MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Cara Mudah Memulai Bisnis dengan Dukungan Payment Link dari Midtrans

Cara Mudah Memulai Bisnis dengan Dukungan Payment Link dari Midtrans
Add Comments
4 February 2022

Sebagai blogger sekaligus penulis novel, memiliki bisnis terkait penulisan itu memang sesuatu. Bermula dari hobi nulis, ternyata bisa juga loh jadi usaha. Awalnya sih memang hanya sekadar iseng dalam hal menulis, tetapi lama kelamaan, akhirnya menghasilkan juga. Dukungan dari keluarga dan sahabat jelas adalah hal utama.

Alhamdulillah sih, sejak awal hingga hari ini selalu saja ada yang memesan jasa kepenulisan, mulai dari artikel berbayar pada platform tertentu hingga pemesanan novel. 

Sebagai awal memulai usaha di bidang kepenulisan alias writerpreneurship, mencari relasi dan juga promosi adalah hal penting. Apalagi jika waktu release novelnya segera tiba. Beberapa tips yang bisa diterapkan sebagai awal memulai bisnis di bidang kepenulisan:

Cara mudah memulai bisnis

1. Manfaatkan sistem pre-order

Ada dua sistem yang umum digunakan untuk memulai bisnis novel, yaitu kerja sama dengan penerbit mayor dan mencetak sendiri novel di penerbit indie. Untuk kerja sama yang dilakukan dengan penerbit mayor, sistemnya adalah royalti. Jadi, dari setiap novel yang terjual, penulisnya bakal mendapatkan royalti sejumlah persen tertentu.

Nah, berbeda halnya dengan sistem mencetak sendiri di penerbit indie. Dibutuhkan cukup modal dengan minimal eksemplar novel yang akan dicetak. Untuk mendapatkan modal tersebut, sistem pre-order alias PO adalah solusi terbaik.

Dengan sistem PO, setiap pembeli yang ingin memesan novel kita bakal mengirimkan uangnya terlebih dahulu. Dana inilah yang bisa dijadikan modal awal untuk proses cetak novel. Terkait keuntungan, jelas lebih tinggi dibandingkan sistem royalti.

 

2. Promosi melalui berbagai media sosial

Siapa sih yang saat ini tidak memiliki media sosial? Apalagi buat para anak zaman now. Keseharian mereka tidak terlepas dari media sosial. Bagi para pengusaha, ini adalah peluang marketing. Apalagi buat pengusaha pemula. 

Media sosial adalah media marketing terbaik karena sangat dekat dengan keseharian sekaligus biayanya juga murah. Bayangkan saja, kita hanya membuat media sosial untuk promosi barang yang ingin dijual! 

Namun, perlu diingat bahwa promosi di media sosial juga harus yang tepat sasaran. Contohnya nih, jika ingin promosi novel, sebaiknya gunakan jam istirahat kerja dan waktu istirahat malam agar para followers bisa melihat secara jelas apa yang dijual.

 

3. Relasi adalah hal utama

Kata orang, semakin banyak relasi juga bisa meningkatkan rezeki. Maka dari itu, relasi juga bisa menjadi pendukung bisnis kita. Baik sebagai pembeli utama maupun sebagai media informasi. Loh, kok bisa sebagai media informasi?

Jadi gini loh, ketika kita memberi informasi ke relasi yang dikenal, mungkin pada saat itu yang bersangkutan belum tertarik untuk membeli apa yang kita jual. Namun, jika relasi kita bertemu dengan orang lain yang membutuhkan barang yang kita jual, maka pastinya bakal merekomendasikan kita. Makanya, relasi sangat penting.


4. Sistem pembayaran online

Dahulu sih, sebelum pandemi, pembayaran secara cash dan tatap muka mendominasi transaksi bisnis. Namun, itu dulu. Sekarang sudah berubah. Hampir semua sistem transaksi bisa dilakukan secara online, begitu pun dengan pembayaran. Tinggal kirim nomor rekening ke pembeli, maka mereka akan transfer sesuai dengan jumlah yang perlu dibayarkan.

Perkembangan sistem transaksi dan pembayaran online saat ini juga sangat pesat. Semuanya jelas, selain untuk mempermudah transaksi online juga pastinya prosesnya lebih aman. Saya sendiri sih merekomendasikan Midtrans sebagai payment gateway dari bisnis yang kita miliki.

 

Transaksi keungan secara online

Mengenal Lebih Dekat Midtrans

Sebagai payment gateway, Midtrans menjadi solusi sistem pembayaran yang mudah, lengkap, dan aman. Midtrans sendiri adalah bagian dari GoTo Financial dan saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 500 ribu merchant.

Sebagai solusi sistem pembayaran menyeluruh, Midtrans menyediakan sistem online payment, In-Store Payment, dan Payouts ke berbagai jaringan bank yang sudah bekerja sama.

Untuk online payment sendiri, Midtrans sudah menyediakan 24 pilihan metode pembayaran online sehingga pastinya bakal mempermudah para pembeli dalam memilih metode pembayaran yang sering digunakan.  Seperti pembayaran menggunakan e-money, kartu kredit dan debit, transfer antar bank, cicilan tanpa kartu seperti Akulaku hingga pembayaran pada counter Indomaret, Alfamart dan Alfamidi.

Payment gateway Midtrans


Semua sistem yang ditawarkan oleh Midtrans bertujuan untuk mempermudah sistem pembayaran yang dahulu konvensional beralih ke digital.

 

Keunggulan Midtrans

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Midtrans dan pastinya mendukung para pebisnis pemula, antara lain:

a) Proses pendaftaran yang mudah

Untuk proses pendaftaran Midtrans, caranya simpel banget! Tinggal daftar melalui website https://midtrans.com/id/passport. Setelah proses pendaftaran selesai, akan ada verifikasi ke alamat email yang terdaftar. Lalu, lengkapi informasi bisnis dan upload dokumen bisnis yang dibutuhkan. Semua proses ini berjalan dengan cepat, yaitu kurang dari 24 jam.

Kalau sudah punya akun Midtrans, artinya kita sudah menjadi bagian dalam sistem pembayaran transaksi online yang mudah dan aman.

 

b) Mendeteksi kecurangan transaksi (anomali)

Banyak pelaku usaha pemula yang sering mengalami penipuan karena perilaku nakal pembeli yang mengirimkan bukti transfer palsu. Jika menggunakan Midtrans, anomali seperti ini tidak akan terjadi lagi karena semuanya sudah dianalisis oleh sistem pendeteksi anomali yang built-in pada Midtrans. Sistem ini bernama Aegis. Seperti namanya, Aegis merupakan in-house fraud detection system yang dikembangkan oleh tim fraud analyst, data scientist dan risk engineer dari Midtrans untuk membantu melindungi dari upaya kecurangan sekaligus menjaga keamanan pembayaran pada platform pengguna. Kehadiran Aegis pada Midtrans telah berhasil membantu menjaga tingkat kegagalan pembayaran secara konsisten dengan tingkat fraud di bawah 0,1%.

 

c) Transaksi online dengan Payment Link

Payment Link mungkin bakal kedengaran asing ya, tetapi fitur ini sangat bermanfaat loh buat usaha kita. Terus, Payment Link itu apa?

 

Nah, payment link adalah salah satu metode pembayaran yang disediakan oleh Midtrans dalam bentuk link.

 

Jadi, buat para pemilik usaha ketika menerima order barang, maka pembayarannya tinggal mengirimkan Payment Link atau link pembayaran. Dari segi penjual, Payment Link ini dapat membantu dalam menerima pembayaran secara online meskipun tanpa website atau aplikasi, melainkan melalui aplikasi chat atau media sosial. Keuntungannya, semua transaksi yang dilakukan akan tercatat secara rapi di dashboard Midtrans dan setiap transaksi berhasil akan mengirimkan notifikasi secara real-time, apakah sudah selesai atau belum tanpa perlu konfirmasi dari pembeli.

Sementara itu, buat para pembeli, Payment Link berfungsi sebagai metode pembayaran yang bisa dipilih dari 24 metode yang tersedia. Jadi, pembeli bakal dipermudah dengan Payment Link ini. Mau bayar menggunakan e-wallet, debit, virtual account, atau malah kartu kredit. Semuanya bisa!

Oh iya, untuk membuat payment link, tinggal masuk ke aplikasi Midtrans dan pilih menu “Payment Link”. Nantinya bakal ada pilihan untuk mengisi berapa jumlah yang perlu dibayarkan, maksimal payment link bisa digunakan berapa kali hingga masa expired dari payment link yang kita buat. Jika sudah selesai, tinggal kirimkan deh payment link tersebut ke pembeli untuk penyelesaian transaksi. Simple kan?

Payment link Midtrans


Buat para pelaku pengusaha pemula, kehadiran Midtrans sebagai payment gateway pastinya bakal mempermudah transaksi ke depannya. Mulai dari kontrol keuangan, membuat Payment Link atau link pembayaran, hingga monitoring transaksi. Semuanya dalam genggaman. Cobain sekarang, yuk!

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Midtrans makin memudahkan penjual online untuk pembayaran pembeli ya. Transaksi juga termonitor dengan baik. Harus coba nih, terutama buat suami yang punya usaha percetakan dan suka pinjem rekening lain dari aku.

    ReplyDelete
  2. Bener banget ini, Midtrans menjadi jembatan antara para pebisnis pemula dengan pembeli yang memudahkan pembayaran

    ReplyDelete
  3. wah kebetulan niy saya mau buka usaha kak, bisa jadi rekomendasi saya ini mah nanti kalau untuk proses payment gitu

    ReplyDelete
  4. seneng ya, kalau punya usaha dan didukung sama kemudahan-kemudahan, di jaman digital begini jadi makin gampang mau mulai usaha. Apalagi soal pembayaran, ada Midtrans ini jadi memudahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia kak. Kemajuan teknologi kayak gini ternyata berdampak positif banget.

      Delete
  5. Terimakasih kak informasi nya, saya juga sedang belajar berbisnis online dan baru tau tentang pembayaran midtrans ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak. Bisa banget kok untuk dicoba.

      Delete
  6. Lebih aman pakai Midtrans ya untuk penjual online. Bisa terdeteksi tuh yang mau nipu. Usaha jadi makin lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Jadi menghindari dan meminimalisir terjadinya penipuan.

      Delete
  7. Payment link ini jadi memudahkan semua ya, baik penjual maupun pembeli.
    Pembeli juga bisa pilih metode pembayaran apa saja ya dari dompet digital bahkan kartu kredit juga oke ya, hanya dengan sekali klik link itu aja berarti ya.
    no ribet-ribet club dong ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dong. Makanya pada senang nih kalau pada pakai.

      Delete
  8. Hadirnya midtrans memudahkan kita sebagai pelaku usaha dalam transaksi online. Selain aman, Midtrans juga bisa mencakup keseluruhan, sehingga tak perlu lagi kita punya rekening banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia jadi nggak bingung lagi beda Bank antara penjual dan pembeli cukup pakai ini doang.

      Delete
  9. Udah lama nih ga bahas soal novel pembuatan dan penjualannya. Dengan adanya meditrans jadi kepikiran pula untuk menjajal dunia kepenulisan fiksi lagi nih. Terimakasih informasinya Mas

    ReplyDelete
  10. sepertinya beberapa web shopping online mulai pakai pembayaran Midtrans ya, waktu itu saya pernah liat. Memang memudahkan sih jadinya

    ReplyDelete
  11. Saya juga baru cobain midtrans untuk usaha, keren deh soalnya fiturnya membantu banget buat jalanin usaha

    ReplyDelete
  12. Aq juga mulai merambah bisnis online kak, dan setelah baca ulasan ini aq jadi tertarik buat pakai midtrans juga

    ReplyDelete
  13. sekarang pebisnis kecil dan menengah bisa ikut pakai midtrans juga ya kak. aku sendiri udah familiar ama sistem pembayaran ini terutama kalau bayar dari mandiri, biasanya transaksi ecommerce pakai ini juga

    ReplyDelete
  14. Sebagai konsumen, aku pun merasa terbantu dengan adanya payment link ini. Jadi banyak pilihan pembayaran deh.

    ReplyDelete
  15. Solusi pembayaran transaksi online kini makin gampang ya kak. Dengan Midtrans, pebisnis online kini bisa dengan mudah menerima segala jenis pembayaran dari konsumen. Mulai dari transfer, virtual account, kartu kredit, e-wallet, e-money hingga outlet minimarket pun bisa. Aku juga harus coba nih sistem pembayaran Midtrans.

    ReplyDelete
  16. Mantap nih GOTO udah beli Midtrans jadi GOTO ecosystem nya makin keren

    Saya juga pernah bayar pakai midtrans, praktis

    Sekarang UMKM juga udah bisa pakai ya, jadi mempermudah pembayaran

    ReplyDelete
  17. Okey syip catet, sambil belajar sambil mikir dulu mau buka usaha apa. Dan dapat lagi nih informasi tentang cara memula usaha/bisnis. Boleh juga nih jadi rekomendasi pembayaran pakai midtrans.

    ReplyDelete
  18. Iya nih banyak pelaku usaha pemula yang sering mengalami penipuan karena perilaku nakal pembeli yang mengirimkan bukti transfer palsu.

    Ada teman yg pernah kena juga. Dia punya usaha makanan.

    ReplyDelete
  19. Nggak cuma Midtrans bisa membantu para pengusaha dalam urusan pembayaran tapi juga membantu konsumen. Metode pembayarannya juga banyak pula... Transaksi online jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  20. Kalau semua penjual online pakai midtrans, pembeli juga bakal dapat kemudahann ya karena bisa memilih mau bayar lewat apa...

    ReplyDelete
  21. Wah ada produk aplikasi finansial baru nih, lebih praktis untuk urusan transfer ya gak pake ribet. Cukup pake satu aplikasi midtrans aja

    ReplyDelete
  22. Coba dulu pas aku masih jualan online udah ada Midtrans, pasti aku nggak akan mengalami kerempongan transfer-transfer antar bank. Sayangnya jualan onlineku udah tutup sekarang huhu.

    ReplyDelete
  23. Aplikasi yang bagus banget nih terutama buat yang punya usaha gitu karena transaksi jadi lebih mudah ya dengan Midtrans ini. Banyak keunggulannya pula. Termasuk juga menyediakan payment link.

    ReplyDelete
  24. "relasi adalah hal utama". setuju banget sih kak. aku waktu pertama kali nyoba buka usaha buku pun kalau tanpa relasi haduh susah banget rasanya buat mulai.

    ReplyDelete
  25. Asik banget pakai aplikasi midtrans ini, bisa langsung catat riwayat transaksi. Jadi pembukuan lebih rapi dong.

    ReplyDelete
  26. Aku pernah kerja sama sama penerbit mayor maupun indie, perbedaan jelas banget.

    Btw, metode pembayaran di midtrans banyak banget ya, ini jadi memudahkan para pembeli.

    ReplyDelete