pada berbagai media sosial. Semua berjalan lancar sesuai harapan hingga pandemi melanda, maka secara perlahan masalah timbul.

 

Menurunnya daya beli masyarakat akibat stay at home, hingga ketersediaan bahan baku dari pemasok yang tidak stabil membuat usaha kuliner tergoncang. Tetapi, bukannya setiap cobaan selalu saja ada jalan keluar? Begitupun juga dengan bisnis makanan.

 

Memilih Supplier Sembako

Meskipun pandemi, bukan berarti harus menyerah begitu saja. Ada dua hal penting yang bisa diterapkan secara umum agar usaha kuliner tetap berjalan. Pertama adalah strategi penjualan makanan dan kedua adalah pemilihan supplier sembako yang tepat.


Strategi Usaha Kuliner

Penyesuaian metode penjualan

Memiliki usaha kuliner saat ini, tidak hanya mengandalkan konsumen datang langsung ke tempat kita tetapi juga harus mempertimbangkan layanan pesan antar.

 

Mulai dari membuka layanan pesan antar sendiri atau bekerja sama dengan aplikasi layanan antara online yang sudah banyak beredar. Dengan begitu, usaha makanan milik kita bisa menjangkau pangsa pasar lebih luas.

 

Pemilihan menu yang tepat

Memiliki usaha kuliner, harus mempertimbangkan varian menu yang tepat agar bisa meningkatkan omzet penjualan. Jika hanya satu varian menu, artinya pembeli hanya memiliki kesempatan menikmati satu menu tersebut saja, tetapi jika memiliki 4-10 varian menu, itu artinya pembeli berpeluang menikmati semua varian sehingga total item yang dibeli meningkat.

 

Selain itu juga harus menganalisis menu-menu yang sering dibeli dan jarang dibeli agar tepat dalam memperhitungkan bahan dalam proses produksi.

 

Optimalisasi jam buka

Memiliki usaha kuliner sebaiknya memperhatikan jam operasional sesuai menu yang dijual. Contohnya, jika menu yang dijual khusus untuk sarapan saja maka optimalkan jam buka resto dari pukul 6 - 10 pagi. Tujuan dari optimalisasi jam buka, sudah pasti untuk efisiensi biaya operasional.

 

Menyediakan budget promo

Bagi para pemilik usaha kuliner, budget promo biasanya ditiadakan. Nah, mulai sekarang sudah harus mempertimbangkan dalam penyediaan anggaran promo. Tujuannya sederhana, agar produk yang kita miliki lebih dikenal oleh konsumen target.

Beberapa media promo sederhana adalah dengan menggunakan media sosial. Cukup menyediakan waktu dalam membuat akun medsos dan kuota data intermet.

 

Selain strategi dalam menjalankan usaha kuliner, juga perlu mengetahui dan menerapkan tips dalam memilih supplier sembako yang mendukung usaha kuliner kita.

 

Tips memilih supplier sembako untuk usaha kuliner

Ketersediaan stock yang mumpuni

Memilih supplier untuk menunjang bisnis makanaan yang kita miliki harus memiliki kemampuan ketersedian stock cukup baik. Hal ini sangat penting karena ditengah ketidakpastian, ketersediaa stock yang terjaga mampu menghilangkan kekhawatiran akan kurangnya bahan baku. Apalagi untuk bisnis kuliner, kurang satu bahan baku saja akan mempengaruhi cita rasa dan kualitas makanan yang dihasilkan.

 

Kualitas yang terjaga

Selain jumlah stock yang mumpuni, maka sangat penting bagi para penyedia bahan baku untuk menjaga kualitas barang dijual. Penentuan kualitas juga biasanya sudah dikelompokkan dalam grade-grade tertentu terhadap harga.

 

Untuk kualitas terbaik biasanya memiliki harga lebih tinggi dibandingkan kualitas barang pada grade dibawahnya. Supplier yang mampu menjaga kualitas terbaik sesuai harapan dan permintaan sangat penting untuk menunjang bisnis kuliner yang kita miliki.

 

Kualitas bahan baku yang terjaga


Harga reasonable

Beberapa bahan pokok, ketika tidak sedang musim, maka harganya akan melambung tinggi tetapi jika lagi musim maka harganya akan cenderung turun. Hal ini adalah wajar. Tetapi, memilih supplier yang baik dalam menunjang keberlanjutan usaha kuliner adalah mereka yang menjual bahan dengan harga reasonable. Artinya harga yang wajar.

 

Kemapuan dalam survey harga sangat penting untuk mengetahui apakah pemasok memiliki harga reasonable atau terlalu mahal. Setelah itu barulah memilih supplier bahan baku yang menyediakan harga wajar.

 

Jarak tempuh terjangkau dan terjadwal

Pernah merasa kesulitan dalam menjalankan bisnis karena lokasi penyedia bahan baku untuk usaha sangat jauh? Bahkan berada diluar kota. Nah, disinilah pentingnya mengetahui keberadaan pemasok material untuk usaha kuliner kita. Memilih pemaosk dengan jarak tempuh terjangkau hingga memiliki layanan pengiriman terjadwal adalah salah satu tips untuk tetap memperlancara usaha kuliner di masa pandemi.

 

Jika sudah tahu tips memilih supplier bahan baku, ternyata saat ini sudah ada GoFresh sebagai marketplace supplier kebutuhan bahan baku usaha kuliner.

 

GoFresh, Marketplace Bahan Baku untuk Usaha Kuliner

Kemunculan GoFresh sebagai marketplace adalah salah satu solusi dalam mengatasi kendala usaha kuliner terkait ketersediaan stock bahan baku.

 

Beberapa alasan, mengapa GoFresh layak menjadi partner supplier restoran untuk mendukung usaha kuliner diantaranya:

1. Gratis ongkos kirim; memilih belanja sembako dengan minimal pembelanjaan 300ribu maka para pengusaha kuliner akan dibebaskan biaya ongkos kirim.

2. Mudahnya dalam proses pembayaran; salah satu keuntungan jika memilih belanja bahan baku di GoFresh adalah proses pembayaran cashless dan beragam pilihan seperti penggunaan virtual account, Alfamart, GoPay dan kartu kredit.

3. Fleksibilitas dalam memilih waktu pengiriman; ketika belanja bahan baku di GoFresh maka kita bisa mengatur tanggal dan waktu pengiriman sesuai yang diinginkan sehingga bagi para pemilik usaha kuliner bisa menerapkan konsep FIFO (first in first out) yang fleksibel pula.

 

GoFresh dari GoBiz

Dengan kelebihan yang ditawarkan oleh GoFresh, maka sudah sewajarnya para pelaku usaha kuliner beralih ke GoFresh. Selain menawarkan berbagai keuntungan juga yang pasti mendukung proses penanganan pencegahan pandemi melalui pembelian bahan baku secara online.

Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.

  1. wuih good project from gobiz nih, we are still at home and then the product come, good and smart

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes of course. This good chance. Just do it from home and the goods come to you.

      Delete
  2. senang dengan layanan GoFresh, karena bisa beli bahan/wadah untuk bungkus makanan dengan harga terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. Jadi belanjanya online tanpa perlu ke luar rumah

      Delete
  3. kalau sudah menemukan suplier yang tepat semua persiapan memulai bisnis kuliner akan lebih mudah. Bisnis akan tepat waktu dan semua kebutuhan tersedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kita yang kontrol pembelian bahan tanpa perlu ke luar. Dan pembayarannya cash less

      Delete
  4. Betul. Dengan go fresh asupan bahan baku untuk usaha kuliner semakin menjamin kualitasnya. Teman di kotamadya yg pernah cerita juga. Pasti menyenangkan usaha didukung dengan partner yg solid dan terpercaya seperti gofresh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tuh kan. Partner yang solid didukung dengan layanan terbaik pasti jauh lebih tenang dan nyaman dalam bisnis kuliner

      Delete
  5. Benar deh supplier harus diperhatikan di awal bisnis kalau gak tidak bisa memenuhi permintaan barang akan terganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Bener sekali. Jangan sampai produksi terhalang gara2 kekurangan bahan

      Delete
  6. Bener banget, memilih supplier yang bagus itu salah satu kunci keberhasilan bisnis makanan ya. Yang bisa nyediain bahan baku berkualitas, cepat, harga bersaing, dan mudah pula proses pembayarannya. Btw, aku baru tahu dengan GoFresh ini. Cari tahu lebih jauh ah. Kepengen rekomendasikan ini ke sahabatku yang bisnis makanan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo. Apalagi sekarang ada free ongkir untuk pembelanjaan minimal 300ribu

      Delete
  7. Project yg OK bgt dari Go Biz krn bantu banyak usaha kuliner dikala pandemi dan harus dirumah aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Benar2 memahami kondisi sekarang. Belanjanya dari rumah dan barang diantar ke rumah langsung.

      Delete
  8. Belum nyoba layanan ini , bagus ya , bisa juat jaga2 kalau ga bisa keluar yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong kak. Soalnya belamja dari rumah dan barang tinggal nunggu sesuai jadwal yang kita inginkan.

      Delete
  9. Bisa buat pilihan kalau males belanja keluar ya. Sekarang makin banyak aplikasi begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Lumayan sangat membantu. Apalagi dengan kondisi sekarang.

      Delete
  10. Bisa buat pilihan kalau males belanja keluar ya. Sekarang makin banyak aplikasi begini

    ReplyDelete
  11. Gofresh ini melayani pembeli di jabodetabek aja atau seluruh wilayah Indonesia ya mbak? Tapi gak hanya melayani suplier kuliner doank kan ya... Kita order buat konsumsi pribadi skala rumahan juga bisa kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya kak, bisa melayani untuk kebutuhan rumah juga. Untuk saat ini baru di Jaboderabek dan akan berkembang ke kota2 lain di Indonesia.

      Delete
  12. Asik banget nih ada Go Fresh apalagi supplier berbagai macam sayuran yang fresh langsung dari pasar. Jadi enggak perlu capek ke luar rumah lagi untuk belanja.

    ReplyDelete
  13. dengan adanya supplier sembako yang terpercaya seperti GoFresh ini, membantu buat usaha kuliner yg sedang merintis ya

    ReplyDelete
  14. go fresh jadi fitur andalan ya mba buat usaha kulineran dan kita penikmat jasa layanan online yg ringkes. ajib memang teknologi jaman sekarang

    ReplyDelete
  15. go fresh jadi fitur andalan ya mas buat usaha kulineran dan kita penikmat jasa layanan online yg ringkes. ajib memang teknologi jaman sekarang

    ReplyDelete
  16. Pembelian online saat pandemi memang bisa jadi solusi bagi siapa saja. Termasuk pelaku usaha kuliner melalui GoFresh ini. Bahan baku segar jadi bisa diperoleh sehingga makanan/minuman berkualitas bisa disajikan kepada pelanggan nantinya.

    ReplyDelete
  17. Kualitas yang terjaga emang salah satu yang paling menentukan untuk mendapatkan sulier sembako yang terbaik agar usaha kuliner yang kita jalankan akan semakin baik juga. Sekarang mudah ya bang, tinggal pake go fresh aja untuk dapat sulier terbaik.

    ReplyDelete
  18. Go fresh ya , boleh deh ntar dicoba belanja dr sini

    ReplyDelete
  19. Wajib dong klu kita bisnis kuliner untuk memilih suplier yang baik dan bagus pelayanannya. GoFresh pilihannya krn mnyediakn bahan2 berkualitas. Suipp thx infonya ya

    ReplyDelete
  20. Go fresh pilihan terbaik yah barang segar berkualitas. Aku suka cek2 nih. Sayangnya di tempatku belum terjangkau. Maklum masih di kampung jauh. Semiga nanti bisa nih menggunakan go fresh

    ReplyDelete
  21. Tips nya keren sekali, memang bisnis kuliner itu gampang-gampang susah ya, Mas. Apalagi kalau soal kepuasan pelanggan, harus kreatif menentukan menu dan bahan yang fresh.

    ReplyDelete
  22. Keren nih GoFresh. Nanti aku kasih tau ibuku biar dia bisa pake juga hehe, thanks infonya ya

    ReplyDelete
  23. Jadi kepo.
    Yang dinual di go freah bahan bakunya apa aja ya..?
    Dan hanya di jkt saja atau ada di kota kota lainnya?

    ReplyDelete
  24. Semuanya serba dioptimalisasi ya Mas.. zaman now... termasuk optimalisasi jam buka agar efisien dan sesuai dg hasil yg diharapkan

    ReplyDelete
  25. wah untung ada GoFresh ya kak..membantu banget nih terlebih saat pandemi spti ini jadi ga perlu keluar rmh deh buat beli sembako..mantab deh Go Fresh ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah meski dalam situasi pandemi seperti ini, tetap ada solusi agar usaha tetap jalan yaa. Salah satunya ya Go Fresh ini.

      Delete
  26. Hadirnya Gofresh bikin tambah semangat baru untuk para pengusaha nih. Bisa dapat produk pendukung untuk usahanya. Jadi penasaran lihat di aplikasinya.

    ReplyDelete
  27. Gobiz bisa menjadi solusi banget yah buat para pengusaha.

    ReplyDelete
  28. Nah, ada yg aku cari dalam setiap membeli barang yaitu tidak perlu lagi pakai uang tunai. Sekarang ini emang udh tidak jamannya lg ya kak pakai uang tunai. Go fresh memang salah sati alternatif berbelanja

    ReplyDelete
  29. supplier sembako penting banget buat kelangsungan kehidupan dan bisnis. Kalau udah dapat yang OK harus dipertahankan. Dan dengan GOFresh sekarang makin praktis ya

    ReplyDelete
  30. Kalau punya usaha kuliner gitu emang sudah seharusnya punya dan pilih supplier sembako yang berkualitas ya. Tentu saja agar urusan produksi tetap lancar jaya.

    ReplyDelete
  31. Ada GoFresh jadi semakin less worry yah mas. Terlebih lagi ada banyak keuntungan yang didapat ;)

    ReplyDelete
  32. GoFresh, dari namanya saja sudah bisa ditebak bagaimana dalamnya. Pasti membuat fresh hati juga kan ya. Manfaatkan yuk

    ReplyDelete
  33. Belanja dengan gofresh memiliki banyak keuntungannya ... selain gratis ongkir juga bisa menemukan supplier yang terpercaya

    ReplyDelete
  34. baru tau saya ada produk keren dan praktis ini dan pertanyaan selanjutnya untuk mereka yang ada di desa bisa ga ya pakai alat bantu ini?

    ReplyDelete
  35. Waah bagus banget artikelnya sungguh 'berdaging'. Banyak insight yg bisa dipakai buat bertahan di era pandemi begini

    ReplyDelete
  36. Wah baru tau tentang Gofresh, mau coba ah.
    Sangat membantu saat ngga bisa keluar rumah tapi pingin eksperimen masakan baru

    ReplyDelete
  37. beneran saya baru terinfo nih soal Gofresh... tapi untuk usaha kuliner kulakan bahan pokok kebutuhan jualan memang harus dg kualitas terjamin.. trus kesediaan stock jg harus di jaga banget kan..

    ReplyDelete
  38. Wah inovasinya go fresh ini bisa banget jadi solusi bagi yang ingin berbisnis kuliner ya ataupun yang sudah mengawali bisnis kuliner.

    ReplyDelete
  39. masa pandemi gini agar bisnis dapat bertahan memang harus kreatif dan cerdas, termasuk bagi yang berbisnis kuliner memilih supplier bahan yang terpercaya

    ReplyDelete
  40. Saya lebih baik belanja online sayur dan buah seperti di GoFresh lebih aman dan tenang karena nggak pergi jauh ke pasar yang beresiko terjadi penyebaran pandemi. Tapi sayang sepertinya di kota kami belum ada layanannya.

    ReplyDelete
  41. dengan go fresh semuanya jadi sudah terjamin ya jadi kita hanya perlu checking beberapa mana saja yang kualitasnya bagus dan sesuai dengan budget

    ReplyDelete
  42. Wah senang deh dengernya ada GoFresh, makin kesini makin canggih yah jadi kalo mau pesen sayur mayur dan kebutuhan lainya gampang banget

    ReplyDelete
  43. Bisnis-bisnis di masa pandemi harus lebih pandai putar otak. Yang jumlah menunya masih sedikit, mungkin bisa ditambah supaya customer sekalian beli berbagai macam, ya?

    ReplyDelete
  44. Kalau ada aplikasi macam gofresh gini, memang Sudah selayaknya pelaku UMKM menggunakannya. Dengan berbagai kelebihan tentu akan dimudahkan ya ..

    ReplyDelete
  45. aku belom pernah coba go fresh nih. ada gratis ongkir juga yaa. Kapan-kapan mau coba gofresh ahh :D

    ReplyDelete
  46. Terimakasih tips nya kak, bermanfaat banget nih. Aku udah lama berpikir untuk usaha kuliner juga. Kayaknya Go fresh bisa jadi piliha supplier yang tepat nih. Good!

    ReplyDelete
  47. Yang paling keren, GoFresh mendukung usaha lokal ya Mas, bisa kirim gratis dengan minimal 300rb pembelanjaan itu bagus karena kita bisa borong beras atau sembako lain. Masa pandemi begini sangat positif memudahkan pengusaha kecil terutama pebisnis kuliner yang terdampak. Kalau praktis bisa pesan lewat app, ya biaya bisa ditekan. Untung meningkat. Keren inovasi GoFresh!

    ReplyDelete