MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Insto Dry Eyes: Solusi Mata Kering Pada Berbagai Aktivitas Pekerjaan

Insto Dry Eyes: Solusi Mata Kering Pada Berbagai Aktivitas Pekerjaan
Add Comments
23 December 2023

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kerja sekaligus beramal itu ternyata bisa banget loh. Bahkan posisi ini ada hampir di semua perusahaan yang memiliki risiko dan bahaya kerja. Mulai dari risiko kecil hingga tinggi. Jenis posisi kerja seperti ini, bisa juga dikatakan sebagai “polisinya perusahaan” karena memang tugasnya untuk memastikan ditaatinya peraturan pemerintah dan perusahaan agar terciptanya lingkungan kerja yang aman, nyaman, sehat dan terhindar dari kecelakaan kerja. Posisi ini sering disebut sebagai Safety, Health And Environmental (SHE) Division.

Faktor cuaca penyebab mata kering

Lah kok bisa, orang yang kerja di SHE itu bisa dikatakan beramal? Padahal kan juga bagian dari corporate perusahaan. Nah, disinilah bagian menariknya. Banyak yang beranggapan bahwa, orang yang kerja di SHE itu hanyalah sekadar patrol saja dan muter-muter tidak jelas, sambil negur-negur pekerja yang lagi kerja agar taat dalam menjalankan prosedur perusahaan sekaligus taat dalam mengenakan alat pelindung diri (APD) selama bekerja.

Sekadar informasi saja ya bahwa apapun pekerjaannya pastinya memiliki risiko dan bahaya kerja. Bahkan selevel kerja serabutan pun memiliki risiko dan bahaya kerja. Gampangnya gini nih, jika seseorang berangkat kerja dari rumah ke tempat kerja menggunakan kendaraan bermotor maka ada risiko dan bahaya kerja yang berpeluang terjadi sepanjang perjalanan. Mulai dari risiko terjatuh dari motor, tertabrak pengendara lain hingga risiko kematian. Makanya saya bilang tadi bahwa apapun aktivitas kerjanya selalu saja ada risiko dan bahaya yang mengikuti. Dari sini lah, orang yang berprofesi di SHE mulai kerja dan sekaligus beramal. Itu lah yang saya lakukan selama ini.

Kerja sebagai SHE itu harus mulai dengan identifikasi bahaya dan penilaian resiko (IBPR). Semua aktivitas harus dilakukan penilaian IBPR. Tidak jarang nih ya, meeting membahas IBPR ini dilaksanakan berjam-jam dengan target adanya Solusi atas rencana kerja yang akan dilakukan dan terlaksana secara aman nantinya.

Pada saat meeting IBPR, semua aspek keselamatan dibahas secara mendetail lengkap dengan bagaimana cara pengendaliannya. Itu lah mengapa, kerja di SHE dikatakan juga sebagai kerja sambil beramal karena memang kerjanya adalah menyusun program keselamatan kerja dan memastikan prosedur keselamatan tersebut dijalankan agar setiap orang kerja dengan selamat dan terhindar dari kecelakaan.

Kala SHE Melakukan Audit ke Lokasi Kerja

Kerja di perusahaan dengan cakupan area kerja yang luas dan se-Indonesia pastinya memberikan tantangan tersendiri. Apalagi kerja di divisi SHE. Selain memastikan semua kerja terkendali secara aman, pastinya juga memastikan bahwa diri sendiri juga siap dalam kondisi apapun. Termasuk ketika harus melakukan perjalanan dinas ke pelosok daerah untuk tujuan audit SHE.

jalanan berdebu

Pernah suatu saat di musim kemarau dan melakukan kunjungan ke salah satu lokasi kerja perusahaan. Jaraknya sekitar 4-6 jam perjalanan darat dari kota Pekanbaru. Kala itu cuaca terik, bahkan beberapa jalur yang dilewati tampak debu-debu jalan karena kekeringan. Pantulan dari sinar matahari yang mengenai kaca mobil depan pun terasa sekali menyengat dan lama kelamaan memberikan efek mata perih dan sensitif sekali terhadap sinar matahari. Usut punya usut, ternyata ini adalah salah satu gejala dari mata kering.

“Ciri-ciri dan gejala mata kering antara lain adalah mata terasa perih dan sensitif terhadap sinar matahari, mata pegal, mata kering, mata terasa panas, mata berair karena iritasi, penglihatan seakan-akan buram dan perlahan membaik ketika berkedip serta mata terasa cepat lelah”

Bahaya dan Penyebab Mata Kering

Layaknya risiko kerja lainnya, mata kering pun juga bisa menjadi berbahaya jika tidak dikontrol dan diatasi. Mata yang menjadi aset utama sebagai Indera penglihatan bisa terganggu jika mata kering ini melanda. Parahnya lagi adalah, banyak orang tidak sadar mengalami mata kering sehingga tidak melakukan Tindakan pencegahan bahkan tidak melakukan Tindakan penanganan. Jika sudah seperti ini, maka bahaya mata kering bakal mengintai.

“Bahaya mata kering yang tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan penurunan kualitas mata dan kualitas hidup karena kesulitan melakukan aktivitas normal. Efek akhirnya menyebabkan infeksi pada mata”.

Ngeri banget kan, bahaya dari mata kering ini. Mungkin awalnya terlihat sepele, tetapi dengan dibiarkan terus-menerus maka akan timbul penyakit yang lebih besar. Oleh karena itu, penting juga nih untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab dari mata kering.

Penyebab mata kering

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa cuaca panas dan terpapar sinar matahari di dalam mobil dengan jangka waktu yang lama ternyata menjadi salah satu penyebab dari mata kering. Hal ini menyebabkan terjadinya penguapan air mata berlebih. Selain itu, berikut penyebab mata kering yang bisa dialami oleh setiap orang:

1.    Aktivitas yang membuat mata jarang berkedip

Tahu nggak sih, bahwa kerja di depan layer itu benar-benar bisa mempengaruhi Kesehatan mata? Itu dikarenakan radiasi dari sinar dari layer devices hingga membuat mata jarang berkedip. Makanya tidak heran, jika aktivitas seperti ini dalam pekerjaan bisa menambah jumlah orang terkena mata kering.

Dalam peringatan Bulan Kesadaran Mata Kering yang diselenggarakan oleh Jakarta Eye Center pada tanggal 18 Juli 2023 yang lalu menyebutkan bahwa prevalensi mata kering di Indonesia itu berada pada rentang 27,5-30,6 %. Nilai ini bisa bertambah karena meningkatnya screen time orang Indonesia sebesar 7 jam 42 menit dalam sehari. Kebayang banget kan, jika mata jarang berkedip karena kebanyakan di depan layar. Itulah mengapa aktivitas seperti ini menjadi salah satu penyebab mata kering.

2.    Penurunan kemampuan produksi air mata

Mata kering selalu identic dengan berkurangnya cairan air mata. Ada banyak faktor yang menyebabkan penurunan kemampuan produksi air mata antara lain adalah faktor usia yang mendekati usia tua, kerusakan kelenjar mata karena seringnya terapi laser mata hingga penggunaan lensa kontak yang terlalu sering.

3.    Kekurangan Vitamin A

Seperti yang kita ketahui dari zaman sekolah dasar bahwa vitamin A sangat baik untuk mata. Kekurangan vitamin A bisa menjadi salah satu penyebab mata kering loh.

Risiko Mata Kering Jika Tidak Diatasi

Mata kering yang saya alami kala menjalani aktivitas ketika berkunjung ke lokasi kerja bukan lah hal pertama. Di kantor pun, jika ada pekerjaan pengisian dokumen perusahaan dengan urgensi tinggi biasanya harus segera diselesaikan hari itu juga.

Salah satu kebiasaan tidak baik kita sebagai orang Indonesia ketika kerja di depan layar adalah terlalu fokus sehingga menghabiskan waktu berjam-jam tanpa peduli dengan Kesehatan mata. Makanya tidak heran, jika angka screen time negara kita yang hampir 8 jam itu lebih tinggi dibandingkan rata-rata screen time global yang hanya sekitar 6 jam 37 menit. Jika sudah seperti ini, maka risiko mata kering akan menghampiri secara langsung.

Parahnya lagi, ketika tidak diatasi, mata kering akan menyebabkan masalah mata yang lainnya dan lebih parah mulai dari sulitnya melakukan aktivitas normal hingga terjadinya peradangan pada mata. Makanya penting banget untuk segera melakukan Tindakan ketika muncul gejala mata kering. Salah satunya dengan penggunaan insto dry eyes.

Insto dry eyes solusi mata kering


Insto Dry Eyes Sebagai Solusi Mata Kering

Salah satu cara kerja dari orang SHE adalah antisipasi dan korektif termasuk dalam hal mengatasi mata kering. Jujur, saya sendiri sudah terbiasa mempersiapkan segalanya ketika ingin melakukan perjalanan dinas ke luar kota termasuk obat-obatan pribadi. Tetapi, entah mengapa untuk urusan pencegahan mata kering ini terlewatkan.

Untungnya sih, pada saat mulai muncul gejala mata agak perih karena terpapar sinar matahari sepanjang perjalanan. Akhirnya langsung meminta ke driver yang menemani untuk mencari apotek atau minimarket terdekat.

Insto dry eyes

Penanganan secara langsung alias corrective action jika mengalami mata kering itu bisa menggunakan Insto Dry Eyes. Obat tetes mata ini sangat mudah kok ditemukan, baik di apotek terdekat maupun di minimarket. Belinya juga nggak perlu resep dokter.

Insto Dry Eyes digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.

Produk Insto Dry Eyes ini juga sudah memiliki sertifikat halal dengan nomor 00140094950419 yang pastinya memberikan rasa aman dan yakin pada saat digunakan untuk tubuh. Yakin produknya halal, jadinya tidak ada keraguan lagi ketika menggunakan. Bukan Cuma itu saja, Insto Dry Eyes juga sudah terdaftar di BPOM RI dengan nomor register DTL1438202146A1.

Dengan kemasan kecil, travelling pack dari #InstoDryEyes ini mempermudah banget untuk dibawa kesana kemari. Apalagi jika sudah tahu risiko pekerjaan yang dimiliki dan berpeluang besar mengalami mata kering selama kerja nantinya. Cukup kantongin produknya agar terhindar dari mata kering.

Mulailah dengan analisis jenis pekerjaan kita dan resikonya. Jika sadar akan pekerjaan yang banyak di depan layar laptop ataupun komputer maka ingat untuk konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan selalu stand by Insto. Saya sih yakin sebagai orang yang kerja di SHE, bersama Insto Dry eyes sebagai #SolusiMataKering maka pekerjaan lancar, kesehatan mata terjaga, amal pun insya Allah mengikuti. Percaya deh.

 

Referensi:

https://www.alodokter.com/mata-kering

HeadphonesAddict (2023): “33+ Startling Screen Time Statistics: US vs. World (2023)”; https://headphonesaddict.com/screen-time-statistics/

https://jec.co.id/id/article/mata-kering-yang-tak-tertangani-dapat-akibatkan-kerusakan-permukaan-mata#:~:text=Mata%20kering%20yang%20tak%20tertangani%20dengan%20baik%20mengakibatkan%20penurunan%20kualitas,mata%20akibat%20peradangan%20atau%20infeksi.
Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.