Apa yang menjadi momok dari tim rekrutmen departemen HRD saat membuka lowongan kerja? Apalagi kalau bukan ‘membludaknya’ pelamar. Bayangin saja coba, jika hanya membuka satu posisi saja dan yang melamar ribuan orang.
Dari segi
kuantitas, hal ini memang sangat menggembirakan. Itu artinya, posisi yang
dibuka besar peminat. Masalah yang muncul adalah, ketepatan dalam memilih
kandidat versus waktu rekrutmen.
Bayangin saja
coba, jika waktu rekrutmen hanya 2 minggu dan setelahnya harus sudah menentukan
kandidat yang layak untuk interview. Padahal ada ribuan berkas dari pelamar
yang perlu direview. Mau nggak mau, lembur adalah salah satu jalannya.
Itulah
mengapa, pentingnya kehadiran Artificial Intelligence (AI) dalam
membantu proses rekrutmen.
Kemudahan Atas Munculnya AI for Recruitment
Pada proses
rekrutmen karyawan baru, time schedule dan ketepatan kandidat adalah KPI yang
harus terpenuhi. Makanya itu dengan adanya AI for Recruitment dua KPI
ini bukan lah hambatan. Mau seribu kandidat atau pun lima ribu kandidat,
prosesnya bakal lebih cepat dan efisien.
Cara kerja
dari AI for Recruitment adalah dengan melakukan profiling, mencari,
menyaring dan menganalisis resume para kandidat yang masuk. Setiap data pelamar
akan diberikan penilaian pra-rekrutmen. Nilai tertinggi otomatis berdasarkan
kriteria dan persyaratan pekerjaan yang direkrut. Dari sini tim HR tinggal
memanfaatkan data olahan dari AI untuk lanjut ke proses berikutnya seperti
interview.
Pekerjaan
seleksi yang memakan waktu berhari-hari bisa diselesaikan dalam hitungan menit.
Itulah manfaat dari penggunaan AI.Proses seleksi kandidat secara manual
Menariknya
lagi, penggunaan AI for Recruitment ini merupakan salah satu dari tiga
fokus Telkom Solution dalam pemanfaatan kecerdasan buatan untuk bisnis.
Jenis Kecerdasan Buatan dari Telkom Solution
Selain
memperkenalkan solusi kecerdasan buatan, kehadiran Telkom Solution benar-benar
memberikan kemudahan bagi para pelanggan sesuai yang dibutuhkan. Apalagi
didukung dengan jaringan infrastruktur se-Indonesia dengan perwakilan kantor di
5 area regional dan tersebar pada 31 wilayah telekomunikasi serta 251 Telkom
Daerah.
Kekuatan
infrastruktur ini menjadikan Telkom Solution bisa ekspansi lebih besar dalam
penerapan solusi berbasi kecerdasan buatan. Beberapa jenis kecerdasan buatan
dari Telkom Solution selain AI for Recruitment antara lain:
1. AI for Contact Center
Perusahaan
apa pun, kehadiran Contact Center adalah layer awal dalam mendapatkan
informasi. Terkadang, banyak orang memanfaatkan contact center untuk mencari
solusi atas permasalahan yang dialami.
Nah, kebayang
banget nggak sih saat ribuan orang secara satu waktu menghubungi layanan
contact center? Padahal resources nya terbatas. Nggak mungkin banget
menempatkan ribuan orang juga untuk menghandle itu semua.
Disini lah
perang AI for Contact Center untuk membantu menjawab setiap permasalahan
pelanggan dengan sistematis dan terstruktur. Kehadiran AI akan mempermudah
segalanya karena pelanggan cukup memilih jenis permasalahan yang muncul dan
kecerdasan buatan akan membantu solusinya berdasarkan data yang dimasukkan
sebelumnya.Layanan Contact Center
2. AI for Document Processing
Secara
kinerja, AI for Document Processing memiliki karakter yang hampir sama
dengan AI for Recruitment dimana setiap dokumen yang ada dilakukan
filter terlebih dahulu kemudian dianalisis hingga muncul resume.
Kustomisasi
resume sangat mungkin dilakukan dengan menggunakan kecerdasan buatan ini.
Pastinya semua dilakukan dengan cepat dan efisien. Data yang ditampilkan pun
merepresentatifkan semua data yang sudah terinput. Jadi nggak perlu lagi
repot-repot dalam mengolah data atau dokumen tinggal serahkan semuanya
menggunakan AI for Document Processing.
3. ChatBot
ChatBot menjadi salah
satu kecerdasan buatan yang sangat sering digunakan. Jenis ini dirancang untuk
meningkatkan efisiensi operasional perusahaan sekaligus mengoptimalkan
pengalaman pelanggan.
Saat ini,
Telkom Solution juga memiliki Chatbot BigBox AI berbasis Large Language
Models (LLM) dan Natural Language Processing (NLP). Sehingga
mempermudah segalanya dan terdengar secara alami bahkan tidak sadar jika itu
adalah kecerdasan buatan.
Makanya tidak
heran jika banyak pelaku bisnis saat ini beralih ke Telkom Solution dan
memanfaatkan layanan kecerdasan buatan. Ditambah lagi, bisa melakukan proses
pembuatan AI sesuai dengan keinginan dan jenis bisnis yang dijalankan.
Dengan
penggunaan kecerdasan buatan, otomatis waktu kerja jauh lebih efisien dan hasil
yang didapatkan juga lebih optimal. Cobain deh.
comment 0 komentar
more_vert