MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Mempersiapkan Diri Menjadi Calon Ibu Hebat Bersama dr Indra NC Anwar, Sp. OG

Tips Mempersiapkan Diri Menjadi Calon Ibu Hebat Bersama dr Indra NC Anwar, Sp. OG
Add Comments
3 February 2022

Buat para wanita, salah satu kesuksesan selain sukses di dunia karir juga pastinya ingin sukses dalam berumah tangga. Mulai dari mendapatkan pasangan terbaik hingga mempersiapkan diri menjadi calon ibu hebat. Biasanya para wanita pasti bakal memilih apakah mengejar karirnya terlebih dahulu atau malah menikah lebih awal. Semuanya tergantung tujuan dan ambisi masing-masing.

Tetapi, ketika sudah memutuskan untuk menikah maka goal dari seorang wanita adalah menjadi ibu yang hebat buat anak dan keluarganya.

Kedengarannya gampang dan sederhana untuk menjadi seorang ibu yang hebat tetapi seiring berjalannya waktu, proses menjadi ibu adalah proses panjang yang melibatkan fisik dan emosional. Bukan hanya karena bakal mengalami perubahan fisik signifikan tetapi juga pastinya emosional yang perlu disesuaikan. Tidak jarang banyak wanita yang memiliki masalah di tengah selama proses menjadi ibu.

Untung banget, beberapa waktu lalu para ibu dan calon ibu hebat mengikuti Kulwap Makuku Lecture bersama dr Indra NC Anwar, Sp. OG dengan tema “Persiapan Untuk Calon Ibu Hebat”. Meskipun hanya berlangsung sekitar 1 jam, tetapi Kuliah Whatsapp ini benar-benar penuh dengan informasi dan pengetahuan akan proses dan masalah menjadi calon ibu hebat.

Dari Kulwap ini, beberapa tips yang bisa dipersiapkan oleh para wanita yang kelak bakal menjadi calon ibu hebat.

Calon ibu hebat

1. Persiapan Fisik dan Mental

Menjadi ibu hebat, pastinya bakal mengalami perubahan fisik dan mental. Nah berhubung perubahan ini pasti akan terjadi, makanya perlu untuk dipersiapkan dengan baik. Biasanya nih, beberapa calon ibu hebat mengalami yang namanya Baby blues. Apalagi jika mengandung anak pertama.

Baby blues sendiri adalah kondisi psikologis wanita berupa perasaan gundah dan sedih secara berlebihan yang terjadi pasca ibu melahirkan. Gejala umum yang timbul adalah mudah marah, emosi tidak terkontrol, sedih hingga rasa cemas berlebih.

Menurut dokter Indra, karena Baby blues ini adalah masalah psikologis maka sebaiknya sejak awal para calon ibu hebat sudah harus mempersiapkan diri menghadapi proses kehamilan dengan mempersiapkan fisik dan mental.

 

2. Mengetahui Kebutuhan Nutrisi.

Mungkin banyak yang bertanya, berat badan apakah mungkin berperan buat si calon ibu kedepannya dalam program kehamilan? Ternyata jawabannya adalah iya.

Untuk menjadi seorang ibu hebat itu dimulai dari pemenuhan kebutuhan nutrisi seimbang untuk tubuh. Jika nutrisi sudah terpenuhi, maka hal ini berpeluang juga menyebabkan kondisi organ reproduksi dalam kondisi baik. Teris bagaimana jika ada calon ibu yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas?

Untung banget, pada saat kulwap, dokter Indra berbagi pengalaman dalam mengatasi hal ini. Jika dahulu terkenal dengan makanan 4 sehat 5 sempurna, tetapi itu dulu. Saat ini untuk mengatasi dan mempercepat proses menjadi ibu hebat maka harus dimulai dengan kontrol  berat badan dan olahraga. Bisa juga dimulai dengan melakukan diet rendah karbo dan tinggi protein.

Selain itu juga dokter Indra menyarankan terkait kebutuhan nutrisi maka harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Artinya mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan nutrisi lainnya yang seimbang.

Nutrisi seimbang untuk calon ibu


Ketika semua hal tersebut sudah dilakukan dan masih belum ada tanda-tanda kehamilan, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lengkap alat reproduksi. Baik suami maupun istri.

 

3. Pahami dan Ketahui Riwayat Kesehatan.

Banyak yang menganggap sepele, bahwa riwayat kesehatan yang dimiliki tidak mempengaruhi seorang wanita untuk menjadi ibu hebat. Bahkan paling parahnya adalah banyak calon ibu yang bahkan tidak tahu kondisi kesehatannya sendiri.

Di zaman serba canggih dan sarat informasi seperti saat ini, pengetahuan dan pengecekan riwayat kesehatan sangat penting sebelum melakukan program kehamilan. Tujuannya jelas agar mengantisipasi kemungkinan yang akan menghambat proses kehamilan itu sendiri.

Pengecekan riwayat kesehatan




Dokter Indra menyarankan, jika seorang calon ibu memiliki riwayat diabetes, hipertensi dan obesitas maka sebaiknya harus dikontrol terlebih dahulu dan dilakukan pemeriksaan secara teratur dari sebelum proses hamil.

 

4. Merencanakan Program Kehamilan dengan Baik.

Menjadi ibu hebat pastinya butuh perencanaan dengan baik. Ada yang baru menikah ingin segera punya momongan atau malah ada juga yang ingin menunda proses kehamilan. Umumnya sih semuanya tergantung banyak faktor. Mulai dari kondisi kesehatan fisik, mental, organ reproduksi bahkan karir.

Jika dirasa, ketika masa awal nikah adalah waktu yang tepat untuk program kehamilan maka sebaiknya mulailah mempersiapkan diri dengan baik. Tetapi perlu diingat ketika sudah lebih dari dua tahun menikah dan belum diberikan kesempatan hamil, maka sebaiknya melakukan konsultasi dan pengecekan organ reproduksi. Ingat, program kehamilan itu adalah urusan bersama antara suami dan istri sehingga pengecekan organ reproduksi pun juga harus keduanya.

Tetapi ada kalanya, buat para calon ibu yang berencana menunda kehamilan hingga kurun waktu tertentu karena mungkin masih mengejar karir maka program pembekuan sel telur atau Freeze egg bisa jadi salah satu solusi.

Menurut dokter Indra, perempuan yang diambil sel telurnya untuk disimpan harus memperhatikan usia juga yaitu tidak boleh lebih dari 35 tahun. Dan proses ini bisa kok dilakukan di Morula IVF Menteng dan disimpan selama waktu yang diinginkan calon ibu dengan sejumlah biaya yang perlu dikeluarkan.

 

Jadi, untuk menjadi calon ibu hebat pastinya butuh banyak persiapan sehingga perlu sekali untuk mengetahui kapan si calon ibu siap untuk menjalankan semua prosesnya. Karena kebahagian dari seorang wanita yang menikah pastinya memiliki anak.

Nah, untuk proses konsultasi program kehamilan dan berbagai faktor lainnya dokter Indra siap membantu kok. Baik secara online maupun offline. 


Berikut jadwal praktek dokter  Indra NC Anwar, Sp. OG

Online:

Via Halodoc mulai dari pukul 7 hingga tengah malam.


Jadwal praktek dr Indra


 Offline:

Morula IVF Menteng setiap hari Senin - Sabtu (pukul 10.00 -14.00)

RSIA Bunda Menteng setiap hari Senin-Rabu (pukul 14.00)

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.