MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Kreativitas di Tengah Pandemi ala Erix Soekamti

Kreativitas di Tengah Pandemi ala Erix Soekamti
Add Comments
25 September 2020

Pernahkah memiliki impian ketika kecil? impian yang kemudian membuat kita berusaha untuk menggapainya. Dahulu, ketika kecil di daerah pesisir Sulawesi Tengah sangat senang sekali rasanya ketika tiba-tiba melihat ada pesawat melintas di langit. Rasanya ingin, mencoba untuk naik pesawat. Saking antusiasnya, bahkan sering teriak “alakahe” yang artinya “ambil saya” dengan maksud ingin terbang bersama.


Sebagai anak pesisir yang setiap harinya bersentuhan dengan ikan, laut dan perahu maka impian naik pesawat adalah hal tidak mungkin saat itu. Menginjakkan kaki di Bandara saja yang letaknya di ibukota provinsi tidak pernah, apalagi naik pesawat.

 

Tetapi seiring waktu berlalu, usaha demi usaha dilakukan akhirnya berhasil juga naik pesawat dan bahkan pernah melakukan penerbangan 12 jam non stop. Kini, naik pesawat sudah menjadi bagian dari pekerjaan untuk mengeksplor daerah di Indonesia hingga asia.

 

Bagiku, setiap impian dan keinginan itu bisa kita realisasikan yang penting fokus dan kreatif dalam mengejarnya.

 

Sama seperti ketika mengikuti IG Live Fun Talk dari Home Credit dengan topik "Berani Berkreasi dan Gapai Impian" bersama nara sumber Erix Soekamti (Seniman dan Pendiri Does University).

 

kreativitas-di-tengah-pandemi

Kreativitas di tengah Pandemi Versi Erix Soekamti

Menurut Erix Soekamti setiap orang punya impian dan kreativitas adalah salah satu cara untuk menggapai impian tersebut. Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Selama mengikuti acara Fun Talk, setidaknya ada 4 hal yang perlu diperhatikan dan diterapkan ketika ingin tetap survive di tengah Pandemi.

1. Keyakinan terhadap impian

Setiap orang punya impian, entah itu impian masa kecil atau impian akibat rintangan dan hambatan berdasarkan pengalaman hidup. impian ini lah yang dikejar melalui berbagai usaha dan kreativitas agar bisa tercapai.

 

Pengalaman Erix Soekamti tentang kesulitan mencari sekolah yang diinginkan sesuai karakter dan kebiasaan pada saat itu membuat beliau berpikir dan memiliki keinginan ingin membuat sekolah. Akhirnya berdiri lah Does University yang merupakan sekolah bakat non-formal. Pastinya yang diajarkan adalah ilmu terkait minat dan bakat peserta didik sehingga berkembang sesuai passion masing-masing.

 

2. Pahami passion dan kembangkan dengan baik

Passion bagi setiap orang mungkin hanya sekadar kegemaran yang dimiliki. Sehingga tidak semua orang bisa menyadari bahwa dari passion bisa mendapatkan penghasilan. Tetapi ketika menyadari bahwa passion bisa dikembangkan dan mendapatkan penghasilan, maka saat itu lah dibutuhkan kreativitas.

 

Sadar dengan passion public speaking yang dimiliki, Erix Soekamti berani out of the box dengan mengembangkan bisnis microphone mungil. Fungsinya sudah pasti akan membantu para vlogger atau siapa pun yang membutuhkan microphone portable.

 

Dari sini kita belajar bahwa, kreativitas dalam mengembangkan passion ternyata bisa dijadikan usaha. Mengemas sebuah passion dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada, maka sudah pasti akan bernilai bisnis.

 

3. Jangan ditunda, segera lakukan.

Salah satu yang membuat sulit berkembang adalah kebiasaan menunda pekerjaan. Hingga pekerjaan menumpuk dan sulit diselesaikan secara maksimal. Menurut Erix Soekamti, ketika ada pekerjaan atau hal yang ingin dilakukan, maka bersegeralah dan jangan ditunda.

 

Ketika pekerjaan ditunda, maka saat itulah kreativitas dan ide yang sudah ada ikut tertunda. Hasil akhirnya sudah pasti akan mengalami kondisi stuck di tempat.

 

4. Mulai berinvestasi sedini mungkin.

Setiap masa memiliki tantangan tersendiri. Apalagi ketika pandemi seperti ini. Mencoba bertahan hidup dengan apa yang dimiliki, tetapi lama kelamaan akan berkurang karena penghasilan yang diperoleh tidak normal.

 

Kreativitas-ketika-pandemi



Dengan berinvestasi sedini mungkin, artinya sudah mempersiapkan masa depan sehingga ketika pandemi terjadi maka bisa diatasi melalui investasi yang dimiliki. Investasi juga ga harus muluk-muluk, cukup investasi yang versi kita menguntungkan. Contohnya, jika dirasa investasi properti akan menguntungkan maka segera lakukan.

 

Diakhir sesi acara Fun Talk, beliau berpesan, "Lakukan terbaik dan #AyoMajuBersama agar kita semua bisa melewati masa sulit ini".

 

Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.

  1. Keren nih. Memanfaatkan yang ada untuk menghasilkan karya, selainitu bisa menambah keuangan pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. Karena memang ditengah pandemi seperti ini harus kreativ

      Delete
  2. Alakahe .. hehe .. lucu membayangkan Bang Taumy kecil meneriakkannya.

    MEnyenangkan sekali ya kalau passion bisa dijadikan sumber penghasilan juga apalagi jika bisa berbisnis seperti Mas Erix ini. Luar biasa sharing-nya ya. Saya suka sama sharing-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Saya pun juga kemarin pas ikut acaranya, jadi terbuka pikirannya.

      Delete
  3. Setuju sekali dengan salah satunya yakni jangan ditunda-tunda.

    Terkadang, menunda sebuah impian dan ide baru bikin feel jadi berbeda seperti saat diawal kita mendapatkan Insight baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, dari sini kita belajar untuk langsung mengerjakan tanpa ditunda lagi

      Delete
  4. Setuju sekali dengan salah satunya yakni jangan ditunda-tunda.

    Terkadang, menunda sebuah impian dan ide baru bikin feel jadi berbeda seperti saat diawal kita mendapatkan Insight baru

    ReplyDelete
  5. Rata-rata memang banyak orang maju dan sukses karena menekuni passionnya ya, Mas. Termasuk saya yang mengikuti passion suka menulis, dan akhirnya jadi penulis hehehe.
    Dan saya setuju sekali dengan poin-poin di atas. jangan lelah untuk terus bermimpi, kembangkan terus pasion, jangan ditunda segera lakukan, dan mulai berinvestasi dari kecil dulu, nanti saja bukit hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang. Apapun passion kita kalau ditekuni, insha Allah pasti akan membuahkan hasil.

      Delete
  6. Kalo anak kecil dekat rumah dulu sering bilang 'pesawat... Bagi duit...."
    Kalo mas Alif "alakahe" ya..
    Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Ternyata memang pandangan anak kecil beda2 ya.

      Delete
  7. Setuju pakai banget Kak, impian membuat kita terpacu dan terpicu untuk mengejarnya sampai dapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Karena beberapa mimpi yang kita usahakan dengan baik, Insha Allah akan tercapai.

      Delete
  8. Sangat bermanfaat artikelnya pas banget buat aku yg lagi ngembangin passion aku, ternyata passion juga bisa ngehasilin uang ya, keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat. Semangat kak mengembangkan passion

      Delete
  9. Enak ya kak kalau mengerjakan suatu pekerjaaan sesuai dengan passion rasanya ringan tanpa beban hehehe patut di contoh nih inspitrasi dari Erix Soekamti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya pas sekali nih ketika Bang Erix jadi narasumber.

      Delete
  10. Mengemas sebuah passion dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada, maka sudah pasti akan bernilai bisnis...wah. Keren ini si Erix Soekamti. Aku sudah tahu bandnya, tapi kiprah Erix yang menginspirasi baru tahu dari acara Fun Talk ini. Memang pandemi membuat kita memutar otak untuk lebih kreatif dan jika kita bisa memanfaatkannya pasti bisa mengatasinya. #AyomajuBersama!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Dian, saya juga tahu kiprah Bang Erix dari Fun Talk ini. Jasi motivasi sendiri sih.

      Delete
  11. Pembahasannya sangat menarik sekali, semua di awali dengan mimpi, lalu dapat dilanjutkan dengan usaha untuk mengejar impian. Intinya untuk selalu semangat dan fokus berusaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kita semua harus punya mimpi agar memiliki semangat untuk menggapainya.

      Delete
  12. Seringkali memang otak kreatif kita tuh berfungsi disaat kejepit dan kesusahan. Di masa pandemi ini misalnya, ruang gerak terbatas, ekonomi sulit, justru otak harus cepat jalan. Senang deh kalau home credit peduli akan issue itu dan memberikan pencerahan melalui webminarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kata orang sih "The power of kepepet"

      Delete
  13. yap..keyakinan pada impian itu mmg penting karena diri kita lah yang memberi semangat pada apa yang kita impikan.
    untuk berinvestasi pun harus dipilih yang aman resikonya
    apalagi untuk pemula ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali kak. Mulai dari hal kecil dulu baru yang besar.

      Delete
  14. Beru tahu ada sekolah bakat nonformal, pengen deh tahu lebih banyak tentang does university

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak. Saya juga tahunya pas ikut Fun Talk nua sih.

      Delete
  15. Keren kak! Anak pesisir yang sekarang dah bolak-balik naek pesawat. Dream comes true ya kak..anyway thank you rangkuman untuk bisa tetap kreatif ditengah pandemi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 kak semoga bisa menginspirasi di tengah pandemi.

      Delete
  16. Kemarin ikut acara live Ig dg Erix Soekamti juga ya mas, aku juga, acaranya memang bagus ya menginspirasi harus tetap kreatif meski serba terbatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. Acaranya seru sekaligus penuh motivasi.

      Delete
  17. Seru banget ketemu mas Erix Soekamti ya, bener bener menginspirasi banget, sampe bikin sekolah trus bikin inivasi mikropon kecil, kreativitas nya luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia. Kita bisa belajar banyak dari beliau tentang kreativitas.

      Delete
  18. Dimasa pandemi semua harus survive. Sedih Lihat gedung kantor satu persatu perusahaan bangkrut, toko-toko di lantai bawah pun harus tutup. Yang bisa menyelamatkan yaa itu benar seperti Erix Soekamti, kita harus kreatif untuk bisa survive. Semoga pandemi cepat berlalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Kita semua berharap agar pandemi ini segera berlalu dan kembali normal.

      Delete
  19. Fun Talk bareng home credit selalu seru dan menginspirasi ya. Tempo hari saya juga sempat nonton livenya dengan tema yang berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Selalu menginspirasi dengan nara sumber inspiratif

      Delete
  20. Aku merasakan betul, Bang, akibat dari menunda melakukan pekerjaan. Jelang hari H yang kukira masih ada waktu untuk mengerjakan, ada aja halangannya. Entah tiba-tiba mati listrik, internet gangguan, atau aku yang jatuh sakit.

    Diperingatkan Allah banget tuh ya bahwa waktu tuh mahal sekali harganya. Ogah deh menunda-nunda lagi.

    By the way, waktu kecil terus lihat pesawat, aku teriaknya, "Pesawat! Minta uang, dong!" Hahahaha, kecil-kecil suka minta duit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha. Kecil2 sudah minta duit ya. Mungkin karena saat itu sudah familiar dengan duit ya.

      Delete
  21. Kalau aku zaman kecil liat pesawat terbang teriak "pesawat minta uang" hahah

    ReplyDelete
  22. Senang ya kalau impian sejak kecil tercapai. Impian masa kecil itu memang akan selalu tertancap di kepala dan di hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Setidaknya apa yang dulu menjadi impian ternyata bisa dikejar

      Delete
  23. Jadi, dalam kondisi pandemi seperti sekarang investasi tetap perlu dilakukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saran Bang Erix tetap perlu. Mulai dari hal yang kecil dan bisa bermanfaat di masa depan.

      Delete
  24. setuju banget kak, pahami passion dan kembangkan dengan baik agar tertata masa depan karir kita :D semangattttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Tetap semangat kembangkan passion agar bisa bertahan di tengah pandemi

      Delete
  25. Senang banget bisa ikut Fun Talk kali ini ya kk dan saya dapat input bahwa keterbatasan membuat kita semakin kreatif selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kali ini tema dan nara sumbernya benar2 inspiratif.

      Delete
  26. Aku ikutan juga acara ini mas, memang benar-benar memotivasi dan bikin kreatif sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Setidaknya membuka pikiran kita juga kan ya.

      Delete
  27. Nah, ini salah satu youtuber yang selalu ditontoton suami. Aslinya kami memang fans berat Endank Soekamti. Eh lah kok Mas Erix bikin Does University, makin ngefans kita karena ide-idenya yang out of the box.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Damar, out of the box kayak gini nih yang harus diasah.

      Delete
  28. Melakukan sesuatu yang diimpikan untuk suatu pekerjaan tidak perlu ditunda. Soal berhasil atau tidak, bukan suatu pertimbangan. Yang penting action....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalau ga dimulai, kan sulit tahu hasilnya.

      Delete
  29. Mantap acaranya. Dalam keadaan serba terbatas saat masa pandemi seperti ini tetapi harus tetap kreatif yah

    ReplyDelete
  30. Waah, keren sekali . Apalah aku kadang malah takut ngebayangin naik pesawat. Belum lagi gimana rasanya turbelsensi di dalam pesawat atau terjadi kecelakaan :((

    ReplyDelete
  31. Wahh sama ternyata bang taumy. . Saya juga waktu kecil pengen banget naik pesawat teriak bareng teman-teman sambil lari kalau ada pesawat lewat langit kampung kami.

    Alhamdulillah.. Pas udah besar diberi allah kesempatan juga kemana-mana naik pesawat, yang mana dulu saat kecil hanya mimpi dikampung.

    ReplyDelete
  32. "Lakukan terbaik dan #AyoMajuBersama agar kita semua bisa melewati masa sulit ini" >> makasih banget motivasinya, semangat buat kita semua yaa.

    Aku termasuk golongan masa kecil yang suka teriak kalo ada pesawat "kapaaalll, minta duiiittt!!!"

    ReplyDelete
  33. Keren mas impian masa kecilnya sudah terwujud ya dan gak tanggung pula naik pesawatnya jadi keliling dunia :). Aku punya impian yang belum kesampaian, baca di sini jadi sadar, keyakinan aku kurang dan suka menunda-nunda xixixi. Makasih sudah diingatkan kembali lewat artikel Funtalk Erix Soekamti ini termasuk soal investasi

    ReplyDelete
  34. Jangan ditunda, segera lakukan, betul banget. Jangan sampai kebanyakan mikir ya malah tidak jadi-jadi deh menjalankannya.

    ReplyDelete
  35. Yes, yakin terhadap impian apalagi yang menjadi passion itu penting. Aku dulu berawal dari suka main bareng anak dan kepingun banget bisa mempunyai EO untuk anak. Akhirnya terwujud di tahun 2017. Hidup harus bisa menjadi kreatif ya.

    ReplyDelete
  36. kebiasaan Aku nih suka menunda, akhirnya idenya lupa gak pernah jadi apa yg diimpikan, noted!

    ReplyDelete
  37. Waktu kecil kalau Ada pesawat saya suka teriak minta duit haha. Mimpi tidak boleh padam karena pandemi, walau perjuangan jadi lebih hebat ya. Mas Erix memanglah inspiratif

    ReplyDelete
  38. Bagus nih tips tips dari erix soekamti saat acara homecredit, i can relate

    ReplyDelete
  39. Yups..semoga kita semua tetap semangat, tetap kreatif, sehingga bisa melewati masa masa sulit ini. Pokoknya, jangan sampai keterbatasan membuat kita menyerah.

    ReplyDelete
  40. Sepakat. Keterbatasan bukan alasan untuk membatasi kreativitas 😘

    ReplyDelete
  41. Bagus nih acara yang di selenggarakan oleh homecredit sangat edukatif

    ReplyDelete
  42. Mas erix soekamti emang kreatif banget, sampai punya rumah kreatif sendiri. Pasti zeru banget acaranya kalau yang ngisi mas erix :)

    ReplyDelete
  43. Percaya pada impian!
    Meski di musim pandemi ini, saya masih percaya pada impian saya. Pokoknya selama hayat masih dikandung badan, menggapai impian jalan terus..

    Dan melek investasi sejak dini memang penting banget yaa.. saya yang masuk generasi yang selalu dicekokin hidup tenang kalau punya kerjaan pun mau tidak mau harus belajar cara berinvestasi dengan baik dan benar.

    ReplyDelete
  44. Betul banget, aku sudah pernah merasakan sendiri, gimana rasanya kerjaan yang ditunda-tunda terus tuh. Pandemi kayak gini apalagi, udah hrus waktunya bangun lebih pagi, kerja lebih giat, jangan sampai terjadi resesi

    ReplyDelete
  45. Ka Taumy, saya pikir kalau talkshow2 begini paling hardsellinh dr penyelenggara ya ternyata ga juga ya materinya bagus bgt. Related lg pandemi gini, idenya mas erix ini sampe jual micropone juga ya...memang hrs kreatif di era seperti ini.

    ReplyDelete
  46. Setuju banget, saat pandemi gini gerak kita lebih terbatas.
    Jadilah untuk mengisi waktu luang kita bisa melanjutkan hobi yang udah lama vakum dll

    ReplyDelete
  47. Kuncinya harus berani bermimpi dan tekuni passion. Saya lihat Mas Taumy sangat tekun dalam hal apapun tak heran kalau Mas Taumy banyak berhasil dalam dalam beberapa bidang :)
    Acara Funancial ini sangat bervariasi programnya. Keren!

    ReplyDelete
  48. kalo investasi, lebih baik disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan ya, kak. tidak semua bisa masuk sih menurutku. selalu ada beragam keuntungan dan resiko :)

    ReplyDelete
  49. Kekuatan mimpi emang ngga I bisa diabaikan. Akupun termasuk pemimpi ulung hehe alhamdulillah satu epr satu mimpi terwujud asalkan diiringi usaha dan doa.

    ReplyDelete
  50. Kirain yang suka heboh kalau ngeliat pesawat cuma kami anak-anak kampung nih, ternyata hampir menyeluruh. Sesenang itu ya lihat pesawat doank.

    Pernah baca nih sama cerita perjuangannya mas endang buat bangun does university ini. Bagus banget impiannya dia, karena softskill nih malah yang nggak diajarkan di sekolah formal yaa

    ReplyDelete
  51. Aku banget nih kadang udah ada yang direncanakan mau dilakukan tapi gak buru-buru, malah cenderung ditunda terus... Jadinya malah numpuk ih. Bener juga bahwa kerja sesuai passion malah jadi bisa lebih kreatif dan inovatif karena akan muncul ide ide baru

    ReplyDelete
  52. Berawal dari mimpi, jangan tunda untuk eksekusi, kerjakan sesuai passion. Ini akan keren banget hasilnya

    ReplyDelete
  53. Nah terkadang apa yang kita cita-citakan itu tertunda karena kita yang gak mau gerak, sering nunda. "Nanti aja deh, nanti aja abis ini." Hem, susah ya melawan rasa mager dan nunda-nunda ini😊

    ReplyDelete
  54. Halo kak, wah nampaknya kakak udah kenyang ya sama dunia laut dam pantai, hehe. Tapi alhamdulillah ya impiam naik pesawat terbang bahkan traveling akhirnya tercapai. Semua berkat passion ya kak. Impian yang kemudian hari menghasilkan baik karya maupun penghasilan. Seperti tips dari kak erix soekamti. Saya jadi penasaran, does university nya seperti apa di dunia nyata...hhmm

    ReplyDelete
  55. Setuju, kita harus tetap semangat ya, biarpun di tengah pandemi. Dulu mimpiku masih kecil pengen naik pesawat, eh kesampaian juga

    ReplyDelete