MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Cerahnya Masa Depan E-Sport dengan Dukungan Internet Murah dari IndiHome

Cerahnya Masa Depan E-Sport dengan Dukungan Internet Murah dari IndiHome
Add Comments
12 October 2022

Tak ada yang menyangka, jika dulunya bermain video games adalah hal yang dibatasi oleh para orang tua. Kini bisa menjadi hal membanggakan. Bukan hanya untuk diri sendiri dan keluarga, tetapi juga untuk kebanggaan negara. Semuanya karena efek dari kemajuan teknologi digital.

internet murah

Saya masih ingat dengan baik, kala itu tahun 2018 saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Saya pun ikut menyaksikan dengan gegap gempita, mulai dari opening ceremony hingga pertandingan cabor demi cabor.

Nah, disela-sela waktu nonton cabor badminton saya pun tertarik dengan cabang olahraga eksibisi. Awalnya saya berpikir bahwa, mungkin ada olahraga fisik terbaru yang bakal diperkenalkan pada Asian Games 2018 seperti petanque, gateball atau olahraga fisik lainnya yang memang belum familiar. Tetapi, ternyata tebakan saya salah.

Surprise banget, ternyata kala itu cabang olahraga eksibisi adalah bidang olahraga elektronik atau yang sekarang kita kenal dengan nama e-sport. Meskipun tidak termasuk dalam perhitungan medali Asian Games 2018, e-sport cukup menjadi pusat perhatian. Bukan tanpa sebab. Ini semua karena kemajuan teknologi digital yang melahirkan berbagai jenis e-sport yang juga membutuhkan strategi, kecekatan, ketangkasan dan kerja sama tim untuk menang. Layaknya olahraga fisik lainnya.

Dan nggak tanggung-tanggung, tercatat ada 6 jenis video games yang menjadi e-sport kala Asian Games 2018 yaitu Arena of Valor (AoV), Pro Evolution Soccer (PES) 2018, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone, dan Starcraft 2. Hadirnya olahraga eksebisi e-sport menjadi awal kebangkitan dan pengakuan kemajuan teknologi digital di Indonesia dalam bidang olahraga elektronik.

Kebanggaan Sebagai Pemain E-sport Profesional

Sea Games 2021 yang diselenggarakan di Vietnam bulan Mei 2022 lalu memang menjadi ajang bergengsi buat para atlet di Asia Tenggara. Termasuk juga buat tim e-sport Indonesia. Jika pada Asian Games 2018, e-sport hanyalah olahraga eksebisi. Nah, pada Sea Games 2021, e-sport sudah menjadi cabor resmi yang dipertandingkan dan termasuk dalam perhitungan medali.

Kerennya lagi, tim e-sport Indonesia berhasil menyumbangkan 6 medali di ajang kompetisi olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Ada 2 medali emas, 3 medali perak dan 1 medali perunggu.

Medali emas Sea Games 2022 cabor PUBG
Tim Indonesia peraih medali emas PUBG Mobile esports di Sea Games Vietnam 2022 (sumber; suara.com)
Untuk medali emas pertama disumbangkan oleh tim Garuda yang bermain di nomor Free Fire. Sedangkan untuk medali emas kedua berasal dari tim Garuda untuk nomor pertandingan PUBG Mobile kategori beregu.

Prestasi yang luar biasa ini menjadi pemantik buat para gamers di Indonesia bahwa ternyata hobi bermain games juga bisa menjadi kebanggan untuk negara.

Olahraga Elektronik Untuk Semua Kalangan

Coba deh dicek masing-masing smartphone-nya, pasti memiliki satu atau dua bahkan lebih aplikasi bermain games. Kini, tidak dapat dipungkiri. Tingginya mobilitas dan tuntutan kerja menjadikan bermain games adalah salah satu solusi untuk mengisi waktu luang.

Makanya tidak heran nih ya, ketika lagi menunggu kereta di peron station, banyak tampak beraktivitas dengan gadgetnya. Begitupun juga saat waktu senggang istirahat kerja. Bermain games adalah salah satu kegemaran yang sudah menjadi rutinitas pelengkap kegiatan harian.

Untungnya sih memang sudah didukung dengan hadirnya internet murah. Jadi urusan bermain games online bukan lagi masalah.

Tapi memang sih, teori supply and demand itu berlaku banget dalam kemajuan e-sport ini. Kerasa banget kan ya, jika tidak adanya internet murah maka lambat laun orang akan malas nih bermain games online. Atau hanya orang ekonomi tertentu saja yang bisa bermain. Maka penting banget nih kehadiran internet murah dalam mendukung perkembangan e-sport itu sendiri. Apalagi, olahraga elektronik tidak memandang umur, jenis kelamin dan status sosial. Semua orang bisa bermain dan menikmatinya dengan mudah. Hanya dengan smartphone dan internet. That’s all.

Masa Depan Bidang Olahraga Elektronik Dengan Dukungan Kemajuan Teknologi Digital

Percaya nggak sih, kalau masa depan itu bisa cerah jika banyak yang mendukung. Terus bagaimana nih terkait masa depan e-sport? Apakah bisa secerah sinar mentari? Atau hanya sekadar hangat-hangat tahi ayam?

Menurut saya nih. Dengan melihat beberapa fakta dan perkembangan e-sport terakhir, pastinya bakal cerah benderang. Ada beberapa hal yang menurut saya pribadi bakal mendukung e-sport teru berkembang antara lain:

1. Inovasi smartphone dengan spek ‘dewa’ dan harga terjangkau

Salah satu hal penting yang harus dimiliki jika ingin terjun dalam e-sport adalah smartphone yang mumpuni. Untungnya saat ini, banyak provider smartphone menawarkan spesifikasi menggiurkan dengan spek “dewa” tetapi harganya tetap terjangkau.

Makanya tidak heran, jika semua kalangan bisa banget menikmati permainan games online. Harga smartphone terjangkau adalah salah satu kunci yang bisa meningkatkan jumlah para pemain games online.

Hadirnya spesifikasi luar biasa seperti ini, pastinya bakal memberikan pengalaman bermain games terbaik dalam genggaman. Tidak perlu lagi khawatir bakal ketinggalan “mabar” alias main bareng. Karena dimanapun dan kapanpun, “mabar” bisa terealisasi. Semuanya berawal dari smartphone dengan spek dewa dan harga terjangkau.

smartphone untuk e-sport
2. Banyaknya kompetisi e-sport pada berbagai skala pertandingan

Layaknya kompetisi olahraga fisik yang berawal dari tingkat desa, kecamatan, provinsi, nasional hingga internasional ternyata hal ini juga berlaku untuk e-sport. Saat ini sudah banyak banget loh kompetisi olahraga elektronik, baik pelaksanaannya secara online maupun on the spot.

Hampir setiap bulan, selalu saja ada jadwal kompetisi. Baik skala nasional maupun internasional. Hadiahnya pun juga sangat luar biasa, hingga milyaran rupiah. Itulah mengapa, prediksi saya nih untuk e-sport ke depan bakal lebih banyak penggemarnya.

Pastinya bermunculan bakat-bakat baru yang memiliki kemampuan dan daya taktik terbaik dalam mengalahkan pemain lainnya. Percaya deh. 

Kompetisi Lead National Series 2022

Kompetisi Lead National Series 2022 (sumber: indihome.co.id)

3. Dukungan internet murah hingga pelosok negeri

Bermain games online tanpa internet serasa sayur tanpa garam. Hambar bro. Sulit banget terealisasi. Tapi tenang saja. Untuk urusan internet, jelas sudah ada ahlinya apalagi untuk internet murah hingga pelosok negeri. Apalagi kalau bukan IndiHome yang mampu menghadirkan internet murah untuk semua.

Oh iya, sekadar informasi nih kalau IndiHome itu merupakan singkatan dari Indonesia Digital Home yang merupakan salah satu produk layanan dari PT Telkom Indonesia (persero) berupa paket layanan komunikasi dan data (internet).

Sebagai salah satu produk dari Telkom Group, makanya tidak heran kalau IndiHome itu hadir dan tersebar di seluruh Indonesia. Dan pastinya nih, menghadirkan layanan internet murah dan mendukung perkembangan olahraga elektronik.

Jangkauan IndiHome

Jika semua masyarakat memiliki akses internet, otomatis bakal menikmati dampak positif kemajuan teknologi digital itu sendiri. Makanya, ke depan nggak akan heran lagi jika para orang tua mendukung anaknya untuk menjadi atlet e-sport profesional. Karena kemudahan akses dan tidak membutuhkan fasilitas mewah. Cukup internet murah dan smartphone dengan harga terjangkau.

So, jangan heran lagi jika nantinya pemenang e-sport berasal dari daerah di Indonesia yang mungkin kita tidak pernah dengar namanya tetapi sangat cakap dalam bermain video games. Semuanya karena ketersediaan akses internet murah dari IndiHome yang menggapai seluruh daerah di Indonesia.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Gak hanya device yang mumpuni ya yang dibutuhkan buat menjadi atlet e-sport ini, jangkauan internet luas dan cepat kudu mendukung juga, karena e-sport ini sudah banyak yang melirik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Makanya sekarang support sistem juga keren

      Delete
  2. Dulu bermain game dianggap hal yang hanya menyia-nyiakan waktu tp seiring waktu sekarang bermain game bisa dibuat kegiatan yg positif dengan ajang esport dan tentunya konten game yang makin kreatif ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Itu dia. Banyak banget sekarang games yang keren-keren bermunculan

      Delete
  3. Benar sekali nih, Mas. E-sport sudah dijadikan cabor resmi pesta olahraga. Dan kerennya, atlet-atletnya itu anak-anak muda. keren sekali.
    Makanya segala sesuatu itu pasti ada manfaatnya juga. Termausk manfaat bermain game.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. Itu dia Bang. Generasi muda sangat dekat memang dengan e-sport ini.

      Delete
  4. iya bener kak, kalau dulu kita sering dimarahi kalo terlalu lama main game. tapi beda dengan jaman sekarang, main game bisa dapat berbagai manfaat seperti mengembangkan skill, bahkan bisa mendapatkan uang dengan mengikuti berbagai turnamen. emang semua berkat kemajuan teknologi dan juga akses internet yang cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba. Kemajuan teknologi benar2 terasa manfaatnya

      Delete
  5. Ehh masyaAllah keren banget euy!! Aku ngga ngikutin PUBG tapi baca artikel ini jadi kepo lhoo, beneran bisa mengangkat bendera kita di kancah internasional lhooo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak. Ada 6 medali yang diraih dan dua diantaranya adalah medali emas

      Delete
  6. Suamiiku yang suka ngegames bahkan kalau stress cari solusi dengan ngegame. Waah kereen ikut bangga Indonesia menjuarai game (gusti yeni)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang games itu bisa juga pelarian dari strees

      Delete
  7. Wah iya, jadi atlet e sport menjadi cita cita anak muda saat ini
    Atlet e sport juga punya peluang yang menjanjikan ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Apalagi dapat hadiah. Pasti pada mupeng kan ya

      Delete
  8. Aku masih belum kebayang sih gimana teknisnya olahraga yang satu ini
    Tapi memang sepertinya menarik sekali, terutama buat anak-anak gen z
    Dan tentu saja, koneksi internet yang cepat dan hamdal menjadi kebutuhan penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Internet sangat dibutuhkan untuk support

      Delete
  9. E-sport ini lagi naik daun dan jadi profesi masa depan nih. Malah sudah jadi salah satu cabang olahraga menjanjikan. Makanya dibutuhkan jaringan internet yang stabil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak Mon apalagi jika daya jangkaunya hingga se-Indonesia. Sehingga pemerataan akses internet untuk kebutuhan e-sport nantinya bisa dirasakan oleh semua kalangan.

      Delete
  10. Indihome sangat membantu masyarakat terutama di pelosok dalam hal internet.

    Internet hadir membuat kita dimudahkan dengan informasj apapun. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Makanya penting banget nih akses internet apalagi deh untuk daerah-daerah terpencil di Indonesia.

      Delete
  11. saya termasuk orang tua yang masih membatasi main games nih mas hihi,keren ya esport ini jadi olahraga yang dulu aja gak kebayang bakaljadi bagian dari olahraga, dunia berubah dan kita memang harus beradaptasi untukmnghadapinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membatasi boleh asal jangan mengekang agar anak-anak juga bisa ikut berkembang meskipun lewat e-sport.

      Delete
  12. duh sekarang memang keren ya, banyak anak muda jadi atlet e-sport, gimana gak ya, skrg ada paket internet yg mumpuni plus anak jaman now emang gape bgt sm gadget dan game2 mobile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia makanya nggak perlu heran lagi deh kalau kita jalan-jalan ke mall terus lihat kompetisi e-sport lagi running di sana.

      Delete
  13. hahah betul, kak, zaman udah berubah banget yaa. dulu sih saya ga diomelin ibu kalau ngegame karena emang jarang2 aja sih ngegame nya.. dan yang penting tau waktu. peer kudu kelar dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener banget yang paling utama adalah PR harus beres.

      Delete
  14. aku anak game banget dari kecil. dari jaman punya PC, terus kakak buka rental PS, sampai sekarang ada mobile games. dan game memang menyenangkan

    ReplyDelete
  15. Bener banget. Sekarang sudah ada cabor e-sport dan ini juga menjanjikan

    ReplyDelete
  16. Waah sekarang suka main game bisa jadi atlet e sport ya. Jadi salah satu cabang di sea games juga

    Kalau dulu anak suka main game dimarahin. Kalau sekarang bisa jadi profesi

    ReplyDelete