MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Novel Cerita Ade: Ada Hikmah Dibalik Setiap Kejadian yang Dialami Oleh Nia Ramadhani

Novel Cerita Ade: Ada Hikmah Dibalik Setiap Kejadian yang Dialami Oleh Nia Ramadhani
Add Comments
7 December 2022

 “Allah tidak akan menguji hambanya sesuai batas kemampuannya”. Percaya atau tidak bahwa setiap ujian yang diberikan merupakan tahapan dalam kehidupan untuk membuat seseorang bisa lebih bersyukur.

Novel Cerita Ade

Ada kalanya, kesuksesan yang kita miliki juga bisa menjadi ujian dalam kehidupan. Bukan hanya dalam bentuk bencana. Bahkan ujian dalam kehidupan juga bisa berasal dari masalah sepele di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.

Tetapi memang, satu yang pasti bahwa tidak semua orang bisa berhasil melewati ujian dengan baik. Ada langsung terpuruk. Ada juga merasa tertindas. Bahkan bisa juga kebahagian dan kesenangan yang dimiliki bisa langsung hilang dalam sesaat.

Makanya penting banget mengelola diri agar ketika kejadian atau musibah menimpa kita bisa melakukan dan menghadapinya dengan lapang dada.

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Tertimpa Musibah atau Kejadian Buruk

Musibah memang tidak pandang bulu, sehingga ketika kejadian ini datang maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

1. Selalu berusaha sabar dalam menghadapi musibah

Panik, stress, tertekan, kecewa dan marah bisa jadi adalah sifat yang muncul terlebih dahulu ketika musibah menimpa. Tetapi tahu nggak sih, jika hal tersebut terus menerus dilakukan, bukannya meredakan masalah malah menambah masalah baru. Makanya penting banget yang namanya sabar.

Berusaha selalu sabar dalam menjalani kejadian pilu atau bencana adalah salah satu cara terbaik untuk melewati ujian tersebut. Dengan bersabar maka kita akan bisa mengendalikan diri dan berusaha berpikir jernih untuk bisa melewati musibah yang menimpa.

2. Perkuat iman dan taqwa

Percayalah bahwa apa yang kita miliki dan kejadian yang menimpa kita itu semua sudah diatur oleh Allah. Tinggal bagaimana cara kita agar bisa tetap sabar dan pastinya berusaha semaksimal mungkin untuk memperkuat iman dan taqwa.

Bisa jadi kala tertimpa musibah, iman kita lagi lemah dan goyah. Melalui kejadian yang menimpa maka saatnya kembali berserah diri sepenuhnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

3. Berikhtiar untuk memperbaiki diri

Ketika seseorang tertimpa suatu musibah maka banyak yang terpuruk dan menerima apa adanya tanpa terus berusaha semaksimal mungkin. Padahal kita diberikan raga dan naluri untuk terus berikhtiar dalam rangka memperbaiki diri seutuhnya.

Bisa jadi musibah tersebut sebagai momentum mengingatkan kita yang lupa untuk terus berbuat hal baik dan positif di sekitar kita.

4. Mengambil hikmah dibalik musibah

Musibah memang selalu membawa penderitaan tetapi juga bakal memberikan hikmah. Jangan selalu memandang bahwa musibah itu selalu negatif. Saatnya memiliki pemikiran bahwa pastinya bakal ada hal dan pembelajaran dibalik semua itu.

Hikmah dari suatu kejadian membuat kita semakin peka dan peduli. Bahkan ada juga hikmah tersebut menyentuh lubuk hati terdalam kita. Seperti yang Nia Ramadhani rasakan kala terjerat kasus narkoba. Menjalani hari demi hari selama rehabilitasi ternyata membuat Nia semakin dekat dengan keluarga dan Tuhan.

Novel Cerita Ade


Hikmah Dibalik Kejadian Dalam Novel Cerita Ade

Tidak banyak orang yang ingin berbagi kejadian dalam hidupnya apalagi jika berhubungan dengan kasus narkoba. Makanya menjadi menarik dan luar biasa kala Nia Ramadhani menulis Novel Cerita Ade yang didalamnya juga menceritakan tentang keluarga broken home, romansa kisah cinta hingga bagaimana cara bangkit dari masalah kasus narkoba yang menjerat Nia kala itu.

Novel yang dieditori oleh kang Pidi Baiq ini benar-benar bisa jadi novel inspiratif di penghujung tahun 2022. Mengapa saya bilang seperti itu? Ini semua karena kita bisa menikmati alur cerita dan perjuangan tokoh utama dalam novel dalam mencapai kesuksesan.

Bukan hanya itu saja, ketika tokoh dalam novel juga mengalami kejadian terjerat narkoba, maka diceritakan dengan detail bagaimana proses rehabilitasi dan pasca rehabilitasinya. Apalagi di dalam buku, kala Nia menceritakan salah satu sosok orang penting dalam hidupnya. Ialah Ivan sebagai sang supir pribadi Nia.

Ada percakapan menarik antara Nia dan Ivan dalam buku Cerita Ade, tertulisnya seperti ini, “kenapa si Van, dulu, gak ngajarin gue sholat?”. Percakapan sederhana tetapi memiliki nilai religi dan penyesalan. Banyak sekali hikmah dari kejadian tersebut dalam buku ini yang bisa diambil salah satunya menjadi sosok religius dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hikmah dibalik kejadian
Saya sih percaya, bahwa memang setiap orang pernah berbuat salah. Tetapi bagaimana proses bangkit dan mengambil hikmah atas kesalahan masa lalu itu yang lebih penting.

Nah, buat kalian yang penasaran akan perjalanan hidup Nia Ramadhani dari kecil hingga memiliki suami dari keluarga konglomerat seperti sekarang, tidak perlu khawatir dan berkecil hati. Tinggal beli novel “Cerita Ade” di berbagai marketplace kesayangan. Buruan deh.

Tokopedia: Mizanstore

Shopee: Mizan Official Shop

Website: mizanstore.com (world wide shipping)

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.