MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Pengalaman Buat Website Sendiri

Pengalaman Buat Website Sendiri
Add Comments
15 January 2021

Pernah ga sih kepikiran untuk punya website sendiri? Entah itu untuk personal atau pun untuk keperluan tertentu. Di zaman yang serba digital seperti ini, personal website bisa jadi media untuk berbagai informasi hingga media promosi.

Berhubung, belum terlambat dan pandemi belum berlalu, tidak ada salahnya loh untuk membuat website sendiri sesuai keinginan. Berikut step by step cara membuat website sendiri.

Memilih Platform Website

Ada dua platform website yang sering digunakan yaitu blogspot dan wordpress. Dengan kehadiran dua platform ini, maka tidak perlu lagi pusing untuk memikirkan bahasa pemrograman yang rumit. Cukup registrasi dan memilih platform yang diinginkan. Contohnya wordpress.

 

pengalaman buat website sendiri

Ketika memilih platform wordpress dan selesai melakukan registrasi maka kita sudah memiliki alamat blog dengan embel-embel wordpress.com dibelakangnya. Biasanya embel-embel seperti ini, tidak nyaman digunakan karena nama website akan terlihat panjang. Maka perlunya memilih nama website sendiri alias domain.

 

Memilih Domain dan Hosting.

Memiliki blog dengan nama yang panjang padahal keinginan memiliki website dengan nama atau identitas kita, maka saatnya memilih domain.

Domain ini akan menjadi identitas dari website kita ke depannya. Pilih lah nama domain yang menunjukkan karakter atau tujuan dibuatnya website. Bila perlu nama unik dan mudah untuk diingat.

Pemilihan domain pun sangat penting dilakukan di penyedia layanan hosting yang terpercaya. Salah satunya adalah hoster.co.id. Disini kita bisa membeli paket hosting lengkap dengan nama domain. Jadi tidak perlu lagi bingung akan pembelian terpisah. 


Pada saat memilih domain, kita tinggal memasukkan pilihan nama domain yang diinginkan. Terkadang jika nama domain yang diinginkan sudah teregistrasi, maka nama tersebut tidak bisa menjadi nama domain kita. Perlu untuk mengganti nama hingga nama domain yang dipilih available.

domain-unavailable

Jika sudah mendapatkan nama domain yang pas, unik dan menunjukkan jati diri atau tujuan dalam membuat website maka jangan menunda waktu untuk segera melakukan proses check out atas domain dan paket hosting yang dipilih.


memilih-domain-untuk-website

Sebenarnya sih di hoster.co.id juga ada 2 layanan tambahan terkait domain yaitu Transfer domain anda dari register lain artinya kita bisa melakukan proses transfer domain yang sudah teregistrasi tetapi itu memang domain kita bukan domain orang lain yang kita klaim. 

Layanan tambahan lainnya terkait domain adalah Menggunakan domain anda yang sudah ada dan update nameserver artinya kita bisa menggunakan nama domain kita sebelumnya pada server X untuk dialihkan ke server yang dimiliki hoster.co.id.


Baca juga: cara menaikkan domain authority.


Selain urusan domain, ada beberapa alasan memilih penyedia hosting dan domain di hoster.co.id

1. Tersedia berbagai pilihan hosting sesuai keinginan.

Ada banyak pilihan paket hosting yang ditawarkan dan bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Begitupun juga dengan waktu berlangganan. Mulai dari 1 bulan hingga 3 tahun. Fleksibilitas pilihan paket hosting, membuat hoster.co.id menjadi pilihan terbaik dalam memilih penyedia paket hosting.

Umumnya sih paket hosting yang ditawarkan sudah include dengan nama domain yang dipilih jadi tidak perlu lagi khawatir untuk membeli domain dan hosting secara terpisah.

 

2. Sering diskon.

Pada saat pertama kali membuka hoster.co.id maka seringnya kita ditampilkan pop up diskon yang menggiurkan. Diskon hingga 60 % sangat lumayan dalam menghemat budget yang dimiliki.

Bahkan jika beruntung dan lagi begadang di malam hari sering sekali muncul spesial night sale diskon hingga 80%. Benar-benar penawaran yang menggiurkan dan juga paket yang ditawarkan memiliki server di Indonesia. Lumayan banget sih.

night sale diskon hoster


3. Layanan support live chat yang membantu.

Pernah merasa kebingungan ketika menentukan paket hosting yang diinginkan? Bahkan blank ketika melihat berbagai pilihan paket hosting? Nah, di hoster.co.id tidak perlu khawatir karena didukung dengan live chat yang bersedia membantu dalam pemilihan paket hosting.

live chat hoster.co.id


Ketika pertama kali menggunakan ada tiga pilihan awal yang bisa digunakan sesuai kebutuhan sebelum memulai live chat yaitu Halo hoster.co.id, Hei aku butuh bantuan dan Hai, bisakah anda membimbing saya. Nah, dari pilihan tinggal disesuikan dengan masalah atau keinginan yang diharapkan.

Setelah memilih akan muncul isian data seperti nama dan email yang perlu diisi sebelum memulai live chat. Pastinya, live chat ini akan membantu dan mengarahkan kita dalam menentukan pilihan.


4. Proses pembayaran dengan berbagai pilihan merchant.

Terbiasa melakukan transaksi menggunakan e-wallet maka tidak perlu khawatir untuk proses check out pembayaran karena di hoster.co.id karena juga tersedia pembayaran menggunakan e-wallet seperti QRIS, Ovo dan Gopay.

Selain metode pembayaran menggunakan e-wallet bisa juga melakukan pembayaran transfer antar bank hingga Alfamidi dan Alfamart instan. Intinya sih, pembayaran bisa dilakukan dengan mudah pada berbagai media pembayaran. Jadi tinggal dipilih saja sesuai dengan metode pembayaran yang sering digunakan sehari-hari.


Setelah domain dan hosting dimiliki, maka tinggal melakukan sinkronisasi terhadap platform website yang kita pilih diawal. Ketika semua beres, itu artinya saatnya mengeksplor lebih jauh dengan website pribadi.

Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.