MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Persiapan Menjelang Mudik Lebaran

Tips Persiapan Menjelang Mudik Lebaran
Add Comments
16 March 2023

Menjelang bulan ramadhan, kamu persiapin apa saja ini? Sebagian besar orang menyiapkan menu terbaik, pakaian terbaik, cuti di hari pertama puasa, hingga persiapan menjelang mudik. Saat ramadhan, berkumpul bersama keluarga menjadi hal yang wajib dilakukan. Untuk itu, mudik adalah momen yang paling ditunggu-tunggu.

Tips persiapan menjelang mudik lebaran
Namun, apa saja yang sudah kamu persiapkan? Persiapan merupakan hal penting agar kamu tidak ketinggalan apapun saat dalam perjalanan. Lalu apa saja yang perlu dipersiapin sebelum mudik? Yang pertama adalah pesan tiket KA mudik di Traveloka. Setelah itu, ikuti tips persiapan menjelang mudik ramadhan di bawah ini.

1. Memeriksa rumah kembali

Tips persiapan menjelang mudik ramadhan yang wajib kamu perhatikan adalah memeriksa rumah kembali. Ini merupakan poin penting karena kamu harus memeriksa apakah sumber-sumber bahaya telah dimatikan. Pastikan apakah lampu telah dimatikan atau dinyalakan, gas telah dicabut, dan pintu telah dikunci. 

Sebab, kamu akan mudik dalam waktu yang lama. Jadi pastikan kamu meninggalkan rumah dalam keadaan aman. Sebagai tambahan, kamu dapat memasang kamera pengawas yang dapat kamu pantau dari kejauhan. 

2. Barang secukupnya

Tips persiapan lainnya adalah dengan membawa barang secukupnya. Ini akan memudahkan kamu selama perjalanan mudik karena kamu tidak akan direpotkan dengan barang bawaan. Selain itu, setelah mudik biasanya sangat memungkinkan untuk membawa buah tangan dari kampung halaman.

Jika kamu menggunakan pesawat, barang bawaan berlebih akan membuat kamu bayar lebih banyak. Sedangkan jika kamu bepergian dengan mobil, barang bawaan kamu akan membuat mobil menjadi sempit. Untuk itu, pastikan kamu membawa barang yang menurut kamu penting saja agar perjalanan jadi nyaman. 

3. Cek kondisi kendaraan

Dengan atau tanpa kendaraan, kamu tetap perlu memeriksa kondisi kendaraan. Jika kamu berencana meninggalkan kendaraan kamu, periksalah bensin, kondisi mesin, dan pajak kendaraan agar setelah mudik kamu dapat menggunakannya dengan nyaman.

Sementara itu, jika kamu berencana membawa mobil atau motor untuk mudik, maka periksalah kondisi mesin dan bensin kendaraan. Perjalanan nyaman adalah perjalanan dengan kendaraan yang berada di kondisi terbaik. Terlebih jika kamu akan menempuh perjalanan jauh. 

4. Jaga kesehatan

Kesehatan merupakan syarat utama jika kamu akan mudik. Pastikan bahwa kamu berada dalam kondisi sehat karena kamu akan menempuh perjalanan jauh. Selain itu, bepergian dalam kondisi sakit akan memperparah keadaan kamu. Kamu juga akan berpotensi menularkan virus jika tidak beristirahat dengan cukup.

Untuk itu, pastikan untuk tetap dalam kondisi sehat. Minumlah vitamin beberapa hari sebelum keberangkatan dan pastikan kamu beristirahat dengan cukup.

5. Kenakan baju yang nyaman

Kenakan baju yang nyaman juga menjadi tips persiapan menjelang mudik ramadhan yang dapat kamu perhatikan. Perjalanan jauh akan membuat kamu nyaman jika mengenakan baju yang sesuai. 

Jika kamu bepergian di malam hari, pastikan kamu mengenakan baju hangat dan jaket. Sebaliknya, jika kamu bepergian di siang hari, pastikan baju kamu tidak membuat kamu sesak selama perjalanan. Terlebih saat kamu mudik dengan motor atau bus, kamu perlu mempersiapkan baju yang lebih hangat agar tidak kedinginan dan membuatmu sakit. 

6. Smartphone dan uang tunai

Selama mudik, kamu tentu perlu memastikan smartphone dan uang tunai telah dibawa. Smartphone merupakan benda penting yang wajib kamu bawa untuk tetap berkomunikasi. Sedangkan uang tunai perlu tersedia karena beberapa kios dan toko di sepanjang perjalanan tidak menerima kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik lainnya. Untuk itu, penting untuk menyiapkan uang tunai yang cukup saat mudik. 

7. Obat-obatan dan vitamin

Pastikan kamu menyediakan obat-obatan dan vitamin saat mudik. Ini berguna bagi kamu yang membawa anak-anak. Perjalanan jauh mungkin pertama kali bagi mereka dan biasanya anak-anak rentan terhadap debu. Untuk itu, selalu sedia obat-obatan untuk mencegah penyakit dan selalu sedia vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. 

8. Periksa jadwal dan rute keberangkatan

Kamu juga perlu mengetahui jadwal dan rute keberangkatan. Jika kamu menggunakan transportasi umum, pastikan jadwal keberangkatan mengalami perubahan atau sebaliknya. Ini akan memudahkan kamu dan keluarga agar tidak ketinggalan kendaraan.

Periksa jadwal keberangkatan

Sebaliknya, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, periksalah rute yang akan kamu lewati. Saat mudik ramadhan biasanya terjadi kemacetan, untuk itu periksalah rute yang tidak akan dilalui oleh semua orang. Dengan begini perjalanan kamu akan nyaman dan aman.

9. Vaksinasi covid

Lakukanlah vaksinasi covid bila perlu. Semenjak pandemi, untuk perjalanan jauh kamu harus menyediakan dokumen vaksinasi sebagai bukti kamu terbebas dari virus. Jadi, pastikan kamu dan atau keluarga telah mendapatkan vaksinasi covid. Ini akan memudahkan perjalanan kamu karena tidak perlu lagi melakukan vaksin beberapa jam sebelum keberangkatan.

Nah, itu dia tips persiapan menjelang mudik ramadhan. Untuk pesan tiket Kereta Api, gunakan aplikasi Traveloka. Selain kereta api, kamu juga dapat memesan asuransi perjalanan, cenderamata, hingga perbekalan mudik lainnya. Yuk, persiapkan semuanya sekarang agar tidak ada yang ketinggalan.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.