MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Peresmian Gedung Sekolah Vokasi UNDIP Hibah Dari Sinar Mas dan ASTRA

Peresmian Gedung Sekolah Vokasi UNDIP Hibah Dari Sinar Mas dan ASTRA
Add Comments
4 September 2020

Pernah dengar kata pendidikan vokasi? Nah, pendidikan vokasi berbeda halnya dengan pendidikan akademik. Biasanya kita mengenal pendidikan vokasi dalam bentuk sekolah tinggi diploma sedangkan pendidikan akademik lebih dikenal dengan pendidikan sarjana.

 

Sekolah vokasi merupakan pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan suatu keahlian terapan tertentu yang bisa langsung diterapkan dalam dunia kerja. Pendidikan vokasi juga menjadi salah satu program kerja Presiden Jokowi. Tujuannya, agar semakin banyak sumber daya yang siap bekerja ketika lulus nanti. Apalagi di era pandemi dan tantangan revolusi industri 4.0 dibutuhkan lulusan yang siap kerja.


Peresmian gedung sekolah vokasi undip
Peresmian gedung vokasi Undip oleh Presiden Jokowi


Terkait dengan hal itu, tepat pada tanggal 26 Agustus 2020, Presiden Jokowi di Istana Merdeka Bogor meresmikan secara virtual gedung vokasi Undip yang merupakan hibah dari mitra swasta. Gedung Vokasi di Undip ini merupakan wujud nyata link and match antara dunia vokasi dan industri agar tercipta penyerapan tenaga kerja sesuai kebutuhan industri.


Melihat fasilitas di gedung vokasi Undip.

Gedung Sekolah Vokasi Undip mulai dibangun pada 12 Maret 2019 di atas lahan seluas 4.900 meter persegi. Gedung ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai ruangan dalam proses belajar mengajar pendidikan vokasional antara lain ruang kuliah berteknologi 4.0 seperti digital class room, video conference, studio produksi bahan kuliah MOOC (Massive Online Open Course), ruang perpustakaan dan arsip digital, serta laboratorium.

 

 

gedung-vokasi-undip
Gedung vokasi Undip tampak dari depan

 

Selain itu juga, terdapat ruangan untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Vocational Development Center (VDC). Keberadaan dua unit LSP dan VDC ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan Sekolah Vokasi Undip agar benar-benar siap kerja.

 

Tidak hanya itu, gedung ini juga dilengkapi dengan lounge entrepreuneurship kerjasama Undip dengan GK Plug and Play sebagai salah satu akselerator yang telah mendunia, sehingga menambah nilai lebih untuk melahirkan para pebisnis muda baru.

 

Gedung Sekolah Vokasi Undip ini terdiri dari 4 lantai, bersertifikat green building international dari Green Building Council. Sebagai green building, gedung ini dilengkapi dengan panel surya pada bagian atap yang dapat mencatu daya sebesar 25 KVA untuk penyediaan listrik gedung. Keberadaan panel surya ini sekaligus dapat dijadikan sebagai teaching industry di bidang renewable energy.

  

salah-satu-sudut-gedung-vokasi-undip
Salah satu sudut dalam gedung

 

Bukan hanya ramah lingkungan karena desain pencahayaan dan ventilasi yang memadai, gedung ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pengolahan limbah cair (water recycle system) serta sebaran biopori untuk peresapan air hujan.

 

Dengan berbagai fasilitas yang ada, membuat gedung vokasi Undip dari mitra swasta ini akan mempermudah terwujudnya misi dari Sekolah Vokasi Undip yaitu menjadi pusat pendidikan vokasional yang unggul bertaraf Internasional, dengan mengusung tagline “Saatnya Vokasi Juara”.

 

Harapan sebagai alumni Undip

Kehadiran sekolah vokasi Undip adalah harapan baru dalam menciptakan lulusan yang siap diserap dunia kerja. Paduan kurikulum, metode pengajaran dan fasilitas yang dimiliki adalah keunggulan yang dimiliki dari sekolah vokasi Undip.

 

sudut-gedung-vokasi
Salah satu sudut sekolah vokasi Undip


Sebagai alumni Undip sangat berharap bahwa melalui sekolah vokasi ini akan menciptakan lulusan yang berkualitas dan kompeten dibidangnya sehingga mampu memenuhi kebutuahn tenaga ahli. Selain itu pula, dengan diresmikan gedung vokasi Undip harapannya ke depan akan menjadi barometer sekolah vokasi lainnya di Indonesia yang bertaraf Internasional dan memiliki fasilitas penunjang serta kurikulum yang tepat guna agar mudah diserap industri 4.0.

 

Link blog Sinar Mas:

https://www.sinarmas.com/blog/?p=2929

 

Link Video Youtube:

https://youtu.be/0oG541vWXAM

Taumy Alif Firman

Menjadi lulusan kimia di Universitas terbaik di Indonesia bukanlah menjadi halangan untuk menuangkan tulisan tentang destinasi wisata dan gaya hidup selama menikmati keindahan di seluruh penjuru negeri.