MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Travelling di Tengah Pandemi? Begini Cara Mempersiapkannya

Travelling di Tengah Pandemi? Begini Cara Mempersiapkannya
Add Comments
21 May 2021

“Bro, minggu depan jangan lupa untuk mempersiapkan hasil liputan tempat wisata yang saat ini tetap buka ya. Sekalian reviewnya”. Begitu kira-kira, pesan masuk dari aplikasi WhatsApp yang saya miliki. 


Sejak pandemi, memang banyak yang berubah. Mulai dari cara kerja, hingga proses pengambilan data. Sebagai blogger yang salah satu kerjanya adalah mereview tempat wisata dan menuliskannya, sudah pasti terkendala banyak hal.


Bisa jadi tempat yang direncanakan untuk didatangi tidak buka. Belum lagi, jika itu adalah wisata alam dimana untuk menjaga kondisinya dibutuhkan pemeliharaan rutin. Jika petugasnya saja tidak berusaha memelihara, maka mau tidak mau area tersebut bakal terlantar.


Padahal memang, banyak banget wisata alam yang saat ini dikelola mandiri oleh masyarakat sekitar dan belum melibatkan PEMDA setempat. Sehingga urusan pengelolaan sudah menjadi tanggung jawab masyarakat.


Untungnya, setelah satu tahun lebih pandemi, berbagai tempat wisata kembali berbenah dan mulai buka dengan penerapan protokol pencegahan pandemi. Saya sendiri pun, sudah mulai bisa menikmati beberapa tempat dan kembali melakukan travelling. Untuk tujuan menuliskan informasi terkait kondisi terkini berbagai tempat wisata.


Sadar akan resiko terpapar virus, sudah pasti saya pun menerapkan protokol pencegahan pandemi dengan ketat. Karena mau tidak mau, seperti ketika harus melakukan travelling ke suatu destinasi yang jaraknya cukup jauh dan ditempuh dengan berbagai moda transportasi. Mulai dari menggunakan pesawat terbang dan disambung menggunakan mobil untuk jalur darat. Semuanya harus dijalani. Sehingga pentingnya untuk tetap menerapkan beberapa hal ketika travelling.

travelling-di-tengah-pandemi


Menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga.

Bukan hanya untuk WFH saja kebugaran tubuh dijaga, tetapi untuk keperluan travelling maka sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh sebelum memulai. Apalagi jika destinasi yang ingin dikunjungi adalah destinasi wisata alam yang membutuhkan effort fisik yang sehat.



    Baca juga: cara terhindar dari hepatitis.


Biasanya, untuk menjaga kebugaran tubuh saya sendiri melakukan olahraga baik jogging ringan di sekitar kompleks maupun nge-gym di tempat fitness. Tujuannya jelas, agar otot-otot tetap terjaga dan imunitas tetap stabil.



Memastikan asupan gizi yang cukup.

Gizi yang cukup dan seimbang sudah pasti akan membantu menjaga daya tahan tubuh. Asupan gizi ini bertujuan agar energi yang dihasilkan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan aktivitas harian.


Tidak jarang loh, ketika travelling kebutuhan energi jauh lebih tinggi karena aktivitasnya melebihi aktivitas yang rutin kita lakukan sehari-hari. Saya sendiri selalu melengkapi makanan dengan serat dari sayuran dan protein dari hewani atau nabati, disamping menambahkan buah dan susu.



Mempersiapkan dengan baik segala hal sebelum travelling.

Ada beberapa destinasi wisata yang ketika dikunjungi membutuhkan waktu tempuh yang lumayan lama bahkan perlu menginap. Nah, persiapan yang dimaksud bukan hanya kebutuhan selama travelling saja seperti kamera untuk dokumentasi, uang secukupnya karena belum tentu di destinasi tujuan memiliki ATM hingga mempertimbangkan memilih penginapan jika dibutuhkan.


Saat ini, sudah banyak penginapan yang benar-benar ketat dalam menjalankan protokol pencegahan pandemi. Ini penting, agar ketika kita memilih penginapan pastikan memilih penginapan yang benar-benar taat. Jika memilih penginapan secara online, tinggal kita baca terlebih dahulu deskripsi dan reviewnya apakah sudah menjalankan protokol pencegahan pandemi. Jika masih belum yakin, tidak ada salahnya untuk menanyakan terlebih dahulu via telepon atau email ke penginapan yang dituju.


tips-memilih-penginapan

Tetapi, jika memilih penginapan secara langsung di tempat tujuan alias go show, maka tinggal kita lihat apakah memang benar, penginapan ini menerapkan protokol pencegahan pandemi, mulai dari area resepsionis hingga area kamar. 



Melindungi diri dengan optimal.

Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa jika keluar rumah, maka penting sekali kita untuk melindungi diri secara optimal. Apalagi jika pekerjaan kita selalu di luar rumah. Begitupun ketika travelling. 


Saya sendiri sudah mulai mempersiapkan diri dengan memakai masker, membawa hand sanitizer sendiri dan masker berlebih. Selain itu, sebelum menggunakan masker saya menggunakan QUIXX Nasal Spray. 


QUIXX-Nasal-Spray


Lah, kok pakai QUIXX sebelum masker, emang itu apaan?


Namanya melindungi diri dengan optimal alias EXTRA PROTECTION ya memang harus ga nanggung-nanggung. Seperti produk QUIXX Nasal Spray yang merupakan produk semprotan hidung berbentuk serbuk dengan fungsi membentuk lapisan gel pelindung di rongga dalam hidung. Ketika rongga dalam hidung kita terbentuk lapisan pelindung maka partikel udara kotor akan terhalangi. Tahu sendiri kan ya, kalau udara yang kita hirup saat ini bisa menjadi media perantara penyakit ISPA, sehingga sangat penting untuk kita lindungi.


“Cara pakainya, simpel kok. Tinggal semprotkan ke dalam hidung dan bernapas lah seperti biasa. Nah, saya sendiri ketika menggunakan, terasa sensasi mint yang menyegarkan. Jadi nafas akan terasa lebih plong.”


Saya sendiri sudah mulai terbiasa menggunakan #QUIXXNasalProtection sebagai #DailyDefenseExtraProtection sebelum menggunakan masker untuk aktivitas ke luar rumah. Apalagi jika travelling jauh, tinggal masukkan QUIXX di kantong. Simpel tetapi Extra melindungi.



cara-menggunakan-quixx-nasal-spray
Cara pakai Quixx Nasal Spray



Oh iya, 1 botol QUIXX bisa digunakan untuk 200 kali semprot. Kalau sehari dipakai 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari maka untuk satu botol bisa loh untuk 40 - 50 hari dan sekali pemakaian dapat bertahan hingga 6-8 jam. Apalagi harganya benar-benar terjangkau, sekitar Rp 120.000 dan bisa dibeli di Guardian, Viva Health, Kimia Farma, K24, Apotek Roxy (seluruh Indonesia). Atau jika ingin beli online bisa juga kok di Official Store Menarini di Tokopedia. Jangan khawatir, QUIXX bisa digunakan oleh orang dewasa, atlet, ibu hamil dan menyusui serta anak-anak di atas 2 tahun loh.


Pastinya nih ya, pandemi sekarang kita ga tahu kapan berakhirnya. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kita harus optimal dalam melindungi diri. Apapun jenis pekerjaan kita. Jangan lupa untuk tetap selalu menjalankan 5 M dan menggunakan QUIXX sebelum pakai masker.


Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.

  1. Sebelum traveling, memang perlu banget melakukan persiapan yang matang, biar acara liburan jadi lebih nyaman dan nggak kurang suatu apapun.

    Bedanya, kalau pandemi, kita wajib mematuhi prokes yang berlaku dan mempersiapkan proteksi diri agar aman dari virus, selain menyiapkan hand sanitizer dan masker, ternyata perlu juga loh membawa nasal protection untuk melindungi hidung dari berbagai kuman dan bakteri, salah satunya adalah produk dari QUIXX ya. Saya juga sekarang prepare QUIXX untuk mengurangi alergi dan melindungin hidung.

    Very nice artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Makanya itu bang, urusan travelling kayak sekarang harus ekstra proteksi.

      Delete
  2. Waah, saya baru tau tentang Quixx Nasal Protection ini. Dia bentuknya serbuk tapi sepertinya aman ga bikin tersedak waktu disemprot ke hidung.

    Pas banget dipakai sebelum masker soalnya kan pakai masker lumayan pengap. Jadi, pakai Quixx bisa napas lebih lega karena ada aroma mintnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Aman kok. Pas disemprotkan ke dalam hidung juga ga bikin tersedak. Sensasinya kayak mint gitu

      Delete
  3. Tertarik buat coba juga, Kak. Apalagi saya kalau pakai masker rasanya engap banget, nggak pakai masker takut. Untuk 200 kali semprot dengan daya tahan sampai 6 jam begini sangat pas dan nggak bikin boros pemakaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak. Makanya saya kalau keluar rumah ya pakai Quixx ini. Lumayan banget buat perlindungan ekstra

      Delete
  4. Kemarin pas merasakan anosmia aku pun lgsg kepikiran sama nasal quick spray.. Memang perlu ya pencegahan ekstra utk lebih terlindungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Karena keseringan pakai masker bisa pengap gitu. Kalau pakai Quixx terasa segar dan lebih terlindungi sih.

      Delete
  5. Quixx ini menyegarkan pernapasan alias bikin plong hidung. Makanya asik digunakan sebelum pakai masker. Jadi dapat proteksinya double

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. karena sensasinya itu sensasi mint. Makanya segar dan pastinya juga terlindungi.

      Delete
  6. Saya belum pernah nyoba nih Quixx. Jadi kepingin travelling tiap kali liat postingan tentang travelling. Oke deh ntar aku cobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh Mba. Apalagi kalau ada keperluan keluar rumah, Quixx ini bisa banget dipakai.

      Delete
  7. Yap. Setuju banget kak. Kalo kita nggak bisa mensiasatinya kegiatan ngeblog kita bakal keganggu juga yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Bener. Makanya kita yang harus ekstra proteksi agar semua bisa berjalan dan terlindungi.

      Delete
  8. Melindungi diri dengan optimal jadi poin kunci.

    Nah, memang agak tricky sih ya Mas kalau cari penginapan ala ala go show. Harus kuat badan juga karena akan ada proses pilih dan keluar masuk beberapa penginapan sampai ketemu tempat yang penerapan prokesnya ketat.

    Sudah lama nggak traveling. Senang baca tulisan begini, jadi tergoda lagi untuk buat itinerary.

    By the way, saya juga pakai Quixx setiap akan berpergian keluar rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia. Jadi memang Quixx ini sangat dianjurkan untuk digunakan jika ingin ke luar rumah.

      Delete
  9. semungil itu tapi bisa dipakai hingga 200 kali semprotan dengan manfaat yang luar biasa tentunya layak banget untuk di beli ya. Apalagi di masa pandemi gini kita harus ekstra dalam menjaga kesehatan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak. Terasa segar kok pas digunakan dan pastinya fungsinya untuk melindungi.

      Delete
  10. Penting banget emang ya extra protection dengan Quixx Nasal Protection ini. Jadi pengen beli juga untuk anak-anak kalau nanti sudah harus sekolah tatap muka nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh. Jadi kalau anak sebelum pakai masker nantinya, pakai Quixx dulu

      Delete
  11. sebenarnya klo mau traveling di tengah pandemi itu nggak apa apa ya kak. selama masih sehat dan tetap taat protokol kesehatan ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan juga sih dan pastinya memang harus kudu ekstra proteksi agar bisa tetap nyaman

      Delete
  12. Wah bisa nih QUIXX ini jadi perlindungan tambahan yaa untuk traveling selama pandemi ini. Bukan hanya Travelling, kemana mana keknya juga perlu pake ini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba. Kalau mau keluar rumah juga bisa banget loh pakai Quixx ini.

      Delete
  13. wah iya nih, kalo traveling di masa pandemi gini emang banyak banget persiapannyaaaa.. Aku juga pake quixx nih, jadi berasalebih terlindungi dengan perlindungan ekstra kalo keluar rumah.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu. Lumayan banget kan ya. Apalagi sensasi mintnya jadi terasa segar.

      Delete
  14. Pengen juga sih traveling bareng anak-anak tapi kalau masih pandemi gini belum berani, nassal protectionnya bisa dipake di rumah juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Cuma sebaiknya dipakai ketika keluar rumah saja. Agar terlindungi maksimal. Kayak mau belanja bulanan gitu.

      Delete
  15. Penasaran dengan QUIXX ini. Aku belum coba, tapi beberapa kali udah baca reviewnya di internet dan sepertinya berguna banget di masa pandemi seperti sekarang. Minimal ada perlindungan ekstra saat berada di luar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba Mon. Kalau kita sudah berusaha perlindungan ekstra, tinggal jaga imun dan jalankan protokol saja. Apalagi kalau kerjanya sering di luar

      Delete
  16. Iya ya baru sadar kalau hidung tuh memang kudu dipastikan bersih
    Soalnya kalau traveling juga kondisi Udara semuanya tak sama
    Nah, kalau hidung bersih, aman deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba. Jadi kalau pakai Quixx ini bakal terasa segar jadinya ketika bernapas menggunakan masker.

      Delete
  17. wah ini cocok banget buat saya yang travelingnya ke daerah-daerah penuh udara, wajib bawa saat kemana-mana ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener tuh. kemasannya juga kecil, jadi mudah untuk dibawa kemana-mana.

      Delete
  18. Yap betul banget saat pandemi travelling ga sebebas biasanya, perlu persiapan terutama soal kesehatan
    Terimakasih rekomendasi nya, aku jadi tertarik mau beli quixx juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Quixx memang bisa dipakai bukan hanya ketika travelling. Pas keluar rumah juga bisa dipakai kok

      Delete