27 September 2021

Mempersiapkan Diri Masuk ke Dunia Kerja Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Apa sih yang dipikirkan pertama kali ketika lulus kuliah? Pastinya dong, pada mikir bagaimana bisa mendapatkan kerja segera. Bermodalkan ijazah yang dimiliki dengan nilai mumpuni ternyata tidak langsung menjamin loh untuk segera dapat kerja. Emang sih, nilai tinggi bakal mendapat sedikit perhatian di awal karena pastinya mudah dalam lolos dalam seleksi berkas di pihak HRD. Tetapi, bukan hanya itu loh ternyata terkait persiapan yang perlu dilakukan untuk masuk dunia kerja. Masih banyak hal lainnya dan semuanya itu, bisa dipersiapkan dengan aplikasi siap kerja.

 

Aplikasi siap kerja adalah sebuat platform yang berisi berbagai materi kursus yang bisa dimanfaatkan oleh mereka para pencari kerja. Materi yang disediakan semuanya bertujuan untuk menambah skill peserta dalam mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja.

 

Saya ingat benar, dahulu tahun 2008 ketika kuliah, sering sekali ikutan workshop atau pelatihan. Tujuannya sih untuk meningkatkan kemampuan sekaligus proses upskilling dan reskilling kemampuan yang dimiliki. Apalagi ketika semester-semester akhir. Saking banyaknya dan sering ikutan, ternyata biaya yang dikeluarkan lumayan juga, apalagi kalau tempat penyelenggara jauh dari tempat tinggal atau bahkan beda provinsi. Jadinya harus ekstra tenaga untuk mendapatkan ilmu tersebut.


aplikasi siap kerja


Pernah suatu hari, ketika mendaftar workshop di Jogja tentang public speaking. Kala itu, saya sendiri kuliahnya di Semarang. Sebenarnya, jarak antara Semarang-Jogja tidak terlalu jauh tetapi jika harus pulang pergi, pastinya bakal lelah dalam perjalanan. Kebetulan workshopnya berlangsung dalam dua hari. Dengan pertimbangan agar bisa fokus dengan materi, akhirnya memutuskan untuk sewa penginapan di sekitar Kaliurang.

 

Kalau mengingat zaman itu, pastinya bakal terngiang dan merasa iri dengan perkembangan saat ini. Kebayang banget kan ya, dahulu untuk urusan meningkatkan kemampuan selalu harus kesana kemari. Menyediakan waktu sesuai jadwal penyelenggara hingga pastinya ekstra biaya selain biaya pelatihan. Untung banget, saat ini kemajuan teknologi benar-benar terasa. Tetapi, sebelum jauh membahas terkait aplikasi online, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum terjun ke dunia kerja.

 

Persiapkan Nilai Akademis Dengan Baik

Banyak yang beranggapan bahwa nilai akademis adalah modal utama untuk mendapatkan pekerjaan layak. Nilai akademis sering dijadikan patokan untuk menilai seseorang pintar atau biasa-biasa saja. Makanya penting sekali untuk mempersiapkan nilai akademis. Meskipun memang, nilai akademis bukan sebagai syarat mutlak seseorang bisa diterima pada satu perusahaan. Umumnya setiap lowongan pekerjaan sudah memiliki batas minimal nilai akademis, sehingga buat yang memiliki kemampuan akademis biasa-biasa saja ada baiknya memperhatikan batas minimal ini. Biasanya sih, IPK minimal 3.00.

 

Melatih Kerjasama dan Problem Solving Melalui Organisasi

Kuliah dengan 3K, Kampus, Kantin, Kost itu sangat umum terjadi. Bahkan banyak mahasiswa memilih 3K ini sebagai zona nyaman. Padahal untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja, dibutuhkan kemampuan dalam problem solving dan kerjasama yang baik. Salah satu tempat terbaik untuk melatih dua hal ini, adalah ikut organisasi kampus. Dengan berorganisasi maka lama-kelamaan kemampuan kerjasama tim akan terasah. Kita juga bisa belajar memahami karakter setiap orang ketika diskusi panjang dalam organisasi. Selain itu juga, ketika berorganisasi sering sekali mengalami banyak kendala, mulai dari internal hingga eksternal. Dari kendala ini, bakal dipelajari bagaimana solusi yang bisa diterapkan case by case.

 

Kuasai Bahasa Inggris 

Ada yang masih berpikiran, bahwa Bahasa Inggris tidak penting dalam mempersiapkan diri untuk kerja? Kalau ada yang seperti itu, seharusnya mulai bergegas. Saat ini, Bahasa Inggris sudah menjadi Bahasa yang common sebagai persyaratan rekrutmen karyawan. Sehingga, sangat penting agar Bahasa Inggris ini dipersiapkan dengan baik minimal bisa berbicara dengan baik, tidak perlu menjadi native.

 

Memiliki Skill yang Dibutuhkan Sesuai Minat

Tahu ga sih, kalua skill itu bisa ditingkatkan atau malah ditambah? Penting sekali untuk mempersiapkan softskill agar bisa bersaing di dunia kerja nantinya. Ada beberapa sih, skill yang bisa membantu seperti kemampuan public speaking, kemampuan sosialisasi hingga bagaimana cara kita menampilkan diri dengan pilihan grooming sesuai situasi dan kondisi.

Dulunya sih, untuk upskilling dan reskilling pasti bisa didapatkan dan dilatih dari berbagai workshop. Tapi, itu zaman old. Nah, untungnya sekarang sudah ada aplikasi belajar online yang menyediakan kursus online gratis, namanya aplikasi QuBisa.

 

Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Alasan Memilih QuBisa Sebagai Aplikasi Siap Kerja

Awal mengenal QuBisa itu berdasarkan informasi dari teman kuliah dulu yang adiknya baru akan lulus kuliah. Akhirnya saya pun coba download aplikasinya dan lihat berbagai materi kursus online gratis. Berikut alasan memilih QuBisa sebagai aplikasi siap kerja sekaligus aplikasi belajar online:

1.  Banyak pilihan kursusnya; ketika kita membuka aplikasi QuBisa maka kita akan dihadapkan dengan tampilan dashboard yang memberikan pilihan berbagai jenis materi, mulai dari cara meningkatkan personal branding hingga cara mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja. Tinggal dipilih sesuai keinginan.

2.  Terstruktur dan mudah dipahami; setiap kursus yang ada didesain agar cara belajar efektif buat kalangan yang sedang mengambil kursus. Bukan hanya sekadar video pembelajaran biasa tetapi juga disertai berbagai konsep dan contoh agar mudah untuk dipahami.

3.  Konsep belajar gak ribet; selama ini kan kalau belajar harus bawa buku. Dan mencatat materinya di buku catatan. Nah, kalau sudah pakai aplikasi QuBisa ga bakalan seribet itu kok. Kita bisa malah belajar sambil rebahan. Tinggal buka aplikasi QuBisa dan pilih deh materi yang ingin kita pelajari.

 

platform siap kerja

Pengalaman Mengikuti Kursus di QuBisa Sebagai Aplikasi Siap Kerja

Awalnya untuk persiapan kerja biasanya kita mempersiapkan berbagai persyaratan. Tetapi ternyata sering sekali kita melupakan hal non teknis lainnya. Dan ini, bisa mempengaruhi ketika melakukan interview kerja. Makanya, saya coba untuk mengikuti salah satu kursus online gratis yang ada di aplikasi QuBisa sebagai bagian dari cara meningkatkan personal branding sebelum memulai tahapan interview. Judul kursusnya Grooming and Professionalism.


Kursus Online Gratis


Memilih kursus di QuBisa memang menjadi cara belajar efektif saat ini sih. Seperti kursus yang saya ambil. Pertama kali sebelum memulai kursus, maka akan ada pre test. Berupa kumpulan soal dengan pilihan ganda. Nah, dari sini kita bisa mengetahui kemampuan awal sebelum memulai kursus yang dipilih. Di akhir sesi, barulah ada post test untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan dan pemahaman yang dimiliki setelah mengikuti materi kursus online gratis.

 

Setelah itu, bakal ada video pembelajaran yang isinya sesuai dengan tema yang diambil. Ada beberapa poin yang membuat kursus Grooming and Professionalism menjadi lebih mudah untuk dipahami:

1.  Materi video yang to the point; langsung memberikan arahan dengan jelas step by step terkait bagaimana Grooming bisa mempengaruhi rasa percaya diri selama melakukan interview atau interaksi dengan orang lain. Cara penyampaian oleh trainer juga benar-benar sangat bagus. Mulai dari pemilihan intonasi dan gaya bahasa. Semuanya mempermudah pemahaman.

2.  Video pembukaan dengan perbandingan yang membuka pikiran; awalnya urusan Grooming orang tidak begitu aware, tetapi dengan kursus ini memberikan video pembukaan yang sangat tepat sasaran. Memilih contoh kasus dokter yang ada di rumah sakit terhadap hasil diagnosanya. Jika dokter tersebut menggunakan pakaian kerja dan berada di rumah sakit, maka kita lebih percaya akan diagnosa dokter  tersebut dibandingkan jika kita bertemu dokter yang sama di supermarket dan menggunakan pakaian kasual. Grooming menunjukkan profesionalisme kita.

3.  Penggunaan contoh video sebagai pembanding; pada sesi kursus, disajikan dua contoh video yang benar-benar tampak berbeda dari segi pakaian ketika mempresentasikan sesuatu. Penggunaan pakain formal akan lebih mendukung ketika kita hadir untuk acara formal. Orang tidak akan respect terhadap kita ketika menggunakan pakaian kasual di acara formal.


Aplikasi Belajar Online


Dari kursus Grooming and Professionalism dengan cara belajar gak ribet mampu memberikan pengetahuan yang baik bagaimana mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja dengan memperhatikan grooming. Bukan tidak mungkin, dengan grooming yang sesuai pastinya bakal memberikan kesan positif oleh pihak yang menginterview nantinya.


Untung banget sih memang, kehadiran aplikasi QuBisa sangat membantu banyak orang loh. Apalagi buat mereka yang ingin mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja dengan berbagai kursus online gratis yang dimiliki.


Buat kalian yang ingin meng-upgrade diri dengan berbagai materi pelatihan online gratis, tinggal unduh saja aplikasi QuBisa di AppStore dan PlayStore. Tidak ada lagi halangan untuk mempersiapkan diri dengan matang dalam rangka masuk ke dunia kerja. Semuanya bisa kok dipelajari dengan santai di QuBisa.


Oh iya, buat kalian yang sering mereview tentang aplikasi siap kerja, mending ikutan Lomba Blog dari QuBisa. Periode lomba dari tanggal 22 September-10 Desember 2021. Langsung cek saja ya, detail informasinya di media sosial QuBisa.

51 comments:

  1. Daku udah ceki-ceki aplikasinya, senangnya karena banyak pilihan bidang kursus baik yang berbayar maupun yang gratis. Kursusnya pun bisa diakses via ponsel

    ReplyDelete
  2. Hwaa bener bangett, kemarin juga cobain QuBisa ini dapat kursus public speakingnya juga. Alhamdulilah dapat gratis. Padahal biasanya kursus public speaking bisa habis berjuta juta tuh. Jadi terharu bisa dapat gratis di QuBisa kemarin >.<

    ReplyDelete
  3. Wah betul modal ijazah aja belum cukup untuk ngelamar kerja ya. Harus disertai dengan ketrampilan. QuBisa tempat cocok untuk belajar online nih

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya di zaman sekarang supaya dapat kerja gak terlalu perlu kuliah tinggi-tinggi karena fokusnya kan supaya bisa dapat skill, untung udah ada Qubisa yang mengajarkan skill baru secara online.

    ReplyDelete
  5. bener banget.. bikin capek di jalan karena kalau mau kursus atau workshop harus kemana2.. sekarang sambil rebahan aja bisa lewat QuBisa..

    ReplyDelete
  6. Ada plus dan minusnya sih ya untuk urusan dulu dan sekarang. Kalau dulu, kadang kita suka menyediakan waktu tambahan untuk berlibur saat harus ikut kelas di luar kota. Sekalian jalan-jalan gitu. Tapi pas pandemi gini. Boro-boro. Kitanya nggak bisa kemana-mana.

    Maka sudah pasti platform pembelajaran online sebagai alternatifnya. Kayak Qubisa yang keren banget itu.

    ReplyDelete
  7. Sekarang kalau mau kursus mudah banget, ya. Tinggal buka aplikasi QuBisa, kita bisa belajar meningkatkan kemampuan di dunia kerja.

    ReplyDelete
  8. Aplikasi Qubisa ini cocok yaa untuk adek-adek yang baru lulus smu dan niat kerja, bisa kursus dulu untuk melatih skill

    ReplyDelete
  9. Artha Nugraha Jonar3 October 2021 at 14:24

    Rasanya di jaman sekarang ini harus punya skill yang memadai sebelum masuk di dunia kerja. Karena kuliah saja terkadang tidak cukup, harus ditambah skill lain dengan ikut berbagai training. Menariknya sekarang banyak tempat pembelajaran online seperti Qubisa ini yang bisa membantu proses pembelajaran dengan mudah.

    ReplyDelete
  10. Waduh kebayang deh emang kalo harus ikut workshop sampai luar kota. Alhamdulillah jaman uda maju di era digital. Di mana saja dan kapan saja bisa mengikuti webinar QuBisa yang efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  11. mempersiapkan diris ebelum masuk dunia kerja ini emang krusial banget deh. untung aja ada aplikasi siap kerja QUBisa yang membantu nambah ilmu dan skill

    ReplyDelete
  12. Skill sesuai minat perllu diasah ketika kita ingin terjun ke dunia kerja ya kak. Di Qubisa kita bisa mengasah skill tersebut karena banyak pilihan pelatihannya. Nice.

    ReplyDelete
  13. QuBisa ini emang seru banget ya. Banyak kursus dan webinar yang sesuai dgn kondisi saat ini. Apalagi konten2 untuk persiapan dunia kerja. Dapat sertifikat dan poin lagi. Jadi semangat tuh belajarnya.

    ReplyDelete
  14. Aku juga ikut yang kelas Grooming & Professionalism itu kak hehehe. Lumayan lah meskipun singkat. Pengen deh ada kelas table manner atau semacamnya. Biar nambah ilmu.

    ReplyDelete
  15. dengan mengasah skill di aplikasi Qubisa ini bisa menambah peluang kita untuk sukses di dunia kerja ya mbak

    ReplyDelete
  16. aplikasi QuBisa untuk meningkatkan soft skill supaya bisa bertarung di dunia kerja. Bisa juga untuk nambah ilmu praktis buat sehari hari

    ReplyDelete
  17. Ya, aku juga ngiri sama kemudahan buat calon pekerja di zaman now. Kalau ingat jaman dulu mau belajar apapun biayanya gak murah dan kadang harus keluar kota. Dengan QuBisa, semua bisa dilakukan dari smartphone saja, bisa dari mana saja dan banyak yang gratis pula.

    ReplyDelete
  18. beberapa teman rekomendasikan aplikasi ini, penasaran jadinya pengen juga ikutan kursus online di Qubisa ini, biar nambah ilmu dan skillnya

    ReplyDelete
  19. Masuk dunia kerja memang harus ada skill
    Kalau tidak, sulit bersaing
    Bahkan saya sendiri percaya bahwa setiap skill masih butuh diasah lagi dan lagi
    Qubisa memberikan itu semua

    ReplyDelete
  20. Sepakat banget ada banyak kondisi yang membuat seseorang sukses di karir. Terus terang saya juga sedang mempersiapkan diri masuk lagi ke dunia kerja. Dan sudah sempat nonton video Di Qubisa yang tentang memperbaiki cv, sama teknik wawancara dengan hrd. Lalu sadar, wawancara kerja terakhir saya ada yang kurang oke. Hiks

    ReplyDelete
  21. Semoga dengan adanya Qubisa, semakin banyak orang terbantu untuk upgrade ilmu yaa

    ReplyDelete
  22. Saya baru saja ikutan kelas YouTube nih di QuBisa, mau yang gratisan atau berbayar tinggal pilih saja tersedia beragam topik menarik yang siap menunjang upgrade skill dari rumah saja

    ReplyDelete
  23. Jaman sekarang akses belajar udah semudah ini ya, Mas. Beda banget kayak jaman old yg kita harus datang ke tempat kursusnya, perlu alokasi gak cuma waktu tapi juga biaya transportasi dll. Bersyukur banget sekarang ada aplikasi kayak QuBisa, belajar jadi mudah bisa dari mana aja, bahkan bisa sambil rebahan, hehe. Jadi bisa buat amunisi persiapan masuk dunia kerja lebih mantao

    ReplyDelete
  24. Lulus kuliah memang masih banyak yang perlu disiapkan untuk berkecimpung di dunia kerja, ya

    ReplyDelete
  25. Betul lulus kuliah banyak yang ingin langsung kerja tapi kadang belum siap masuk ke sana. Perlu asah skill dan upgrade terus

    ReplyDelete
  26. wah iya dulu aku juga suka gitu pas kuliah mas, pernah clingak clinguk ikut seminar di fakultas lain atau organisasi lain saking suka sama materinya. Sekang mau nambahin skill gampil ya tinggal dari genggaman aja udah bisa, macam aplikasi siap kerja QuBisa ini.

    ReplyDelete
  27. Udah rajin ikut organisasi, nilai akademik bagus, memang perlu tambah lagi dengan modal skill yang mumpuni. Biar makin mantap lagi buat siap bekerja

    ReplyDelete
  28. masuk ke dunia kerja nggak hanya modal pendidikan saja ya kak, tapi juga harus punya skill
    Senangnya sekarang bisa asah skill di Qubisa ini

    ReplyDelete
  29. Qubisa emang aplikasi paling komplit deh. Banyak banget pelatihan online yang ditawarkan di sana.

    ReplyDelete
  30. Aku kemarin juga cobain kursus public speakingnya. Gratis lagi. Padahal kalau di luaran kursus public speakingnya pasti bernilai jutaan. Seneng banget bisa dapat gratis di QuBisa

    ReplyDelete
  31. Di jaman makin berkembang, memasuki dunia kerja memang perlu skill yang matang dan mumpuni. Tak cukup hanya mengandalkan nilai akademis aja.

    ReplyDelete
  32. Kemarin sempat belajar di beberapa kelas gratis di QuBisa dan sekarang mau ambil kelas lagi bahasa inggris disini

    ReplyDelete
  33. benar banget Mas, sebelum masuk ke dunia kerja memang kita harus terbiasa dengan problem solving, secara di dunia kerja kita bertemu dengan beragam orang yang punya karakter berbeda, cara menyelesaikan tiap masalah juga berbeda, kalau kita egois dan baperan, haduuuh bisa ambyar pasti ya.
    syukurlah yaa sekarang ada aplikasi QuBisa, bisa belajar dari sana sebelum mulai bekerja, belajarnya juga fleksibel bisa dimana dan kapan saja, keren.

    ReplyDelete
  34. Bener loh, kelas public speaking itu mahal (setidaknya bagiku). Pernah cari-cari buat anakku, akhirnya aku mundur karena nggak kuat dengan biayanya yang jutaan. Beruntung banget di QuBisa ada. Jadi bisa ikut di sana deh.

    ReplyDelete
  35. Saya lagi ga cari kerja sih tapi pengen upgrade skill, untung bisa belajar di Qubisa ya, buibuk kayak saya pun bisalah nambah skills

    ReplyDelete
  36. Bagaimana pun juga, walau banyak yang agak menyepelekan nilai akademis, sebenarnya (menurut pemahamanku) kalau nilai yang baik bisa menunjukkan bahwa seseorang juga mau semangat dalam mempelajari sesuatu.. Walau nilai memang bukanlah segalanya.

    Asiknya sekarang ada banyak cara dan jalan untuk mempelajari skill tertentu ya. Salah satunya melalui QuBisa.

    ReplyDelete
  37. aku jadi penasaran banget dengan aplikasinya, belum pernah nyobain tapi ilmu yang diajarin kok bagus banget. jadi mau ikutan dong

    ReplyDelete
  38. Jadi pengen ikutan belajar nih di aplikasi siap kerja Qubisa. Baca artikel ini jadi mupeng cuz ahh download aplikasinya biar tmbh paham...mksh ya mas

    ReplyDelete
  39. Aplikasi yang sangat membantu sekali ya Qubiza ini dan dari ulasannya di atas bukan cuma pare pencari kerja saja karena IRT seperti saya juga butuh upgrade soft skill dan pastinya akan sangat merasa terbantu sekali dengan aplikasi ini

    ReplyDelete
  40. Penting banget punya skill sesuai minat. Karena bisa jadi saat kuliah itu kita kuliah tapi bukan sesuai minat. Hanya sekadar bisa kuliah aja. Maka saat ini kesempatan banget dengan Qubisa, bisa up grade skill kita.

    ReplyDelete
  41. Senang ya karena ada QuBisa yang bisa memudahkan
    Bahkan banyak kursusnya free untuk diikuti

    ReplyDelete
  42. Masuk dunia kerja Emang butuh ketrampilan yang lebih yah kak untuk bisa bersaing. Bagus banget nih ada aplikasi QuBisa yang menawarkan belajar online berbagai ketrampilan dengan gratis. Kurekomen ke ponakan nih yang bentar lagi lulus kuliah

    ReplyDelete
  43. Enak ya jaman sekarang, jadi lebih mudah untuk meningkatkan skill. QuBisa salah satu aplikasi yang bisa diandalkan untuk siap bekerja.

    ReplyDelete
  44. QuBisa ini keren banget sih, banyak materi2 gratis yang dibagikan. Padahal biasanya di luar sana kalau mau belajar kudu bayar mahal, di sini bisa belajar gratis. Pilihan materinya juga banyak pula.

    ReplyDelete
  45. Mendapatkan nilai akademis yang baik itu agak susah, bukan susah belajarnya tapi susah menghadapi bulian. Entahlah kok kayaknya lingkungan nggak suka kalo ada yang niat kuliah buat belajar...

    ReplyDelete
  46. Kita emang harus persiapkan skill di era digital sebagai era yang baru ini. Seperti yang kita pasti sama-sama amini, belajar enggak cuma bisa dilakukan di sekolah. Belajar di tempat lain, seperti program kursus juga bisa menjadi pilihan. untunglah ada QuBisa ini, jadi menambah referensi tempat belajar yang baik.

    ReplyDelete
  47. Bareng QuBisa tuh pas banget buat mengupgrade skill ya kak, aq kemaren ikut kursus gratis di QuBisa dan beneran banyak insight baru yang aq dapet

    ReplyDelete
  48. Upgrade kepribadian juga harus, sebab pintar saja gak cukup. Harus ada adab dan cara untuk bisa menghadapi berbagai persoalan dalam dunia kerja

    ReplyDelete
  49. Dengan adanya Aplikasi siap kerja semacam Qubisa ini, bisa bikin para fresh graduate makin percaya diri dn mantap memasuki dunia kerja ya kak

    ReplyDelete
  50. Sepertinya saya pun harus menambah skill lagi, biar bisa survive di dunia kerja sekarang. Anak-anak muda yang lebih jago dan lebih kreatif banyak bermunculan. Ntar saya kegeser dunk, jika gak upgrade hihihi..Auto meluncur ke Qubisa, nih

    ReplyDelete
  51. Keren parah sumpah ada post test juga. Memang salah satu indikator keberhasilan belajar yaitu perbedaan antara nilai pre test dan post test kan yaaa. Aplikasinya penuh faedah memang.

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search