MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Kelas Gratis BRT Networking: Bukan Kelas Ajang Uji Coba

Kelas Gratis BRT Networking: Bukan Kelas Ajang Uji Coba
Add Comments
8 December 2021

Awalnya terasa senang ketika mendapatkan email pemberitahuan diterima di kelas gratis BRT Networking. Tetapi hanya selang beberapa hari kemudian, nyali sudah semakin ciut. Padahal ini baru permulaan. Maka wajar saja sih, jika kursus tanpa biaya dari BRT ini bukan lah kelas biasa. Apalagi jika bermimpi bakal santai disini. Big No.

 

Tahu nggak kalian, tidak pernah terlintas pertama kali bahwa punya blog itu bisa memberikan banyak manfaat. Bukan hanya sekadar tempat curhat online belaka yang awal mula saya lakukan. Tetapi kini, paradigma saya berubah. Blog yang kita punya ternyata bisa menjadi sumber pengetahuan dan pengalaman buat pembacanya. Layaknya rumah, blog juga harus dirawat. Mulai dari konten yang ada hingga struktur blog itu sendiri.

 

Jika rumah punya alamat, punya pondasi, punya dinding dan punya atap dengan berbagai jenis ruangan di dalamnya. Begitu juga dengan blog. Blog punya identitas. Blog punya pondasi. Bahkan nih ya, blog juga punya banyak ruangan yang bisa kita nikmati sedari kita membuat blog tersebut. Tetapi itu semua bisa dilakukan jika blog kita ramah. Entah itu ramah di mesin pencarian Google, maupun ramah di mata para pembaca blog.

 

Untung banget, kehadiran kelas gratis BRT Networking ini memberikan peluang untuk membuat blog kita agar ramah di mesin pencarian, memiliki pondasi yang kuat dengan struktur yang jelas, dindingnya ada, atapnya ada dan mudah dikenali. Bahasa gaulnya sih, SEO friendly.

 

Tetapi, meskipun namanya kelas tanpa biaya, jangan salah ilmu yang didapatkan bukan kaleng-kaleng. Semuanya daging dan itu hanya untuk buat mereka yang serius mengikutinya. Bukan untuk ajang uji coba atau malah hanya sekadar numpang hadir di kelas. Percaya deh. Karena kelak, pasti bakal di kick out dari ruangan. Tanpa perlu memberikan kata perpisahan.

Kelas Gratis BRT Networking

Kelas Gratis BRT Networking Bukan Untuk Orang yang Istimewa

Sering banget kan ya, kalau kita berada di salah satu WAG selalu saja terbentuk minimal dua karakter. Si Aktif dan Si Silent Rider. Ketika silent reader adalah hal yang istimewa, hal ini tidak berlaku. Apalagi jika karakter silent rider ini benar-benar istimewa dan spesial. Sudah jarang komen, kerjanya cuma scroll langsung ke bawah tanpa dibaca dengan saksama. Maka sudah bisa dipastikan, bakal kewalahan menghadapinya.

 

Saya sendiri merasakan hal yang sama. Biasanya di berbagai WAG saya sering banget silent rider. Meskipun sesekali ikut nimbrung. Nah kejadian, ketika mendapatkan tugas memperbaiki struktur SEO dari blog. Memang sih, saya sudah menyelesaikan 3 tugasnya dengan baik versi saya, tetapi ternyata ada satu yang masih merah. Alias belum beres. Parahnya lagi, itu terjadi 1 jam sebelum deadline tugas dikumpulkan. Deg degan nggak loe? Terus apa yang terjadi berikutnya?

 

Untung banget ada Coach Zen yang helpful. Setelah memberikan screenshot bagian yang merah dan juga screenshot HTML theme dengan sigap Coach Zen memberikan arahan. Eh bukan cuma arahan malah, langsung membuatkan scrypt yang bisa dipasang pada HTML theme blog saya.

 

Percobaan pertama, gagal.

 

Percobaan kedua, juga gagal.

 

Hingga WAG dikunci dan masalah saya belum teratasi.

 

Salut banget dengan Coach mas Zen dan Coach mas Priyo yang bersedia mendampingi bahkan langsung menuntun untuk menyelesaikan masalah ini. Tetapi kembali lagi, jika tugas ini tidak terselesaikan maka evaluasi berikutnya, bisa jadi saya di kick out dari kelas tanpa bayaran ini.


Tips Bertahan di Kelas Tanpa Bayaran ala Kak Isti

Bergabung di kelas ini, pastinya berasal dari berbagai background dan kesibukan masing-masing. Tetapi hanya satu yang sama, yaitu sama-sama memiliki blog untuk diperbaiki agar memiliki pondasi dan identitas yang ramah untuk dikenal.

 

Kelas Gratis BRT Networking
Akhirnya sudah tidak ada lagi "merah" di header


Ada satu hal menarik yang disampaikan oleh kak Isti sebagai pemilik blog beruangcokelat.my.id. Dengan berbagai kesibukan yang dimiliki tipsnya yaitu harus selalu meluangkan waktu ditengah padatnya rutinitas. Apalagi blog kak Isti ini salah satu yang memiliki dampak pengurangan DA dan kembali memulai dari nol untuk menaikkan DA blog beliau.

 

Beliau pun berharap bisa lolos dan berhasil lulus dari kelas tanpa mengalami kick out di tengah perjalanan. Karena selama berada di kelas, ilmu yang didapatkan pun banyak.

 

Saat Materi Coding Menjadi Momok

Tidak semua blogger tahu masalah koding. Tetapi bukan berarti hal ini menjadi batu sandungan untuk berkembang sebagai blogger yang paham akan rumah nya sendiri. Sama seperti apa yang saya rasakan, kalau materi koding adalah bagian yang tersulit dari kelas  sampai sejauh ini.

 

Ternyata hal seperti ini, juga dirasakan oleh Kak Triani Retno selaku pemilik blog adaresensi.com. Ketika mendapatkan tugas koding, langsung deh terasa berat tugasnya. Apalagi beliau juga tidak memiliki basic pengetahuan akan koding. Tetapi, dengan semangat ingin memperbaiki blog yang dimiliki semua bisa terlewati.

 

Tips menghadapi kursus gratis

Sebagai contoh, Kak Triani ini pada bagian deskripsi blognya itu masih bermasalah. Seharusnya sih hanya ada satu deskripsi blog. Terus kalau error, biasanya bakal muncul dua. Nah, parahnya blog kak Triani ini bukan hanya dua deskripsi pada blog tetapi empat. Nah loh. Pasti puyeng kan ya.  Untungnya dengan bolak-balik, scroll up and down materi di WAG dan mencari orang yang memiliki permasalahan sama dan mempelajari solusinya. Akhirnya urusan deskripsi yang kuartet ini terselesaikan.

  

Saya pun menyadari selama berada di kelas bahwa setiap orang pasti memiliki permasalahan masing-masing. Apalagi ini terkait dengan perkembangan SEO friendly beserta teknologi pendukungnya. Tinggal bagaimana cara kita mencari dan menemukan solusinya. Yang pasti ketika masalah berse, rasa puas akan terpancar. Apalagi jika hal ini adalah baru buat kita. Semoga kami semua bisa lulus hingga akhir kelas nanti. 

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. wah iya, kelas gratis dari BRT NETWORK ini emang mantap ya kak
    Harus tangguh biar bisa lulus sampai akhir
    Semoga ilmunya bisa langsung di praktikkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Soalnya ilmunya juga keren

      Delete
  2. Aamiin, tetap semangat selalu Mas Talif.
    Belajar di kelas BRT memang menyenangkan, tambah ilmu dan bisa diterapkan dengan rutin di blog ya

    ReplyDelete
  3. Jangan harap bisa jadi silent reader di kelas ini karena rugiiii
    Banyak ilmu yang bisa kita terapkan di blog kita, harus mau baca satu-satu chatnya
    Siapa tau masalah kita udah dibahas dengan teman lainnya
    Kalau kita bertanya pun, siapa tau ada teman yang tertolong kan

    Semangat ikut kelas BRTnya, mas :D

    ReplyDelete
  4. Akutu kurang tangguh pas ikut kelas BRT network. Sebentar saja sudah dikick. Hiksss pas ikutan emang pikiran lagi bercabang banget nih.
    Maunya emang pas ikut kelas ini, kita lagi fokus

    ReplyDelete
  5. Salut dengan peserta kelas di BRT ini. Semoga semuanya berhasil ya. Saya udah kalah duluan. Kalah di persyaratan karena tidak memiliki blog kedua hehehe
    Saya ikut menyerap ilmunya ya Mas dari semua reportasenya

    ReplyDelete
  6. kudu bisa ngikutin terus dengan rajin yaa kak, eman2 kalau engga dimaksimalin. udah dapat gratis dan ilmunya ndaging :D

    ReplyDelete
  7. Waduh susah emang kalo SR di kelas BRT. Mau japri coach nya ntar bisa tambah berabe. Harus aktif emang. Semangat!

    ReplyDelete
  8. Aamiin Ya Rabbal'alaamiin semoga kita semua bisa lulus dari kelas BRT Network ini, ya, Kak. Harus dijalani suka duka belajar di sana, seperti saat kebingungan menghadapi rentetan coding hehehe

    ReplyDelete
  9. Wah, kelasnya kayaknya seru nih mas. Coding memang jadi hal yang bikin takut buat saya yang momblogger. Tapi kalau di BRT ini ada coach mengarahkan, sepertinya lebih friendly ya. Semoga next time bisa ikut kelasnya

    ReplyDelete
  10. Mantepp yakk. Aku jg ikutan tahun lalu. Kalau boleh dibilang sih isinya daging wagyu semua yaah hihi. Sukses terus kak!

    ReplyDelete
  11. Setuju banget ini, kelas BRT memang bukan ajang uji coba, maupun coba-coba, hehe. Semangat Kak, semoga bisa lolos sampai akhir ya.

    ReplyDelete
  12. woaa berasa bnget kelasnya diisi mereka yg kompeten. padahal gratisan tapi beneran kasih edukasi sampe si silent reader kewalahan tapi bisa tertolong karena coach yg sigap

    ReplyDelete
  13. Sering denger curhatan blogger lain yang ngaku kalau kelasnya BRT ini emang ngga main-main seriusnya. Tapi terbukti yang kelar dari kelas ini pasti langsung keren abis

    ReplyDelete
  14. Memang butuh kegigihan mengikuti kelas ini. Dan beruntung bagi yang bisa bertahan dan lulus hingga akhir...

    ReplyDelete
  15. Iya ya. Klo kelas gini gak bakal bisa jadi silent reader. Bakal rugi karena permasalahan blog tiap orang pasti beda2

    ReplyDelete
  16. Semangat belajar kakak! Aku dulu alumni kelas Juni. Hasilnya bagus sih jadi paham bikin ijo daleman blog mesti gimana. Mau ikut yg Desember sadar diri lagi repot ama kerjaan. Moga next class ada jodoh kalau diadakan lagi

    ReplyDelete
  17. Super sekali kelas kak Monica dan rekan-rekan BRT yang jago SEO.
    Salut juga dengan pesertanya yang sangat luar biasa tangguh belajar dengan materi yang padat.

    Sukses, kak.

    ReplyDelete
  18. Coachnya keren ya... telaten banget njawab pertanyaan pesertanya, dan aku terlempar di minggu kedua wkwkwk

    ReplyDelete
  19. cungg saya juga gak ngerti coding blas, materi kelas brt daging semua ya, auto ingin ikutan

    ReplyDelete
  20. Belajar di BRT memang menyenangkan, mendapatkan ilmu tdklah mudah. Tapi di BRT kita bisa diberikan kemudahan. Wkwk

    ReplyDelete
  21. Ternyata blogger itu harus belajar juga ya dan mengupgrade ilmu. Salut. Kirain cuma menulis saja.

    ReplyDelete
  22. Semoga kelas seperti ini selalu ada ya. Apalagi kan gratis

    ReplyDelete
  23. Bagus juga ya ada kelas gratis makin semangat belajarnya

    ReplyDelete
  24. Bagus juga ya. Ada kelas gratis gitu buat para blogger. Keren

    ReplyDelete
  25. Ini kelas gratis tapi bagus banget ya, karena banyak ilmu yang didapat

    ReplyDelete
  26. Semangat mas talif. Semoga makin moncer juga ya ngeblognya. Pasti nih trainer nya pada super hebat di dunia per SEO-an

    ReplyDelete
  27. Kelas kayak gini sepertinya harus diikuti oleh semua blogger deh. Agar pengetahuannya bertambah

    ReplyDelete
  28. Sepertinya menarik ya kelasnya. Apalagi bisa belajar koding dan gratis. Semangat

    ReplyDelete
  29. Menjadi blogger ternyata bisa ikut kelas juga ya. Semangat kak. Apalagi ilmunya pasti bakal bermanfaat.

    ReplyDelete
  30. Pastinya bakal bermanfaat banget nih ilmunya ya kak. Salut deh.

    ReplyDelete
  31. Baca ini jadi semangat juga menekuni apa yang disukai saat ini.

    ReplyDelete
  32. Top banget , tulisan ny bg taumy , awal ny g nerti , tp stlh lht tulisan ny w jd ngrti ttg kelas tsb , sukses abg ku🙏

    ReplyDelete
  33. Semoga ilmunya bisa langsung di terapkan dan konsisten dengan tujuannya. Jadi tambah semangat baca artikel ini

    ReplyDelete