MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Memilih Peralatan Elektronik Praktis Untuk Rumah Minimalis

Tips Memilih Peralatan Elektronik Praktis Untuk Rumah Minimalis
Add Comments
24 August 2023

Bagi kalangan kaum urban, memiliki rumah adalah salah satu target pencapaian pasca menjadi karyawan. Tetapi biasanya, rumah yang dibeli pastinya disesuaikan dengan penghasilan bulanan. Sebelum akhirnya memutuskan lokasi dan tipe rumah.

Peralatan elektronik praktis

Tetapi tidak jarang loh, kaum urban malah memilih rumah minimalis. Apalagi bagi yang masih single atau pasangan muda. Selain harga terjangkau, ukuran rumah juga menjadi pertimbangan. Nah, meskipun minimalis bukan berarti di dalam rumah tersebut tidak ada furniture dan peralatan elektronik. Pilihlah peralatan elektronik praktis seperti aqua mesin cuci 1 tabung yang hemat tempat.

Karena sejatinya kehadiran furniture dan peralatan elektronik ini akan membantu kenyamanan dan urusan rumah tangga selama beraktivitas di dalam rumah. Makanya penting banget untuk memilih peralatan elektronik praktis yang tidak banyak memakan tempat untuk rumah minimalis.

Tips Memilih Peralatan Elektronik Praktis

Buat yang punya rumah minimalis, berikut tips dalam memilih peralatan elektronik praktis yang bisa diterapkan.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Memilih barang elektronik untuk keperluan rumah apalagi rumah minimalis itu berbeda dengan memilih pakaian. Dimana biasanya pakaian bisa dibeli sesuai model yang diinginkan sehingga numpuk di lemari. Tetapi peralatan elektronik tidak bisa seperti itu.

Membeli peralatan elektronik harus sesuai kebutuhan dan aktivitas di rumah. Tetapi ada beberapa peralatan elektronik yang wajib ada sih, apalagi untuk rumah minimalis seperti AC, kulkas, dispenser, microwave dan mesin cuci.

Khusus untuk kebutuhan TV, ini bisa banget dipertimbangkan apakah butuh TV atau tidak. Karena saat ini, untuk urusan nonton atau entertain sudah banyak beralih ke handphone dan laptop. Jadi pertimbangkan terlebih sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan.

2. Manfaatkan area dinding yang panjang

Biasanya rumah minimalis itu minim sekat agar terlihat lega. Nah, ini juga bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih peralatan elektronik yang praktis dengan memanfaatkan area di dinding yang panjang.

Kitchen Set

Pada area dinding yang panjang sebaiknya pilih elektronik dengan kombinasi furniture. Contohnya nih ya. Kombinasi antara kulkas, microwave yang didesain dengan kitchen set. Sehingga dari segi fungsi dapat dan estetika juga dapat. Ruang yang digunakan juga sedikit, sehingga masih ada space ruang untuk kebutuhan lainnya.

3. Perhatikan Teknologi Barang Elektronik

Dahulu ketika beli elektronik hanya melihat dari segi fungsinya saja. Tetapi sekarang dengan kemajuan teknologi, memilih barang elektronik bukan hanya sekadar fungsi tetapi juga melihat teknologi yang diadopsi. Seperti smart inverter.

“Teknologi smart inverter merupakan teknologi yang membuat tegangan listrik menjadi stabil dengan cara mengubah arus listrik DC (direct current) menjadi arus listrik AC (alternating current) yang efeknya akan mengatur kecepatan motor atau kompresor pada peralatan elektronik sehingga lebih nyaman, tidak bising dan hemat listrik”

Contohnya, ketika memilih kulkas dengan teknologi smart inverter maka kulkas tersebut akan lebih cepat dingin dan merata. Selain itu juga tidak akan bising oleh suara kompresor karena sudah terkontrol turun naiknya suhu secara terus-menerus. Efek tidak bising ini sangat cocok untuk digunakan di rumah minimalis agar terhindar dari suara yang berlebihan

4. Pilih yang tidak membutuhkan banyak ruang

Ini nih yang penting. Seperti yang diinfokan di awal bahwa rumah minimalis itu memiliki luas terbatas sehingga peralatan elektronik yang dibeli pun juga harus mempertimbangkan dimensi atau volume. Sebaiknya pilih yang memiliki dimensi kecil dengan fungsi yang sama, meskipun memang harganya terkadang lebih mahal. But, it's worth it kok.

Contohnya dalam memilih mesin cuci. Pastikan memilih aqua mesin cuci 1 tabung yang hemat tempat dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Dengan begitu area yang digunakan jauh lebih sedikit dan mudah untuk diatur peletakannya.

Aqua mesin cuci 1 tabung

Nah, buat kalian yang berencana punya rumah minimalis atau sudah punya maka sebaiknya perhatikan tips di atas dalam memilih peralatan elektronik praktis. Tujuannya jelas, agar rumah tetap terlihat lega dengan berbagai furniture dan peralatan elektronik di dalamnya. Ingat, rumah adalah tempat ternyaman. So, jadikan peralatan elektronik di dalam rumah dan desain interiornya untuk menunjang kenyamanan diri dan keluarga.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.