2 September 2021

5 Alasan Memilih RuangKerja Sebagai Solusi Pelatihan Online Buat Karyawan

Dalam satu perusahaan, aset yang dimiliki bukan hanya dalam bentuk materi atau barang saja tetapi karyawan yang kompeten adalah salah satu aset utama. Itu lah mengapa ketika pertama kali karyawan diterima, biasanya harus melewati masa training atau probation.


Hal ini dilakukan untuk memberikan pelatihan sekaligus menseleksi calon karyawan yang memenuhi kriteria yang diinginkan perusahaan. Umumnya materi training sudah dipersiapkan oleh divisi HRD dan bersifat basic training dan edukasi karyawan.


Seiring dengan berjalannya waktu, ketika karyawan sudah diterima diperusahaan tersebut maka untuk up scalling dari kompetensi karyawan pastinya membutuhkan pelatihan yang sesuai dengan jabatan dan fungsinya. Umumnya, perusahaan sudah menyediakan budget terkait pelatihan yang ditujukan buat karyawan dalam satu tahun.

pelatihan online buat karyawan


Jika dahulu, berbagai pelatihan dilakukan secara tatap muka alias offline dalam satu ruangan kelas. Tetapi berhubung masih pandemi, maka proses training pun beralih ke sistem online. Salah satu penyedia layanan pelatihan online terbaik saat ini adalah RuangKerja dari RuangGuru. Berikut lima alasannya memilih RuangKerja sebagai partner pelatihan buat karyawan.

 

1. Proses pelatihan online buat karyawan sudah berbasis LMS

Pastinya metode LMS alias Learning Management System sudah sangat familiar ya sebagai salah satu metode pembelajaran atau pelatihan yang semuanya dilakukan secara digital.

 

Kehadiran LMS RuangKerja adalah solusi pelatihan tanpa harus tatap muka. Dengan sistem pelatihan yang bakal mempermudah perserta dalam memahami dari setiap materi. Cukup diakses menggunakan desktop atau pun handphone karyawan.

 

2. Lebih Fleksibel

Menggunakan teknologi mobile learning artinya proses pelatihan pun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, karena aplikasinya bisa langsung digunakan dari handphone. Hal ini sangat membantu buat para karyawan yang memiliki kesibukan tinggi ketika jam kerja. Sehingga proses pelatihannya bisa dilakukan menyesuaikan waktu karyawan tersebut.


 Baca juga: RuangBelajar Solusi belajar untuk persiapan UTBK


3. Terdapat berbagai fitur penunjang

Selain fleksibel, RuangKerja sudah menggunakan sistem learning journey sebagai salah satu solusi pelatihan yang terstruktur dan sistematis. Dengan fitur ini, tidak akan menimbulkan kebingungan buat karyawan untuk memulai pelatihan dari bagian yang mana karena sudah menyesuaikan secara langsung.

 

Bagi para petinggi perusahaan juga sudah disediakan fitur learning plan dimana fitur ini bakal memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan sesuai yang diinginkan dan pastinya dibutuhkan oleh karyawan.

 

Untuk proses diskusi, ternyata juga disediakan fitur kolaborasi sebagai forum diskusi dengan peserta lain yang mengikuti pelatihan. Bahkan fitur ini bisa digunakan juga untuk bertanya kepada para ahli terkait materi training yang didapatkan.

 

Terus untuk melihat hasil pelatihan, RuangKerja sudah dilengkapi dengan leaderboard yang menampilkan poin atau nilai peserta pelatihan beserta peringkatnya. Leaderboard ini bisa memacu karyawan untuk lebih giat dalam mengunpulkan poin dari pelatihan karena sekaligus peringkat karyawan. Peringkat ini juga bisa dilihat langsung oleh pimpinan perusahaan.

 

4. Dilengkapi dengan dashboard monitoring

Namanya pelatihan pasti ada sistem kontrol dan monitoring hasilnya. Di RuangKerja, hal itu sudah diakomodir dengan berbagai fitur yang mempermudah para administrator biasanya sih HRD dan pimpinan perusahaan dalam monitoring.


 Baca juga: Keunggulan Brain Academy


Selain itu juga para administrator bisa menentukan bobot dari setiap pelatihan sehingga karyawan tinggal menyelesaikan modulnya agar bisa mencapai bobot yang sudah perusahaan tentukan. Semuanya terkontrol dan sistematis.

 

5. Lebih menghemat anggaran

Dengan sistem cloud-based, maka investasi pengembangan karyawan bisa lebih hemat jika dibandingkan membangun sistem pelatihan sendiri. Apalagi proses go live juga lebih singkat sekitar 2 minggu dan pastinya sudah dilengkapi dengan SSL security untuk menjaga kemanan data perusahaan di cloud RuangKerja.

 

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, maka tidak ada lagi alasan bahwa pelatihan tidak bisa dilakukan selama masa pandemi. RuangKerja adalah salah satu solusinya untuk tetap mengembangkan kemampuan karyawan agar bisa menjadi aset unggul dan kompeten di masa berikutnya.

 

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search