MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Staycation Liburan Hemat, Begini Cara Hunting Hotel Murahnya

Staycation Liburan Hemat, Begini Cara Hunting Hotel Murahnya
Add Comments
23 January 2024

Untuk urusan liburan pastinya semuanya pengen yang enak-enak saja. Nggak pengen ada yang drama-drama apalagi sampai merubah mood liburan. Mood yang awalnya senang berubah menjadi bete, hanya karena salah booking hotel. Makanya penting banget melihat hotel untuk staycation agar liburan nyaman sekaligus bisa menikmati liburan hemat.

cara hunting hotel murah

Berbicara terkait staycation, mungkin banyak orang yang masih belum bisa membedakan antara staycation dan liburan. Nah, sebenarnya ini saling berhubungan sih, tapi staycation itu lebih spesifik. Sedangkan liburan itu sangat general.

Staycation adalah aktivitas liburan dengan cara menginap di salah satu hotel/penginapan dan memanfaatkan semua fasilitas yang disediakan tanpa perlu aktivitas tambahan di luar. Intinya sih, benar-benar memanfaatkan segala sesuatu yang hotel miliki dan itu sudah membuat betah, nyaman dan pastinya bahagia.

Sedangkan liburan adalah aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan kenyamanan dengan mengunjungi suatu lokasi dan menikmati apa yang dimiliki oleh lokasi tersebut. Lokasi liburan bisa jadi adalah hotel, alam, budaya, desa, kota atau hal lain yang memiliki sisi menarik. Pastinya liburan itu bisa dilakukan dengan menginap atau tanpa menginap. Jadi lebih general. Nah, staycation ini adalah bagian dari liburan yang khusus dilakukan dengan cara menginap.

Kendala yang sering terjadi adalah sulitnya mendapatkan hotel untuk staycation liburan hemat karena memang hotel yang fasilitas lengkap umumnya memiliki harga lumayan. Disinilah pentingnya perencanaan liburan.

Tips Hunting Hotel untuk Staycation Liburan Hemat

Ingin staycation di hotel dengan fasilitas lengkap tetapi dengan harga affordable adalah keinginan semua orang. Tapi harus tahu dulu tipsnya. Berikut yang bisa dilakukan untuk hunting hotel agar bisa staycation murah:

1.     Hunting hotel pas promo

Siapa sih yang nggak suka promo apa lagi diskon besar untuk staycation di hotel impian? Karena memang pada saat promo harganya terjangkau. Biasanya sih kalau lagi promo gitu, bisa diskon hingga 50%. Lumayan banget kan. Cuma harus tahu juga, kapan hotel yang diincar itu promo.

Caranya simple. Pertama manfaatkan program promo hotel dari OTA (Online Travel Agent) seperti tiket.com, Traveloka, trip, agoda, booking dan lain-lain. Nah, biasanya pada saat promo, kitab isa booking hotel sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Cara kedua dengan follow media sosial atau subscribe hotel yang ingin diincar. Nah, pada saat mereka promo, pastinya akan selalu terupdate di media sosial. Tinggal ikuti deh cara dapat harga promonya. Penting juga sih untuk booking hotel jauh-jauh hari, agar tetap mendapatkan harga murah.

2.     Hunting hotel untuk hari kerja

Penentuan hari untuk staycation pastinya mempengaruhi harga. Pengalaman saya, staycation di hari kerja itu harganya lebih murah dibandingkan weekend. Umumnya, hotel memberlakukan hari kerja itu dari Senin-Kamis dan weekend itu dari hari Jumat-Minggu. Hindari staycation pada hari-hari libur nasional dan keagamaan karena pada waktu tersebut harga hotel bisa selangit. Bukannya malah liburan hemat yang ada malah liburan dengan budget sultan. Nggak mau kan pastinya ngeluarin biaya hotel mahal-mahal. Sama. saya juga gitu.

Staycation

3.     Gabung di komunitas hotel

Sekarang sudah banyak banget komunitas hotel yang didalamnya mempertemukan antara seller kamar hotel dengan pembeli yang menginginkan harga lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran. Menariknya lagi, komunitas hotel ini juga terkadang menyelenggarakan lelang hotel dengan harga benar-benar terjangkau. Jika beruntung, dapat harganya bisa setengah dari harga pasaran. Lumayan banget kan, bisa dapat harga hotel terjangkau untuk staycation.

Salah satu rekomendasi komunitas pecinta hotel yang mudah ditemuai di Facebook adalah Hotel Review Indonesia.

4.     Gabung keanggotaan jaringan hotel

Bagi yang suka staycation dengan preferensi hotel tertentu, nggak ada salahnya untuk ikut keanggotaan dari jaringan hotel tersebut. Ada banyak keuntungan yang didapatkan mulai dari upgrade kamar hingga potongan harga untuk staycation di jaringan hotel yang mereka miliki. Pastinya harga menginap bagi para pemegang keanggotan lebih hemat dibandingkan public rate.

Ada beberapa keanggotaan jaringan hotel yang bisa dipilih mulai dari jaringan Swiss belhotel international dengan nama keanggotaan SBEC hingga kartu keanggotaan Archipelago untuk hotel-hotel favorit seperti Fave Hotels, Hotel Neo, Hotel Quest, Hotel Harper, Hotel Aston, Hotel Alana dan Villas Kamuela.

5.     Ikut giveaway

Dapat hadiah staycation di hotel ternama, pastinya pada mau kan? Bukan lagi hemat, tapi benar-benar gratis. Apalagi kalau bukan ikutan giveaway.

Nah, urusan ikutan giveaway dengan hadiah staycation ini bisa banget dilakukan dengan cara follow media sosial hotel ternama dan media sosial para hotel influencer. Biasanya dalam kurung waktu tertentu mereka ngadain giveaway. Hadiahnya juga lumayan kok, mulai dari menikmati fasilitas gratis di hotel seperti layanan spa, buffet, kolam renang dan lain lain hingga mendapatkan staycation gratis. Jadi, liburan hemat dengan staycation di hotel bisa terus dilakukan. Bahkan tanpa mengeluarkan duit sepeser pun. Hunting giveaway hotel juga sangat cocok buat mereka yang suka liburan hemat ala backpacker.

Contoh giveaway hotel
Contoh voucher giveaway yang pernah dimenangkan

Gimana, sudah pada tahu kan, cara dan tips hunting hotel murahnya? Jangan lupa untuk diterapkan ya dan mulailah merencanakan staycation liburan murah Bersama keluarga. Staycation nyaman, hati pun pasti jadi lebih bahagia. Percaya deh.


Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.