MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Liburan Hemat: Mulai dari Persiapan Hingga Pelaksanaan

Tips Liburan Hemat: Mulai dari Persiapan Hingga Pelaksanaan
Add Comments
17 January 2024

Liburan hemat itu bukan hanya sekadar pengen liburan terus langsung berangkat. Tetapi banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum hari pelaksanaan. Apalagi jika liburan ke luar kota atau bahkan malah ke luar negeri.

Tips liburan hemat

Nah, bagi kalian yang ingin melakukan liburan ala sultan tetapi punya budget terbatas. Tenang saja. Bisa kok semuanya direalisasikan. Asal tahu nih tips dan triknya. Pastinya sih, urusan traveling low budget itu tetap memperhatikan kenyamanan. Agar setelah balik, pikiran fresh dan fisik juga tetap sehat.

Tips Liburan Hemat Agar Tetap Nyaman

Banyak yang beranggapan bahwa liburan hemat itu identik dengan liburan pelit. Eits, jangan salah. Liburan hemat itu juga bisa loh menikmati fasilitas terbaik dengan harga terjangkau. Makanya harus tahu terlebih dahulu tipsnya.

Berikut tips liburan hemat dan hal-hal yang perlu dipersiapkan agar perencanaan dan pelaksanaan liburan berjalan lancar:

1.  Siapkan budget liburan

Dahulu sih, urusan liburan memang menjadi kebutuhan tersier. Tetapi sekarang, malah ada yang menjadikannya kebutuhan primer. Apalagi buat para workaholic yang setelah kerja keras dalam kurun waktu Panjang pastinya butuh refreshing. Nah, berhubung traveling ke luar kota atau ke luar negeri butuh biaya, makanya penting banget untuk management budget liburan sejak awal.

Saya sendiri menerapkan sistem penyisihan penghasilan bulanan dengan rekening yang berbeda dari rekening Tabungan utama.

Contohnya gini, setiap bulan saya menyisihkan 500 ribu dari penghasilan bulanan. Terus uang 500ribu ini, saya simpan di rekening Tabungan lain yang bisa digunakan sebagai rekening jalan-jalan nantinya. Apalagi sekarang sudah banyak juga bank digital yang bisa dipakai sebagai media penyimpanan untuk tujuan khusus.

Setelah melakukan penyisihan penghasilan bulanan ini, maka dalam kurun waktu tertentu, saya sih biasanya 6-12 bulan baru deh Tabungan ini dimanfaatkan. Sisi positifnya adalah, liburan dari Tabungan traveling seperti ini tidak akan menguras penghasilan utama. 

2.  Hunting Tiket promo

Tahu nggak sih, kalau tiket pesawat, kereta atau bus untuk liburan merupakan salah satu anggaran terbesar. Makanya saya sudah terbiasa untuk hunting tiket promo terlebih dahulu sebelum pelaksanaan traveling jauh nantinya.

Contohnya nih. Untuk hunting tiket promo pesawat itu bisa banget dilakukan dengan memanfaatkan promo maskapai penerbangan. Untuk penerbangan domestic yang sering promo ada Citilink dan AirAsia sedangkan untuk penerbangan ke negara Asia Tenggara ada Air Asia, Flyscoot, Cebu Pacific Airlines, VietJet dan Citilink.

Tips untuk mendapatkan tiket promo penerbangan itu bisa dengan follow media sosial yang diincar rutenya. Terus setelah itu, jika ada promo maka selalu hunting di hari pertama agar kursi dan waktu yang diharapkan bisa dapat semua. Nah, biaya hunting tiket promo ini bisa diambil dari budget liburan yang sudah disiapkan sebelumnya. Maksimal 25% dari budget yang dipersiapkan itu digunakan untuk hunting tiket promo.

Pastinya sih,dapat tiket promo itu bisa memangkas pengeluaran besar selama traveling. Saya sendiri nih ya, apalagi liburan ke ASEAN sering banget hunting tiket “Free Seat” dari AirAsia. Harga tiketnya benar-benar terjangkau, apalagi jika hanya ingin ke Malaysia, bisa dapat tiket 1 juta untuk PP loh rute Jakarta-Kuala Lumpur. Hemat banget deh pokoknya. 

3.  Manfaatkan OTA untuk akomodasi terbaik

Online Travel Agent alias OTA sekarang sudah mulai banyak pilihannya. Tetapi satu yang pasti, jika ingin liburan hemat dengan akomodasi terbaik adalah memanfaatkan promo dari OTA. Lumayan loh diskon atau potongan harga nya saat promo. 

Beberapa OTA yang sering ngadain promo adalah Tiket.com dengan program “Gledek” yang memberikan potongan harga hotel hingga 50%. Selain itu juga ada Traveloka dengan program Epic Sale dan Epic Hours yang memberikan potongan harga hotel lebih dari 50%. Selain itu ada trip.com juga yang sering banget ngasih diskon akomodasi dari harga normal.

Untuk tahu kapan pelaksanaan program promo ini, seperti biasa jangan lupa untuk follow media sosial OTA yang ingin dikejar promonya. Satu tips tambahan juga nih ya, bagi yang ingin mendapatkan hotel atau akomodasi dengan harga terbaik atau lebih murah dibandingkan dengan harga normal bisa dengan membeli dari seller terpercaya yang biasanya tergabung dalam komunitas hotel seperti yang saya ikuti Hotel Review Indonesia di Facebook

4.  Menyusun itinerary

Apa hubungannya antara menyusun itinerary dengan liburan hemat? Jadi gini. Menyusun itinerary itu akan memberikan gambaran tentang rencana liburan yang akan dilaksanakan nantinya. Itinerary yang baik bukan hanya sekadar menentukan destinasi dan waktu untuk berkunjung tetapi juga rencana mendetail terkait transportasi termurah atau paling efektif yang bisa digunakan.

Selain itu, itinerary juga bisa digunakan untuk mempersiapkan berbagai kemungkinan atau cara terbaik menikmati suatu destinasi liburan. Ujung-ujungnya bisa sekalian cari tahu rekomendasi warung makan favorit dan murah, transportasi murah dari dan ke lokasi tujuan hingga paket wisata murah.

Murah belum tentu murahan ya. Semuanya tergantung dengan selera liburan. Pastinya sih, semakin detail itinerary semakin mudah dalam menghemat sekaligus menentukan anggaran liburan nantinya. 

Liburan hemat

5.  Gunakan publik transport

Sebenarnya salah satu cara menghemat biaya liburan ketika berada di suatu destinasi wisata adalah dengan menggunakan transportasi umum. Di kota-kota besar di Indonesia atau malah liburan ke luar negeri, urusan transportasi publik sudah bukan lagi masalah. Banyak banget pilihan yang bisa digunakan. Bahkan sudah terintegrasi dengan destinasi wisata.

Baca juga: Tips Liburan ke Singapura Low Budget

Salah satu manfaat lainnya juga dengan menggunakan transportasi umum adalah bisa merasakan vibe ala warga lokal dalam mobilitas dibandingkan jika menggunakan privat transportation. 

6.  Bawa barang secukupnya

Tips liburan hemat apalagi jika menggunakan pesawat adalah bawa barang secukupnya dan jangan sampai kelebihan bagasi. Sebelum berangkat ke bandara, nggak ada salahnya untuk melakukan timbangan mandiri semua barang yang akan dibawa. kelebihan bagasi di bandara biayanya lumayan besar.

Makanya, saya sih menyarankan untuk jalan-jalan hemat nantinya hanya membawa barang yang benar-benar diperlukan seperti pakaian dengan jumlah hari, alas kaki, obat pribadi, peralatan sholat dan peralatan mandi. Khusus untuk peralatan mandi, umumnya penginapan sudah menyediakan jadi tidak perlu lagi untuk dibawa. Lumayan kan bisa menghemat bagasi sekaligus mengosongkan beberapa space untuk digunakan nantinya. 

7.  Selalu sedia tumbler

Seiring dengan berjalannya waktu, liburan hemat dan beberapa akomodasi sudah mulai mengurang penggunaan plastic sekalai pakai termasuk dalam hal ini minuman dalam kemasan plastik. Makanya penting banget loh untuk membawa tumbler saat liburan. 

Traveling murah

Bukan hanya bertujuan untuk menghemat biaya pembelian air minum karena tinggal isi saja dari gallon dispenser yang tersedia di hotel tetapi juga bisa mengurangi sampah plastik dari air minum dalam kemasan. 

8.  Buka layanan jastip

Urusan tips liburan hemat bukan hanya sekadar persiapan dan pelaksanaan liburan itu sendiri tetapi bisa juga pasca liburan dengan memanfaatkan jastip. Makanya dari awal sudah saya sarankan untuk membawa barang secukupnya dan mengosongkan beberapa space. Tujuannya agar ketika travelling bisa sekalian open jastip.

Bagi pemula, open jastip bisa dilakukan dengan mengupdate beberapa item khas atau menarik beserta harga yang ditawarkan menggunakan media sosial pribadi atau memanfaatkan status WA. Selain itu juga, bisa banget kok menawarkan jastip ke WA Grup yang dimiliki.

Dengan membuka jastip, keuntungannya bisa loh menutupi total expense liburan. Saya sendiri pernah open jastip herbal ketika liburan ke Turki. Keuntungannya lumayan banget loh menutupi biaya tiket dan akomodasi selama perjalanan. Jadi kayak balik modal gitu alias liburan gratis yang dibayarin dari keuntungan jastip. Hemat banget kan jadinya.

Jastip sebagai solusi liburan hemat

Buat yang ingin mempersiapkan diri untuk jalan-jalan hemat jangan lupa untuk mulai menerapkan tips liburan hemat di atas. Mulailah dari menyisihkan Tabungan agar tidak perlu merogoh kantong lebih banyak saat waktu liburan tiba hingga riset jastip yang bisa memberikan keuntungan dan nggak ribet. Selamat mencoba. Liburan hemat, nyaman dan bahagia itu adalah hal utama.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.