MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Flashpacker Liburan Hemat 2 Hari ke Jogja

Flashpacker Liburan Hemat 2 Hari ke Jogja
Add Comments
14 February 2024

Jogja itu memang Istimewa, selalu ngangenin. Berhari-hari liburan di Jogja juga nggak akan bosan. Karena setiap sudutnya sangat menarik untuk dikunjungi. Tetapi pernah nggak sih, ketika bisnis trip ke Jogja terus waktunya terbatas? Nah. Jika sering seperti ini. Nggak ada salahnya untuk menikmati liburan di jogja ala flashpacker alias liburan hemat dalam waktu singkat.

Liburan hemat 2 hari ke Jogja

Jujur. Urusan flashpacker ini sering banget saya lakukan. Disamping waktunya yang memang terbatas tetapi tidak ingin melewatkan momen.

“Flashpacker adalah konsep liburan ringkas dengan memanfaatkan waktu yang singkat dan teknologi yang dimiliki untuk mendukung selama liburan. Umumnya teknologi ini digunakan untuk mempermudah aktivitas liburan. Seperti pemanfaatan layanan google map untuk mencari lokasi wisata terdekat hingga melihat rekomendasi rute terbaik”

Terus, bagaimana dengan Jogja jika menerapkan konsep liburan hemat flashpacker yang Cuma punya waktu 2 hari. Itu pun sudah dengan waktu kedatangan dan keberangkatan. Tenang saja, berikut saya bagikan setailnya.

Tips Persiapan Liburan Hemat 2 Hari ke Jogja

Memulai liburan itu artinya titik berangkat selalu dari rumah. Jika jogja adalh tujuan utama, maka perlu mempersiapkan dengan baik rencana liburannya agar sesuai dengan keinginan. Berikut tips persiapan liburan hemat 2 hari ke Jogja:

1.       Atur Transportasi

Punya waktu liburan pas weekend doang, artinya harus mengatur pemberangkatan dan kepulangan dengan baik. Apalagi bagi para pekerja kantoran yang hanya bisa bergerak setelah working hour. Nah kalau sudah seperti ini dan ingin tetap liburan hemat ke Jogja dari Jakarta maka sebaiknya pilihlah kereta api sebagai moda transportasi pilihannya.

Bisa banget pilih kereta Api Senja Utama, SIngasari, Bogowonto, Mataram atau Progo yang jadwal pemberangkatan malam hari dari stasiun Senen dan akan tiba di Jogja, keesokan paginya. Jadi, tinggal beli tiket kereta untuk pemberangkatan hari Jumat malam.

Nah untuk tiket balik dari Jogja ke Jakarta, sebaiknya pilih yang minggu malam seperti kereta api Jayakarta, Gajahwong, Singasari dan Bengawan. Berangkat dari Jogja Minggu malam dan tiba kembali di Jakarta Senin, pagi hari. Jadi nggak perlu cuti.

2.       Pilih Akomodasi

Konsep flashpacker itu artinya memanfaatkan waktu singkat. Jadinya, tidak terlalu membutuhkan akomodasi berbintang karena memang tujuannya hanya untuk tidur saja. Berbeda halnya jika ingin staycation di hotel mewah dengan harga hemat. Tetapi kali ini ingin flashpacker Dimana penginapan yang diinginkan hanya dipergunakan untuk istirahat dan menyimpan barang saja. That's it.

Liburan hemat di Jogjakarta

Kalau seperti ini, sebaiknya milih akomodasi yang harganya ekonomi tetapi lokasinya strategi. Salah satu lokasi strategi yang sering menjadi pilihan saya adalah Kawasan Malioboro. Di Kawasan ini, apalagi gang sekitar Malioboro masih banyak penginapan dengan harga 50 ribu per malam. Bisa dibook via OTA atau langsung cari sendiri sambil jalan-jalan.

3.       Bawa barang secukupnya

Liburan Cuma 2 hari di Jogja, artinya nggak perlu ribet bawa barang banyak. Kecuali jika ingin backpacker dalam waktu lama maka perlu banget bawa barang yang lumayan tetapi cukup dalam satu tas backpack. Kalau Cuma 2 hari, maka cukup membawa 4 set pakaian, kamera, sandal, Sepatu, peralatan mandi dan sholat. That’s it. Dan sebisa mungkin dibawa menggunakan satu tas saja.

Agar bisa langsung jalan, jangan lupa untuk titip tas terlebih dahulu di penginapan. Karena umumnya waktu check in adalah pukul 2 siang. Jadi sambil menunggu waktu check in, kita bisa manfaatkan waktu untuk langsung jalan-jalan.

4.       Lakukan Pemesanan Kendaraan

Saya selalu melakukan sewa motor atau mobil ketika berkunjung ke suatu destinasi dengan sistem antar jemput. Nah kalau ke Jogja, jangan lupa untuk sewa motor jika berdua. Tetapi jika lebih dari itu sebaiknya sewa mobil saja. Lakukan proses pemesanan terlebih dahulu dan diantar jemput di stasiun tempat kedatangan. Jadi nanti tinggal minta diantar ke stasiun dan dijemput lagi kendaraannya di stasiun yang sudah kita tentukan. Jadi nggak perlu ngeluarin duit lagi untuk urusan transportasi keluar stasiun.

Oh iya, umumnya di Jogja memberlakukan jaminan dua kartu berbeda seperti KTP milik 2 orang pada saat melakukan penyewaan kendaraan. Hal ini lumrah kok. Tinggal siapin saja syaratnya.

Itinerary Liburan 2 Hari di Jogja

Punya waktu dua hari liburan singkat di Jogja itu memang tantangannya. Tetapi tenang saja, berikut itinerary liburan hemat 2 hari di Jogja yang bisa menjadi pilihan.

Liburan 2 hari di Jogja buat para Adventure Lover

Hari Pertama:

-Lava Tour Merapi (Long Trip) pada pagi hingga siang hari

-The Lost World Castle pada siang-sore hari

-Malioboro Night Activity

Hari Kedua:

-Goa Jomblang adventure (Gunung Kidul) pagi hingga siang hari

-Goa Pindul adventure (Gunung Kidul) siang hingga sore hari

-Hunting Oleh-Oleh di Malioboro sore hari

-Stasiun Kereta untuk balik ke Jakarta (malam hari)

 

Goa Pindul

Liburan 2 hari di Jogja buat para Heritage Lovers

Hari Pertama:

-Candi Borobudur (pagi hingga siang hari)

-Candi Prambanan (siang hingga sore hari)

-Candi Ratu Boko (sunset times)

-Malioboro Night Activity

Hari Kedua:

-Kraton Jogja, Taman Sari, Masjid Bawah Tanah, Alun-alun (pagi-siang hari)

-Museum Batik Yogyakarta (siang-sore hari)

-Hunting Oleh-Oleh di Malioboro sore hari

-Stasiun Kereta untuk balik ke Jakarta (malam hari)

Taman Sari Jogja

Nah. Buat kalian yang Cuma punya waktu sebentar tetapi tetap ingin liburan ke Jogja, jangan lupa untuk terapkan tips diatas. Liburan hemat terlaksana, kenangan manis bertambah dan tidak perlu cuti. Cobain deh.


Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.