MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

6 Alasan Kenapa Harus Memiliki Asuransi Mobil Rusak

6 Alasan Kenapa Harus Memiliki Asuransi Mobil Rusak
Add Comments
15 April 2022

Tahu nggak sih kalau kerusakan pada mobil bisa terjadi kapan saja? Banyak loh potensi yang mengintai setiap saat. Nah, faktanya ternyata saat ini kecelakaan lalu lintas adalah salah satu hal yang menjadi momok buat para pengguna mobil.

Asuransi Mobil
Itulah yang menjadi alasan pentingnya memiliki jaminan mobil rusak berupa produk asuransi mobil all risk. sebagai perlindungan untuk mobil kita.

Oh iya, bagi yang belum tahu nih ya, apa itu asuransi. Jadi, asuransi merupakan produk finansial yang mengalihkan kerugian milik nasabah atau tertanggung (pemilik polis asuransi) kepada penanggung (perusahaan asuransi). Artinya, kerugian tersebut bakal ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Kata orang sih, “sediakan payung sebelum hujan”. Begitulah fungsi asuransi. Selalu melindungi alias proteksi untuk kejadian yang tidak diinginkan.

Jika sudah tahu apa itu asuransi, berikut alasan kenapa wajib mengasuransikan mobil yang dimiliki.

1.   Produk Asuransi dengan Jaminan Uang Kembali

Tahu nggak sih, meskipun asuransi itu dibayar sesuai polis tetapi ada juga loh asuransi yang memberikan jaminan uang kembali. Nah, yang dimaksud jaminan uang kembali di sini adalah produk asuransi mobil yang jika dalam masa polis tidak ada klaim yang dilakukan (alias no klaim) maka pemegang polis berhak mendapatkan sejumlah uang. Asuransi jenis ini sangat menarik karena memberikan perlindungan sekaligus jaminan uang kembali.

Makanya tidak heran jika saat ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk dengan jenis jaminan uang kembali. Tetapi tetap perlu banget untuk membaca syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.

2.   Asuransi Sebagai Salah Satu Bentuk Investasi Terbaik

Jika memiliki asuransi maka pemegang polis akan mengeluarkan uang dengan jumlah tertentu setiap bulan. Premi yang dibayarkan setiap bulan ini terkadang layaknya bersifat seperti tabungan uang yang disimpan. Karena suatu waktu uang tersebut bisa diambil kembali. Baik melalui klaim asuransi maupun pengembalian uang jika tidak melakukan klaim.

Jangan lupa untuk memilih produk asuransi kerusakan yang tepat agar pemanfaatannya juga tepat sasaran. Penting juga nih untuk mempertimbangkan terlebih dahulu berapa besaran preminya agar bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial saat ini.

3.   Bagus untuk Kesehatan Finansial

Siapa sih yang tidak ingin finansialnya baik-baik saja. Pastinya semua mau kan ya. Nah, beberapa asuransi saat ini juga membantu loh dalam merencanakan keuangan di masa depan. Kehadiran asuransi akan membantu menjaga perencanaan yang telah disusun.

Contohnya. Jika sudah punya asuransi kerusakan mobil maka ketika hal ini terjadi maka tabungan tidak akan terpakai hanya untuk perbaikan mobil saja. Karena kerusakan mobil sepenuhnya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu, tidak perlu lagi mengeluarkan uang dari tabungan masa depan untuk perbaikan kendaraan yang kita miliki.

4.   Sistem Klaim Cepat dan Mudah

Ini juga penting banget. Apalagi saat ini perusahaan asuransi di Indonesia sudah semakin banyak. Setiap perusahaan selalu ingin menjadi yang terdepan dalam melindungi dan juga melayani para nasabahnya. Itulah mengapa, hampir semua perusahaan asuransi menawarkan kemudahan dalam sistem klaimnya.

Bahkan nih ya, beberapa perusahaan sudah menyediakan layanan sistem klaim online. Jadi, pemegang polis bisa langsung melaporkan kejadian setelah mobil mengalami kerusakan. Dengan begitu, perusahaan asuransi pun akan langsung menanganinya.

5.   Dukungan Bengkel Rekanan Tersebar di Berbagai Daerah

Saat ini bengkel rekanan sebuah perusahaan asuransi sudah semakin banyak. Tujuannya jelas, untuk membantu dan mempermudah proses klaim hingga perbaikan. Bahkan beberapa perusahaan asuransi siap membantu menderek kendaraan hingga ke bengkel rekanan untuk proses perbaikan.

Semakin banyak bengkel rekanan suatu perusahaan asuransi, maka proses perbaikan pun akan semakin cepat.

6.   Jaminan Kerusakan Tergolong Banyak

Jenis perlindungan kerusakan dari asuransi mobil saat ini tergolong semakin beragam. Mulai dari kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas, kebakaran, hingga rusak berat. Tinggal dipilih saja sesuai kebutuhan. Makanya penting banget ya untuk melihat jenis dan bentuk jaminannya agar asuransi yang dimiliki tepat sasaran.

 

Tips Memilih Produk Asuransi Mobil Rusak

Berbicara tentang “Mobil rusak” ini sebenarnya masih general banget. Pasalnya ada banyak kerusakan mobil yang bisa saja terjadi. Tetapi umumnya ada dua jenis yaitu rusak ringan dan berat.

Asuransi Kerusakan Mobil


Maka dari itu, penting banget untuk memperhatikan hal berikut saat berencana membeli atau memilih produk asuransi mobil.

1.   Cek Informasi Produk

Pertama-tama, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu informasi yang berkaitan dengan produk asuransi yang akan dipilih. Jangan lupa untuk mempelajari dan mengetahui secara detail terkait apa saja keunggulan produk dan juga perlindungan kerusakan yang ditawarkan.

2.   Perhatikan Jumlah Premi

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah jumlah premi yang dibayarkan setiap bulan. Silahkan cek berapa besarannya kemudian bandingkan dengan produk lain dari perusahaan asuransi yang berbeda untuk menemukan produk dengan perlindungan dan harga yang sesuai kebutuhan.

3.   Perhatikan Prosedur Klaim Asuransi

Jangan lupa juga untuk memperhatikan tata cara atau prosedur klaim asuransi mobil yang dibeli. Pastikan produk asuransi tersebut memiliki klaim yang mudah untuk dilakukan.

Bandingkan dan Beli Produk Asuransi secara Online

Bagi yang ingin berencana mengasuransikan mobil, kini sudah ada cara mudah loh untuk mencari produk asuransi dan juga membelinya secara online. Tinggal unduh aplikasi Qoala melalui Play Store maupun App Store sesuai dengan jenis smartphone yang digunakan saat ini.

Melalui aplikasi tersebut, bisa banget untuk melakukan perbandingan dan juga membeli produk asuransi secara langsung. Ada beberapa keunggulan dari aplikasi tersebut antara lain:

● Banyak pilihan produk asuransi dari berbagai perusahaan ternama. Pasalnya, Qoala punya banyak mitra perusahaan asuransi yang bisa langsung dipilih sendiri secara mudah.

● Perbandingan produk dari satu perusahaan asuransi dengan perusahaan lain saat ini menjadi semakin mudah. Di aplikasi tersebut bisa banget melakukan perbandingkan kapan saja sesuai keinginan.

● Pembelian produk asuransi juga bisa langsung melalui aplikasi tersebut. Dengan begitu, tidak perlu ribet lagi harus mengunjungi kantor asuransinya. Tinggal siapkan persyaratannya saja.

● Terdapat promo-promo menarik dari partner Qoala. Setiap promo bisa langsung ditemukan di aplikasi.

Nah. Sekarang sudah jelas kan ya. Itulah berbagai alasan kenapa jaminan mobil rusak dari sebuah asuransi sangat dibutuhkan. Melalui informasi tersebut setidaknya sedikit banyak sudah memberikan pengetahuan dan informasi agar lebih aware akan pentingnya asuransi sebagai perlindungan.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.