MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Peran CCTV untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan dalam Bekerja

Peran CCTV untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan dalam Bekerja
Add Comments
29 March 2024

Jika selama ini CCTV dikenal di dunia kerja sebagai alat yang membantu untuk menjaga keamanan di perusahaan, kali ini harus Anda ketahui ternyata manfaatnya lebih dari itu. Pemasangan CCTV di kantor ternyata juga memiliki manfaat untuk meningkatkan produktivitas karyawan di sebuah kantor. Untuk menjalankan pengawasan yang maksimal tentu saja Anda tidak boleh menggunakan sembarang CCTV, tapi pilih merk CCTV yang bagus dan terpercaya.

merk CCTV

Menggunakan paket CCTV terbaik akan sangat membantu proses pengawasan karyawan di sebuah perusahaan. Anda harus benar-benar memahami mana CCTV yang bagus dan mana yang tidak, untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan yaitu peningkatan produktivitas karyawan. Sebenarnya apa peran CCTV dalam meningkatkan produktivitas karyawan? Yuk cari tahu lebih dalam tentang hal tersebut.

Peran CCTV dalam Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Paket CCTV terbaik

Produktivitas adalah nyawa dari sebuah bisnis, karena jika produktivitas buruk maka lama-kelamaan bisnis pun akan ambruk. Manajemen produktivitas yang baik dapat menunjang kesuksesan dan keberhasilan suatu perusahaan barang maupun jasa untuk mencapai tujuan bisnis dari sebuah perusahaan. Untuk itu produktivitas karyawan harus selalu ditingkatkan. Ini peran CCTV dalam meningkatkan produktivitas karyawan:

1.      Memantau Kehadiran

Salah satu peran CCTV dalam perusahaan adalah untuk memastikan bahwa karyawan hadir sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan disepakati dalam kontrak. Hal ini penting karena dengan adanya sistem absen online terkadang karyawan melakukan kenakalan dengan absen dulu sebelum ampai di kantor. Namun dengan adanya CCTV perusahaan bisa melakukan double monitoring tentang kehadiran karyawan.

2.      Mengoptimalkan Proses Bisnis dan Produksi

CCTV juga dapat digunakan untuk mengawasi seluruh proses bisnis yang melibatkan karyawan. Tujuannya tentu untuk mengoptimalkan proses bisnis dan meningkatkan produktivitas karyawan khususnya serta perusahaan pada umumnya. Data yang dikumpulkan dari hasil pemantauan CCTV dapat membantu perusahaan menganalisa apakah jumlah karyawan sudah mencukupi untuk mencapai produksi yang diinginkan apa belum atau malah berlebihan. Dengan memantau secara intens maka perusahaan bisa melakukan efisiensi atau bahkan perekrutan.

3.      Meningkatkan Pengawasan dan Pemantauan

Menggunakan CCTV pada perusahaan juga dapat meningkatkan pengawasan serta pemantauan karyawan di tempat kerja. Dengan adanya rekaman video dari CCTV yang lengkap dan detail menunjukkan seluruh kejadian, maka perusahaan bisa menghindari terjadinya pelanggaran aturan dan kebijakan internal. Selain itu CCTV juga mampu memberikan data yang akurat, sehingga perusahaan dapat melakukan pemantauan yang objektif didasarkan fakta.

4.      Meningkatkan Keamanan dan Rasa Aman

Karyawan akan produktif dan bekerja dengan baik jika merasa aman. Untuk meningkatkan keamanan dan rasa aman pada seluruh karyawan di perusahaan perlu pemasangan CCTV. Hal ini karena CCTV akan memastikan bahwa pengawasan tetap efektif dalam setiap keadaan, Karyawan yang merasa aman di tempat kerja akan bersikap fokus pada tugas masing-masing dan meningkatkan kinerjanya.

5.      Mencegah Karyawan untuk Berbuat Tidak Baik

Salah satu fungsi utama CCTV adalah mampu mencegah terjadinya kejahatan atau perilaku yang tidak baik. Pada dasarnya manusia akan berbuat baik jika merasa diawasi. Maka dari itu  pemasangan CCTV di sebuah perusahaan akan membuat karyawan merasa perusahaan mengawasi mereka, sehingga secara otomatis akan selalu berusaha berbuat baik serta mentaati peraturan yang berlaku di perusahaan.

6.      Mendukung Investigasi dan Penyelesaian Konflik

Konflik antar karyawan maupun konflik karyawan dengan perusahaan tentu saja akan mengganggu produktivitas karyawan dan perusahaan. Oleh sebab itu pihak perusahaan harus menyelesaikan konflik yang terjadi. Untuk menyelesaikan sebuah konflik maka harus dilakukan investigasi mendalam.

Agar keputusan yang diambil objektif maka Anda membutuhkan bukti konkrit seperti rekaman CCTV. Dari sebuah rekaman CCTV anda bisa melakukan investigasi dengan cepat dan tepat sehingga konflik bisa diselesaikan dan produktivitas kembali meningkat.

7.      Pelatihan dan Pengembangan

Hasil rekaman CCTV dapat digunakan dalam pelatihan dan pengembangan karyawan. Rekaman tersebut bisa digunakan untuk menunjukkan contoh nyata dan praktik terbaik bagi karyawan baru yang belum mengalami kegiatan tersebut, sehingga karyawan baru bisa mendapatkan bayangan bagaimana proses bisnis yang dijalankan perusahaan. Karyawan dapat belajar dari pengalaman karyawan lain sebelumnya yang terekam pada CCTV.

Monitoring dan evaluasi adalah bagian penting  dalam  proses bisnis. Kamera CCTV memiliki peran penting untuk menjalankan monitoring dan evaluasi bisnis sebuah perusahaan. Salah satunya adalah dengan melakukan pengawasan produktivitas karyawan di perusahaan dalam rangka mencapai tujuan bisnis. Banyak peran kamera CCTV dalam proses pengawasan seperti diuraikan di atas.

Untuk itu penting juga memilih merk CCTV berkualitas bagi perusahaan untuk meningkatkan produktivitas pegawai. Paket CCTV terbaik kamera ColorVu Hikvision adalah pilihan paling tepat untuk mengawasi produktivitas sekaligus menjaga keamanan karyawan. Anda hanya boleh memasang kamera CCTV dari merk yang sudah diakui oleh khalayak seperti Hikvision ColorVu.

Memiliki keunggulan kecerdasan dalam ColorVu yang mampu menangkap detail meskipun dalam pencahayaan yang rendah, membuat kamera ini kayak jadi pilihan untuk meningkatkan produktivitas dan keamanan karyawan pada perusahaan. Penasaran dengan produk canggih dan keren dari Hikvision ini? Anda bisa mendapatkan informasi produk dan harga CCTV di sini.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.