MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Barang Wajib Dibawa Saat Liburan Hemat ala Backpacker

Barang Wajib Dibawa Saat Liburan Hemat ala Backpacker
Add Comments
20 January 2024

Liburan itu bukan hanya sekadar melepas penat tetapi liburan itu adalah bagaimana menikmati perjalanan dan melihat dunia luar yang berbeda dengan tempat kita sekarang. Makanya tidak heran jika banyak orang yang melakukan liburan di sela-sela aktivitas kerja. Tetapi tidak semua orang bisa melakukan liburan dengan budget mumpuni. Apalagi buat para generasi milenial. Makanya itu tidak heran jika muncul liburan hemat ala backpacker.

Barang wajib dibawa saat liburan hemat ala backpacker

Oh iya. Liburan hemat ala backpacker itu bukan berarti liburan ngegembel ya. Meskipun memang banyak yang terlihat seperti itu. Makanya kesan backpacker itu terkadang terlihat liburan untuk ‘kaum susah’, padahal nggak gitu loh konsepnya.

Konsep Liburan Ala Backpacker

Mungkin Sebagian orang sudah pada familiar dengan kata backpacker. Apalagi buat para pendaki. Dengan tas carrier di punggung sepertinya keren kan. Banyak wajah-wajah mereka berseliweran di media sosial sebagai salah satu ‘sosok’ backpacker banget.

Backpacker adalah seseorang yang melakukan perjalanan dalam hal ini adalah liburan dengan menggunakan tas backpack alias tas punggung. Umumnya barang-barang yang dibawa semua dimasukkan ke dalam satu tas backpack itu saja. Simpel dan mempermudah mobilitas. Dan selalu memperhatikan pengeluaran secara rinci agar tetap hemat.

Backpacker ini berbeda dengan traveller yang saat liburan tidak terlalu peduli dengan pengeluaran, bahkan budgetnya pun juga fleksibel. Traveller selalu memilih fasilitas yang mengutamakan kenyamanan bukan harga hemat.

Jadi, terlihat banget kan bedanya antara backpacker dan traveller. Tetapi sekarang, konsep cara liburan hemat ala backpacker sudah mengalami perubahan tren. Bukan hanya disematkan kepada mereka yang traveling dengan membawa backpack di punggungnya tetapi juga ada yang membawa koper travel loh. Hanya saja, cara menikmati dan menghemat biaya menjadi salah satu kunci.

Makanya bagi yang ingin backpackeran nggak ada salahnya loh membaca terlebih dahulu tips liburan hemat sebelum akhirnya backpackeran.

Backpacker ke Thailand
Backpacker ke Malaysia bersama rekan-rekan
Kunci utama dari liburan hemat ala backpacker adalah mengatur pengeluaran sedemikian rupa dengan budget terbatas agar bisa digunakan untuk liburan. Jadi, konsep utamanya adalah menghemat biaya liburan.

Baca juga: Bacpacker ke Kuala Lumpur

Salah satu cara menghemat liburan itu adalah mengurangi pengeluaran yang tidak perlu sepanjang perjalanan, makanya barang bawaan juga penting.

Barang Wajib Saat Liburan Hemat Ala Backpacker

Berbicara terkait barang yang wajib dibawa ketika backpacker pastinya adalah barang-barang yang dibutuhkan selama liburan. Selain itu juga mempertimbangakn fungsi dan bentuk yang tidak memakan space. Apalagi jika harus disusun ke dalam satu tas backpack.

Berikut daftar barang yang harus dibawa saat backpacker untuk menunjang liburan hemat:

1. Tumbler

Tahu nggak sih, kalau tumbler itu multifungsi. Bukan hanya untuk wadah air minum saja tetapi juga untuk menyimpan air panas yang dibutuhkan untuk seduh kopi atau teh. Karena tidak ingin repot dengan membawa Gelas dengan tumbler sekaligus, terkadang para backpacker memilih tipe tumbler yang tutupnya bisa sekaligus sebagai gelas. Jika sudah bawa tumbler seperti ini, maka urusan menghemat pengeluaran pastinya berjalan mulus. Karena tidak perlu lagi membeli minuman dalam kemasan selama perjalanan. Cukup refill tumbler ketika makan di warung atau dispenser yang menyediakan isi ulang air minum di beberapa lokasi seperti di stasiun, bandara dan lain-lain.

2. Mangkuk lipat portable

Pernah nggak beli makanan tapi porsinya banyak? Apalagi jika belinya sarapan pagi. Nah, bagi para pengabdi liburan hemat ala backpacker, membawa mangkuk lipat portable hukumnya wajib. Mangkuk ini bisa digunakan untuk membagi makanan, dan menyisihkan makanan agar bisa dimakan di waktu berikutnya. Bukan Cuma itu doang loh, mangkuk lipat portable ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Seperti menyimpan kue-kue favorit. Nah, kalau sudah tidak digunakan tinggal masukkan kembali ke dalam tas backpack.

3. Kamera

Apapun jenis liburannya, pastinya bakal memberikan memori terbaik untuk selalu dikenang. Nah, begitupun jika menjalani liburan hemat ala backpacker. Kamera atau minimal handphone yang memiliki kamera wajib banget untuk dibawa. Tujuannya jelas, merekam dan mengabadikan setiap momen perjalanan. Apalagi jika yang dikunjungi adalah destinasi wisata yang belum pernah didatangi. Tidak perlu muluk-muluk harus bawa kamera pro seperti DSLR, cukup kamera pocket atau kamera dari handphone. Karena konsep backpacker itu, adalah liburan no ribet yang penting senang dan pastinya tetap nyaman.

4. Peralatan sholat

Sekarang, banyak banget yang dijual peralatan sholat yang travel packaging. Selain simple, juga ringan untuk dibawa kesana-kemari. Nah, meskipun jalan-jalannya dengan cara hemat, tetapi urusan ibadah juga harus diprioritaskan. Menariknya, kalua backpackeran gitu, urusan pelaksanaan sholat terkadang nggak nentu lokasinya, makanya penting untuk siap sedia peralatan sholatnya.

5. Peralatan mandi

Sama seperti, peralatan sholat. Peralatan mandi juga harus dipersiapkan karena umumnya penginapan yang ditempati jika mengadopsi prinsip liburan hemat ala backpacker pastinya amenity tidak lengkap. So, perlu banget bawa peralatan mandi sendiri seperti handuk quick dry, sikat dan pasta gigi travel packaging, facial wash dan shampoo dengan kemasan mini.

6. Set pakaian

Liburan itu juga butuh eksis dengan berbagai pilihan kombinasi warna baju dan celana. Nah, kalau lagi backpackeran pakaian yang dibawa warnanya jangan sampai sama semua untuk menghindari kesan kumel sekaligus persepsi nggak ganti baju. Sebaiknya, bawalah pakaian dengan berbagai warna baik celana  dan baju, agar bisa dilakukan berbagai kombinasi style liburan. Pilih pakaian berbahan katun yang mudah menyerap keringat.

Set pakaian ala backpacker
Backpacker ke Halong Bay dengan pakaian berbahan katun

7. Sepatu dan sandal

Salah satu tips liburan hemat ala backpacker adalah lebih banyak jalan untuk rute-rute dekat dibandingkan harus shortcut dengan efisiensi waktu. Makanya butuh alas kaki nyaman, termasuk membawa Sepatu dan sandal selama perjalanan. Karena memang para backpacker lebih senang jalan kaki loh. Rekomendasi Sepatu yang nyaman untuk dibawa jika memutuskan liburan hemat adalah Sepatu merk Skechers dengan tipe vapor foams. Nyaman untuk diajak jalan jauh. Sedangkan untuk sandal bisa memilih merk Quechua dari Decathlon.

Sandal khusus bacpacker
Rekomendasi sandal ala bacpacker

8. Jaket

Kemana-mana saat ini pastinya pakai jaket kan? Apalagi jika melakukan traveling hemat ala backpacker. Jaket sudah menjadi barang wajib dibawa saat backpacker. Selain untuk melindungi baju bagian dalam dari bau yang tidak sedap saat perjalanan, jaket juga berfungsi untuk melindungi suhu tubuh. Ada banyak tipe jaket saat ini yang beredar, mulai dari model Parka, Bomber, Biker, trucker, denim, hoodie, dan lain-lain. Tinggal disesuaikan dengan destinasi dan tipe perjalanan yang dipilih.

Jaket ala backpacker
Contoh jaket yang digunakan saat bacpacker ke Hanoi

9. Kacamata anti radiasi

Nah, ini terkadang dilupa. Bahkan menjadi bagian terlihat tidak penting tapi cukup penting. Kacamata anti radiasi menjadi salah satu barang yang wajib dibawa saat backpacker. Tujuannya buat melindungi mata ketika berjalan di bawah Terik matahari agar mata tidak cepat lelah dan tidak meminimalisir terjadinya mata kering.

Kacamata anti radiasi jika digunakan setiap hari malah baik untuk melindungi mata. Apalagi saat ini, belum dilaporkan efek samping yang berbahaya penggunaan kacamata anti radiasi jika dipakai terus-menerus. Makanya, jangan sampai lupa bawa barang satu ini ya. Pilihlah kacamata anti radiasi yang sesuai dengan bentuk wajah dan warna hitam agar tetap stylish.

10.  Obat Pribadi

Jujur beberapa kali liburan ala backpacker selalu saja ada hambatannya, mulai dari masuk angin hingga sakit kepala. Daripada repot dan kesulitan dapat obat, jangan lupa untuk selalu membawa obat-obatan pribadi saat perjalanan. Beberapa jenis obat yang dijual bebas dan bermanfaat seperti perban luka, Panadol, tolak angin dan lain-lain.

Jadi, buat yang ingin liburan hemat ala backpacker. Jangan lupa untuk membawa barang-barang diatas ya. Pilihlah barang yang sesuai selera dan karakter kita, tetapi mudah dan ringan saat dibawa. Termasuk ketika dipacking ke dalam backpack. Yuk liburan. Jangan Cuma mager doang.


Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.