MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Inspirasi Menu Ramadhan: Keripik Tempe Kobe

Inspirasi Menu Ramadhan: Keripik Tempe Kobe
Add Comments
12 April 2022

Alhamdulillah ya Ramadhan kembali menyapa. Ibadah sudah pasti sangat gencar. Berbagai persiapan dilakukan seoptimal mungkin. Termasuk dalam mempersiapkan menu berbuka. Tapi pernah nggak sih merasa bahwa setelah beberapa hari berpuasa, bingung dalam memilih menu berbuka? Nah kalau pernah, berarti kita sama.

Tepung bumbu Kobe
Sebagai warga Indonesia banget, buka puasa pastinya identik dengan cemilan. Ya kan. Saya juga gitu soalnya. Alhamdulillahnya sih, ide cemilan selalu ada. Tetapi terkadang sekreatif apapun dalam mempersiapkan menu berbuka, pasti ada waktunya mentok ide. Alias no idea.

Nah, kalau kayak gini ujung-ujungnya bakal beli menu berbuka kan ya. Bukannya hemat malah tambah boros. Secara urusan menu berbuka ini kan bukan hanya untuk diri sendiri doang tetapi untuk keluarga juga.

Jujur ya, di keluarga sih kalau urusan berbuka pasti selalu ada gorengan. Apa-apa serba digoreng gitu. Rasanya yang gurih ditambah dengan bunyi kriuk…kriuk…Jadi menggugah selera pokoknya. Cuma terkadang nyebelinnya itu kalau sudah digoreng terus ditinggal beberapa jam, eh kriuknya hilang. Untung banget pas searching di Google gitu, ketemu deh dengan inspirasi menu 30 hari bulan ramadhan. Alhasil, nggak bakalan bingung lagi.

Secara nih ya, kalau cek menunya itu simpel banget, bahan-bahannya mudah didapat dan satu lagi nih, untuk recook-nya juga mudah. Tinggal ikuti step by step nya. Dan yang pasti hasil masakannya enak dan lezat. Ini penting banget loh.

Menelisik Menu Pilihan Dalam Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan

Surprise banget ketika tahu bahwa menu inspirasi yang tersedia sangat variatif. Bahkan bukan hanya menu berbuka loh yang ada tetapi juga menu sahur. Saya pun mencoba untuk membuat salah satu menu yang ada yaitu Keripik Tempe menggunakan Kobe Tepung Tempe Kriuk.

Oh iya, sebelum membahas terkait resep Keripik Tempe saya ingin menyampaikan terlebih dahulu nih terkait Kobe.

“Kobe meskipun terdengar seperti bahasa Jepang tetapi Kobe merupakan singkatan dari Kata Orang Banyak Enak. Kobe sendiri memulai bisnisnya sejak tahun 1979 di Semarang dengan produk pertamanya adalah tepung bumbu. Produk inilah yang menjadi pionir tepung bumbu di Indonesia”.

Jadi nanti kalau ketemu dengan produk Kobe, jangan sampai salah persepsi lagi ya kalau produk ini produk Jepang. Produknya asli Indonesia kok.

Resep Keripik Tempe Kobe

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa keluarga di rumah itu sangat senang banget bila menikmati menu berbuka dengan gorengan, Untung banget temu resep Keripik Tempe Kobe ini. Buat kalian yang juga ingin menikmati keripik tempe kriuk…kriuk...kriuk... Berikut saya bagikan resepnya.

Bahan:

1. Tempe 1/2 papan

2. Kobe Tepung Tempe Kriuk (70 gram)

3. Air (125 mL)

4. Daun jeruk (3 lembar), iris halus

5. Minyak goreng 500 mL

 

Cara Membuat:

1. Iris tempe setipis mungkin kemudian goreng hingga matang dan kering.

2. Buat larutan tepung bumbu dengan cara mencampurkan tepung bumbu kobe dengan air, aduk hingga larut sempurna.

3. Tambahkan daun jeruk yang sudah dihaluskan ke dalam larutan tepung.

4. Masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalam larutan tepung.

5. Goreng kembali dengan minyak hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.

6. Tiriskan dan tunggu hingga dingin. Setelah itu simpan di dalam wadah seperti toples.

 

Keripik Tempe Kobe
Hasil Kreasi Tempe kriuk dengan Tepung Bumbu Kobe

Cita Rasa Keripik Tempe Kobe

Tahu nggak sih kalau ternyata resep keripik tempe di atas mudah banget ya untuk diikuti. Bahannya juga sangat gampang untuk disiapkan. Cukup tempe dan tepung bumbu Kobe. Selain mudah dalam membuat, pastinya dong rasa yang diciptakan juga enak. Apalagi tempe hasil kreasi ini bisa tahan lama loh. Kriuknya itu bisa sampai 24 jam.

Untuk rasa juga enak. Sensasi gurih dari paduan tempe dan bumbu yang ada dalam kandungan tepung Kobe membuat setiap gigitannya benar-benar enak. Padahal menunya hanya tempe. Ini karena dalam tepung bumbu Kobe mengandung ketumbar asli. Dan satu lagi, tepungnya tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan.

Nah, buat kalian nih ya yang ingin mencoba menu keripik tempe kobe ini tidak ada salahnya loh untuk dicoba recook menggunakan tepung bumbu Kobe. Atau jika ingin mencari inspirasi menu ramadhan lainnya, tinggal mampir saja ke websitenya atau klik gambar di bawah ya. Kalau saya sih sudah di print semua menunya jadi aman deh.

Resp Tempe kriuk
Kini, tidak ada lagi kebingungan dalam mempersiapkan menu berbuka dan sahur karena sudah tersedia resep inspirasi hingga ramadhan hari ke-30. Yuk, cobain.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.