MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Yuk Jualan Online: Jadikan Hobi Menjadi Ide Jualan Makanan Kekinian

Yuk Jualan Online: Jadikan Hobi Menjadi Ide Jualan Makanan Kekinian
Add Comments
24 October 2022

Pernah nggak sih, punya hobi terus terpikirkan untuk membuat bisnis dari hobi tersebut? Apalagi jika bisnis tersebut bisa dijalankan dari rumah. Makanya, yuk jualan online dari hobi kita.

Yuk Jualan Online

Jujur. Awalnya saya tidak pernah terpikirkan sih kalau hobi yang dijalankan saat ini ternyata bisa banget loh dijadikan ide untuk memulai bisnis. Saya sendiri sih, hobinya traveling. Entah itu dalam negeri maupun luar negeri.

Tetapi semenjak pandemi, hobinya sih tetap berjalan tetapi tidak seintens ketika sebelum pandemi. Bagi saya, traveling bukan hanya sekadar liburan semata tetapi waktunya untuk menikmati hidup dan investasi pengalaman. Ya kali, liburan hanya untuk kesenangan media sosial dan lifestyle doang. Untuk bagian ini, saya sih jadikan bonus saja.

Oke. Terus, pas traveling biasanya ngapain? Selain menikmati alam dan budaya setempat ada satu hal yang selalu tidak luput untuk dilakukan yaitu cobain kuliner dan belanja oleh-oleh. Apalagi di Indonesia kan ya, kulinernya itu melimpah ruah cita dan rasanya. Jadi, sayang banget untuk tidak dicoba. Sebut saja nih ya, rendang jika berkunjung ke Padang, pecel murah meriah jika mampir ke Madiun, coto dari Makassar, papeda dari Papua dan masih banyak kuliner lainnya dengan cita rasa lokal masing-masing.

Untuk urusan oleh-oleh ini juga penting. Saya sendiri selalu memilih oleh-oleh berupa makanan agar bisa dibagi-bagi buat keluarga atau teman kantor. Bahkan nih ya, tidak jarang loh orang kantor jika tahu saya lagi liburan ke suatu daerah nitip oleh-oleh khas tersebut. Seperti pas berkunjung ke Jogja, ada saja yang titip untuk dibelikan Bakpia kukus yang lagi trend.

Dari situlah saya terpikirkan, ternyata hobi traveling bisa memunculkan ide bisnis. Dan kalian tahu, apa itu? Apalagi kalau bukan ide jualan makanan kekinian.

Mengembangkan Ide Jualan Makanan Kekinian

Makanan dan kekinian. Dua kata yang pastinya sering beriringan sekaligus tampak ciamik jika bisa dikembangkan sebagai suatu usaha. Seperti yang saya sampaikan di awal tadi kalau dari hobi bisa jadi usaha.

Karena seringnya jalan-jalan kesana kemari dan mencoba mengamati akan trend kekinian, akhirnya sadar bahwa ide jualan makanan kekinian bisa banget loh dikembangkan. Asal memenuhi beberapa syarat. Menurut saya nih ya, meskipun hanya sebuah ide. Tetapi bisa banget loh untuk direalisasikan.

Untuk syarat jualan makanan kekinian versi saya sih, ada beberapa.

1. Bahan baku melimpah dan tersedia di lokal

Menerjemahkan dari ide ke dalam bentuk nyata apalagi makanan jelas harus mempertimbangkan bahan baku. Sebagai awalnya, cobalah dilihat di lingkungan sekitar atau pasar bahan baku melimpah dan tersedia di lokal. Pastinya banyak banget sih memang.

Perlu diingat juga. Bahan baku melimpah ini, bukan asal melimpah pada saat musimnya. Tetapi harus selalu ada tanpa pandang musim. Contohnya nih, di kota Palu. Selalu saja tersedia pisang, meskipun bukan musim pisang.

2. Harga terjangkau

Usaha makanan kekinian pasti berhubungan dengan market pasar para milenial yang beberapa diantara kelompok ini masih first employee. Bahkan ada juga masih sekolah atau kuliah sehingga pemilihan harga sangat penting.

Karena memang market makanan kekinian adalah milenial, harganya pun mengikuti kantong milenial. Tidak perlu mahal tetapi terjangkau. Dan ingat, harga murah belum tentu kualitas murahan. Yang penting, tentukan terlebih dahulu nett margin atau keuntungan bersih yang diharapkan dari total biaya produksi.

3. Tahan lama dan tidak cepat basi

Bisnis makanan kekinian, jelas banget harus juga disesuaikan dengan kebiasaan para milenial yang suka entertain, nongkrong atau cuma healing ala ala instagramable. Nah, untuk urusan ini, makanannya harus tahan lama jika dibeli dan tidak cepat basi. Apalagi jika ingin dibawa kesana-kemari, makanya penting banget syarat ini. Jangan sampai, baru dibeli siang hari, eh besok pagi sudah tidak bisa dinikmati. Sayang banget kan.

4. Eye catching dan tambahkan gimmick

Urusan makanan kekinian dengan pangsa pasar milenial jangan sampai melupakan bentuknya yang harus eye catching. Menarik untuk dilihat dan bisa jadi kebanggaan tersendiri ketika di upload pada media sosial.

Urusan eye catching dan penggunaan gimmick juga penting loh. Jika ada rasa sreg buat pembeli, maka mereka akan jadi media promosi makanan kekinian yang kita jual. Dari satu milenial, akan mereka bicarakan pada circle mereka begitu seterusnya.

5. Bentuk dan packaging menarik

Meskipun makanan kekinian yang dinikmati adalah isinya tetapi jangan lupakan packaging. Ingat, packaging menarik juga bisa menjadi brand image dari item yang dijual.

Beberapa Jenis Makanan Kekinian yang Layak Dicoba

Bagi yang terbiasa dengan makanan kekinian, pastinya nggak bingung lagi dalam memilih dan menentukan jenis makanan yang ingin dijual. Beberapa nih ya, jenis makanan kekinian untuk ide bisnis, antara lain:

1. Corndog

Suka drama Korea pastinya tidak terlepas dari makanan kekinian Corndog. Bahan dan proses pembuatannya pun sangat sederhana loh. Cukup menyediakan tepung, sosis dan potongan kentang.

Untuk membuatnya, tusuk sosis dengan tusukan sate dan balutkan tepung dengan cara digulung. Terakhir tambahkan potongan kentang dan goreng sampai berwarna coklat keemasan.

2. Brulee bomb

Brulee bomb viral karena dipopulerkan oleh artis Nagita Slavina. Dari bentuknya sih, seperti kroket tetapi bulat. Untuk isian, ada bawang bombay, keju, daging dan susu.

Oh iya. Tahu nggak, kalau Brulee bomb ini ternyata bisa banget loh dijual dalam bentuk makanan beku alias frozen food. Jadi, jika ingin cemilan enak kekinian, tinggal digoreng saja. Simpel banget pokoknya.

3. Bomboloni

Bentuknya sih mirip donat, tetapi jangan sampai salah sebut ya. Bomboloni ini, meskipun bentuknya mirip donat tetapi tidak memiliki lobang di tengahnya. Makanan kekinian ini sebenarnya berasal dari Italia dengan krim atau vla di dalamnya.

4. Egg Tart

Kue berisikan adonan telur di tengahnya dan berbentuk seperti mangkuk kecil dengan cita rasa lembut dan manis di tengah. Sejarahnya sih, kue ini berasal dari Portugis loh. Di Indonesia sendiri, egg tart sudah menjadi salah satu makanan kekinian untuk berbagai kalangan.

Yuk Jualan Online
Buat kalian yang ingin eksplor lebih lanjut, jangan lupa untuk baca juga artikel ide jualan makanan kekinian. Pastinya buat para anak muda milenial yang hobi masak atau suka kulineran, cocok banget dengan artikel tersebut. Karena menyajikan berbagai jenis ide jualan makanan kekinian. Apalagi bukan cuma itu doang, masih banyak artikel menarik lainnya yang bisa memberikan ide dalam mengembangkan bisnis.

Saya sendiri pun merasakan hal yang sama ketika membaca artikelnya. Ada beberapa insight yang didapatkan ketika membaca artikel tersebut seperti bermunculannya ide makanan kekinian yang ngehits sekaligus enak untuk dinikmati. Insight lainnya, ternyata banyak juga loh jenis makanan dari negara lain yang layak dijual dan dinikmati di Indonesia. Sehingga nanti jika liburan ke luar negeri, bakal lebih terbuka untuk eksplor makanan di negara yang tersebut agar menjadi ide bisnis nantinya.

Memilih Platform Marketplace yang Support untuk Yuk Jualan Online

Ketika sudah tahu, bagaimana cara dan syarat dalam menuangkan ide jualan makanan kekinian, pastinya dong sudah memikirkan juga tentang teknik pemasarannya.

Saat ini, semua orang bisa loh memulai bisnis makanan kekinian hanya dari rumah. Jika masih awal alias pemula, jangan minder kok untuk memulainya. Nggak harus punya toko mewah terlebih dahulu. Bisa dimulai dengan memanfaatkan area rumah sebagai tempat jual beli. Terus, jangan lupa untuk melakukan pemasaran secara online. Baik media sosial. Maupun marketplace.

Saat ini, gampang banget kok memilih marketplace sebagai media jualan. Pilihlah marketplace yang mempermudah setiap prosesnya. Seperti jualan di Lazada, itu simpel banget.

Apalagi ternyata ketika mulai daftar untuk jualan di Lazada itu memiliki banyak keuntungan serti adanya pendampingan seller baru selama 90 hari. Lumayan banget kan. Selain itu, proses validasinya juga cepat cuma sehari. Jadi jika sudah punya ide jualan makanan kekinian dan siap untuk dijual, tinggal daftar doang. Ditambah lagi, ternyata jualan di Lazada itu juga tersedia layanan gratis untuk ikut campaign dan promo. Gimana menarik banget bukan?

Tutorial Menjadi Seller Untuk Jualan di Lazada

Daripada bingung mau mulai darimana, mending yuk jualan online di Lazada. Tinggal ikutin saja tutorial berikut ya.

Langkah pertama, jangan lupa untuk masuk ke website Lazada dan pilih item “menjadi seller”.

Yuk Jualan online

Kemudian tinggal scroll ke bawah hingga ketemu dengan tulisan “daftar sekarang

Jualan di Lazada

Langkah berikutnya, lakukan pengisian alamat toko dan dokumen sebagai penjual seperti informasi bisnis dan rekening bank. Setelah itu, tinggal upload deh produk yang akan dijual. Tunggu verifikasi dan siap untuk berjualan.

Jualan di Lazada
Oh iya, sekadar informasi nih. Untuk dokumen yang diperlukan sebagai syarat menjadi seller perorangan di Lazada cuma KTP dan nomor rekening Bank doang.

Kesimpulan dari Ide Menjadi Jualan Makanan Kekinian

Buat yang punya ide jualan makanan kekinian setelah membaca artikel ini pastinya sudah ada gambaran bagaimana dalam menemukan ide makanan dan menjadikannya usaha dengan syarat seperti bahan baku melimpah, harga terjangkau, bentuk eye catching, kemasan menarik dan tahan lama.

Untuk urusan jualan dan marketing, tinggal manfaatkan fasilitas jualan di Lazada sebagai marketplace yang mempermudah setiap orang untuk melakukan penjualan makanan. Jangan lupa untuk cek tutorialnya ya.

Kini, siapapun bisa kok menjadi seller di Lazada. Makanya, Yuk Jualan Online dan dapatkan pengalaman pendampingan dan fasilitas gratis dari Lazada.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Bisa jadi motivasi buat yang pengen bisnis di rumah ya mas.. Jualan online bisa meningkatkan UMKM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Cara daftarnya juga gampang

      Delete
  2. Ide jualan makanan kekinian ini cocok buat emak2 yang pengen nambah uang jajan yah. Bisa ya jualan di Lazada jadi lebih mudah dan ngga perlu punya toko offline. Ngga ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia. Jadi bisa sambil kerjakan urusan rumah

      Delete
  3. tahun lalu aku sempat buat berjualan dan ngerasain gimana serunya pas kita harus bangun dari awal, dari cari kemasan sampai metode pengiriman. rasanya pengen ngulang lagi buat berjualan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Koh. Semoga terus konsisten ya Koh dengan penghasilan dari jualan

      Delete
  4. bisnis online sekarang menjadi salah satu pilihan untuk terus bisa dapet cuan dunia maya. kudu beneran belajar cara dan tekniknya supaya jualan makin mumpuni yes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Apalagi dapat support system' dari Lazada

      Delete
  5. Saya banyak semaki membaca kisah sukses jualan itu karena dari hobby, Mas. Karena dikerjakan dengan senang hati, maka hasilnya juga maksimal. Jadi kalau sudah ada peluang usaha, maka harus terus semangat jualan. Apalagi banyak dukungan, salah satunya dari Lazada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget bang dan memang untuk urusan bisnis itu bisa dimulai dari hobi sih.

      Delete
  6. Buat menjalankan bisnis apalagi bidang kuliner, sebisa mungkin memang bahan bakunya yang awet lah ya, jangan yang lekas nasi atau kadaluarsa, biar menghemat pengeluaran juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia kalau seandainya sudah awet jadi kontrol bahan bakunya juga enak.

      Delete
  7. Kupikir ide jualan makanan kekinian memang rasanya nggak ada matinya dah. Maksudku tu semua orang butuh makan dan ngemil. Hehehe

    ReplyDelete
  8. Berjuang produk yang diinginkan bisa bikin lebih semangat ya mas
    Kalau mau jualan online, emang paling pas jika nermitra dengan LASZADA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget apalagi proses pembuatan akunnya cepat.

      Delete
  9. Sekarang banyak banget yang jualan produk kekinian. Harga pun bervariasi sehingga konsumen punya banyak pilihan. Hampir semua bisa ditemukan di Lazada ya? Mungkin karena ada pendampingan usaha ya, makanya produk apapun bisa dicari di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Jadi lebih mudah sih emang

      Delete
  10. Bisnis online tu yang okee dijaman now gak perlu modal gedhe spt sewa toko, recrut pegawai dkk. Bisnis online dr hasil foto2 kita yg cakep thd suatu produk di share, kalau ada pesanan di proses.

    Lazada oke ba get sbf platform jualan online (gusti yeni)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia. Yang pasti jadi lebih mudah

      Delete
  11. Bisa jadi ide bisnis sampingan buat Emak-emak blogger juga nih, Kak. Makasih insight-nya...

    ReplyDelete
  12. Jualan di Lazada itu seru ya, kita sebagai penjual bisa dibantu untuk mengembangkan usaha kita karena banyak artikel menarik untuk bahan belajar penjual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Intinya jadi lebih mudah untuk jualan online

      Delete
  13. Pengin banget jualan online dari hobiku yaitu makan, hehe. Lagi mikir2 juga kira2 jenis makanan apa yang cocok buat calon bisnis online-ku. Kayaknya jual cemilan bisa dicoba nih, kerjanya gak terlalu berat jadi cocok jadi sampingan IRT. Kalau akun jualan di LAZADA? AKu dah punya dong buat bisnis dasterku.

    ReplyDelete
  14. Aku juga kepikiran jualan o line, tapi bingung mau jualan apa hahaha...
    Jualan makanan boleh juga ya, soalnya makanan itu barang biaa dibeli berulang ulang..

    ReplyDelete
  15. Aku nih kayaknya paling gemesss kalau lihat makanan bentuknya cantik, packaging nya menarik, apalagi kalau rasanya enak pengen lasung beliiiii.

    ReplyDelete
  16. Sekarang jadi lebih mudah ya, dalam membuka usaha. Simpel banget dah.

    ReplyDelete