MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Destinasi Liburan Hemat di Jakarta

Destinasi Liburan Hemat di Jakarta
Add Comments
10 February 2024

Meskipun terkenal dengan gaya hidup glamour, Jakarta tetap saja selalu menyimpan cerita menarik. Termasuk untuk urusan liburan hemat.

Liburan hemat di Jakarta

Banyak sih orang beranggapan, healing di Jakarta itu yah main ke mall. Entah sekadar untuk cuci mata atau memang muter-muter sampai lelah. Tetapi sebenarnya, Jakarta nggak melulu kok dengan mall-mall besar. Masih banyak destinasi liburan yang layak untuk dikunjungi dengan berbagai keunikan masing-masing.

Setelah sebelumnya menulis tentang destinasi hemat ke luarnegeri, kini saatnya kita kembali ke dalam negeri, tepatnya ke Ibukota Negara kita, Jakarta.

Destinasi Liburan Hemat di Jakarta

Nah, berhubung lagi membahasa Jakarta. Berikut saya rekomendasikan nih lokasi liburan hemat yang ada di Jakarta. Bahkan ada juga loh, hanya bermodalkan biaya parkir saja.

1.     Monas (Monumen Nasional)

Kata orang tidak ke Jakarta jika tidak mampir ke Monas alias Monumen Nasional. Sedari dulu, Monas menjadi ikon Jakarta sehingga setiap orang yang main ke ibukota, wajib memasukkan Monas sebagai salah satu destinasi liburan hemat tanpa menguras kantong.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari hunting souvenir dengan harga terjangkau, refreshing di area hijau, menikmati diorama hingga naik ke puncak monas.

Oh iya, Monas ini juga mudah banget untuk dikunjungi dengan menggunakan Transjakarta bisa loh. Tetapi jika membawa kendaraan pribadi, parikirnya di dalam Kawasan parkir IRTI Monas ya.

Monas

2.    Pantjoran Chinatown PIK

Pantai Indah Kapuk memang lagi naik daun, bukan sekadar menyajikan kompleks perumahan mewah tetapi juga menghadirkan destinasi wisata khas Tiongkok. Salah satunya adalah Pantjoran Chinatown PIK.

Daya Tarik utamanya adalah pagoda yang dikelilingi kolam mini ikan koi dan patung raksasa Dewi Kwan Yin di depannya. Semua tenant, baik yang halal maupun non halal juga mengikuti gaya khas tiongkok. Makanya tidak heran jika Pantjoran Chinatown PIK ini menjadi salah satu destinasi liburan hemat sekaligus instagramable di setiap sudut areanya hanya bermodalkan bayar parkir saja.

Pantjoran Chinatown PIK

3.    Kota Tua

Kota Tua Jakarta atau Oud Batavia punya daya Tarik sendiri sebagai salah satu destinasi liburan hemat di Jakarta. Disini kita bisa menikmati bangunan khas peninggalan Belanda yang masih utuh hingga saat ini. Salah satu bangunan  paling tenar adalah Museum Fatahillah.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah hunting foto ala bangunan eropa, tour museum, bersepeda, hunting souvenir dan kuliner khas ibu kota. Atau jika ingin tour museum juga bisa banget. Mulai dari Museum fatahillah, museum bank Indonesia, museum wayang, museum batik dan lain-lain.

Kota Tua

4.    Pasir Putih Pantai Ancol

Ingin berjalan-jalan santai dengan angin semilir dan nuansa Pantai di Jakarta? Tenang saja, bisa banget. Cukup bayar biaya masuk Ancol dan lanjutkan perjalanan menuju Pasir Putih Pantai Ancol.

Lokasi ini cocok banget buat bersantai Bersama keluarga sambil bermain pasir di pinggir Pantai. Kapan lagikan, liburan ke pantai di Jakarta dengan biaya hemat Cuma bayar biaya masuk Ancol doang?

5.    Old Shanghai Sedayu City

Sama halnya dengan Pantjoran Chinatown PIK, Old Shanghai Sedayu City yang ada di sekitar Kelapa Gading menyajikan nuansa khas tiongkok. Pernak-pernik lampion, ukiran naga, gapura hingga arsitektur Tiongkok sempurna melengkapi salah satu destinasinya.

Wisata kuliner menjadi salah satu daya Tarik utama Old Shanghai Sedayu City ini, selain lokasinya yang memang instagramable. Kalau makan disini, bagi yang muslim jangan lupa untuk selalu cek logo halal nya ya.

6.    Tebet Eco Park

Transformasi Taman Honda dan Tebet menjadi Tebet Eco park adalah hal terbaik yang pernah ada dalam rangka revitalisasi area hijau terbuka. Makanya tidak heran jika wajah baru tebet eco park ini selalu ramai dikunjungi. Apalagi jika akhir pekan.

Berada di Tebet Eco park, seakan-akan kita berada di taman kota dengan banyak wahana menarik nan gratis yang bisa dinikmati. Seperti infinity bridge berwarna jingga, area bermain anak, BBQ area, community area, taman buat hewan peliharaan, area membaca dan masih banyak lainnya. Ke tebet eco park, cukup membayar biaya parkir yang tersebar di sekitar area.

Tebet Eco Park

7.    Taman Margasatwa Ragunan

Menjadi satu-satunya kebun Binatang yang Jakarta miliki, taman margasatwa Ragunan ternyata juga ramah di kantong. Bayangin saja, dengan biaya masuk dewasa 4ribu dan anak-anak 3 ribu sudah bisa menikmati berbagai jenis satwa secara langsung.

Mulai dari Jerapah, Kijang, Gajah, Primata, Elang, dan masih banyak hewan lainnya. Selain itu juga bisa nikmati kereta wisata yang mengelilingi Kawasan Ragunan.

Gimana? Sudah punya ide ingin berkunjung kemana saat di Jakarta nanti? Tinggal siapkan waktu. Karena liburan hemat di Jakarta itu bisa seru banget. Nggak melulu harus keluarin duit banyak, apalagi berpatokan m to m alias mall to mall. Cukup bermodalkan biaya parkir atau tiket masuk yang terjangkau maka healing pun bisa dilakukan. Liburan hemat terlaksana, stress hilang, dompet tetap aman. Percaya deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.