24 October 2021

Peringatan Maulid Nabi dengan Lomba Baca Al-Qur’an Virtual Bersama Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML)

Maulid nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 rabiul awal tahun hijriah. Jika menggunakan kalender Masehi maka maulid nabi tahun ini jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021.


Peringatan maulid nabi biasanya disambut dengan berbagai jenis kegiatan. Dulunya sih kalau di kampung saya, selalu saja ada lomba hias telur dan pastinya lomba baca Alquran. Berhubung masih pandemi, beberapa daerah pastinya melaksanakan kegiatannya dalam bentuk online.


Pandemi memang membawa banyak perubahan sekaligus tantangan tetapi bukan berarti menjadi hambatan besar untuk tetap bisa melaksanakan peringatan maulid nabi. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) dengan membuat Lomba Membaca Alquran secara virtual alias daring.


Sekadar informasi bahwa YMSML ini merupakan salah satu wadah karyawan muslim yang bekerja di Sinar Mas Land untuk berbagi kebaikan dengan sesama. Bukan hanya untuk kepentingan para anggota yang tergabung dalam YMSM tetapi buat seluruh orang yang membutuhkan. Sedari terbentuknya, sudah banyak program dalam membangun ukhuwah yang telah dilaksanakan baik sebelum pandemi maupun ketika pandemi melanda. Beberapa kegiatan tersebut antara lain berupa penyerahan ratusan hewan kurban ketika Idul Adha, pelaksanaan wakaf Al-Qur’an, program bazar minyak goreng buat keluarga yang kurang mampu, pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat umum hingga menyediakan pusat vaksin untuk kalangan lansia dan takmir masjid.


Nah, terkait pelaksanaan lomba membaca Al-Qur’an secara virtual ini juga merupakan bagian dari program YMSML untuk membantu dalam berantas buta Al-Qur’an (BBQ) sekaligus memotivasi anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan yang mereka miliki dalam membaca AlQuran. Memanfaatkan momen maulid nabi adalah hal yang tepat sebagai pemilihan waktu pelaksanaan lomba baca AlQuran ini. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Saleh Husin sebagai Ketua Dewan Pembina YMSML.

 

Berantas Buta Al-Qur'an

Hadir Dalam Kolaborasi dengan Jangkauan Peserta yang Luas

Sebenarnya terkait acara Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) yang diselenggarakan oleh YMSML tahun ini bukan lah yang pertama. Awalnya program BBQ ini sudah mulai dilaksanakan sejak tahun 2018-2019. Kala itu acaranya diikuti oleh 600 ustaz/ustazah dan juga guru ngaji dari 127 masjid dan musala yang ada disekitar kawasan BSD City.


Baca juga: Sekolah Vokasi


Setelah sukses dari tahun 2018, maka untuk tahun ini YMSML berkolaborasi dengan Yayasan Mama Papa untuk mengajak para peserta mengikuti lomba baca Al-Qur’an. Bukan hanya perbedaan peserta tetapi juga kawasan yang mengikuti diperluas mulai dari kawasan Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur dan Grand Wisata Bekasi. 

Peringatan maulid Nabi


Hasilnya, maka terdaftar sekitar 402 anak usia 7-12 tahun dari perwakilan 72 masjid dan musala ikut berpartisipasi dalam lomba baca Al-Qur’an virtual yang acaranya sudah dilaksanakan secara daring menggunakan media zoom Sabtu kemarin (23/10).


Sebelum hari pelaksanaan, tiga bulan sebelumnya sekitar 144 ustaz/ustazah dan guru mengaji telah mengikuti program training of trainers tentang bagaimana cara mengaplikasikan metode mama papa sebagai salah satu metode cepat baca Alquran. Programnya disusun secara intensif yang dibekali dengan buku panduan beserta alat peraga secara digital. Tujuannya agar para peserta lebih mudah memahami metode mama papa ini.


metode mama papa


Nah, hasil dari training ini kemudian disampaikan dan diaplikasikan kepada peserta didik yang nantinya akan mengikuti lomba baca alquran secara virtual.

 

Kategori lomba baca Al-Qur’an secara virtual

Meskipun dilaksanakan secara daring, tetapi tidak mengurangi antusias sekitar 402 anak untuk mengikuti lomba ini. 


peserta lomba


Adapun lombanya dibagi dalam 3 kategori dengan total hadiah yang diperebutkan sebesar 42 juta rupiah:


1. Kategori A untuk anak usia 7 - 9 tahun.

2. Kategori B untuk anak usia 10 - 12 tahun.

3. Kategori C untuk anak usia 13 - 15 tahun.

 

Semua peserta yang hadir secara virtual sangat antusia mengikuti rangkaian acara, mulai dari ucapan sambutan yang disampaikan oleh Bapak Saleh Husin (Ketua Dewan Pembina YMSML), diikuti tausiah yang disampaikan oleh Ustaz Zacky Mirza hingga penyerahan hadiah secara simbolis. 


Lomba Baca Al-Qur'an Secara Virtual



Adapun yang keluar sebagai juara 1 masing-masing kategori adalah:

 

Juara 1 Kategori A (usia 7-9 tahun) diraih oleh Ryza Abdul Ghani

Juara 1 Kategori B (usia 10 - 12 tahun) diraih oleh Ferdy Darmawan

Juara 1 Kategori C (usia 13 - 15 tahun) diraih oleh Dannisa Ma

 

Semoga lomba Baca Al-Qur'an secara virtual ini sebagai salah satu bentuk dalam memperingati maulid nabi bisa menginspirasi bahwa pandemi bukanlah hambatan untuk edukasi sekaligus bisa tetap berkontribusi dalam Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ). 

 

 

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search