Bagi pelaku bisnis café, selain menentukan jenis makanan dan minuman yang dijual juga harus mempertimbangkan fasilitas yang dimiliki. Bukan hanya sekadar penunjang operasional, tetapi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kenyamanan pengunjung.
Semakin nyaman
pengunjung menikmati café yang dimiliki maka semakin besar peluang menaikan
omset dari repeat order. Oleh karena itu, pelaku bisnis café sudah mulai
memikirkan ide fasilitas dan konsep café agar bisa menarik banyak customer.
Berikut beberapa
konsep café yang ngetrend di tahun 2025. Apa saja itu:
1. Konsep Cafe ala Vending Machine
Salah satu konsep
café yang menarik perhatian adalah café dengan konsep vending machine. Jadi
saat customer datang dan ingin membeli sesuatu, maka customer tinggal memilih
item yang diinginkan pada touchscreen. Dari proses memilih menu dan pembayaran
semua dilakukan pada layar touchscreen.
Nah, terkait menu
yang dipesan kemudian akan keluar dari bagian bawah vending machine. Konsep ini
meminimalisir penggunaan karyawan sehingga otomatis mengurangi biaya
operasional. Selain itu juga, konsep café seperti ini memberikan peluang besar
bagi para pekerja yang “introvert” agar tidak bertemu langsung dengan pembeli.
Karena semua transaksi dilakukan menggunakan media vending machine.
2. Konsep Cafe ala Back to Nature
Daerah perkotaan
dengan Gedung tinggi pencakar langit pastinya memimpikan café yang terasa
nyaman dengan nuansa alam. Apalagi sekarang lagi gencar-gencarnya nih issue
pemanasan global dan perubahan iklim. Issue ini pun ditangkap oleh para pelaku
bisnis café dengan menghadirkan konsep café ala back to nature.
Salah satu hal
paling terasa saat berkunjung ke café ala back to nature ini adalah eksterior
dan interior yang digunakan semua berbahan dasar dari alam. Dengan pemilihan
tanaman, kolam, dan air mancur di sekitar area café.
Bukan hanya itu
saja, konsep café ini menerapkan menu dan peralatan penunjang lainnya
benar-benar berasal dari alam. Seperti salad organik, aneka roti bebas pengawet
dan lain sebagainya.
3. Konsep Cafe bernuansa KPOP dan Japan Style
Demam KPOP dan
Japan Style menjadi salah satu ide menarik bagi para pelaku bisnis untuk
membuat café sesuai konsep tersebut. Pemilihan warna-warna cerah dan berbagai
fasilitas self service berteknologi tinggi menjadi salah satu daya tariknya.
Bahkan tidak
jarang, cita rasa yang diberikan mengcopy paste citarasa dari Korea dan Jepang
dengan penyesuaian pada lidah orang Indonesia seperti level pedas. Konsep café
ini bertujuan untuk menarik para Gen Z untuk menikmati menu special sebelum
akhirnya berkunjung ke Korea atau Jepang.
Selain konsep
café tersebut. Pastinya juga harus didukung dengan berbagai fasilitas yang
meningkatkan kenyamanan. Apa saja itu, berikut ulasannya:
Fasilitas Cafe yang Nyaman dan Ngetrend Agar Tetap Betah
1. Menyediakan Ruang Komunitas
Salah satu
fasilitas yang selalu dicari oleh para komunitas sebelum menentukan akan
nongkrong dimana adalah ruang komunitas. Saat ini, tidak banyak pelaku bisnis
café yang menyediakan fasilitas ini. Padahal dengan hadirnya ruang komunitas
bisa menarik jumlah customer lebih banyak.
Apalagi ruang
komunitas ini diperuntukkan memang khusus untuk acara-acara tertentu seperti
nongkrong bareng Bersama komunitas, arisan hingga meeting ala-ala co-working.
Ruang komunitas bisa menjadi solusi untuk digunakan dan tidak terganggu dengan
pengunjung lainnya.
2. Sistem Pemesanan dan Pembayaran Berbasis Digital
Sebagian besar
masyarakat saat ini sudah terbiasa dengan sistem pemesanan yang cepat. Nah,
untuk mendukung hal ini, maka semua sistem pemesanan sudah harus terintegrasi
antara kasir dan kitchen secara digital dan saling terkoneksi.
Begitupun terkait
sistem pembayaran yang memang sudah diarahkan ke cashless. Tujuannya agar semua
pemasukkan terekam secara otomatis by sistem sehingga bisa langsung menentukan
keuntungan di periode waktu berjalan.
3. Kehadiran WiFi yang Super Cepat
Hidup tanpa
internet, Bagai sayur tanpa garam. Makanya penting banget saat ini, para pelaku
bisnis café menyediakan layanan internet dari WiFi yang super cepat. Salah
satunya dengan menggunakan layanan WiFi Internet dari Indibiz Small Shop.
Layanan WiFi
internet ini bertujuan untuk mendukung transformasi digital bisnis café dengan
akses penuh dari jaringan internet berkualitas. Bukan hanya itu saja, terdapat
pula dedicated internet dengan kecepatan 1:1 yang menjanjikan keamanan tinggi
saat digunakan.
Kehadiran Indibiz
sebagai ekosistem solusi dunia digital bisa banget diterapkan pada berbagai
jenis UKM untuk membantu mempercepat transformasi digital. Menariknya lagi,
Indibiz menghadirkan kustomisasi layanan internet yang bisa disesuaikan dengan
kebutuhan dengan harga terjangkau.
Contohnya nih, jika UKM membutuhkan hanya layanan internet saja untuk keperluan operasional internal UKM maka cukup mengaktifkan internet HSI B2B Bisnis dengan harga mulai dari 360 ribu rupiah untuk kecepatan 50 Mbps.
Selain itu juga,
untuk mendukung layanan WiFi pelanggan dan internal, bisa banget memanfaatkan
WiFi internet dari Indibiz. Pilihan paketnya beragam dengan kuota tanpa batas.
Ini semua bisa dimanfaatkan untuk mendukung transformasi digital UKM.
Nah, bagi para
pelaku bisnis café tinggal melihat konsep yang ingin digunakan dan menambahkan
3 fasilitas tersebut untuk menaikkan omset penjualan. Pastinya semua konsep
yang lagi ngetrend ini memiliki pangsa pasar tersendiri. Tinggal diterapkan dan
disesuaikan dengan kondisi dan market sekitar lokasi café. Ingat, pahami market
baru menerapkan ide dan konsep yang sesuai. Yuk dimulai.
comment 0 komentar
more_vert