13 July 2021

Lolos UTBK dengan Berlangganan Ruangbelajar dari Ruangguru

“Kak, alhamdulillah saya diterima kuliah lewat jalur UTBK”. Begitulah kira-kira kabar bahagia dari sepupu yang ada di kampung halaman.

 

Sejak pandemi, memang banyak berubah mulai dari gaya hidup hingga cara belajar. Kebetulan sepupu saya yang di kampung ini sudah lama PJJ alias pendidikan jarak jauh. Jadi bisa dikatakan mereka ini lulus sebagai angkatan digital. Selama PJJ memang sih banyak kendala, apalagi orang tua dari sepupu ini tidak begitu paham mata pelajaran SMA, jadinya cari solusi yang lain.

Berawal dari kecemasan orang tua sepupu saya yang memang tidak begitu cakap dalam memahami mata pelajaran anak SMA zaman now, akhirnya saya pun menyarankan untuk berlangganan ruangbelajar yang ada di aplikasi Ruangguru.

 

Lah, kok tiba-tiba terpikirkan Ruangguru?

 

Jadi gini loh, kebetulan banget nih ya, saya tinggal di daerah sekitar Sahardjo dan tahu ga kalian, kalau disekitar Sahardjo itu ada kantor Ruangguru. Kalau lagi main ke Manggarai atau hanya sekadar jalan-jalan ke Kokas, sering banget lewatin kantor Ruangguru ini. Jadinya deh, yang diingat pertama kali adalah Ruangguru. Selain itu, dulunya untuk rekomendasikan tempat belajar online kartu prakerja, yah Ruangguru ini.



Singkat cerita akhirnya, orang tua sepupu saya ini pun membelikan paket berlangganan ruangbelajar. Awalnya sih memang hanya untuk kepentigan mata pelajaran SMA saja, agar nanti ketika ujian nasional bisa lulus. Momok banget soalnya, ujian nasional ini.

 

Setelah jalan beberapa bulan, kepincut juga tuh dengan paket berlangganan UTBK ruangbelajar. Pemikiran orang tuanya sih simpel, yang penting anak mereka mau belajar dan hasilnya bisa maksimal.

 

Setelah berlangganan, akhirnya kerja keras sepupu saya ini satu per satu membuahkan hasil. Lulus Ujian Nasional adalah kabar gembira yang pertama. Dan hari ini, kembali sepupu saya lulus UTBK. Semuanya berawal dari PJJ dan ketidakmampuan orang tuanya untuk mengajar. Untung banget loh, minta rekomendasi pas awal-awal PJJ. Kalau tidak, bisa-bisa bakal apes pas ujian nasional.

 

Oke. Kembali ke ruangbelajar dari Ruangguru yang saya rekomendasikan tidak asal rekomendasi loh. Apalagi ini buat masa depan sepupu saya. Ada beberapa sih, alasan mengapa ruangbelajar saya rekomendasikan:

 

Harga yang Terjangkau

Ada rupa ada barang, ada barang ada harga. Itu kan yang sering terdengar. Nah, berhubung kualitas yang sudah dimiliki oleh Ruangguru benar-benar oke punya, tetapi harganya ternyata terjangkau loh.

Untuk berlangganan paket ruangbelajar 1 bulan SMA/SMK itu cuma 300ribu doang. Lumayan terjangkau kan. Coba deh bandingkan dengan biaya bimbel ataupun lembaga belajar online lainnya yang pasti di atas itu.

Apalagi jika langsung ambil paket ruangbelajar satu tahun ajaran. Contohnya nih, kayak tahun ajaran 2021/2022 yang sekarang seharga Rp 1.498.000. Pastinya para orang tua bakal memilih paket berlangganan ini sih. Disamping ga bakal bingung untuk ajarin anaknya lagi, harga paketnya benar-benar terjangkau.

 

Mencakup Semua Level Sekolah

Layaknya lembaga profesional, ruangbelajar juga hadir dengan berbagai cakupan semua level sekolah. Aplikasi belajar online ini tersedia dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat SMA. Semuanya ada dalam satu aplikasi saja. Tinggal dipilih sesuai jenjang pendidikan anak saat ini.


ruangbelajar


Bahkan nih ya, untuk persiapan UTBK juga ada loh. Jadi dasar ini lah yang membuat saya merekomendasikan ruangbelajar, selain sudah pasti harga terjangkau seperti yang di awal saya sampaikan.

 

Dilengkapi dengan Berbagai Fitur

Ketika berlangganan dengan ruangbelajar maka otomatis bakal mendapatkan paket belajar berupa video, kuis, latihan soal dan modul bimbel. Pokoknya paket komplit deh.

Selain paket yang diterima itu, juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik sepert:

  1. Ruangguru PET
  2. Ruanguru adventure
  3. Jadwal belajar
  4. Asah otak
  5. Bank Soal
  6. Laporan belajar


Selalu Inovasi

Bukan Ruangguru namanya, jika tidak terus berinovasi. Awal bulan Juli ini, kembali ruangbelajar dari Ruangguru meluncurkan fitur terbaru. Bukan hanya satu fitur terbaru saja, tetapai ada beberapa fitur. Mau tahu apa saja?

  1. Adapto; tujuan dari fitur ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan kecepatan mereka belajar dan memastikan siswa paham terhadap materi saat ini sebelum lanjut ke materi berikutnya.
  2. Playlist Belajar; namanya saja playlist atau rencana pembelajaran. Jadi fitur ini bertujuan untuk memberikan rencana pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan agenda sekolah.
  3. Subtittle video; fitur ini bertujuan untuk mempermudah siswa selama menonton video, agar kata demi kata yang menjadi poin penting bisa dipahami dengan baik.
  4. Fitur pencarian; tahu kan ya namanya pencarian, jadi fitur ini seperti layanan cepat mencari materi yang ingin langsung dipelajari tanpa perlu scroll berkali-kali atau klik menu berkali-kali.
  5. Pet Mission; fitur ini berguna buat para siswa yang sering main game sehingga teralihkan untuk belajar di dalam fitur pet mission ini. Seru banget pokoknya.
  6. Tes Minat Bakat berbasis RIASEC; jadi fitur ini sangat membantu memahami siswa dan memberikan rekomendasi jurusan dan karir ke depan berdasarkan bakat yang dimiliki saat ini.

pet-mission


Dengan berbagai keuggulan yang dimiliki oleh ruangbelajar saat ini, harapannya sih bukan hanya sepupu saya yang terbantu untuk bisa lulus ujian nasional dan UTBK. Tetapi semua siswa berhak mendapatkan hasil yang sama. 


Apalagi pandemi ini belum tahu kan ya, kapan berakhir sehingga orang tua seharusnya lebih bijak memilih platform belajar yang berkualitas dengan harga terjangkau. Saatnya memberikan yang terbaik buat sanak saudara kita, terutama dalam hal penunjang pendidikan.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search