30 January 2021

Tabungan Emas, Cara Mudah Investasi Emas Zaman Now

Memiliki tabungan adalah hal mutlak saat ini. Tetapi terkadang, orang hanya terfokus pada tabungan dalam bentuk uang saja, entah itu tabungan biasa atau deposito. Padahal ternyata saat ini sudah banyak loh yang bisa ditabung selain uang. Salah satunya adalah tabungan emas.


Apalagi trend harga emas per gram dari tahun ke tahun selalu naik. Maka dari itu, banyak orang yang mengandalkan emas sebagai investasi jangka panjang atau juga sebagai barang emergency. Artinya bisa digunakan ketika kondisi darurat membutuhkan uang. Sedangkan emas sebagai investasi jangka panjang karena perubahan nilainya baru bisa terasa signifikan 5 atau 10 tahun mendatang.

 

Berbicara tentang tabungan emas, sebenarnya sekarang sudah banyak platform atau marketplace yang menawarkan hal ini. Tetapi ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membuka tabungan emas.

 

1. Kemudahan dalam menabung. Salah satu hal terpenting dalam memilih platform atau media untuk menabung emas adalah kemudahan dalam menabung. Jangan sampai untuk menabung saja harus dipersulit alias ribet.

2. Menabung Emas untuk dapat emas dalam bentuk fisik emas. Meskipun sudah banyak platform yang menawarkan tabungan emas tetapi ternyata tidak semua loh menyediakan layanan cetak emas diakhir tabungan. Ada beberapa layanan hanya mengandalkan nilai buyback atau harga beli kembali. Jadi sangat penting untuk membaca atau mengetahui detail sebelum memutuskan untuk memilih platform tabungan emas.

3. Mudah dalam cetak emas. Menabung emas artinya mengharapkan emas fisik secara mudah ketika jumlah yang diharapkan sudah tercapai. Kemudahan dalam cetak emas harus menjadi perhatian sebelum memutuskan untuk membuka tabungan emas.

 

Setelah menimbang kelebihan dan kekurangan berbagai platform penyedia tabungan emas, akhirnya saya memutuskan untuk membuka tabungan di Pegadaian.

 

tabungan-emas-pegadaian

Alasan Memilih Menabung Emas di Pegadaian Digital.

Dahulu sih, cuma tahu kalau Pegadaian itu tempat gadai emas dan barang berharga lainnya. Ternyata barulah sekitar pertengahan 2020, ketika diskusi dengan teman ternyata mendapatkan insight tentang Tabungan Emas Pegadian.

Berikut beberapa alasan sih, mengapa saya memilih membuka tabungan emas di Pegadaian Digital.

1. Mudah dalam membuka tabungan.

Membuka tabungan, dimulai dari unduh aplikasi Pegadaian Digital di playstore/appstore. Setelah berhasil unduh, layaknya aplikasi tabungan lainnya maka dibutuhkan untuk melengkapi data mulai dari nama lengkap, no HP hingga alamat email yang kemudian akan membantu proses log in dan transaksi.

Ketika sudah terdaftar maka tidak perlu menunggu lama, saat itu juga bisa langsung melakukan transaksi menabung emas, mulai dari Rp 50.000.

Minimal transaksi ini, akan langsung dikonversi dalam bentuk gram emas. Jadi sangat mudah dan real time bisa dilihat pada aplikasi total gram tabungan emas yang dimiliki.

Untuk setiap kali top up atau menambah tabungan emas juga terjangkau kok, tidak perlu nunggu duit banyak dulu. Jika sudah ada 50ribu, maka proses top up sudah bisa dilakukan. Namanya nabung kan ya, jadi ga perlu banyak banyak-banyak dulu. Semampunya dan sebisanya. Entar lama-lama jumlah gram emasnya akan bertambah terus.

 

2. Memiliki kantor fisik di seluruh Indonesia.

Kantor fisik pegadaian saat ini menyebar di seluruh Indonesia sehingga akan mempermudah dan meningkatkan kepercayaan saat menabung. Ketika pertama kali melakukan registrasi di pegadaian digital, maka kita diminta untuk mengisi kantor cabang pegadaian terdekat yang ke depan akan menjadi kantor cabang tempat kita transaksi.

Perlu diketahui bahwa, ketika membuka rekening tabungan emas di pegadaian digital maka langkah selanjutnya adalah melakukan cetak buku tabungan di kantor pegadaian yang kita pilih. Pentingnya untuk memilih kantor pegadaian terdekat dengan alamat tempat tinggal sekarang. Tidak perlu khawatir berbeda dengan alamat di KTP yang terpenting adalah alamat tempat tinggal. Tujuannya jelas, untuk mempermudah transaksi ke depannya, seperti pengambilan emas fisik.

 Baca juga: 

1. Tabungan online berbasis aplikasi.

2. Investasi mulai dari 100 ribu.


3. Rate emas kompetitif

Menabung emas di pegadaian digital memang sangat mudah sekaligus menguntungkan. Apalagi rate emas benar-benar kompetitif.

Sebagai gambaran untuk harga beli logam mulia pada website ANTAM sebesar Rp 958.000 per gram. Sedangkan untuk harga beli logam mulia di pegadaian digital di tanggal yang sama adalah Rp 8.950/0.01 gram atau sebesar Rp 895.000 per gram.

Rate logam mulia yang kompetitif seperti ini menjadi salah satu alasan mengapa pegadaian digital menjadi pilihan sebagai media untuk menabung emas.

 

4. Adanya program loyalti atau referal.

Sering sekali ketika menggunakan aplikasi pegadaian digital maka terkadang ada kode promo atau diskon tertentu. Kode promo ini bisa digunakan oleh nasabah baru dan atau nasabah lama ketika melakukan transaksi tabungan emas.

Khusus untuk nasabah lama, juga memiliki program referal atau ajak teman. Keuntungan program referal akan dirasakan oleh rekan yang diajak dan pemilik kode referal.

Keuntungannya apa? Setiap memasukkan kode referal maka akan ada reward senilai Rp25.000. Lumayan kan, kalau nabung emas sebesar Rp 50.000, emasnya dapat, reward-nya juga dapat.

Untuk kode promo sendiri, biasanya berlaku potongan biaya 1% dari jumlah top up yang ingin ditabung. Contohnya, jika ingin menabung emas senilai 1 juta rupiah (yang kemudian akan dikonversi dalam gram emas), maka akan ada potongan senilai 10ribu.

Meskipun beberapa keuntungan di atas menjadi alasan untuk membuka tabungan logam mulia di pegadaian tetapi ada beberapa yang menjadi perhatian.

1. Biaya cetak emas fisik. Jika ingin melakukan cetak emas yang dimulai dari 1 gram, maka dikenakan biaya cetak emas. Biaya ini tergantung dari jumlah gram yang dicetak dan jenis emasnya. Seperti emas ANTAM, UBS dan 24 jam.

biaya-cetak-emas


2. Biaya admin setiap top up. Menggunakan tabungan emas memang tidak ada biaya admin atau pengurangan nilai emas yang ditabung. Biaya admin dibebankan hanya ketika melakukan top up emas sebesar rp 2.500 per satu kali transaksi.

3. Waktu mendapatkan emas fisik. Setelah melakukan cetak emas di kantor pegadaian, maka tidak serta merta saat itu juga mendapatkan fisik emasnya secara langsung. Butuh waktu 15 -45 hari kerja.

Dengan berbagai ulasan di atas, sekarang tergantung sih mau mulai atau menunggu. Tetapi yang pasti, jika belum mampu membeli emas fisik secara langsung karena rupiah yang dibutuhkan lumayan, maka tidak ada salahnya untuk membuka tabungan emas. Buka lah sesuai kemampuan dan dicetak jika sudah tercapai jumlah gram yang dibutuhkan, meskipun ada biaya tambahan dan waktu tunggu.

Selamat berinvestasi di logam mulia untuk finansial lebih baik ke depannya.

32 comments:

  1. Terima kasih infonya, karena sejauh yang saya tahu, nabung emas bermanfaat buat menjaga aset dari inflasi :)

    Good post!

    ReplyDelete
  2. Menabung emas memang sangat menarik. Harganya cenderung naik setiap tahunnya. Emang cocok untuk investasi jangka panjang. Walaupun kenaikan harganya tidak signifikan.

    ReplyDelete
  3. Pegadaian juga jadi pilihanku dalam menabung emas. Selain karena di BUMN, counternya pun dimana-mana ada. Jadi kalau butuh sesuatu, atau ada kendala bisa langsung dateng ke counter terdekat. Tambahan lagi Mas Taumy, kalau buka aplikasi Pegadaian jangan tengah malam atau di luar jam kerja, karena mereka mematikan server jadi saldo emas kita bisa eror. Dulu aku sempat panik pas tengah malem mau top up tapi saldo dikit banget. Haha... Ternyata setelah hubungi CS dapat penjelasan seperti itu. Gara-gara kejadian itu sekarang aku rajin print buku tabungan emasnya biar tenang. Haha

    ReplyDelete
  4. Pegadaian juga jadi pilihanku dalam menabung emas. Selain karena di BUMN, counternya pun dimana-mana ada. Jadi kalau butuh sesuatu, atau ada kendala bisa langsung dateng ke counter terdekat. Tambahan lagi Mas Taumy, kalau buka aplikasi Pegadaian jangan tengah malam atau di luar jam kerja, karena mereka mematikan server jadi saldo emas kita bisa eror. Dulu aku sempat panik pas tengah malem mau top up tapi saldo dikit banget. Haha... Ternyata setelah hubungi CS dapat penjelasan seperti itu. Gara-gara kejadian itu sekarang aku rajin print buku tabungan emasnya biar tenang. Haha

    ReplyDelete
  5. Aku sempat berpikir buat nabung emas, tapi masih ragu mau nabung ke mana, wah ternyata ada ya di Pegadaian Digital. Infonya membantu sekali.

    ReplyDelete
  6. Aku tuh udah lama tertarik nabung emas, cuma suka bingung mau naro di mana. Kalau simpan di tempat penyimpanan kan kena biaya lagi, kalau di rumah takut hilang, jadi dilema. Tapi dengan adanya Penggadaian Digital jadi mudah ya Bang, nggak perlu nunggu uang banyak juga

    ReplyDelete
  7. Aku sudah lama berniat menabung emas , tapi bingung mau di mana, Tabungan emas digitalpun banyak ternyata, Terima kasih Mas Taumy, sudah mengulasnnya. Hmm mungkin akan memulai menabung di sini karena masih di kelola oleh negara. Menabungnya juga mudah ga harus beli fisik emasnya dahulu.

    ReplyDelete
  8. Terima Kasih Pak Taumy Penjelasannya, Tabungan Emas memang salah satu instrumen Investasi terbaik, terlebih ini adalah produk dari Pegadaian yang notebene adalah milik pemerintah (BUMN), mungkin bisa dijelaskan juga terkait produk G-Cash yang selama ini, kalau membuka akun pegadaian selalu muncul untuk diaktifkan, saya rasa ini juga dompet digital namun terlihat tidak pernah ada beritanya, hitung hitung katanya kalau Top Up nya lewat G-Cash gratis biaya admin

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  9. Akupun sudah menabung emas, tapi malah mandek nih saldonya gak diisi2 lagi. 😅
    Tahun ini hrs semangat nabung emas lg.

    ReplyDelete
  10. Udh punya keinginan lama buat nabung emas, karena kalo nabung uang suka masih ajah boros. . Nanti aku praktekin ahh buat nabung emas di pegadaian

    ReplyDelete
  11. Baru tahu dong ada tabungan emas....dlu sempet investasi emas langsung tp udah abis karena keperluan penting lainnya...hahaa...skrg mau beli berasa berat...ehh ternyata ada tabungan yg bsa nabung dikit2 ya...thanks infonya mas...

    ReplyDelete
  12. Dulu sempet nabung emas lumayan sih kalo rutin nggak kerasa tiba2 dah lumayan. Kemaren mandek karena harganya lagi tinggi. Mungkin 2021 bisa mulai lagi nih aku nabung emasnya.

    ReplyDelete
  13. Walaupun terkesan tradisional, tapi menabung emas masih sangat relevan untuk dilakukan ya. Sejak 2015 an saya menabung emas, hasilnya bisa buat separuh biaya bangun rumah. Prinsipnya, beli waktu murah, jual waktu mahal. Kadang orang ikut2 beli waktu harga lagi trending naik, berharap trendingnya makin naik. Nah ini keliru menurut saya. Beli tuh justru pas lagi turun

    ReplyDelete
  14. Pernah ditawarin teman yang kerja di pegadaian juga tentang nabung emas ini. Tapi sampe sekarang belum dieksekusi. semoga nanti bisa sedikit demi sedikit nabung emas ini. Mengingat harga emas yang selalu kompetitif.
    Makasih infonya, mas

    ReplyDelete
  15. emas adalah pelindung nilai yang baik. Saya jg nasabah pegadaian dulu saat mencicil emas.

    ReplyDelete
  16. Di zaman serba digital seperti ini, untuk urusan pilihan investasi emas serba mudah yah. Benar-benar dalam genggaman. Jadi ga perlu repot-repot datang ke kantornya langsung.
    Thx kak info bermanfaatnya.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah setelah sekian lama gelisah karena gak punya investasi... akhirnya beberapa bulan lalupun sayapun memutuskan untuk buka tabungan emas.

    ReplyDelete
  18. menabung emas memang paling aman untuk menjaga kestabilan aset, kalo saya pribadi, untuk emas lebih seneng beli cash and carry, lebih terasa aman, hahahha, makasih sharingnya mas

    ReplyDelete
  19. Di Pegadaian min top up itu 50rb yah mas?
    Saya lagi mempertimbangkan beberapa platform nih buat mulai nabung emas.

    ReplyDelete
  20. Saya sudah melakukan nabung emas dari beberapa tahun lalu, cuma bukan di pegadaian di aplikasi pesaing hehe.

    ReplyDelete
  21. Sudah tertarik menabung emas cukup lama tapi masih dilema mau di platform mana. Sepertinya platform ini menarik karena masih dikelola oleh negara.

    ReplyDelete
  22. Pas banget baca ulasan ini, karena kemarin baru download aplikasi pegadaian digital. Sudah lama ingin nabung emas supaya tidak tergerus inflasi dan sebagai investasi jangka panjang.

    ReplyDelete
  23. Lagi trend nih nabung emas,

    ReplyDelete
  24. Sejak dulu, orangtua sering mengingatkan, sebaiknya punya tabungan emas. Sehingga setiap ulang tahun, mereka memberi hadiah dalam bentuk emas. Namun malang, hadiah-hadiah tersebut telah berpindah tangan saat kami kecurian. Nah, dengan mengalihkannya dalam bentuk tabungan emas, semestinya jauh lebih aman dan tenang ya mas Taumy?

    ReplyDelete
  25. Aku nunggu ada yang nulis tabungan emas Pegadaian secara komplit eh Mas Taumy akhirnya ngulas ini. Kepo dari lama akutuuu. Thank youuu
    Pengin nabung begini karena nilai nominal ga mesti besar. Kalau ngumpulin sendiri belom sampai kebeli emasnya eh kepakai lagi tabungannya. Kalau gini kan gampang ya, pas dapat fee ngeblog langsung ditabung biar ga kepikiran jajan ...

    ReplyDelete
  26. Boleh dicoba nih, terima kasih infonya kak. Biasanya ak nabung dulu cash sih, setelah uangnya kekumpul baru dibeliin emas batangan

    ReplyDelete
  27. Sempet kepikiran buat bikin tabungan emas. Karena beberapa bulan ini lagi handle klien finansial dan salah satu bahasannya soal si tabungan emas ini.

    Yg penting sih kita cari tahu sedetail2nya yaaa soal informasi ini

    ReplyDelete
  28. Makasih kak untuk infonya, bener banget jaman sekarang nabung itu kaya yg penting bgt lho, dan salah satu yg lagi hits emang emas. Aku sempet liat2 di marketplace dan agak tergoda jugaa untung baca tulisan ini.

    ReplyDelete
  29. Investasi emas dengan menabung bisa jadi satu cara mudah karena bisa nyicil punya alias sedikit demi sedikit. Sekarang jadi ada banyak kemudahan untuk bisa punya investasi buat masa depan termasuk menabung emas. Tinggal niatnya aja nih, buatku terutama..hehehe..

    ReplyDelete
  30. Investasi, dengan menabung emas adalah hal yang aku minati. Sudah mulai mencobanya, meski masih kecil-kecilan sekali. Dan memang manfaatnya cukup besar dan terasa sekali, sangat membantu dalam kesulitan dan kesempitan, menghindarkan diri dari terlilit hutang, disaat segala sesuatu di luar rencana atau kendali.
    Selama ini berdasarkan pengalaman yang pernah dijalani, membeli LM dilakukan di Antam, namun opsi yang kemudian diperoleh dari tulisan mas Taumy ini bahwa ternyata dapat pula membeli emas di Pegadaian, dan nampaknya segala sesuatunya juga terlihat menarik, membuat ingin pula suatu saat membelinya disana.
    Ditambah info menarik bahwa dapat dimulai dari nominal terjangkau dan harga yang miring, cukup membuat tergiur.
    Wah, apa yang dibagi mas Taumy melalui tulisannya sungguh merupakan informasi yang sangat berguna. Terimakasih mas Taumy!

    ReplyDelete
  31. Cara punya tabungan emas yang praktis banget ini. Bisa dilakukan dimana saja.

    ReplyDelete
  32. Salah satu alternatif untuk investasi ya. Menarik juga untuk dikulik lebih jauh. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search