12 August 2021

Cara Agar Tetap Fit Selama Travelling, Dari Perencanaan yang Matang Hingga Meminum Minuman Energi

Siapa sih yang tidak senang dengan travelling alias liburan? Bagi sebagian orang travelling sudah menjadi kebutuhan mingguan. Entah itu hanya sekadar wisata ke destinasi di sekitar rumah atau malah liburan keluar kota hingga luar negeri.

 

Travelling itu kayak candu loh. Jika sudah dilakukan sekali pasti ingin lagi. Jika sudah berkunjung ke satu tempat pasti ingin ke tempat yang lain.

 

Apalagi buat para penganut bucket list seperti saya. Terkadang kerja keras, agar beberapa persen dari penghasilan bisa ditabung untuk menuntaskan bucket list yang sudah disusun. Kalau tabungan sudah tercapai maka saatnya untuk liburan.

 

Ada hal yang perlu diingat ketika merencanakan suatu liburan, mulai dari biaya, itinerary, akomodasi dan suplemen. Semuanya harus dipersiapkan dengan matang dan pastinya disesuaikan dengan kemampuan.

 

Tetap fit selama travelling

Biaya

Liburan itu meskipun sudah menjadi kebutuhan tetapi bukanlah sesuatu yang harus dipenuhi tiap hari. Untuk berkunjung ke suatu tempat, pastinya dibutuhkan biaya. Nah, penting untuk dipahami bahwa biaya liburan itu harus disediakan dari penghasilan kita dengan proporsi tertentu.

 

Saya, sedari pertama kali kerja sudah menyisihkan 5% dari gaji untuk liburan dan jika jumlahnya tercapai, barulah liburan dilakukan.

 

Contohnya begini, jika biaya yang dibutuhkan untuk liburan seminggu ke Malaysia ala simple traveller sebesar 3 juta. Maka dibutuhkan 1 tahun menabung, jika gaji saat ini sebesar 5 juta per bulan. Karena ya itu, menyisihkan 5% setiap bulan dari gaji agar tercapai 3 juta untuk biaya liburan.

 

Yang paling penting adalah jangan sampai liburan sudah menjadi gaya hidup tetapi biayanya berasal dari utang ke orang lain. Gunakanlah penghasilan yang dimiliki sesuai proporsinya untuk liburan.

 

Itinerary atau Rencana Perjalanan

Menyusun rencana perjalanan, adalah hal gampang-gampang susah. Gampang karena sudah banyak referensi yang beredar di internet meskipun belum pernah kesana. Susah karena harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

 

Itinerary yang super lengkap bisa memberikan gambaran yang jelas terkait hal apa saja yang akan dilakukan selama liburan.

 

Itinerary yang mendetail bisa membantu dalam mengelola waktu liburan yang efisien disamping memberikan gambaran terhadap total biaya yang akan dikeluarkan.

 

Itinerary juga disusun berdasarkan efektifitas moda transportasi yang dipilih beserta rencana cadangan jika rencana utama mengalami kendala. Setidaknya dari itinerary akan memberikan gambaran keseluruhan dari rencana perjalanan yang akan dilakukan. Dan pastinya disusun agar liburan lebih nyaman dan tetap fit, bukan liburan yang grusa-grusu.

 

Akomodasi

Memilih akomodasi yang tepat dan pastinya disesuaikan dengan budget adalah hal penting ketika liburan terutama jika liburannya ke luar negeri. Jangan sampai, budget pas-pasan tetapi ingin tinggal di hotel bintang 5. Semuanya pasti harus menyesuaikan.

 

Saya sendiri sih, selalu memilih penginapan nyaman dan tidak butuh yang mewah. Karena bagi saya penginapan digunakan untuk tidur saja, bukan untuk staycation. Kecuali memang niat awalnya untuk staycation, nah ini berbeda.

 

Kalau untuk staycation, maka sebaiknya pilih penginapan dengan fasilitas lengkap agar nyaman selama staycation.

 

Suplemen

Siapa sih yang tidak ingin tetap fit selama liburan, pastinya pada mau kan ya. Tetap fit selama liburan adalah hal wajib. Mulai dari pemenuhan kebutuhan nutrisi dari makanan hingga berasal dari suplemen.

 

Biasanya sih kalau liburan, urusan makanan tidak akan terlepas dari kuliner lokal. Dan saking sibuknya berpindah dari satu tempat ke tempat lain, bisa jadi jam makan akan mengalami perubahan juga.

 

Umumnya yang terjadi, sarapan di penginapan, makan siang di tempat tujuan dan makan malam kembali ke penginapan. Aktivitas padat dan terkadang menguras energi, bisa banget loh menimbulkan kelelahan selama liburan sehingga penting memienuhi cukup asupan energi.

 

Salah satu suplemen kesehatan yang sering saya konsumsi dan berbentuk minuman ketika liburan adalah Kratingdaeng Red Bull. Ada cerita dibalik memilih produk ini yang akan saya sampaikan setelahnya.

 

Nah, karena bentuknya energy drink masyarakat umum banyak yang salah mengartikan fungsi, kandungan dan manfaatnya. Makanya sangat perlu untuk diketahui terlebih dahulu terkait energy drink ini.

 

Mengenal Lebih Dekat Kratingdaeng Red Bull

Tahun 2011, saat Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games kebetulan saya saat itu bekerja sebagai Liaison Officer. Pekerjaannya sih sederhana, mengatur jadwal para kontingen dan memastikan apa yang mereka butuhkan bisa terpenuhi.

 

Pada saat bertugas, saya dihampiri oleh salah satu manager atlet untuk mencari minuman energi. Beliau menyebutkan, “Red Bull”. Tetapi, saya menanyakan ke beliau, apakah minuman ini tidak termasuk kategori dopping karena saya awalnya khawatir minuman ini bakal membuat para atlet tidak lolos tes dopping ketika tes ini dilakukan.

 

“Tenang saja, Red Bull itu minuman energi yang bisa membantu atlet saya dan pastinya tidak tergolong kategori dopping. Oh iya, kau juga butuh itu karena pasti lelah dalam mengurus kebutuhan kami selama ini”

 

Begitu lah kira-kira jawaban dari manager atlet perahu naga, sehingga saya pun tidak ragu untuk menyediakan Kratingdaeng Red Bull sekaligus pengalaman awal saya mengkonsumsi suplemen minuman energi ini.

 

Sejak saat itu, saya mengenal Kratingdaeng Red Bull sebagai suplemen kesehatan dalam bentuk minuman energi. Minuman ini juga sudah diakui kok diseluruh dunia, baik para atlet profesional yang aktif, mahasiswa dan pastinya juga para traveller yang lagi liburan.

 

Dari komposisi kandungan yang ada, Kratingdaeng Red Bull memang sangat bermanfaat buat para pekerja keras makanya hal wajar kalau minuman ini masuk dalam kategori minuman energi.

 

minuman energi

 

Umumnya sih, Kratingdaeng Red Bull dapat diminum setiap hari dan disarankan 3 kali dalam sehari. Tujuannya jelas, untuk meningkatkan stamina dan konsentrasi tubuh sepanjang beraktifitas.

 

Memahami Kandungan Kratingdaeng dibandingkan Segelas Kopi.

Pencinta liburan sekaligus penikmat kopi sudah pasti memasukkan kopi khas destinasi dalam itinerary. Banyak banget yang merasa bahwa secangkir kopi mampu menciptakan nuansa kehangatan sekaligus minuman penyemangat sepanjang hari. Itulah mengapa jika menikmati secangkir kopi ditempat tujuan adalah kegiatan wajib.

 

Kandungan Nutrisi Kratingdaeng
Product Knowledge Kratingdaeng Red Bull

Jika kopi digunakan dan dimanfaatkan sebagai mood booster selama travelling, maka Kratingdaeng juga bisa loh dimanfaatkan sebagai suplemen selama traveling. Apalagi kan, traveling harus kudu tetap fit dengan banyak aktivitas.

 

Sangat penting untuk diketahui bahwa ternyata baik Kratingdaeng maupun kopi sama-sama mengandung kafein. Padahal selama ini, banyak orang berprasangka atau berasumsi bahwa kafein berbahaya buat tubuh.

 

Sebenarnya sih, apapun itu jika dikonsumsi berlebih pastinya bakal berbahaya buat tubuh. Makanya penting untuk memahami setiap minuman yang diminum, termasuk minuman yang mengandung kafein.

 

kandungan kafein Kratingdaeng Red Bull

Dikutip dari klikdokter.com bahwa minuman yang mengandung kafein apabila dikonsumsi secukupnya malah akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut manfaat kafein bagi kesehatan tubuh, antara lain:

manfaat kafein


Dengan manfaat yang bisa didapatkan, maka tidak perlu lagi khawatir akan kandungan kafein pada Kratingdaeng Red Bull karena jauh lebih rendah dibandingkan secangkir kopi sekaligus jauh dibawah batas harian kafein yang dianjurkan (400 mg/hari).

 

Manfaat Minum Minuman Energi Buat Kamu yang Super Aktif

Super aktif itu, bukan hanya ketika bekerja loh. Ketika liburan juga bisa. Jadi, sering banget kan ya ketika liburan itu keluarnya pagi hari dan kembali lagi ketika malam tiba. Saking tidak inginnya melewatkan setiap momen atau atraksi di daerah tujuan.

 

Pernah suatu hari, ketika melakukan perjalanan ke Banyuwangi. Pagi harinya berkunjung ke Taman Nasional Baluran hingga sore hari kemudian malam harinya langsung ke Kawah Ijen. Kebayang banget kan ya, aktivitasnya.

 

Nah, kondisi seperti ini sudah pasti menguras energi. Jika tidak dijaga, bisa-bisa malah sakit ketika liburan. Makanya penting banget untuk minum minuman energi agar aktivitas padat tetap bisa dilakukan.

 

Buat kalian yang juga memiliki aktivitas padat, banyak manfaatnya kok ketika minum Kratingdaeng Red Bull salah satunya membantu mengubah glukosa menjadi energi. Kalau sudah cukup energi, maka aktivitas pun bisa berjalan dengan baik.

 

manfaat Kratingdaeng Red Bull

Saat ini, untuk pembelian produk Kratingdaeng Red Bull bisa dilakukan di minimarket (Alfamart dan Indomart), Supermarket (Carefour, Hypermart) dan E-Commerce (Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee) yang bertuliskan Official Store. Ingat ya, Official Store.

 

Jadi tidak perlu lagi khawatir akan liburan dan aktivitas padat, karena minuman energi Kratingdaeng Red Bull bisa menemani selama beraktivitas. Liburan jalan, tubuh tetap fit.

78 comments:

  1. Wahhh ternyata banyak manfaatnya yaa, jujur pas pertama kali minum kupikir ini minuman keras yang gak sehat gitu,. Tapi setelah melihat manfaat yang baik untuk tubuh, apalagi untuk meningkatkan stamina jadi pengen beli dan coba lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget dan sangat membantu dalam menjaga kebugaran tubuh

      Delete
  2. Aku, kalo traveling jadi banyak makan, supaya nggak sakit. Terus akomodasi, biarlah murah asal bersih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya penting banget menjaga nutrisi dan kebugaran tubuh selama travelling

      Delete
  3. thanks for sharing. Simpen buat bekel jalan-jalan abis pandemi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. semoga pandemi ini segera berakhir sih.

      Delete
  4. Yeah asumsi saya minuman Krating Daerng Red Bull adalah minuman energi yang mengandung kimiawi . Ternyata berasal dari alami. Semoga booster yang ditimbulkan nyaman selama liburan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia makanya banyak yang salah kaprah. Jadi perlu banget baca dulu komposisinya.

      Delete
  5. Bener sih kalau mau traveling harus punya persiapan matang mulai dari budget sampai itinerary, apalagi kalau bawa pasukan sekeluarga besar wkwkw. Yang penting stamina harus tetep terjaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong. Apalagi kan tujuan travelling buat refreshing.

      Delete
  6. Mantap jiwaaaa minuman berenergi Krating Deng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi dong, demi kebugaran tubuh selama jalan-jalan.

      Delete
  7. wah jaman pandemi gini memang perlu ya sesekali minum minuman berenergi biar gak gampang lemes hehe.. asalah diimbangi sama minum air putih kak biar badan juga terhidrasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya air putih itu adalah utama. Kalau minuman energi seperti ini itu tujuannya buat menjaga stamina.

      Delete
  8. Yup saat traveling perencanaan harus matang, termasuk urusan energi kalau gak gitu bakalan gak fokus urusan jalan2nya nanti, saya pernah waktu kerja dulu minum krating daeng memang energi tetap terjaga dan kerjaan pun beres :)

    ReplyDelete
  9. Loh ternyata manfaat Kratingdaeng banyak banget ya. Lebih banyak positifnya tuh. Ntar kalo kelelahan banget, coba minum aahhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya apalagi kalau sudah dikejar kejar deadline kan.

      Delete
  10. jadi penasaran ...
    saya belum pernah minum Kratingdaeng Red Bull , cuma lihat iklannya

    ternyata boleh diminum 3 kali sehari ya?
    Terlebih saat tubuh membutuhkan energi berlebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget diminum 3 kali sehari pun masih dibawah ambang batas normal kok.

      Delete
  11. Setujuuuu....liburan itu mesti nyiapin biaya sendiri. Jangan minjem sama orang lain. Udah itu males ngembaliin tapi suka banget pamer-pamer foto lagi lburan. Ahaha.... Btw, Kratingdaeng ini khusus laki-laki ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia makanya. Kalau Kratingdaeng mah semua orang bisa minum kok.

      Delete
  12. Saya sampai sekarang kalau ingat minuman berenergi pasti KratingDaeng. Dari kecil selalu konsumsi, karena paman kerja di KratingDaeng Bogor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru tahu juga malah kalau pabriknya di Bogor.

      Delete
  13. Baca blogpost ini jadi bikin aku kangen pelesiran, Kak. kalau pandemi dah usai, pengin ke Madiun aja, ga terlalu jauh dari Lamongan. Aku pun ga bisa lepas dari kafein, Kak. Selain kopi, kalau perlu aku minum Kratingdaeng karena rasanya tulen asemnya bikin segar dan semangat. Yuk ah traveling lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Saat ini, kita harus bisa menjaga diri dan imun dulu. Agar bisa travelling nanti setelah pandemi.

      Delete
  14. Akrab banget sama Kratingdaeng Red Bull ini, tapi sama sekali belum pernah minum. Katanya yang minum sih enak dan bisa banget buat nambah energi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh kak. Apalagi kalau rutinitasnya padat banget pastinya bakal membantu fokus dalam bekerja.

      Delete
  15. Boleh juga nihh, aku terakhir kali minum suplemen kayak gini rasanya SMA deh hehe. Mau coba dehh habisnii siapa tahu energinya bisa 2x lipat buat ngerjain sesuatu selama traveling haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kak. Apalagi kalau banyak deadline. Sangat membantu loh kak.

      Delete
  16. Bekerja apalagi traveling memang butuh suplemen biar gak gampang capek. Maka pantas buat masuk ke dalam barang-barang yang wajib di bawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Dan Kratingdaeng ini bisa ditemukan banyak negara juga kok. Apalagi negara ASEAN.

      Delete
  17. Ternyata cafeinnya Kratingdaeng ini cukup aman ya..yang penting dikonsumsi tidak berlebihan..sesuai petunjuk pemakaian..aman deh buat tubuh ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Jauh lebih rendah dibandingkan secangkir kopi yang sering kita minum

      Delete
  18. terkadang kita juga butuh asupan energi ya kak
    bosa dengan minum minuman berenergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia. kalau saya sih memang agar tetap nyaman baik liburan maupun kerja, yah minuman energi ini salah satu suplemennya.

      Delete
  19. bener banget sesuatu yg berlebihan itu pasti nggak baik buat tubuh ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong, makanya perlu disesuaikan dengan kondisi dan takaran.

      Delete
  20. Traveling emang bikin candu. Apalagi travelling nya dibayarin kantor jd gak perlu keluar ongkos lagi hihi..
    Eh, kupikir kratingdaeng nih doping lho.. Baru tau

    ReplyDelete
  21. Ya ampun, Kratingdaeng ini ternyata masih eksis sampai sekarang ya.
    Inget banget dulu kalau bapack2 butuh something untuk refresh tenaga, banyak yang minum kratingdaeng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinnya dong. Malah semakin banyak yang membutuhkan akibat sering kejar deadline.

      Delete
  22. Ternyata asupan energi bisa ya didapatkan dari KratingDaeng Red Bull dan aman dikonsumsi ya kak ..noted deh

    ReplyDelete
  23. wah krating deng memang cocok banget buat penikmat travel agar sehat selalu dan terjaga, namun gak boleh keseringan sih

    ReplyDelete
  24. udah ngelarang suami minum ginian kalo tidak dalam kondisi yang memaksa tubuh untuk berkerja keras. Dan kalo terpaksa pun wajib minum air putih cukup banyak

    ReplyDelete
  25. Oh, ternyata gak semua minuman berenergi itu berefek negatif ya. Aku selama ini menghindari banget minuman berenergi karena katanya sih berbahaya, ini setelah tau ternyata kratingdaeng aman jadi tertarik untuk konsumsi kratingdaeng buat nambah tenaga

    ReplyDelete
  26. Setuju banget dengan kalimat "jangan sampai liburan sudah menjadi gaya hidup tetapi biayanya berasal dari utang ke orang lain."

    Iya, liburan ya liburan, jangan sampai pulang liburan malah pusing punya utang.

    Hmm, mulai saat ini, saya coba deh, menyisihkan 5% dari gaji yang tak seberapa tiap bulannya.

    ReplyDelete
  27. traveling itu sejenis obat di kala suntuk melanda hihi. Banyak bngt ya itu manfaat dari kratendeng ini, aku baru tahu. Pantas aja ketika saudara ikut ngetrip, mampi ke warung beli ini, eh kondisi tbtb langsung vit.

    ReplyDelete
  28. Kok jadi pengin travelling ke berbagai tempat, setelah pandemi nanti tentunya. Hehe.. terima kasih sharing tipsnya mas. Oh iya, Kratingdaeng ini apa bisa dikonsumsi wanita juga?

    ReplyDelete
  29. selain menambah energi ternyata Kratingdaeng juga mengandung manfaat lainnya ya,
    Pernah minum, memang jadi lebih semangat kerjanya...

    ReplyDelete
  30. suplemen badan memang penting badan selama kita traveling, agar tetap fit dan enjoy selama perjalanan, wah jadi kangen traveling baca artikel kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem, kerinduan untuk bisa traveling menghirup udara dengan bebas tanpa perlu takut akan si virus C itu ya kak

      Delete
  31. Wah, saya jadi kangen traveling. Tapi bener ya Kak pas lagi traveling itu butuh energi yang cukup. Kalau nggak, ya otomatis nggak bisa menikmati waktu saat traveling.

    ReplyDelete
  32. Jadi inget jaman kecil suka nyicipin kratingdaengnya papa.. Hihihihihiii. Kratingdaeng biasa aja manfaatnya oke banget nih buat bantu pikiran tetap fokus. Belum pernah cobain yang Kratingdaeng redbull ini, tapi kayanya oke juga yaaaa

    ReplyDelete
  33. Bener banget deh kalau traveling itu candu. Jadi pengen lagi dan lagi. Kratingdaeng redbull udah jadi minuman suami ..yah walaupun gak sering sih. dan aku juga ikutan mencicipi hehehehe

    ReplyDelete
  34. Traveling itu butuh energi ekstra agar badan tetep fit, apalagi aku seringnya melek, kaya menikmati pemandangann, perjalanan, keknya waktu tidur sebentar. Suplemen kek kratingdaeng cocok banget inii.
    Ku suka minum juga kalo lagi perjalanan jauhh, biar tetep fit dan berenergi, dan travelingnya asiik.

    ReplyDelete
  35. Baca blog ini aku kok jadi kangen jalan-jalan ya.... Jadi inget saat lelah2 tapi teramat menyenangkan hehe jadi rasa lelahnya terbayar sudah. Memang kudu fit sih supaya bisa menikmati mengeksplor tempat wisata ya.....

    ReplyDelete
  36. wah aku sering melihat. orang memang mengkonsumsi ini. awalnya sebelum baca ini piiran kita tampaknya sama khawatir malah ketagihan ya. tapi penjelaan kakak jadi edukasi nih. wah lebih rendah kandubnganya daripada kopi ya menarik sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak. Makanya banyak orang yang ga tahu sih terkait minuman energi ini.

      Delete
  37. Ada masa-masa kita perlu minum minuman berenergi seperti ini saat traveling, butuh boost energi kan ya. Selama pemakaian wajar, gak apa-apa. Soalnya lelah beraktivitas saat traveling itu lumayan capeknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pastinya kak. Makanya harus sesuai juga dengan kondisi tubuh dan untuk konsumsi sudah pasti jangan berlebih, bisa kok sampai 3 kali sehari.

      Delete
  38. Kalau buat saya, biar travelingnya nyaman itu harus tidur yg cukup, biar bisa menikmati semua perjalanan yg kita lakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Tidur yang cukup adalah salah satu kuncinya memang sih.

      Delete
  39. Jadi ingat suka beliin ini buat suami dulu, tapi sekarang udah jarang. Soalnya aktivitasnya lebih banyak di kelas. Kalau pas lagi kerjaaan banyak suka beli juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang cocok banget sih, kalau diminum apalagi ketika aktivitasnya padat banget.

      Delete
  40. Kratingdeng ini bner2 bikin melek dan smangat ya, dri ayah suami mpe ipar klo perjalanan luar kota slalu bekelnya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Sangat membantu emang dalam perjalanan.

      Delete
  41. aku sama keluarga suka banget minum Kratingdaeng biar tambah semangat berkegiatan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong ya. Apalagi memang salah satu manfaatnya bisa menambah energi

      Delete
  42. Udah lama banget nggak minum kratingdeng. Kayaknya terakhir waktu kuliah. Ternyata ada varian baru ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan sih. Semakin inovatif juga kok produknya.

      Delete
  43. Saat pandemi suamiku ga bisa beraktifitas di luar alias cuma kerja di depan laptop aja juga suka minum kratingdaeng biar ga gampang ngantuk dan biar punya daya tahan dan energi lebih katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget ini mah meskipun kerja dari rumah dan sering depan laptop malah harus butuh tingkat fokus yang lebih tinggi.

      Delete
  44. Aku gak mauuu traveling pake gaya ngutang. Emoh. Haha.. pinginnya dibayarin aja gitu. Etapi tetap beraktifitas dan berenergi itu emang penting banget ya. Pokok jangan berlebihan aja ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong. Kan semuanya ada batasannya.

      Delete
  45. Sebelum berkendara aku juga kadang mengkonsumsi minuman energi, biasanya sih kalau mau jalan jauh gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga begitu sih agar tetap fokus dan mawas ketika berkendara.

      Delete
  46. Ayahku juga minuman kratindeng ini kak. Katanya kalau habis kerja butuh minuman berenergi. Dan kratindeng ini solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget dan bisa mengembalikan energi juga

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search