MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Cara Menaikkan Domain Authority Terlengkap

Cara Menaikkan Domain Authority Terlengkap
Add Comments
31 May 2020
Tahun 2020 ini, pasti banyak guncangan, disamping DA yang mulai turun dan pandemik melanda. Tetapi tenang saja, kali ini akan dibahas tentang cara menaikkan domain authority terlengkap langsung dari ahlinya. Kebetulan pada akhir April kemarin, mengikuti kelas dari mas Irwin dan mas Pewe. Nama kelasnya pun keren loh, ‘Kelas 30 Hari DA Naik G1’.

Cara Menaikkan Domain Authority
Tips menaikkan Domain Authority

Nah, buat kalian yang memiliki masalah dengan DA yang tidak kunjung berubah. Simak dengan baik dan saksama tips meningkatkan domain authority berikut, langsung dari ahlinya.

Cara Menaikkan Domain Authority harus tahu dulu apa itu DA

Ketika kita memiliki blog, sudah pasti setiap blog itu memiliki yang namanya DA atau Domain Authority. Secara gamblang, DA didefinisikan sebagai ukuran kepercayaan suatu domain yang mendukung salah satu dari banyak faktor dalam menentukan peringkat mesin pencarian. Nah, angka DA ini secara umum merujuk dari hasil yang MoZ keluarkan.

Jika memiliki DA tinggi, artinya domain yang dimiliki akan mudah menempati peringkat awal dari mesin pencarian seperti Google. Meskipun memang masih banyak mesin pencarian lainnya. Skor DA itu dimulai dari angka 1 hingga maksimal diangka 100.

Sebenarnya selain DA, ada juga PA atau page authority. Sama halnya DA yang merujuk ke salah satu domain, PA merujuk ke salah satu artikel yang ada dalam domain. Jadi jika didefinisikan page authority merupakan ukuran suatu halaman/artikel yang akan mendorong artikel tersebut mudah ditemui pada halaman utama mesin pencari. Jika satu artikel memiliki nilai PA tinggi, artinya semkin mudah artikel tersebut berada pada posisi utama halaman pencarian.

Belajar SEO On Page Dari Coach Irwin

Tidak ada sesuatu serba instan yang dengan sekejap mata, langsung jadi. Mie instan saja butuh untuk memanaskan air dan mencampurkan bumbunya sebelum dinikmati. Sama seperti DA, tidak bisa instan langsung naik. Butuh tips khusus untuk mendongkrak nilai DA agar bergerak naik.

Selama di kelas ini. Coach Irwin menjabarkan tentang SEO on Page yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses menaikkan DA. Apa saja itu?

Pemilihan keyword yang tepat

Pernah tidak melakukan research keyword? Dimana biasanya ditemukan beberapa usulan keyword dengan search volume dari nol hingga jutaan. Nah, tips naikkan DA yang pertama adalah memilih keyword yang tepat.

Pemilihan keyword dengan search volume sangat menentukan kemampuan dari domain yang kita miliki. Jika dirasa domain kita belum sanggup untuk bersaing dengan website besar maka sebaiknya pilihlah keyword dengan search volume medium. Contohnya: jika menggunakan research keyword via Ubersuggest maka pilihlah keyword dengan SD (tingkat kesulitan SEO) dibawah 20. Biasanya ditandai dengan warna hijau. Tujuan utamanya adalah agar artikel yang kita tulis tidak bersaing dengan web besar.

Baca juga: Belajar content blog

Teknik menaikkan DA
Research keyword di ubersuggest

Gunakan LSI keyword

Pernah tidak membaca suatu artikel atau artikel sendiri, keyword-nya berulang-ulang. Bisa 30-50 kali dalam satu artikel. Ternyata dalam teknik meningkatkan Domain Authority, hal ini perlu dihindari. Sebaiknya menggunakan padanan keyword atau sering disebut LSI keyword.

Contohnya, jika memilih menggunakan keyword ‘Taj Mahal India’ maka keyword padanan yang bisa digunakan selama menulis artikel adalah ‘bangunan ikonik di India’ atau bisa juga memilih ‘monumen di Agra’. Intinya adalah LSI keyword mengacu kepada kata atau kalimat yang sepadan dengan keyword utama.

Meletakkan keyword pada judul artikel

Judul artikel menjadi bagian dalam proses membuat naik nilai DA, sehingga sangat wajar jika keyword harus ada pada judul artikel. Penting untuk diperhatikan bahwa, kesalahan judul yang tidak mengandung keyword sudah bisa dipastikan bahwa nilai DA akan melambat untuk naik.

Selain itu pula, penulisan keyword pada judul artikel harus sama persis dengan keyword yang ditargetkan. Jangan sampai kurang satu huruf atau malah urutan katanya berbeda. Contohnya gini, jika memilih keyword ‘Backpacker ke Dubai’ maka pada judul artikel seharusnya mengandung ‘Backpacker ke Dubai’ juga, bukan menulis ‘Backpacker Dubai’. Tahu kan bedanya.

Nah, penting juga untuk memastikan jumlah karakter pada judul. Berdasarkan teknik SEO agar nilai DA naik, maka jumlah karakter yang disarankan adalah maksimal 55 karakter. Ingat ya, KARAKTER bukan KATA.


Memastikan keyword terdapat di permalink

Pernah tidak mengalami permalink atau link artikel yang ditulis mengikuti beberapa kata awal dari judul artikel? Masalah utama yang muncul adalah ketika keyword target tidak terdapat pada beberapa kata awal pada judul, bisa jadi terletak di tengah judul sehingga permalink tidak mengandung keyword.

Kesalahan seperti ini, ternyata mempengaruhi proses menaikkan DA. Sehingga perlunya untuk memperbaiki permalink yang ada dan memastikan keyword terdapat pada permalink. Patut untuk diingat, bahwa maksimal karakter pada permalink adalah 75 karakter.

Contohnya: jika keyword yang ditarget adalah ‘Baluran Banyuwangi’ dengan judul artikelnya adalah ‘Cara Menuju Taman Nasional Baluran Banyuwangi’. Maka sebaiknya permalink-nya harus mengandung kalimat ‘Baluran Banyuwangi’.

Keyword pada deskripsi atau meta deskripsi

Punya kebiasaan menulis artikel dan sering tidak mengisi bagian deskripsi atau meta deskripsi, maka mulai sekarang sebaiknya hal itu ditinggalkan. Menjadi salah satu bagian dari teknik menaikkan DA, maka meta deskripsi harus diisi dengan keyword target.

Biasanya jumlah karakter pada meta deskripsi itu dibatasin, sehingga sebaiknya meta deskripsi diisi dengan maksimal 150 karakter yang sudah mengandung keyword target. Ingat, cukup 150 karakter saja dan di meta deskripsi keyword target harus ada.

Keyword pada paragraf pertama artikel

Kesan pertama begitu menggoda. Iya, hal ini pun berlaku dengan artikel yang ditulis. Untuk memberikan kesan baik pada mesin pencarian, maka pastikan bahwa keyword terletak pada 150 karakter awal di paragraf pertama.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan bahwa keyword adalah identitas selain terletak pada judul, permalink dan meta deskripsi, juga terletak pada paragraf pertama dari artikel. Selain itu pula, perlu untuk diingat jangan terlalu pelit jumlah kata selama menulis artikel. Minimal jumlah kata untuk satu artikel sebaiknya 600 kata.

Memasang internal dan eksternal link

Terkadang jika menulis suatu artikel, tanpa disadari tidak pernah menuliskan atau menambahkan link internal dari artikel ke artikel lainnya yang ada dalam blog kita. Padahal dengan menuliskan internal link itu bertujuan untuk mengurangi bounce rate karena pengunjung blog kita betah didalamnya.

Penempatan internal link minimal harus diarahkan ke kategori artikel dan artikel sejenis. Contohnya, jika memiliki kategori artikel lifestyle dan sedang menulis artikel dengan kategori lifestyle juga maka jangan lupa untuk menambahkan internal link artikel yang baru ditulis ke kategori lifestyle. Begitu pun juga dengan artikel sebelumnya yang sudah ditulis dengan kategori lifestyle, dibuatkan internal linknya.

Terus, bagaimana dengan eksternal link? Eksternal link artinya link yang dari luar blog kita. Jika ingin memasang eksternal link, sebaiknya pilih bagian no follow dan maksimal 2 eksternal link dalam satu artikel.

Menulis dengan lengkap, ada H1; H2 dan H3

Pernah menulis semua judul dan sub judul ditulis H1 semua? Atau malah ada yang ditulis normal saja tetapi agar tampilannya menjadi subjudul maka kalimatnya di bold. Mulai dari sekarang, setiap menulis artikel pastikan setiap item dari H1; H2 dan H3 semua ada dalam satu bagian artikel lengkap.

Menulis lengkap H1 H2 H3 untuk menambah nilai DA
Pastikan setiap tulisan ada H1; H2 dan H3

Tidak ada aturan yang baku bahwa H1 atau H2 bahkan H3 harus berapa jumlahnya dalam satu artikel tetapi yang terpenting adalah semua komponen tersebut, ada dalam artikel. Jika ragu, sebaiknya dicek terlebih dahulu sebelum artikelnya di-publish.

Pastikan gambar atau video memiliki identitas

Salah satu kebiasaan ketika menggunakan gambar adalah langsung serta merta memasang gambar tersebut didalam blog tanpa melakukan proses rename. Apalagi jika gambar tersebut berasal dari kamera atau whatsapp. Contoh nama gambar yang sering, IMG_101.jpg atau WhatsApp12345.jpg. 

Setelah membaca artikel ini, maka kebiasaan ini harus dihilangkan. Lakukan rename gambar terlebih dahulu sesuai keyword sebelum dimasukkan ke dalam artikel.
 
alt text dalam menaikkan nilai DA
Setiap gambar atau video akan terbaca oleh google jika alt text diisi
Selain itu, karena gambar bukanlah sebuah kata atau kalimat, sehingga mesin pencari tidak bisa membaca secara langsung. Agar bisa terbaca oleh mesin pencari, maka gambar atau video harus memiliki identitas, biasa disebut alt. Baik Video maupun gambar pastikan sudah memasukkan keyword pada alt dan judul dari gambar yang digunakan dalam artikel.

Semua materi ini adalah teknik meningkatkan DA secara SEO on page. Terus bagaimana dengan teknik SEO off page

Belajar SEO off page dari Coach mas PeWe

Kebetulan untuk materi off page langsung disampaikan oleh ahlinya Coach Punto Wicaksono atau lebih dikenal dengan nama mas PeWe. Teknik SEO off page artinya adalah proses optimasi yang dilakukan diluar blog atau website. Hal ini berkebalikan dengan teknik SEO on page, tetapi saling melengkapi. Apa saja itu?
   

Manfaatkan media sosial dan Google Search Console (GSC)

Salah satu fasiltas yang dimiliki oleh google adalah GSC. Ketika artikel baru dibuat biasanya butuh waktu untuk muncul dimesin pencarian google. Disinilah letak, salah satu manfaat dari GSC. Kita bisa melakukan indeks artikel dengan menuliskan permalink. Tujuannya sudah pasti agar artikel yang kita tulis muncul dihalaman mesin pencarian google.
 
Indeks artikel di GSC sebagai teknik menaikkan DA
Memanfaatkan GSC untuk indeks artikel
Terus bagaimana dengan media sosial? Ternyata media sosial bisa dijadikan sebagai media promosi dari artikel untuk menambah visitor. Dengan melakukan share artikel diharapkan, visitor berkunjung ke blog kita.

Link Building (Backlink)

Menurut coach PeWe, link building sangat penting dalam teknik menaikkan DA. Pastinya setiap link mempunyai kualitas berbeda antara satu dengan lainnya. Semakin berkualitas suatu link atau domain ditunjukkan dengan nilai DA yang tinggi maka semakin baik link tersebut dalam menambah poin pada blog kita.

Contohnya; link dengan DA 54 lebih berkualitas dibanding link dengan DA 23. Sehingga fokus kita adalah mengejar link building dari website dengan DA tinggi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan link building ini. Mulai dari mendaftarkan diri (sign up) ke website yang DA tinggi hingga membuat artikel di website dengan link tinggi tersebut.

Untuk mengetahui bahwa suatu web itu berkualitas atau tidak, cara termudahnya adalah dengan cek langsung ke tools seperti MoZ. Angka DA yang muncul bisa jadi patokan kita dalam link building.

Secara mendalam pada SEO off page dikelas ini mengajarkan bagaimana menemukan cara untuk melakukan link building dan memanfaatkan daftar website dengan DA tinggi. Ini adalah ilmu yang sangat bermanfaat ketika bergabung di kelas ini.

Plus dan Delta

Selama satu bulan lamanya tergabung dalam ‘Kelas 30 Hari DA Naik G1’ membuat saya sangat berkesan dengan ilmu yang diperoleh. Tetapi izin kan saya untuk memberikan plus dan delta dari kelas ini:

Plus ‘Kelas 30 Hari DA Naik G1’

1. Materi yang disampaikan benar-benar runut dan lengkap disertai aplikasi langsung.
2. Mendapatkan akses MoZ premium secara gratis selama 30 hari.
3. Diskusi interaktif sepanjang saat antara sesama peserta kelas dan coach.
4. Coach mendorong untuk belajar memahami masalah masing-masing dan menyelesaikannya sendiri berdasarkan materi yang sudah disampaikan.

Delta 'Kelas 30 Hari DA Naik G1'

Hampir tidak ada delta yang berarti selama mengikuti kelas ini. Delta yang benar-benar terlihat mungkin lebih ke arah keaktifan peserta, dimana tidak semua peserta aktif bertanya terhadap masalah masing-masing. Bisa jadi, mungkin beberapa peserta langsung menerapkan materi yang disampaikan atau bingung dari materinya. Entah lah. Tetapi poin terpentingnya adalah materi yang disampaikan benar-benar runut dan bisa dimengerti dengan baik, meskipun beberapa cara membutuhkan kreativitas masing-masing peserta.

Saran dan kritik

Menjadi bagian dari kelas ini, benar-benar memberikan pengalaman luar biasa. Tetapi, saya memahami bahwa setiap orang pasti berbeda pemahaman dan daya serap ketika mendapatkan suatu pengetahuan. Jika kelas seperti ini dibuka kembali, mungkin kedepannya evaluasi dilakukan setiap minggu tujuannya buat coach adalah melihat progress dari peserta sedangkan buat peserta adalah terus berusaha setiap minggu untuk mengejar ketinggalan kemajuan dari menerapkan materi.

Bagaimana? Tertarik untuk mengikuti kelas cara menaikkan domain authority? Tunggu saja informasi berikutnya di laman media sosial Coach kami, Mas Irwin dan Mas PeWe.
Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.

  1. Wah infonya sangat bermanfaat mas. Saya akan mulai mempraktikan. Terima kasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Semoga bisa membantu untuk menaikkan DA nya. Dipraktekkan satu per satu saja untuk setiap artikel yang ditulis. Artikel lama sebaiknya diedit juga.

      Delete
  2. Seru ya bisa belajar satu kelas, bisa saling support.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali Bang Dzul, jadi kita bisa tahu masalah blog masing-masing dan pastinya dibimbing dengan baik.

      Delete
  3. Wah,karena saya fokus pada manfaat. Jadi kekurangan kelas hampir terlupa. Hihi

    Setuju untuk perbaikan ke depan,ya mas. Seneng bisa belajar bareng sama Mas Taumy juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Senang bisa belajar bersama di kelas ini. Luar biasa.

      Hampir lupa berarti masih ingat kan. Hihihi

      Delete
  4. wuah pantesan DA ku jaland itempat mas. baru tau klo nama gambar penting utk di rename sebelum dimasukin ke artikelnya. sip. tfs mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kak, memperbaiki kembali tulisan agar bisa mendongkrak DA

      Delete
  5. Artikel ini harus dibookmark nih, agar bisa dibaca berkali-kali sambil praktik.

    SAya masih bngung antara SEO on-page dan off-page apa bedanya. Perlu belajar, memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Kalau on page itu artinya faktor dari dalam internal blog kita. Klo off page itu dari luar blog

      Delete
  6. Menurutku sih kalau keyword sampe 30-50 kali dalam satu artikel emang berlebihan nanti malah jatuhnya spam pula. Btw makasih ilmunya ya bang. Emang lagi perlu banyak belajar soal ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Tapi jangan salah, hal itu bisa berpeluang. Apalagi kalau fotonya ada 20 foto yang semua alt text ada keyword....Hahaha...Maka disitulah pentingnya ada LSI keyword.

      Delete
  7. Aku nih mas, PR banget buat naikin DA. PA ku tinggi banget tapi DAnya rendah. Beda 25 poin. Beberapa tips di tulisan ini udah kulakukan tapi beberapa belum terutama nulis untuk SEO dan memperhatikan keyword.

    Thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang belum dilakukan bisa dicoba bang. Yang pasti bermanfaat kok

      Delete
  8. Jadi tau kepanjangan mas pewe, wkwkwk. Mas.. aku tu males banget emang me-rename foto atau video. Lah ternyata ini penting ya .
    Aku kemarin naik da 5 point' dari hasil arisan backlink mas. Lumayan banget menurutku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk. Nah, tuh backlink saja bisa naikkan 5 point. Semangat

      Delete
  9. aku baca pelan-pelan...DA ku selalu stuck segitu huhuhu, padahal perasaan sudah coba berbagai cara, ternyata belum tepat caranya. Baiklah, bisa diterapkan cara menaikkan DA di artikel ini biar DA membumbung tinggi ...semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Ini juga lagi praktek itu semua. Semangat

      Delete
  10. Seru dan bermanfaat banget yah kak belajar SEO dan menaikkan DA. Ah aku jadi pengen deh. DA ku ampun kecil banget. Semoga nanti bisa dapet kesempatan juga buat belajar bareng coach Irwin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Pantengin saja medsos mereka. Semoga bisa ikut batch kedua.

      Delete
  11. Sayangnya ubersugest ini nggak bisa sering-sering dipake ya Kak. Kayak ya harus bayar. Ngomong-ngomong soal link bulding rencananya aku mu nulis di web yang DA nya tinggi kayak medium. Eh tetnyata spam scorenya tinggi juga. Jadi aku hapus deh tulisan ku jadinya

    ReplyDelete
  12. Penerapan SEO on Page dan SEO off Page nih yg hrs konsisten ya kak spya DA bisa naik..siplah segera dipraktekkan..

    ReplyDelete
  13. Nulis itu harus terstruktur ya, jadi H1, H2 dan H3 nya hrs ada semua dalam artikel. Noted Mas Taumy makasih artikelnya, bermanfaat banget buat menaikkan DA saya nih yg lambreta banget naiknya hehe.


    ReplyDelete
  14. Makasih kak sharingnya,, jadi keyword lebih baik di paragraf pertama ya? Huhu biasanya aku di beberapa paragraf setelahnya nih.

    ReplyDelete
  15. Wah bisa jadi referensi nih, bagus bgt pembahasannya...

    ReplyDelete
  16. Barokallah ya bisa ikut kelas kerennya mas irwin dan mas pewe

    ReplyDelete
  17. Oh jadi begitu ya tipsnya, pantas DA-ku susah naik, aku emang newbie nih di dunia blog, makasih ya tipsnya

    ReplyDelete
  18. Lengkap nulisnya, hanya saja aku tipe orang yang harus ditunjukkan dengan foto fotonya juga, misal antara judul, permalink dan meta desc, seperti apa penulisan di kategori tersebut biar keywordnya dapat, huaaaa macam anak TK ya diriku belajar harus disertai fotonya biar langsung faham , hehehe , btw terimakasih reviewnya, tinggal aku coba terapkan perlahan semampu otakku :)

    ReplyDelete
  19. Keren sharingnya mas Taumy, ada beberapa poin yang aku ngerti tapi ada juga yg masih blank :(. Aku jalanin yg udah paham aja.

    ReplyDelete
  20. Numpang baca kakak...hehehehe

    ReplyDelete
  21. hal ini gan yang ane sering kelewat, memberi nama file gambar/foto yang mengandung keyword. Btw terimakasih gan atas sharingnya

    ReplyDelete
  22. Terima kasih sobat, artikel bermanfaat dan menambah pengetahuan..

    ReplyDelete
  23. Mau tanya, jika kita mendaftarkan blog yang sudah dihapus lalu kita mendaftarkannya lagi ada kemungkinan bisa daftar adsanse gak.

    Terus bagaimana cara cek domain yang di banned adsanse. Terimkasih

    ReplyDelete
  24. Menyusun H1, H2, dan H3 untuk blog agak membingungkan. Mohon penjelasannya min.

    ReplyDelete
  25. Lengkap sekali penjelasannya gan, tinggal praktek nya nih.. terimakasih

    ReplyDelete
  26. Mantep lengkap bgt tulisannya.
    Masih mengejar da 10 dengan sudah payah hahha

    ReplyDelete
  27. terima kasih atas infonya mas

    ReplyDelete