MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Review Aplikasi Investasiku: Cara Mudah Memulai Investasi Saham

Review Aplikasi Investasiku: Cara Mudah Memulai Investasi Saham
Add Comments
18 March 2022

Tahu nggak sih, kalau hanya mengandalkan tabungan saja maka belum tentu loh masa depannya bisa cerah. Bukan karena tanpa sebab, lebih ke arah uang tabungan bakal terus tergerus nilainya karena inflasi. So, apa yang perlu dilakukan? Jawabannya simpel, mulailah dengan InvestasiKu.

Investasi saham di Investasiku
Loh kok, tiba-tiba InvestasiKu. Emang itu apaan? Selama ini cuma tahu investasi doang. Itu saja tahunya beberapa. Ada investasi tanah, investasi properti, logam mulia, deposito, reksadana dan satu lagi nih yang lagi happening apalagi kalau bukan investasi saham. Terus, InvestasiKu itu apa?

Jadi gini. Mungkin diantara kita banyak belum tahu kalau ingin memulai investasi saham pastinya dong butuh sekuritas mumpuni. Apalagi jika perdana alias newbie di saham. Alih-alih bisa cuan, malah ujung-ujungnya boncos.

Makanya, memilih sekuritas itu kayak memilih rumah idaman. Pastinya bakal memilih tempat investasi saham dan mensupport kita untuk mendapatkan cuan. Ya kali, investasi saham nggak ingin cuan. Ujung-ujungnya kan ke arah sana.

Berbeda dengan investasi lainnya, investasi di saham itu butuh kemampuan analisis teknikal dan fundamental yang baik. Agar capital gain nya terus bertambah di portofolio.

Terus kalau tidak memiliki kemampuan tersebut dan ingin tetap memulai investasi saham, gimana? Nah, ini nih. Disinilah peran sekuritas dalam menciptakan aplikasi dan sistem dukungan terhadap keinginan tersebut. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi InvestasiKu dari PT Mega Capital Sekuritas yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.


Cara Mudah Memulai Investasi Saham, ya di InvestasiKu

Dulu sering banget insecure ketika liburan ke luar negeri. Apalagi saat bertemu dengan turis asing dari Eropa. Bukan tanpa sebab, tetapi lebih ke arah, kok mereka bisa enjoy ya liburan berlama-lama dan menghabiskan banyak uang. Hingga akhirnya saya temukan jawaban dari salah satu rekan di sana.

 

“Kerja lah untuk cari uang tetapi jangan biarkan uangmu cuma diam saja. Buat lah, uang tersebut bekerja untuk kita”.

 

Nyess banget kan ya. Dulunya nasehat seperti ini belum terlalu terpikirkan dengan baik dan matang. Hingga diperkenalkan dengan investasi saham. Baru lah sadar, kalau ternyata yang rekan maksud secara eksplisit kala itu, “uang kerja untuk kita” adalah investasi saham.

Untungnya saat ini, semuanya dimudahkan. Baik newbie ataupun para suhu kehadiran app InvestasiKu benar-benar membantu karena proses pembukaan rekening sahamnya sangat simpel dan cepat. Caranya gampang banget, tinggal ikuti step by step berikut:

1. Lakukan registrasi

Sebelum melakukan proses install aplikasi, maka tahap pertama yang harus dilakukan untuk memulai bermain saham adalah registrasi akun InvestasiKu. Registrasi ini simpel banget kok, tinggal klik link registrasinya. Setelah itu tinggal isi nama, alamat email, password dan no HP.

registrasi aplikasi InvestasiKu

 

2. Unduh aplikasi InvestasiKu

Setelah proses registrasi berhasil, maka langkah berikutnya adalah unduh dan install aplikasi InvestasiKu. Tinggal pilih saja, mau di playstore atau di appstore. Proses unduh berhasil, maka kita langsung diarahkan ke halaman login.

Jangan lupa untuk memasukkan alamat email atau no HP beserta password pada saat registrasi pertama kali.

 

3. Buka Rekening RDN

Berhasil login, maka tahapan berikutnya adalah registrasi nasabah baru. Ini adalah proses yang paling saya sukai. Mengapa? Karena untuk pembuatan rekening RDN tidak perlu lagi harus ke bank atau hubungi sales/agen sekuritas karena sistemnya dibuat simpel.

Proses registrasi nasabah baru ini terbagi dalam 2 section. Section pertama adalah pengisian data diri serta informasi penunjang lainnya dan section kedua adalah verifikasi biometrik.


Pada section pertama, kita akan mengisi terkait data pribadi seperti nama, TTL, alamat, pekerjaan, sumber penghasilan, nama tempat kerja, no NPWP (jika ada) dan data penunjang lainnya. Pengalaman pribadi sih, untuk mengisinya tidak sampai 3 menit. Karena simpel.

Setelah proses section pertama maka lanjut ke section kedua yaitu verifikasi biometrik. Lagi-lagi saya sangat suka dengan sistemnya. Tinggal ambil foto KTP sesuai dengan kolom yang diminta dan foto selfie sesuai contoh. Jadi, semuanya ada contohnya. Dan setelah itu, beres. 

 

Tinggal menunggu email pemberitahuan bahwa rekening RDN kita sudah aktif. Alias sudah bisa digunakan untuk bermain saham.

Awalnya saya pikir, proses approval rekening bakal memakan waktu berhari-hari. Tetapi surprise banget, nggak nyangka prosesnya cepat hanya sekitar 2 jam. Saya daftar dan selesai proses biometrik pukul 15.51 WIB dan email pemberitahuan bahwa akunnya sudah jadi itu pukul 17.37 WIB di hari yang sama. Kalau sudah punya rekening RDN, maka saatnya top up dan mulailah bermain saham untuk memperoleh capital gain.

 

Review Fitur Aplikasi InvestasiKu untuk Investasi Saham

Pernah dengar nggak sih dari para suhu pemain saham bahwa “jangan ikut kecemplung di saham kalau tidak tahu ilmunya”. Kalimat ini benar banget loh. Banyak yang main saham hanya ikut trend FOMO tetapi ujung-ujungnya stress. Dana yang ada berkurang terus karena salah pilih saham. Bukannya take profit (TP) malah cut loss (CL).

Review aplikasi InvestasiKu


Oh iya, sebelum jauh bahas fitur aplikasi InvestasiKu, ada baiknya nih buat para pemula harus tahu juga ya beberapa istilah di saham. Apa saja itu?

Emiten

Emiten adalah pihak yang menerbitkan saham atau pihak yang melakukan penawaran umum.

Beli (buy)

Proses membeli saham tertentu pada area “buy”. Umumnya area “buy” ini berada di sebelah kiri pada dashboard transaksi saham.

Jual (sell)

Proses jual saham yang dimiliki pada area “sell”. Umumnya area “sell” ini berada di sebelah kanan dashboard transaksi saham.

Cut loss (CL)

Cut loss adalah proses menjual saham yang dimiliki agar tidak menimbulkan kerugian lebih besar ketika harga saham tersebut turun secara drastis.

Take profit (TP)

Take profit adalah proses menjual saham yang dimiliki karena sudah memiliki keuntungan dimana harga atau nilai saham dijual lebih tinggi dibandingkan harga beli.

Stop loss (SL)

Stop loss (SL) adalah proses penjualan saham yang dimiliki terhadap batas harga yang trader tentukan. Tujuannya untuk mencegah kerugian secara berlanjut.

Setelah tahu beberapa istilah saham tersebut, kini saatnya saya akan membagikan review fitur dari aplikasi InvestasiKu.

1. Fitur Trading idea

Tahu nggak sih, salah satu kesalahan para pemula saham adalah beli saham yang nggak tahu asal usulnya dan berharap bakal cuan. Untungnya, di aplikasi InvestasiKu sudah tersedia fitur trading idea. Fungsinya buat apa?

Fitur ini bakal memberikan ide kepada kita, para trader untuk membeli saham di hari tersebut. Jadi, tinggal kita pilih saja sesuai emiten yang muncul pada fitur trading idea.

Fitur Trading idea dari Investasiku

2. Fitur Portofolio

Portofolio adalah tempat dimana kita bisa melihat perkembangan dari saham yang kita miliki. Mulai dari capital gain, list saham, status order saham di jam bursa, smart dan GTC (Good Till Cancel) list.

Fokus utama dari bermain saham adalah bagaimana capital gain pada portofolio terus bertambah. Semakin tinggi capital gain itu artinya keuntungan dalam investasi saham semakin tinggi pula, begitupun sebaliknya.

3. Fitur Watchlist

Fitur ini termasuk yang saya suka. Di fitur ini, kita bisa memantau saham mana saja yang bakal menjadi target kita untuk dibeli jika sudah berada pada posisi beli terbaik. Selain itu juga, pada fitur watchlist bisa sekalian melihat list saham DPK OJK alias Dalam Pemantauan Khusus Otoritas Jasa Keuangan. Biasanya saham-saham DPK OJK ini adalah saham bermasalah sehingga buat para newbie harus dihindari.

4. Fitur Market

Di fitur market, selain melihat kondisi IHSG apakah merah atau hijau, juga bisa melihat kondisi indeks saham domestik maupun global. Bahkan bukan hanya itu saja. Fitur ini juga menyediakan top saham yang bisa jadi pilihan seperti saham top market cap, top active, top gainer, top loser, top value dan saham top volume.

 

Keunggulan Aplikasi InvestasiKu untuk para newbie

Baru sekitar seminggu menggunakan InvestasiKu untuk trading, saya langsung jatuh cinta dan dibuat nyaman. Ada banyak keunggulan yang bisa dirasakan dan pastinya itu bakal mendukung untuk investasi saham agar mencapai financial freedom. Pastinya pada mau tahu kan, apa saja keunggulan tersebut. Yuk, langsung saja dibaca. 

1. Dashboard newbie friendly

Ini penting banget karena buat para newbie, tidak ingin dipusingkan dengan tampilan dashboard ribet dan ramai. Untungnya, aplikasi InvestasiKu benar-benar newbie friendly karena tampilan dashboard-nya simpel yang pastinya bakal mempermudah dalam transaksi saham.

2. Pembukaan RDN dengan saldo minim

Jadi, kalau kita buka rekening RDN di app InvestasiKu itu benar-benar terjangkau banget loh. Hanya dengan 5ribu perak sebagai minimal saldonya sudah bisa memulai transaksi RDN. Sangat nyaman buat para pemula yang ingin mencoba bermain saham dengan modal minim.

3. Tersedia layanan smart buy

Layanan ini pastinya sangat membantu para trader untuk membeli saham sesuai harga yang diinginkan, sekaligus mengatur batasan TP dan SL selama kurun waktu maksimal 1 bulan. Layanan ini jelas bakal membantu para trader untuk mencapai capital gain terbaik.

Fitur smart buy dari InvestasiKu

4. Kompetitif commission fee

Selama menggunakan aplikasi InvestasiKu dari PT Mega Capital Sekuritas ternyata commision fee nya sangat kompetitif yaitu sebesar 0,150 % untuk buy dan  0,250 % untuk sell.

So, dengan berbagai fitur dan keunggulan InvestasiKu maka wajar saja sih jika aplikasi ini menjadi pilihan tepat untuk memulai investasi saham. Cocok untuk para newbie apalagi para suhu dunia saham. Yuk dicoba, caranya simpel, tinggal klik saja gambar berikut untuk memulai investasi saham bersama InvestasiKu.

App InvestasiKu


Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Menarik nih kak, pingin nyobain aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk. Lumayan. Apalagi sudah ada trading ideas nya.

      Delete
  2. Aku udah lama banget pengen belajar saham, tapi belum terus. Pengen nyobain juga gitu uang kerja untuk kita hehe

    Kayanya harus dalemin lagi nih tentang Investasiku, thanks udah sharing Mas Taumy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Sekarang investasi sudah menjadi bagian wajib untuk finansial freedom ke depannya.

      Delete
  3. Aku sudah mulai investasi saham sejak tahun lalu. Untuk jangka panjang memang saham cukup menjanjikan asal fundamentalnya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Lumayan buat persiapan masa depan

      Delete
  4. Nah iya, ya, kadang kalau tabungan itu bisa habis karena semakin lama nilainya malah berkurang. Jadi lebih baik memiliki investasi untuk bekal masa depan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia. Makanya mulai investasi sih.

      Delete
  5. ada mode syariahnya nggak? aku mumet banget kalo belajar saham2an, jd cuma ngandelin yg syar'i trus murah, ikut deh. gitu aja, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modenya general. Tapi kalau pilih saham syariah juga bisa. Kayak saham BSI bisa dibeli diaplikasi ini.

      Delete
  6. Yesss.. Mas. Saya setuju kalau kita tidak bisa mengandalkan uang tabungan. Karena uang tabungan itu kayak untuk menyimpan uang, tanpa ada tujuan khusus. Kalau investasi, sejak awal kita sudah tentukan tujuan, jangka waktunya, dan uang itu akan bekerja untuk kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas. Makanya investasi penting dan pastikan pilih sesuai profil resiko juga.

      Delete
  7. Sebenarnya aku juga ingin sekali berinvestasi melalui saham. Tapi memang harus selektif dalam memilih platform untuk berinvestasi serta belajar cara berinvestasi, supaya tidak rugi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Pastinya jangan sampai cuma sekadar FOMO doang.

      Delete
  8. Menarik memang investasiKu ini, soalnya inflasi membuat menabung aja ngga cukup. Harus ada investasi buat jaminan masa depan nanti. Apalagi cara daftar InvestasiKu ini mudah yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Simpel dan cepat juga untuk buat akunnya.

      Delete
  9. Aku juga pernah dengar quotes ini kak. Jadi intinya tuh, uangnya janga dibiarin ngendap gitu aja kalau pengen bekembang jadi banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia poin pentingnya. Semangat yuk, untuk investasi

      Delete
  10. Dulu aku pernah kerja jadi broker
    Ingat banget masa-masa itu jadi salah satu pengalaman yang seru dalam perjalanan hidup.
    Nah kalau di lihat-lihat, aplikasi investasiku ini termasuk aman dan sepertinya cukup menjanjikan untuk diikuti deh. Sepertinya aku mulai tertarik nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap. Boleh juga nih sharing pengalaman sebagai broker nya kak.

      Delete
  11. Memang ya mas nabung aja juga gak cukup. Kayak sekarang2 tuh harus pinter memilih investasi yang cocok dan dibutuhkan.

    Aku sempet juga sih tertarik saham, tapi aku ini belum berani aja karena anaknya ini OVT.

    Tapi seneng deh baca pemgalamannya mas dengan InvestasiKu. Apalagi dengan keunggulan2nya yang ditawarkan. Bakalan memudahkan buat siapa aja yg mau mulai investasi di saham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Kalau sudah dipermudah pastinya bakal banyak yang tertarik.

      Delete
  12. Udah sejak 2 tahun ini melirik investasi lain agar menghasilkan cuan. soalnya kalau cuma nabung doang gak berasa cuannya.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. Investasi saham ini bisa jadi pilihan.

      Delete
  13. Iya, sepakat kak
    Tabungan saja tidak cukup ya
    Harus mulai belajar investasi, saham termasuk investasi yg menarik untuk dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Yang penting jangan salah pilih saham. Manfaatkan fitur trading ideas nya dari InvestasiKu.

      Delete
  14. Memulai investasi dari sekarang, sudah harus sih ya. Mengingat kondisi yang gak bisa diprediksi.
    Sehingga bisa punya tabungan jangka panjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Sepakat. Investasi itu sudah harus dipersiapkan sedini mungkin.

      Delete
  15. Jadi, aplikasi InvestasiKu ini persis seperti manager investasi saham yang memberi kemudahan untuk para penggunanya yang awam bermain saham ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda kak. Kalau itu namanya Reksadana. Di InvestasiKu ke depan juga bakal ada fitur Reksadana ini. Nah, kalau Reksadana kita serahkan duit kita ke manager investasi untuk dikelola.

      Delete
  16. Berinvestasi di InvestasiKu ini menyenangkan banget. Banyak dibantu oleh team nya dan setiap bulan selalu dikasih tahu pencapaian return Investa si kita sampai mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Jadi support sistemnya oke banget kan ya.

      Delete
  17. Sekarang banyak ya informasi tentang investasi saham. Aku yang dulunya nggak ngerti sama sekali sekarang jadi sedikit demi sedikit tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah berarti ya. Sudah mulai tercerahkan.

      Delete
  18. JAman sekarang kudu benar sih mencari tempat investasi yang tepat. Apalagi cara berinvestasi sudah mudah banget dan super gampang dilakukan. Ini beneran kece untuk dipelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Makanya penting memilih yang sudah diawasi OJK.

      Delete
  19. Bener banget inii, harus kenal dulu sama ilmunya baru deehh terjun sampe dalam pun ngga apa2. aku jg udah download ini kak, lg mantau sahamnya GoTo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Kalau sudah tahu ilmunya kan jadi enak.

      Delete
  20. Wah, aplikasi saham baru lagi. Jadi pengen coba nanam saham juga lewat investasiku.

    ReplyDelete
  21. wah nambah lagi nih refererensiku tentang aplikasi digital untuk literasi finansialku.aku tuh gak terlalu banyak memahami istilah dalam literasi finansial seperti investasi ini. tapi melihat aplikasi ini cukup memudahkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia. Makanya banyak yang gunakan.

      Delete
  22. Sampai sekarang masih penasaran banget dengan investasi saham, dan memang sebelum ikutan mesti punya pengetahuan dulu. Jadi penasaran sama aplikasi investasiku ini. Mau ikut belajar dulu lah

    ReplyDelete
  23. Jadi intinya kalau mau investasi saham harus pahami dulu investasi di sini seperti apa ya biar gak boncos. Sebagai masih awam dengan investasi saham saya sukanya dengan artikelnya yang mengulas tentang saham ini dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Jadi sekaligus belajar juga tentang investasi saham

    ReplyDelete
  24. Emang kalau mau investasi itu kudu tau ilmunya dulu ya...
    Dan pilih investasi sesuai kebutuhan dan kemampuan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Apalagi ini buat tujuan finansial kedepannya.

      Delete
  25. aku pakai juga kak.. rencananya mau aku pakai buat reksadana.. soalnya ini punyaa CT corp sih jadi aku nggak ragu juga mau pakai :D

    ReplyDelete
  26. Juara banget investasi saham kini ada aplikasi yang membantu seperti Investasiku. Harapannya semakin banyak orang yang paham dan bisa mengambil manfaat berinvestasi yang aman dan tetap mendapatkan hasil yang diinginkan.

    ReplyDelete
  27. bagus nih ya mas, kalau tampilannya newbie friendly jadi ga bikin bingung, bisa jadi media pembelajaran investasi juga karena butuh modal 5 ribu perak aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Jadi sangat terjangkau untuk memulai.

      Delete
  28. Tertarik nih soal saham saham kayak gini, kalau ada penjelasannya bakal membantu banget aplikasi Investasiku ini. Gas deh kepoin seputar Investasiku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak. Jadi lebih mudah sih memang

      Delete
  29. Lumayan banget nih ya membantu untuk urusan investasi kedepannya

    ReplyDelete
  30. Gak semua orang siap investasi saham, tapi kalo ditanya keinginan, mereka pasti ingin banget. Saham memang investasi yang high risk, tapi juga high return. Bergantung pada siapa yang ingin mencobanya. Senang banget kalo ada platform yang bisa memfasilitasi investor pemula untuk belajar investasi saham, seperti InvestasiKu ini.

    ReplyDelete