MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Ketahui Fakta dan Mitos Seputar Kehamilan Bersama dr Indra NC Anwar, Sp. OG

Ketahui Fakta dan Mitos Seputar Kehamilan Bersama dr Indra NC Anwar, Sp. OG
Add Comments
6 February 2022

“Eh nanti kalau sudah mau lahiran jangan lupa banyak-banyak minum minyak kelapa”

“Coba bawa gunting ya kalau kemana-mana, agar lebih aman”

“Konsumsi kacang hijau deh tiap hari, supaya bayi rambutnya jadi lebat nanti ketika lahiran”

 

mitos seputar kehamilan

Buat para ibu hamil, pastinya sering ya mendengar kalimat tersebut. Entah itu berasal dari keluarga sendiri atau dari rekan-rekan sejawat. Emang sh, selama kehamilan pastinya para ibu ingin mempersiapkan diri dengan cara terbaik. Begitupun juga dengan janin yang dikandung. Berbagai car pastinya dilakukan, agar janin tetap sehat hingga lahiran. Tetapi perlu juga untuk mengetahui, mana fakta atau malah mitos seputar kehamilan.

Untung banget nih, pada tanggal 27 Januari 2022 kemarin ada Kulwap alias Kuliah WhatsApp bersama dr Indra NC Anwar, Sp. OG yang membahas seputar fakta dan mitos selama kehamilan. Bahkan saking antusiasnya para peserta Kulwap dari awal sesi hingga akhir berbagai pertanyaan dan jawaban silih berganti loh. Penasaran kan, apa saja yang dibahas. Nah, berikut rangkumannya.

 

Konsumsi minyak kelapa sebelum persalinan normal

Santer beredar bahwa ketika seorang ibu bakal menjalani proses persalinan maka sebaiknya mengkonsumsi minyak kelapa karena akan mempermulus proses persalinan nantinya. Nah ternyata setelah konsultasi dengan dokter Indra barulah mendapatkan pencerahan terkait hal ini.

Menurut dokter Indra, ketika seorang ibu meminum minyak kelapa sebelum melahirkan secara anatomi tubuh dan fungsi pastinya tidak ada hubungan secara langsung terhadap proses memperlancar persalinan. Karena setiap apa yang dikonsumsi bakal diolah terlebih dahulu pada organ pencernaan dan tidak memberikan efek signifikan terhadap organ reproduksi apalagi untuk proses memperlancar persalinan normal.

Ada beberapa yang perlu diperhatikan untuk membantu proses persalinan normal berjalan dengan baik yaitu ketersedian air ketuban, kontraksi, posisi janin dan berat perkiraan janin. Jadi untuk konsumsi minyak kelapa pastinya adalah mitos yang beredar di masyarakat.

 

Konsumsi kacang hijau bakal menebalkan rambut janin

Ada yang sering dengar kan ya, kalau ingin rambut bayi nya tebal dan lebat maka sebaiknya mengkonsumsi kacang hijau. Nah, ternyata oh ternyata secara kandungan nutrisi kacang hijau emang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena nutrisinya sangat membantu tumbuh kembang janin. Tetapi secara riset ilmiah ternyata belum ada loh yang berhasil membuktikan bahwa konsumsi kacang hijau bakal menebalkan rambut bayi nantinya.

Dokter Indra malah menjelaskan bahwa hal utama yang mempengaruhi rambut bayi tebal adalah faktor genetik. Biasanya orang tua yang menurunkan faktor genetik tersebut ke anaknya.

Kacang hijau bisa membuat tebal rambut bayi?


So, jangan berharap berlebih ya buat para ibu yang ingin rambut bayinya lebat tetapi secara genetik tidak mendukung. Cukup dengan konsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang agar janin bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

 

Bentuk perut dengan jenis kelamin janin yang dikandung

“Kalau lihat bentuk perut yang bulat bagus kayak gini, sepertinya jenis kelaminnya perempuan deh”. 


Ada nggak yang pernah dapat komentar seperti itu? Kalau bentuk perut saat hamil bisa loh menentukan jenis kelamin janinnya.

Buat para ibu yang hamil, jangan terlalu pusing ya dengan komentar mengarah mitos seperti itu. Karena bentuk perut pastinya tidak berhubungan dengan jenis kelamin yang dikandung. 

Menurut dokter Indra, bentuk perut selama kehamilan itu ditentukan oleh banyak faktor seperti tinggi dan berat badan ibu, otot dan lemak di area perut, besar dan posisi janin. Jad tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin janin. Nah untuk mengetahui jenis kelamin janin, maka sebaiknya dilakukan USG.

 

Bolehkah konsumsi Jamu selama hamil dan pasca melahirkan?

Dalam KBBI, Jamu didefinisikan sebagai obat yang dibuat dari akar-akaran, daun-daunan, dan sebagainya. Masyarakat kita pun sudah banyak banget yang mengkonsumsi jamu untuk menjaga kesehatan, stamina dan daya tahan tubuh.

Nah terkait konsumsi jamu selama hamil dan pasca melahirkan, dokter Indra pun memberikan penjelasan dengan baik. 

"Jamu boleh dikonsumsi selama hamil dan pasca melahirkan dengan memperhatikan beberapa syarat yaitu jamu tersebut harus murni jamu, bukan jamu yang dicampur dengan obat-obatan tidak jelas asal usulnya. Terus selain itu, pastikan konsumsi jamu secukupnya dan tidak berlebih untuk tujuan menjaga stamina."

Jadi, sangat jelas ya bahwa jamu bisa banget kok diminum oleh para ibu selama masa hamil dan pasca melahirkan.

 

Jamu untuk ibu hamil

Kalau hamil bawa gunting!!!

Nah loh. Ini banyak banget ternyata di daerah yang masih mempercayai bahwa kalau ibu hamil jangan lupa untuk selalu bawa gunting agar lebih aman. Terkadang hal ini atas rekomendasi dari orang tua terdahulu. Kelihatannya sepele ya tetapi, ini perlu banget untuk diketahui bahwa hal tersebut jelas-jelas adalah mitos.

Bahkan dokter Indra menyarankan untuk tidak membawa gunting loh karena gunting termasuk dalam benda tajam sehingga jika tidak dikontrol dengan baik malah bisa membuat ibu hamil terluka. 

Jadi jangan sampai hal sepele ini malah menimbulkan masalah baru. Penting juga untuk diketahui tentang cara menyampaikan ke orang tua akan manfaat gunting dan resikonya secara halus dan sopan.

Terkadang memang urusan fakta dan mitos seputar kehamilan ini benar-benar menarik perhatian dan bahkan bisa jadi salah kaprah. Apalagi jika kita hanya menuruti tanpa paham ilmunya. Untung banget, melalui Kulwap bersama dokter Indra bisa jadi tercerahkan.

Oh iya, jika ada yang masih penasaran terkait fakta dan mitos seputar ibu hamil atau ingin konsultasi tentang rencana kehamilan, boleh banget loh hubungi dokter Indra. Tinggal pilih saja jenis dan jadwal yang diinginkan.

Ini saya beritahu tempat dan jadwal praktek dokter  Indra NC Anwar, Sp. OG

Via Online:

Via Halodoc mulai dari pukul 7 hingga tengah malam.

Jadwal praktek dr Indra


Tempat Praktek:

Morula IVF Menteng setiap hari Senin - Sabtu (pukul 10.00 -14.00)

RSIA Bunda Menteng setiap hari Senin-Rabu (pukul 14.00)

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.