MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Begini Caranya Memulai Karir Sebagai Data Science

Begini Caranya Memulai Karir Sebagai Data Science
Add Comments
26 July 2023

Pernah nggak sih terpikirkan, kerja dari rumah tetapi punya penghasilan tinggi? Terkadang pengen banget kan ya buka usaha tapi selalu saja terkendala  modal. Belum lagi jika tidak memiliki background pengusaha. Yang ada malah benar-benar memulai dan belajar dari nol.

data science

Nah, berbeda dengan data science. Beberapa jurusan kuliah yang memungkinkan seseorang menjadi data science antara lain jurusan matematika, statistika, sistem informasi, ilmu komputer dan data science. Tetapi bagaimana jika, tidak memiliki basic dari dua jurusan tersebut? Apakah masih memungkinkan memulai karir sebagai data science? Jawabannya, mungkin.

Apalagi dari segi penghasilan, seorang data science memiliki penghasilan diatas UMR loh. Lumayan banget untuk dijadikan sebagai mata pencaharian utama. Belum lagi jika sudah berpengalaman, gaji yang tinggi pasti akan mengikuti. Makanya jangan heran, banyak milenial saat ini tertarik untuk menguasai kemampuan sebagai data scientist.

Cara Memulai Karir Sebagai Data Science

Sebelum mengetahui, bagaimana cara memulai karir sebagai data science ada baiknya tahu terlebih dahulu, apa yang dimaksud data science. Terlebih akhir-akhir ini, posisi atau lowongan data science sempat viral di berbagai media sosial.

“Data science merupakan kemampuan dalam mengolah data yang rumit sedemikian rupa yang dimulai dengan persiapan data dan mengolahnya menggunakan kecanggihan teknologi informasi untuk kemudian mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam menciptakan strategi bisnis”.

Jika pada saat kuliah mengambil jurusan matematika, statistika, sistem informasi, ilmu komputer dan data science maka basic untuk menguasai data science sudah terbentuk. Tetapi, bagi mereka yang tidak kuliah di jurusan tersebut dan ingin memulai karir sebagai data science, dibutuhkan beberapa persiapan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Melatih Kemampuan Analisis

Berbicara terkait data analisis, itu artinya orang tersebut harus memiliki kemampuan analisis. Kemampuan ini sangat dibutuhkan sebagai kemampuan dasar sebelum memutuskan untuk fokus berkarir di bidang data science.

Kemampuan analisis ini juga berhubungan dengan kemampuan logika berpikir. Semakin logis dalam berpikir, maka akan mempermudah ke depan ketika mendapatkan sekumpulan data untuk dianalisis serta diekstrak informasi penting yang dibutuhkan.

2. Perdalam Kemampuan Matematika, Statistik dan Pemrograman

Dunia data science pastinya tidak akan jauh-jauh dengan kemampuan matematika, statistik dan pemrograman. Nah, jika dahulu sangat membenci jurusan ini karena tidak memiliki kemampuan mumpuni, maka sebaiknya pemikiran tersebut dibuang jauh-jauh.

Memulai Karir Sebagai Data Science

Fokuslah untuk mulai memperdalam kemampuan di bidang matematika, statistik dan pemrograman. Karena jujur, pekerjaan data science itu tidak akan jauh-jauh dari tiga mata pelajaran tersebut. Jangan lupa untuk membuka diri mempelajari hal baru, agar ilmu yang didapatkan bisa diserap dengan baik.

3. Mengikuti Kursus Data Science

Sadar atau tidak, untuk menjadi data science itu tidak instan. Butuh proses dan pembelajaran di dalamnya. Termasuk dengan mengikuti kursus data science. Tetapi perlu diingat juga, meskipun banyak beredar lembaga kursus pilihlah yang berpengalaman dan berkualitas. Salah satunya, adalah portal pembelajaran online GreatNusa.

Oh iya, bagi yang belum tahu apa itu GreatNusa. Tenang saja, saya akan kasih bocoran informasinya.

GreatNusa merupakan portal pembelajaran online yang memiliki visi mencetak pemimpin masa depan Indonesia yang berani menjadi pribadi HEBAT dengan materi pembelajaran berkualitas. HEBAT disini merupakan akronim dari kata Harmonis, Ekselen, Berani, Amanah dan Tangguh.

Sebagai portal pembelajaran online, maka akses pembelajaran yang disediakan benar-benar dipermudah. Sehingga bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Baik dalam bentuk kursus gratis maupun kursus berbayar melalui website dan aplikasi GreatNusa.

Di GreatNusa banyak sekali peserta didik yang memang ingin belajar dan mengambil keterampilan baru dalam mendukung karir atau malah memulai karir. Termasuk didalamnya adalah memulai karir sebagai data science.

GreatNusa

Untuk materi kursus terkait data science di GreatNusa juga ada yang gratis hingga berbayar. Pastinya setiap materi kursus akan disampaikan oleh para profesional dan diakhir kelas akan mendapatkan sertifikat kelulusan.

Pastinya sih dengan mengikuti kursus data science, maka kemampuan baik secara skill maupun pemahaman akan meningkat. Kemampuan ini bisa dijadikan sebagai modal awal untuk memulai karir sebagai data science.

4. Membangun Relasi dan Pandai Mempromosikan Diri

Ketika sudah memiliki basic skill dan knowledge terkait data science, maka jangan lupa untuk membangun relasi dan mulai mempromosikan diri atas skill yang kita miliki. Salah satu media terbaik untuk melakukan dua hal tersebut adalah Linkedin.

Pada platform Linkedin, jangan lupa untuk melengkapi profil sedetail mungkin termasuk skill data science yang dimiliki. Agar para penyedia kerja, melirik dan tertarik untuk merekrut kita. Selain Linkedin untuk membangun relasi dan mempromosikan diri, bisa juga kok memanfaatkan website Upwork untuk mencari pekerjaan terkait data science.

5. Secara Aktif Terus Meningkatkan Kemampuan

Ini yang penting juga. Banyak para pemula di data science cepat puas atas kemampuan hasil kursus yang dimiliki. Padahal, penting banget untuk terus mengasah kemampuan analisis yang dimiliki. Jangan sampai, setelah selesai kursus maka secara bertahap seiring berjalannya waktu, kemampuan tersebut juga berkurang.

Itulah mengapa, setiap kemampuan yang dimiliki harus terus diasah. Bila perlu sambil menunggu proses hire dan interview pekerjaan, maka sebaiknya sering melatih mengolah data.

Nah, buat kalian yang ingin memulai karir sebagai data science, jangan lupa untuk menjalankan tahap demi tahap tersebut. Mulai fokus dengan tujuan dan selalu mengosongkan isi kepala setiap memulai kursus agar ilmu yang didapatkan bisa terserap dengan baik. Percaya deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.