24 May 2021

Keunggulan Aplikasi TMRW dari UOB Sebagai Tabungan Digital Zaman Now

Pernah tidak terpikirkan bahwa setiap penghasilan, tidak melulu harus dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan hidup? Sebagian bisa ditabung untuk masa depan dan sebagian lagi bisa loh digunakan untuk traveling.

Setahun setelah pandemi, banyak yang sudah berubah. Mulai dari cara kerja, kebiasaan hingga gaya hidup. Terbiasa dengan work from home (WFH) membuat pekerjaan jadi lebih banyak meeting online, begitupun dengan analisa data yang sekarang 100 % di depan laptop. Terus bagaimana dengan tabungan dan budget traveling?

Mungkin sebagian orang, WFH membuat aktivitas jadi terbatas. Saya sendiri mengalami hal tersebut. Dahulu setiap weekend pastinya memilih untuk traveling ke area wisata di sekitar tempat tinggal. Bahkan sesekali liburan ke luar kota hingga luar negeri. Semenjak pandemi, semuanya berhenti.

Menjaga diri agar tidak terkena virus adalah hal utama dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan traveling. Tetapi bukan berarti keinginan traveling tidak ada, malah sebenarnya bertambah besar.

Keberadaan pandemi juga membuat pengeluaran lebih terkontrol, karena hanya sesekali saja ke luar rumah untuk membeli kebutuhan pokok dan sisa pendapatan pastinya ditabung. Kendalanya adalah, ketika ingin memisahkan antara rekening payroll dan rekening tabungan, dimana jika ingin membuka tabungan pastinya harus ke Bank terlebih dahulu. Padahal tahu sendiri kan ya, jadwal meeting online semakin padat hingga peluang bertemu kerumunan semakin besar sehingga malas untuk membuka rekening langsung ke banknya.

Untungnya saat ini sudah ada layanan tabungan digital berbasis aplikasi dari UOB, namanya TMRW. Aplikasi ini muncul untuk menjawab keresahan seperti yang saya alami. Dengan begitu, membuka tabungan baru semua bisa dilakukan secara online, cukup dari rumah saja. Berikut keunggulan aplikasi TMRW sebagai tabungan digital zaman now:

tabungan-digital-tmrw

1. Proses buka tabungan yang simpel dengan dua pilihan secara digital.

Sebagai tabungan digital, proses buka tabungannya pun sudah secara digital alias online langsung dalam aplikasi. Nah, ketika pertama kali membuka aplikasi TMRW dan ingin melakukan pendaftaran, maka kita tinggal klik menu “daftar” yang terletak pada bagian bawah aplikasi.

Ada dua pilihan yang bisa menjadi alternatif sesuai kebutuhan saat ini. Pilihan pertama adalah Rekening TMRW dengan Kartu ATM/Debit dan pilihan kedua adalah Rekening TMRW dengan kartu ATM plus Kartu Kredit TMRW. Jelas banget kok, kedua pilihan ini dalam dashboard halaman awal aplikasi. Detail dan keterangan jenis tabungannya tertulis dengan jelas kok. Jika sudah mantap bakal memilih yang mana, tinggal klik bagian “daftar sekarang”.

pilihan-jenis-tabungan-tmrw
Ada dua jenis pilihan

Oh iya, untuk membuka rekening pastikan saat ini kita sudah berumur minimal 21 tahun dan bukan warga negara Amerika/US Resident. Kalau WNI mah, aman saja.

Nah terkait pilihan tadi, pastinya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika memang pembukaan rekening hanya untuk menabung, maka pilihlah rekening TMRW dengan kartu ATM saja. Tetapi, jika kedepan ada kebutuhan untuk menggunakan kartu kredit, maka pilihan rekening TMRW dengan kartu kredit tidak ada salahnya untuk dicoba.

Jika memilih membuka rekening plus kartu kredit maka dibutuhkan syarat tambahan selain KTP, foto selfie, juga dibutuhkan dokumen penghasilan/payroll. Khusus untuk payroll jika belum dimiliki karena perlu untuk meminta terlebih dahulu ke bagian HRD tempat bekerja, maka uploadnya bisa kok ditunda sembari proses verifikasi pembukaan rekening berjalan.

Ada satu hal yang saya sukai sih ketika pengajuan kartu ATM yang ada di aplikasi. Biasanya kan sebelum pandemi saat mengajukan kartu ATM maka kita harus ke bank kan ya. Nah, berbeda halnya dengan TMRW. Proses pengajuan ATM nya langsung di aplikasi.

Alamat pengiriman kartu ATM juga bisa banget kok disesuaikan dengan alamat pengiriman lainnya selain alamat yang tercantum di domisili. Kalau saya sih memilih alamat kantor karena pengalaman selama ini, alamat kantor lebih cepat pengirimannya dibandingkan alamat domisili.

 

2. Pengisian data dan proses verifikasi bisa disesuaikan tanggalnya.

Jika kita melakukan pembukaan rekening biasa di Bank, umumnya kita akan disodorkan dengan formulir panjang dengan berbagai kotak yang perlu diisi secara manual. Nah, berbeda halnya dengan pembukaan rekening secara online, yang perlu dipersiapkan adalah:

a) Nomor telepon dan alamat email.

b) Foto e-KTP dan foto selfie.

c) Data personal termasuk alamat tempat tinggal dan profesi saat ini.

 Semua data tersebut di-upload sesuai step by step yang ada pada aplikasi TMRW. Beberapa pertanyaan juga perlu dijawab, ada yang format isian, artinya kita mengisi dengan cara menulis langsung dan ada juga format pilihan. Format pilihan ini, kita tinggal pilih sesuai jawabannya. Simpel kok, tinggal ikutin saja instruksi yang ada. Nah, setelah itu akan ada proses verifikasi dan konfirmasi data diri melalui live chat yang juga sudah tersedia di aplikasi.


video-verification-tmrw
Proses verifikasi secara online


Penting juga nih ya untuk diketahui bahwa meskipun proses pembukaan rekening dan verifikasinya berlangsung dengan cepat (sekitar 9 menit) tetapi terkadang dengan kesibukan meeting online efek dari WFH, bisa jadi hari itu tidak bisa dilakukan. Tenang saja, ada kok pilihan book tanggal lain untuk proses video verifikasi, jadi bisa disesuaikan dengan kesibukan kita juga.

 

3. Aplikasinya aman dengan berbagai level sekuritas.

Layaknya rekening biasa, tabungan digital TMRW yang kita miliki juga sudah memiliki level sekuritas yang baik dan terintegrasi langsung dengan alamat email dan nomor telepon pribadi. Fungsinya sih untuk menerima OTP (one time password) untuk proses verifikasi.

Selain itu juga, kepemilikan rekening TMRW disertai dengan username untuk login ke rekening, hingga secure PIN yang dibutuhkan untuk transaksi dimana semuanya bersifat personal. Ingat, karena bersifat personal maka jangan sampai data username, PIN dan OTP yang masuk diberikan ke orang lain. Rekening digital kita adalah personal jangan diberikan aksesnya ke orang lain.

 

4. Menu dan fitur TMRW yang zaman now banget.

Generasi milenial adalah generasi yang hadir serba digital. Hal ini pula yang membuat app TMRW mengerti akan kebutuhan tersebut. Pertama kali membuka aplikasi TMRW ketika proses log in selesai maka kita akan menemukan dua menu utama. Tulisannya besar kok dengan background kotak warna biru dan tulisan besar berwarna putih.

Tampilan kedua menu ini sangat jelas dan pastinya mempermudah dalam mengidentifikasi, kita berada dalam menu yang mana. Dua menu utama tersebut dalam aplikasi TMRW adalah:

a) TMRW Everyday Account

Menu TMRW Everyday Account adalah salah satu menu yang pertama kali muncul ketika kita membuka aplikasi TMRW. Namanya saja, Everyday Account jadi kita seakan-akan memiliki rekening digital yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Dashboard pada menu ini menampilkan saldo saat ini dan juga nomor rekening kita. Selain itu, menu ini dilengkapi dengan tiga fitur utama yang terletak dibawahnya, yaitu transfer, top up & bills serta menu favorites.

-Transfer

Transfer ke rekening tujuan tanpa perlu ke ATM adalah salah satu fitur yang ada di digital rekening TMRW. Sebagai tabungan digital, app TMRW bisa digunakan untuk transaksi RTOL (Real Time Online) dan RTGS (Real Time Gross Settlement) dengan biaya gratis. 

Melalui fitur ini, kita bebas melakukan transfer ke rekening mana pun tanpa perlu ke ATM lagi. Cukup melalui aplikasi. Sangat solutif bukan untuk kita semua agar terhindar dari proses antrian ATM maupun teller.

Oh iya, selama menggunakan fitur transfer ini yang paling membuat senang itu adalah layanan free biaya transfer ke Bank yang berbeda. Biasanya sih ya kalau gajian gitu kan, sering transfer ke nomor rekening keluarga yang berbeda bank dengan bank yang kita miliki. Jika ada 5 anggota keluarga yang beda bank, lumayan kan biaya transfer beda banknya. Nah, untungnya TMRW memberikan free biaya transfer beda bank. Oke banget kan. Buktiin sendiri deh.

 

-Top up & bills.

Kebutuhan masa kini, tidak terlepas dengan pengeluaran dan pembayaran kebutuhan lainnya. Mulai dari e-money, e-commerce, kartu kredit, telepon, tagihan air, TV kabel & internet, hiburan, tiket hingga bayar cicilan. Dahulu ketika masih manual, proses pembayaran tersebut masih perlu antri di ATM atau loket. Tetapi itu dulu. Dengan adanya TMRW, maka semuanya bisa dilakukan secara digital. Tidak perlu lagi antri di loket pembayaran karena semuanya bisa terselesaikan dalam satu genggaman aplikasi TMRW.

Pengalaman pribadi nih ya, selama ini kan kalau ingin isi pulsa harus ke counter penjualan pulsa dekat rumah seperti Alfamart atau Indomart selain ATM. Nah sejak adanya aplikasi TMRW, jadi lebih terasa simpel karena pembelian pulsa bisa langsung via app.

Selain itu, saya sendiri pengguna setia Grab dengan layanan pembayaran cashless OVO. Biasanya kalau ingat, untuk proses top up saldo via driver Grab. Itu kalau ingat. Nah kalau lupa dan saldo OVO tidak mecukupi untuk perjalanan berikutnya, jadi mau nggak mau harus ke ATM dulu untuk top up saldo.  Ribet kan ya.

Untungnya hal ini tidak terjadi lagi. Melalui layanan top up OVO di aplikasi TMRW benar-benar membantu loh. Saya sendiri bisa langsung top up via aplikasi TMRW. Tinggal masuk ke menu ini dan pilih e-money terus tinggal pilih deh OVO dan lakukan proses top up. Ga harus ke ATM lagi dan tidak perlu khawatir lupa top up lagi via driver Grab.

 

-fitur favorites

Sering kali ketika melakukan transaksi transfer ke nomor rekening yang sama, maka pilihan fitur favorites sangat cocok. Tidak perlu lagi mengetik kembali nomor rekening tujuan, cukup memasukkan no rekening tersebut ke fitur favorites. Simpel dan efektif.

Kalau saya sih memanfaatkan fitur ini untuk menyimpan nomor rekening keluarga yang sering ditransfer tiap bulannya. Lumayan menghemat waktu kok. Nanti tinggal kita pilih sih sesuai nama yang tersimpan di menu favorites ini.

 

b) TMRW Savings Account

Berbeda dengan TMRW Everyday Account yang memang ditujukan untuk kebutuhan harian, TMRW Saving Account hadir dengan mekanisme menabung layaknya main game. Iya, main game. Kalian tidak salah dengar. Bahkan nama gamenya unik yaitu, City of TMRW.

Konsep sederhananya begini, kalau kita nabung di tabungan biasa saja, maka yang muncul hanya jumlah akan tabungan. Jika saldonya sedikit maka yang tertulis memang sedikit seperti itu, apa adanya. Begitupun sebaliknya.


city-of-tmrw-by-uob


Nah, di City of TMRW setiap kita menabung dengan nilai tertentu, maka kita bisa melihat bagaimana uang yang kita tabung tersebut berubah menjadi properti tertentu, mulai dari penambahan rumah sederhana hingga membentuk satu kota impian. Game ini pula menunjukkan berapa jumlah yang perlu ditambahkan berikutnya untuk naik level.

Semakin banyak yang ditabung maka level permainan dalam City of TMRW semakin tinggi pula dan kota yang dibangun dalam bentuk pulau semakin lengkap. Jadi bukan hanya menambah jumlah uang, tetapi kita seakan-akan membangun kota digital masa depan. Keren kan. 

Sekarang sudah sangat jelas kan, mengapa TMRW hadir sebagai tabungan digital zaman now karena mulai dari proses pembukaan rekening, transfer, pembayaran kebutuhan harian hingga membangun city of TMRW semuanya bisa dilakukan dalam satu genggaman app, TMRW. Sebagai pelengkap transaksi cashless, app TMRW sudah dilengkapi dengan QR Pay, QRIS.

QR Pay ini bagiku benar-benar membantu. Jadi sering banget kan ya kalau kita belanja bulanan di supermarket atau malah belanja makanan dan minuman di outlet mereka sudah menyediakan QR Code QRIS. Tidak perlu lagi kita bayar via kartu debit, tinggal scan QR Code menggunakan fitur scan QRIS maka transaksi pun selesai. Menghemat waktu dan simpel. Bahkan sering juga kok dapat cashback kalau kita belanja di merchant tertentu menggunakan scan QRIS yang ada pada TMRW.

Dengan segala kemudahan yang dimiliki oleh TMRW, maka sudah saatnya sih beralih ke tabungan digital dan berharap pandemi segera berlalu. Saat ini, dana travelingnya mending ditabung dulu saja di City of TMRW. Ya kan. Kata orang sih, “menabung sekarang, bersenang-senang kemudian”. Yuk, mulai menabung digital di TMRW by UOB sebagai tabungan digital zaman now.

 

33 comments:

  1. Whuaaa, memang di jaman now yang serba digital, makin dipermudah aja yaa buat buka rekening tabungan. Ga ada alasan lagi males keluar dan antri di bank. Cukup mainkan hape dan bisa lewat aplikasi, seperti aplikasi TMRW ini yang milenial banget.

    Trus menaik juga tuh semakin banyak yg ditabung bisa sambil bermain membuat kota impian. Jadi kepooin ahh!!

    ReplyDelete
  2. Wah pas banget, lagi pingin bikin tabungan untuk traveling

    karena kalo disatuin habis melulu :D

    cukup install TMRW bisa nabung di UOB Bank ya?

    asyikkkk..... mau ah

    ReplyDelete
  3. Baru tahu saya ada aplikasi TMRW ini, jaman sekarang semuanya udah canggih bahkan sampai digital, sehingga kita jadi mudah menabung online dengan aman dan bisa digunakan untuk keperluan penting dan untuk traveling.

    ReplyDelete
  4. Komplit banget yach aplikasi TMRW, selain untuk tabungan, ada rencana masa depan untuk tabungan yang bisa diinvestasikan. Perlu tuch untuk menabung dan mempersiapkan masa depan

    ReplyDelete
  5. Aplikasi TMRW dari UOB keren banget, tabungan jaman sekarang ya. Bisa jadi alternatif kalau kita mau nabung ya Kak Taumy.

    ReplyDelete
  6. Beneran ya, sekarang semua ada dalam genggaman. Makin praktis, ga perlu kemana-mana urusan udah kelar. Mau nabung, tinggal buka aplikasi TMRW aja!

    ReplyDelete
  7. Sekarang serba digital jadi enak ya, nggak perlu antri, gak perlu macet-macetan. Bikin rekening dari rumah juga bisa, kartu ATM juga tinggal dikirim. Nggak perlu ambil. Praktis! btw, aku juga nasabah UOB, hehe

    ReplyDelete
  8. Menarik ya fitur yang ada di aplikasi TMRW.. Kalau belum punya rekening di bank digital sebelah, aku sangat tergiur untuk apply di TMRW ^^

    ReplyDelete
  9. Wah saya juga baru nambah tabungan digital, ya niatnya mau nabung untuk kebutuhan masa mendatang. Keren juga TMRW ini

    ReplyDelete
  10. Saya juga punya rekening TMRW. Bener2 mudah buka rekeningnya. Verifikasi data pake video call. Bahkan freelancer kyk saya gak diminga slip gaji lho. Mantep deh!

    ReplyDelete
  11. Suka nih untuk pengajuan ATM nya, bisa lewat aplikasi aja gak perlu datang. jadi sekaligus mendukung pemerintah juga untuk mengurangi mobilitas ya

    ReplyDelete
  12. Sekarang aplikasi mbanking udah mulai bebenah dengan menambahkan beragam fitur jadi kayak all in one guru. Btw TMRW apa Kak Taumy?

    ReplyDelete
  13. Bener mas sekarang memang memudahkan tabungan digital ya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, jadi memudahkan juga.

    ReplyDelete
  14. Hidup di zaman digital memang enak ya .... Semua bisa dilakukan secara online. Apalagi setelah ada aplikasi untuk tabungan seperti ini, buat yang biasanya sulit nabung sekarang dipermudah.

    ReplyDelete
  15. Fitur City Of TMRW nya menarik nih, bisa jadi motivasi buat rajin nabung juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, gak ada alasan untuk malas menabungnya. Sebab aplikasi TMRW dapat menjawab kebutuhan masyarakat ya

      Delete
  16. Ngegame tapi sambil nabung ya. Seru banget nih. Jadi ingin coba juga. Kalau transfer ke bank lain free atau ada biayanya ya? Tarik tunainya juga freekah di atm bank lain?

    ReplyDelete
  17. TMRW ini emang beneran bisa diandalkan ya bang, terutama dimasa pandemi gini. Soalnya kan seringkali kita males buat ke bank, jadi kita bisa tetap nabung dengan membuka tabungan via online di aplikasi TMRW

    ReplyDelete
  18. Jujur, aku baru tahu ada aplikasi TMRW ini, sungguh sebuah aplikasi yang sangat membantu ya kak
    semua transaksi keuangan jadi lebih mudah dan praktis

    ReplyDelete
  19. kalau aku tertarik punya tabungan digital karena banyak promo/diskon menggiurkan. haha.

    ReplyDelete
  20. Baru kali ini ngeliat tabungan online dengan konsep yang unik, pake ada game segala. Overall sih keren banget, cocok untuk para anak muda yang biasanya cenderung cepat bosan dengan aplikasi perbankan yang monoton. Eh di UOB ini malah ada gimnya. Keren lah. saya suka saya suka saya suka.....

    ReplyDelete
  21. Dengan kemudahan memiliki tabungan online di aplikasi TMRW atau Tomorrow dari bank UOB ini jadi gak ada alasan ya buat gak bs nabung lantaran hrs datangi bank nya hehe

    ReplyDelete
  22. Wah asyik banget sih, zaman sekarang buka tabungan saja bisa online. Jadi lebih mudah dan cepat. Nggak perlu takut antre dan berkerumun. Sudah gitu fitur-fiturnya juga lengkap, makin semangat deh buat nabung.

    ReplyDelete
  23. top up e money apa harus punya alat scan nya ngga? ky di i domaret kn kartu nya digesek atau d atm ada scannya..

    ReplyDelete
  24. Salah satu keuntungan di zaman digital sekarang tuh ini nih...nggak perlu repot antri di bank kalau mau bikin tabungan. Karena, jujur ya males bangetbkalau antri tuh bisa nungguin dari pagi sampai siang mending lewat aplikasi aja sih bisa sambil ngerjain pekerjaan lainkan.

    Menarik banget ya menurutku fitur yang ada di TMRW ini. Boleh deh nanti dicoba buat menabung keperluan lain juga.

    ReplyDelete
  25. Semua serba dimudahkan sekarang ya Pak Ketu dengan adanaya tabungan digital, nggak perlu ke luar rumah dan nggak perlu sentuhan waktu transaksi

    ReplyDelete
  26. saya sedang proses menabung rutin juga kak, dan sepertinya aplikasi tabungan digital seperti ini jadi salah satu alternatif untuk bisa menyimpan uang ya kak

    ReplyDelete
  27. enak nih ya, klo pembukaan account tuh cukup via online aja, verifikasi juga online, kartunya tinggal dikirim ke alamat rumah deh, biar ga repot ke bank, antri dan kumpul rame2 orang

    ReplyDelete
  28. wah satu lagi nih, jadi bisa menjadi pilihan untuk bikin rekening digital selain mudah hanya perlu mengakses aplikasinya di smartphone tak perlu lagi repot2 datang ke kantornya :D

    ReplyDelete
  29. Jaman serba digital ya untuk membuat tabungan juga sudah makin prakts dan online. Lengkap juga ya fitur TMRW, detail nih penjelasannya jadi buat yang awam kaya aku sudah jelas

    ReplyDelete
  30. Baru tahu kalau UOB punya produk TMRW yah. Memang skarang yg serba digital jauh lebih efektif dan anti ribet. Cuma di rumah aka, ATM dikirim dong mkwkwkw. Aplikasinya juga lengkap fitur dan layanannya

    ReplyDelete
  31. Sekarang semakin banyak tabungan digital ya, dan aku semakin bingung milih yang mana semua bagus. TMRW juga saya dengar lho, jadi banyak alternatif pilihan

    ReplyDelete
  32. Banyak banget ya produk perbankan yang serba digital sekarang..kadang bingungau milih yang mana. Makasi info nya ya

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search