MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Macam-Macam Aplikasi Kasir Dalam Mendukung Digitalisasi UMKM di Indonesia

Macam-Macam Aplikasi Kasir Dalam Mendukung Digitalisasi UMKM di Indonesia
Add Comments
18 February 2023

Bagi pecinta kulineran lokal, pastinya tidak akan melewatkan angkringan ketika lagi berkunjung ke Cilacap. Jujur, saya sendiri selalu nyobain loh tipe warung kaki lima yang menjual berbagai jenis satai-satai dengan harga bersahabat. Itulah yang dinamakan angkringan.

Aplikasi Kasir
Seperti ketika berkunjung ke Angkringan Sultan. Berbeda dengan tipe Angkringan lainnya, Angkringan Sultan ini sesuatu banget. Tempatnya sudah berada di salah satu rumah warga dengan desain menarik dan cozy, tetapi konsep angkringan tetap menonjol.

Deretan satai-satai berbaris dengan rapi. Belum lagi berbagai pilihan nasi dengan variannya juga tersusun rapi. Ketika selesai memilih dan mengambil nasi beserta satai maka proses selanjutnya adalah bakar satai. Disini para pengunjung akan ditawarkan dengan pilihan saus BBQ atau pedas.

Nah, menariknya meskipun ini adalah angkringan tetapi ketika proses bayar maka kita bisa melakukannya secara cashless. Tinggal scan QR Code yang disediakan, maka proses pembayaran pun selesai.

Awalnya nggak nyangka, ternyata angkringan juga sudah go digital terkait proses pembayaran. Makanya tidak heran jika saat ini bermunculan berbagai aplikasi kasir yang mempermudah para UMKM untuk sistem pembayaran.

Mengenal Berbagai Jenis Aplikasi Kasir

Mungkin masih ada yang belum paham, apa itu aplikasi kasir? Nah, buat kalian yang belum tahu, sini saya beritahu.

Jadi, aplikasi kasir merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk membantu sistem transaksi pembayaran secara digital. Semua item yang dijual otomatis sudah ada dalam sistem yang sebelumnya sudah didaftarkan. Sehingga ketika proses bayar, tinggal mencocokan jenis, nama dan jumlah barang tersebut untuk kemudian dilakukan proses pembayaran oleh customer.

Ada beberapa  orang juga menyebutkan aplikasi kasir adalah software kasir toko dimana fungsinya untuk menunjang perkembangan bisnis dengan mempermudah perhitungan, pencatatan keuntungan hingga melihat perkembangan penghasilan bisnis dari hari ke hari.

Saat ini, ada beberapa jenis aplikasi kasir yang sering digunakan di Indonesia. Antara lain:

1. YouTap POS

Youtap POS merupakan aplikasi usaha dengan POS dan pembayaran terintegrasi secara online sehingga mempermudah transaksi secara cash/cashless. Pada aplikasi ini bisa langsung dilakukan perhitungan dan penyesuaian pajak atas barang yang dijual.

2. Olsera POS

Sebagai salah satu point of sale, Olsera juga sudah banyak dipakai pada berbagai merchant makanan dan minuman. Menggunakan sistem Cloud, Olsera POS cukup menarik dan cocok untuk bisnis yang membutuhkan pencatatan penjualan dan inventori yang tepat. DItambah lagi dengan adanya fitur reservasi appointment untuk pelanggan setia yang tidak perlu lagi antri ketika datang nantinya.

Aplikasi Kasir
Contoh Bill dari Olsera POS

3. Moka POS

Sama seperti aplikasi point of sale lainnya, MOKA POS juga sudah memanfaatkan teknologi cloud. Disamping untuk mempermudah sistem pembayaran dan transaksi penjualan, Moka POS juga menghadirkan sistem contactless order untuk tujuan dine in, pick-up hingga delivery order.

4. True POS

Sebagai aplikasi kasir asal India, True POS juga sudah banyak digunakan di Indonesia. Rata-rata yang menggunakan True POS adalah gerai-gerai besar seperti department store, e-commerce dan layanan jasa servis yang membutuhkan sistem pembayaran menggunakan kartu ATM. Saat ini juga sudah mulai dikembangkan sistem aplikasi yang bisa digunakan oleh para UMKM.

5. Kasir Toko Pintar

Kasir toko merupakan aplikasi berbasis android yang sangat cocok untuk UMKM. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis tanpa iklan. Selain itu, karena diperuntukkan untuk UMKM, Kasir Toko ini bisa digunakan tanpa koneksi internet loh alias offline.

Untuk sistem laporan penjualan juga sudah lengkap karena laporannya disusun berdasarkan kategori sehingga bisa dipantau dan dianalisis sebagai bahan pertimbangan meningkatkan profit ke depannya. Buat yang usahanya ingin menggunakan aplikasi kasir, nggak ada salahnya loh langsung download aplikasi kasir toko.

6. iREAP POS

Sebagai salah satu aplikasi POS, iREAP POS hadir untuk memenuhi kebutuhan kasir digital. Baik berbasis android maupun berbasis cloud. Saat ini, ada lebih dari 400 ribu bisnis dari 100 lebih negara telah menggunakan iREAP POS.

Aplikasi POS
Khusus untuk UMKM, iREAP POS tersedia dalam bentuk iREAP POS Lite yang bisa didownload langsung di android. Dengan menggunakan iREAP POS Lite pastinya bakal membantu sistem pencatatan transaksi penjualan secara digital. iREAP POS Lite hadir secara gratis, tanpa batasan, ketersediaan master data, transaksi yang continue dan satu lagi tanpa iklan.

Tetapi jika menginginkan aplikasi POS dengan fitur lengkap yang disertai sistem invoice maka iREAP POS PRO adalah jawabannya. Perlu diperhatikan bahwa iREAP POS PRO ini diperuntukkan untuk usaha kecil-menengah dan pastinya software ini tidak gratis.

Perbedaan IReap Pos Pro dan Lite
Perbedaan iREAP POS Pro dan Lite
Tetapi tenang saja, kehadiran aplikasi iREAP POS ini benar-benar membantu digitalisasi UMKM di Indonesia. Bagi yang ingin menggunakan nggak ada salahnya baca dulu informasi detailnya di aplikasi kasir iReap POS agar tidak salah pilih.

Kini, para UMKM bisa dengan leluasa untuk menjalankan bisnisnya secara digital untuk sistem pembayaran dengan memanfaatkan aplikasi kasir. Jualan lancar, nggak bingung lagi deh hitung-hitungan pemasukan. Tinggal cek saja langsung di laporan aplikasi kasir yang digunakan. Simpel dan efisien.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Kukira iReap ini harus berlangganan. Ternyata aku salah. Kalo memudahkan spt ini UMKM pasti mau mencoba. Intinya program pemerintah dan swasta utk digitalisasi hasil penjualan ini hrs kita sambut baik. Toh untungnya banyak banget loh selain utk menekan peredaran uang palsu.

    ReplyDelete
  2. Variatif juga ya kak jenisnya, aku selama ini baru lumayan banyak ketemunya sama Moka dan Olsera, ternyata banyak juga termasuk iReap. Aku kira langganan aplikasi kasir tuh bakal mahal, tapi kalau di iReap malah nggak ada 50rb per bulannya ya. Untuk UMKM, menggunakan aplikasi kasir ini pasti jd bermanfaat banget krn jadi lebih tercatat dari transaksinya ya.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah makan di angkringan eh apalagi yg versi modern. Keren ya sekarang angkringan aja udah pakai aplikasi kasir.

    Aplikasi kasir sangat memudahkan ya dan murah juga bayarnya, mengingat manfaatnya yang jauh lebih besar untuk kelangsungan bisnis.

    ReplyDelete
  4. Makasih info aplikasi kasirnya, pengusaha pemula akan sangat terbantu dg aplikasi seperti ini

    ReplyDelete
  5. Aplikasi kasir akan sangat memudahkan pemilik usaha, mulai hanya 1 toko atau bagai yang punya banyak cabang. Seperti iReap POS dari 1 cabang mau ke banyak cabang tinggal pilih yang pro, dan fasilitasnya lengkap

    ReplyDelete
  6. seneng ya kalau ada yang memudahkan gini, jadi bisa meringankan ngurus bisnis apalagi buat pemula nih :)

    ReplyDelete
  7. Kalau ada yang bisa memudahkan transaksi kenapa tidak digunakan? Hal ini nih yang perlu diinfokan untuk umkm

    ReplyDelete
  8. Dengan ragam Aplikasi kasir ini jadi punya pilihan buat pelaku usaha agar pencatatan keuangan lebih rapi, serta yang utamanya itu dalam hal transaksi keuangan yang udah otomatis tercatat

    ReplyDelete
  9. baru tau kalau ada bermacam2 aplikasi kasir ya.. tapi yang bagus kayaknya ireap pos ya kak, bakalan sangat bermanfaat untuk bisnis retail nih ya

    ReplyDelete
  10. aku jadi ingat, Om-nya suami juga punya usaha angkringan. bisa nih kurekomendasikan beberapa aplikasi kasir ini.

    ReplyDelete
  11. Kebetulan saya juga punya usaha offline kecil-kecilan, baru tahu ternyata aplikasi kasir itu banyak yg gratis ya, setidaknya dengan adanya aplikasi kasir memudahkan utk pembukuan

    ReplyDelete
  12. Wah iya yaa, temenku yang punya cafe cocok nih pake aplikasi begini, ireap khususnya, jadi efektif kan yaa kak kerja kasir

    ReplyDelete
  13. dari sekian aplikasi kasir yang ada di list atas, saya baru nyobain iReap tapi yang light kalau yang pro kan harus berbayar yaaa. tapi saya sempat install dan mempelajari fiturnya, lengkap banget. tapi yang lite juga cukup lengkap kok untuk umkm skala kecil

    ReplyDelete
  14. banyak juga aplikasi kasir yang membantu para pelaku UMKM ini ya, Kak. Aku tahunya cuma iReap POS soalnya temenku yang kebetulan juga pakai

    ReplyDelete
  15. baru iReap aja nih yang pernah aku cobain dan emang ngebantu kita banget saat usaha

    ReplyDelete
  16. Kehadiran aplikasi kasir seperti iReap ini sangat membantu dan memudahkan banget ya buat usaha. Jadi gak perlu ribet lagi catat transaksi dan atur keuangan kalau udah punya aplikasi kasir ini

    ReplyDelete
  17. Eh akupun sama lho saat di pasar ada salah satu outlet frozen food pakai aplikasi kasir .aku merasa ownernya ini sudah melek teknologi dan memudahkan pembukuan mereka

    ReplyDelete
  18. Banyak juga ya aplikasi kasir yang bisa dipilih para pelaku usaha
    aplikasi kasir ini membantu pelaku usaha mengelola transaksi keuangannya dengan mudh dan efisien

    ReplyDelete