MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Resolusi 2022: Meningkatkan Performa Blog dengan Blog Planner

Resolusi 2022: Meningkatkan Performa Blog dengan Blog Planner
Add Comments
14 December 2021

Tahun 2021 sudah menghitung hari lagi dan Insha Allah bakal berganti menjadi tahun baru 2022. Meskipun masih pandemi, banyak hal yang telah dilakukan sepanjang 2021. Kini saatnya menyusun resolusi 2022. Ini bukan resolusi diri sendiri tetapi resolusi blog talif.id.

 

Saya masih mengingat dengan baik, saat itu tepat ketika tanggal 1 Januari 2018, domain talif.id saya sematkan pada blog jadul saya yang basisnya adalah blogspot. Awalnya bingung, ingin memilih domain apa tetapi entah mengapa langsung terlintas talif yang merupakan singkatan dari nama saya sendiri, Taumy Alif Firman.

 

Kala itu, berbekal hasil dari ikut kelas content blog Teh Ani saya pun berubah pandangan. Ternyata ngeblog itu benar-benar mengasyikkan. Awalnya berpikir kalau ngeblog itu sekadar curhat doang atau paling banter buat cerpen. Nah dengan mengikuti kelas content blog Teh Ani, semuanya terbuka dengan lebar.

 

Melalui blog, bisa banget memberikan informasi kepada orang lain terhadap pengalaman pribadi yang mungkin orang lain juga mencari solusinya dan kita terlebih dahulu mengetahui hal tersebut. Atau malah ternyata melalui blog, bisa membawa kita mengunjungi tempat yang belum sama sekali terbayang seperti apa bentuknya. Dan masih banyak lagi.

 

Sadar akan potensi dan peluang ini. Akhirnya secara bertahap mulai membiasakan diri mengisi berbagai artikel di blog. Mulai dari tema lifestyle, travelling, edukasi, techno, kesehatan, properti dan review.

 

Tahun berganti, jumlah artikel pun juga ikut bertambah. Jika dahulu hanya fokus pada artikel organik, kali ini secara bertahap sudah mulai menulis dan review suatu produk tertentu. Bahkan juga menuliskan event atau acara yang diikuti. Seperti mengikuti acara Grand Launching Toko Gramedia di Kota Palu. Semuanya berawal dari blog.

 

Maka diujung tahun 2021 ini, akhirnya mulai tersadar akan sebuah resolusi blog yang pastinya bakal mempengaruhi resolusi diri juga.

 

Resolusi 2022

Resolusi 2022 Untuk Blog yang Lebih Perform

Awalnya tidak pernah terpikirkan sih kalau blog juga harus punya resolusi. Hingga mengikuti kelas gratis BRT. Salah satu materinya adalah blog plan. Menariknya, Blog Plan ini bisa disusun untuk jangka waktu satu tahun kedepan. Hingga akhirnya saya mencoba untuk membuat blog plan saya yang berjudul My Blog, My Resolution 2022.

 

Bagi saya, menyusun blog plan itu tidak harus muluk-muluk sih memang. Tinggal melihat kemampuan diri dan history sebelumnya. Yang pasti dengan adanya blog plan, bakal lebih terarah ke depannya dan pastinya lebih fokus.

 

Blog Plan 2022

Sebagai contoh, saat ini page view dari blog saya di angka 6000 PV per bulan. Harapannya dengan berbagai strategi yang bakal diterapkan mulai dari memperbanyak jumlah artikel hingga menerapkan konsep SEO untuk menaikkan domain authority (DA) yang didapatkan selama di kelas gratis BRT bisa menambah page view hingga 10 K per bulan.

 

Beda Blogger Beda Juga Blog Planning-nya

Meskipun sama-sama sebagai blogger. Tetapi masing-masing blog pastinya memiliki blog plan yang berbeda dan itu semua disesuaikan juga oleh pemilik blog. Kebetulan di grup kelas gratis BRT saya dipertemukan dengan 4 blogger lainnya yang memiliki blog plan yang menarik.

 

Mulai dari kak Talitha pemilik blog talitha-rahma.com yang memplanningkan selama satu tahun kedepan fokus tulisan yang dibuat adalah tema parenting, inspirasi dan hiburan. Fokus seperti ini memang penting sih, karena semakin sedikit tema yang dibahas maka semakin mendalam artikel yang ditulis.

 

Lain kak Talitha, lain juga kak Atiqoh sebagai pemilik blog catatanatiqoh.com. Menariknya, kak Atiqoh  malah menargetkan bisa 5 kali menang lomba blog selama satu tahun kedepan. Keren banget bukan. Apalagi memang jika ditelisik satu tahun terakhir, ada ratusan lomba blog sih sehingga peluang tercapai dari blog plan ini sangat realistis.

 

Selain menang lomba, ada juga nih yang memiliki blog plan menarik yaitu kak Sri Al Hidayat pemilik blog srialhidayati.com. Nah, beliau ini malah menargetkan bakal mendapatkan income alias penghasilan dari blog sebesar 2 juta/bulan. Kebayang kan ya. Ternyata dari blog saja bisa menghasilkan loh. Tinggal bagaimana cara kita bisa mengelola dan konsisten.

 

Bahkan ada juga nih yang unik terkait blog plan 2022. Adalah kak Laily M Octavia selaku pemilik blog rayuanmentari.com. Beliau malah memiliki blog plan yaitu ternak blog. Tahu nggak apa itu ternak blog? Kalau di dunia nyata kan, ternak itu adalah proses mengembangbiakkan hewan yang memiliki nilai ekonomis. Konsepnya sama dengan blog. Jadi ternak blog itu adalah proses memperbanyak blog yang dimiliki oleh satu pemilik saja. Kebayang kan ya, jika blog plan kak Sri dan kak Laily digabungkan. Jika ternak sebanyak 10 blog dan setiap bulan masing-masing blog menghasilkan income sebesar 2 juta maka sudah 20 juta di tangan. Ngiler nggak tuh.


Dari Blog Plan menjadi Weekly Planner

Setelah memahami dan menyusun blog plan yang menjadi resolusi 2022, maka poin-poin targetnya diturunkan menjadi weekly planner.

 

weekly planner blog

Weekly planner ini, berisi aktivitas yang akan dijalankan selama satu minggu ke depan yang pastinya bakal menunjang pencapaian dari blog plan kita. Seperti weekly planner saya minggu ini. Seperti apa saja aktivitas nya?

 

1. Blogwalking

Mungkin tidak semua orang tahu, apa sih blogwalking itu. Tetapi rata-rata blogger cukup familiar dengan blogwalking. Jadi, blogwalking merupakan proses berkunjung ke blog orang lain untuk membaca artikel tersebut dan memberikan komentar atau kesan atas artikel yang dibaca.

 

Ada banyak manfaat dari blogwalking, mulai dari silaturahmi sesama blogger secara artikel to artikel hingga memberikan pengetahuan baru dari artikel yang dibaca.

 

2. Media Sosial Share

Namanya saja media sosial, tempat bersosialisasi secara maya pada satu media seperti facebook, twitter, Instagram, Tiktok dan lain-lain. Media sosial ini bisa banget digunakan sebagai salah satu wadah untuk membantu memperluas jangkauan pembaca dari artikel yang kita tulis.

 

3. Penulisan Artikel

Urusan menulis artikel sudah pasti menjadi salah satu poin penting buat blogger. Artikel yang ditulis bisa berdasarkan pengalaman pribadi atau berdasarkan dari referensi.

 

Berharap sih, mulai dari weekly planner yang dituangkan nantinya dalam pekerjaan harian bisa membantu dalam mewujudkan Resolusi 2022 dari blog talif.id. 

 

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.