MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Kehadiran Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan Secara Optimal

Kehadiran Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan Secara Optimal
Add Comments
26 June 2025

Apa yang menjadi momok dari tim rekrutmen departemen HRD saat membuka lowongan kerja? Apalagi kalau bukan ‘membludaknya’ pelamar. Bayangin saja coba, jika hanya membuka satu posisi saja dan yang melamar ribuan orang.

Artificial Intelligence

Dari segi kuantitas, hal ini memang sangat menggembirakan. Itu artinya, posisi yang dibuka besar peminat. Masalah yang muncul adalah, ketepatan dalam memilih kandidat versus waktu rekrutmen.

Bayangin saja coba, jika waktu rekrutmen hanya 2 minggu dan setelahnya harus sudah menentukan kandidat yang layak untuk interview. Padahal ada ribuan berkas dari pelamar yang perlu direview. Mau nggak mau, lembur adalah salah satu jalannya.

Itulah mengapa, pentingnya kehadiran Artificial Intelligence (AI) dalam membantu proses rekrutmen.

Kemudahan Atas Munculnya AI for Recruitment

Pada proses rekrutmen karyawan baru, time schedule dan ketepatan kandidat adalah KPI yang harus terpenuhi. Makanya itu dengan adanya AI for Recruitment dua KPI ini bukan lah hambatan. Mau seribu kandidat atau pun lima ribu kandidat, prosesnya bakal lebih cepat dan efisien.

Cara kerja dari AI for Recruitment adalah dengan melakukan profiling, mencari, menyaring dan menganalisis resume para kandidat yang masuk. Setiap data pelamar akan diberikan penilaian pra-rekrutmen. Nilai tertinggi otomatis berdasarkan kriteria dan persyaratan pekerjaan yang direkrut. Dari sini tim HR tinggal memanfaatkan data olahan dari AI untuk lanjut ke proses berikutnya seperti interview.

Proses rekrutmen karyawan
Proses seleksi kandidat secara manual
Pekerjaan seleksi yang memakan waktu berhari-hari bisa diselesaikan dalam hitungan menit. Itulah manfaat dari penggunaan AI.

Menariknya lagi, penggunaan AI for Recruitment ini merupakan salah satu dari tiga fokus Telkom Solution dalam pemanfaatan kecerdasan buatan untuk bisnis.

Jenis Kecerdasan Buatan dari Telkom Solution

Selain memperkenalkan solusi kecerdasan buatan, kehadiran Telkom Solution benar-benar memberikan kemudahan bagi para pelanggan sesuai yang dibutuhkan. Apalagi didukung dengan jaringan infrastruktur se-Indonesia dengan perwakilan kantor di 5 area regional dan tersebar pada 31 wilayah telekomunikasi serta 251 Telkom Daerah.

Kekuatan infrastruktur ini menjadikan Telkom Solution bisa ekspansi lebih besar dalam penerapan solusi berbasi kecerdasan buatan. Beberapa jenis kecerdasan buatan dari Telkom Solution selain AI for Recruitment antara lain:

1.     AI for Contact Center

Perusahaan apa pun, kehadiran Contact Center adalah layer awal dalam mendapatkan informasi. Terkadang, banyak orang memanfaatkan contact center untuk mencari solusi atas permasalahan yang dialami.

Nah, kebayang banget nggak sih saat ribuan orang secara satu waktu menghubungi layanan contact center? Padahal resources nya terbatas. Nggak mungkin banget menempatkan ribuan orang juga untuk menghandle itu semua.

Contact center
Layanan Contact Center
Disini lah perang AI for Contact Center untuk membantu menjawab setiap permasalahan pelanggan dengan sistematis dan terstruktur. Kehadiran AI akan mempermudah segalanya karena pelanggan cukup memilih jenis permasalahan yang muncul dan kecerdasan buatan akan membantu solusinya berdasarkan data yang dimasukkan sebelumnya.

2.     AI for Document Processing

Secara kinerja, AI for Document Processing memiliki karakter yang hampir sama dengan AI for Recruitment dimana setiap dokumen yang ada dilakukan filter terlebih dahulu kemudian dianalisis hingga muncul resume.

Kustomisasi resume sangat mungkin dilakukan dengan menggunakan kecerdasan buatan ini. Pastinya semua dilakukan dengan cepat dan efisien. Data yang ditampilkan pun merepresentatifkan semua data yang sudah terinput. Jadi nggak perlu lagi repot-repot dalam mengolah data atau dokumen tinggal serahkan semuanya menggunakan AI for Document Processing.

3.      ChatBot

ChatBot menjadi salah satu kecerdasan buatan yang sangat sering digunakan. Jenis ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan sekaligus mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

AI dari Telkom Solution

Saat ini, Telkom Solution juga memiliki Chatbot BigBox AI berbasis Large Language Models (LLM) dan Natural Language Processing (NLP). Sehingga mempermudah segalanya dan terdengar secara alami bahkan tidak sadar jika itu adalah kecerdasan buatan. 

Makanya tidak heran jika banyak pelaku bisnis saat ini beralih ke Telkom Solution dan memanfaatkan layanan kecerdasan buatan. Ditambah lagi, bisa melakukan proses pembuatan AI sesuai dengan keinginan dan jenis bisnis yang dijalankan.

Dengan penggunaan kecerdasan buatan, otomatis waktu kerja jauh lebih efisien dan hasil yang didapatkan juga lebih optimal. Cobain deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.