Begini Cara Menata Meja Kerja Berdasakan Kondisi Rumah dan Kebutuhan

Bagi sebagian orang, keberadaan meja kerja adalah hal penting dalam mendukung pekerjaan harian, selain meja kerja yang berada di kantor. Tetapi terkadang, kondisi rumah tidak mendukung hal ini. Apalagi bagi masyarakat urban yang hanya memiliki rumah sederhana atau bahkan hanya memiliki sepetak apartemen tipe studio atau maksimal tipe dengan 2 kamar tidur. Sudah pasti dengan kondisi seperti ini, ketersediaan space adalah masalah utama. Sehingga perlunya mempertimbangkan keberadaan meja kerja. Untungnya, dalam acara Indonesia Properti Expo 2019 dalam sharing session, Zata Lugouw membagikan tips dan trik Menata Rung Kerja di Rumah.

Sharing session di Indonesia Properti Expo 2019 (sumber: akun twitter @alfarezz_ )


Menyediakan Tempat untuk Meja Kerja.

Meskipun memiliki space rumah sempit, tetapi ternyata banyak cara untuk mengakalin pemilihan posisi meja kerja yang diinginkan. Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan alternatif posisi meja kerja seperti:

A) Pojok ruang tamu

Pemilihan pojok ruang tamu sebagai tempat meja kerja, biasanya bagi mereka yang hanya memiliki space rumah yang sempit seperti apartemen dengan tipe 1 atau 2 bedroom. Sehingga mau tidak mau, penggunaan ruang tamu adalah pilihan utama untuk meletakkan meja kerja. Posisi berada di pojok dari ruang tamu, akan memberikan kesan “lega” meskipun di ruang tamu sendiri sudah terdapat sofa dan meja.
 
Meja kerja di salah satu pojok ruang tamu (sumber: Zata Lugouw)

B) Ruang keluarga

Biasanya, ruang keluarga menjadi alternatif keberadaan meja kerja bagi mereka yang memiliki aktivitas dan rutinitas yang intens di area ini. Selain menjadikan ruang keluarga sebagai tempat berkumpul dan bercanda ria, keberadaan meja kerja juga sangat memungkinkan sebagai furniture pelengkap ruangan. Sambil bercengkerama bersama keluarga atau menjaga aktivitas anak bisa sambil kerja di meja kerja yang sudah disiapkan.
 
Meja kerja di ruang keluarga (sumber: Zata Lugouw)

C) Ruang makan

Hanya mampu memiliki apartemen tipe studio, bukan berarti menghalangi untuk memiliki meja kerja. Biasanya tipe studio, hanya memiliki satu ruangan dimana tempat tidur, ruang makan dan ruang tamu berada dalam satu ruangan yang sama. Sehingga penempatan meja kerja sudah pasti berada di sekitaran ruang makan. Perlu untuk diperhatikan bahwa, pemilihan meja kerja di sekitar ruang makan artinya akan sering berdampingan dengan berbagai jenis makanan sehingga sebaiknya, pilihlah meja kerja dengan material yang mudah dibersihkan, agar jika terkena tumpahan bisa segera diatasi.
 
Aksesoris di sekitar ruang makan (sumber: Zata Lugouw)

D) Ruang khusus

Nah, bagi pemilik rumah tapak dengan banyak ruangan maka sangat disarankan untuk mendedikasikan satu ruangan khusus untuk dijadikan ruang kerja dengan meja kerja sesuai karakter dan intensitas pekerjaan. Keuntungan dengan adanya ruang kerja khusus adalah lebih fokus dalam pekerjaan karena terhindar dari berbagai gangguan internal dalam keluarga seperti suara teriakan anak yang sedang bermain. Selain itu pula, dengan adanya ruang khusus bisa dijadikan ruang inspirasi dalam mencari ide di atas meja kerja.

 
Contoh meja kerja yang bisa digunakan dalam satu ruang khusus (sumber: Zata Lugouw)

2. Memilih Meja Kerja yang Pas

Memilih meja kerja yang pas atau sesuai keinginan biasanya adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Gampang jika sudah memiliki mejanya, susah jika harus memilih meja kerja baru yang sesuai dengan karakter dan keinginan. Berikut adalah cara memilih dan memanfaatkan meja kerja yang pas:

A) Gunakan meja yang ada

Terkadang, meja kerja yang sudah ada pastinya sudah sangat dikenali baik bentuk, posisi dan karakternya. Sehingga tidak perlu lagi berpusing ria untuk memilih meja kerja baru, cukup memanfaaatkan meja kerja yang ada selama ini. Untuk menciptakan nuansa berbeda dari meja kerja lama, bisa dilakukan dengan menggunakan aksesoris kamar tambahan atau juga bisa diakalin menggunakan DIY moodboard, kalender ataupun tanaman hias.
 
Menambah aksesoris diatas meja kerja lama (sumber: Zata Lugouw)

B) Beli meja baru

Tempat baru, saatnya meja baru. Memilih meja baru jauh lebih mudah jika sudah memiliki gambaran akan bentuk yang diinginkan. Tinggal melihat model dari katalog yang tersedia beserta pilihan  warna yang diinginkan, maka meja kerja baru pun bisa segera menemani di ruangan kerja.

C) Bikin meja sendiri

Bagi yang kreatif, membuat meja kerja sangat disarankan. Selain bisa menyesuaikan model yang diinginkan juga pastinya bisa mengontrol biaya agar meja kerja sesuai budget yang dimiliki. Suatu kepuasaan tersendiri, jika mampu membuat meja kerja yang sesuai karakter diri, baik secara fungsional maupun estetika.
 
Desain meja kerja sendiri (sumber: Zata Lugouw)

D) Ergonomis

Dalam memilih meja kerja berdasarkan kondisi rumah dan kebutuhan, faktor ergonomis adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Kebayangkan, meja kerja sebagai tempat bekerja selama berjam-jam jika tidak ergonomis maka akan membuat cepat lelah. Ergonomis ini sangat berhubungan dengan ketinggian meja dan penyesuaian bentuk kursi. Pastikan semuanya mampu bersinergi untuk menciptakan nuansa nyaman dalam bekerja di atas meja kerja.

Jadi, sudah siap memiliki meja kerja idaman? Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tips dan trik diatas, agar tetap nyaman, sesuai budget dan pastinya pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu.

No comments:

Powered by Blogger.