MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Destinasi Liburan Hemat ke Luar Negeri, No. 6 Tiket PP Sejutaan

Destinasi Liburan Hemat ke Luar Negeri, No. 6 Tiket PP Sejutaan
Add Comments
31 January 2024

 Liburan ke luar negeri dulunya terkesan hanya untuk kalangan orang kaya saja. Tetapi itu dulu. Sejak banyak maskapai low cost carrier (LCC) menawarkan penerbangan terjangkau, setiap orang berhak punya pengalaman liburan hemat ke luar negeri tanpa harus menguras kantong. Bahkan sering terjadi harga tiket pesawat ke luar negeri lebih murah dibandingkan dengan harga tiket pesawat domestik.

liburan hemat ke luar negeri

Makanya itu, tidak heran jika kehadiran LCC ini membuat banyak orang berbondong-bondong menyusun itinerary liburan ke luar negeri. Tinggal memilih negara yang dikunjungi dan liburan deh. Cuma terkadang living cost atau biaya liburan di negara tujuan itu lebih mahal loh dan jika tidak tahu tips hemat liburan ke luar negeri, maka bisa membuat kantong jebol. Tenang saja. Kali ini saya akan share destinasi liburan hemat ke luar negeri dengan biaya terjangkau.

Destinasi Liburan Hemat ke Luar Negeri

Ngomong-ngomong destinasi liburan hemat ke luar negeri pastinya harus mempertimbangkan semuanya, mulai dari tiket pesawat, akomodasi hingga makan dan minum di negara tujuan. Berikut beberapa destinasi liburan hemat yang bisa menjadi pilihan:

1. Bangkok - Thailand

Negeri gajah putih ini memang terkenal sebagai destinasi turis mancanegara. Negara yang menyajikan kuil-kuil megah dan wisata kuliner selalu tidak sepi dari pengunjung. Makanya banyak atraksi bermunculan sebagai pelengkap entertain. Dengan mata uang Thailand Baht (1 baht = 446 rupiah) menjadikan Bangkok menjadi salah satu destinasi wisata murah ke luar negeri. Untuk akomodasi penginapan sekitar 100 ribuan untuk 1 kamar privat room yang bisa diisi oleh 2 orang. Gimana murah banget kan?

Makanya tidak heran jika banyak yang berkunjung ke Bangkok untuk menikmati Tom Yam, Pad Thai dan Grand Palace yang ada di sana.

Ayyuthaya Thailand

2. Manila - Filipina

Sejak hadirnya maskapai LCC Filipina yaitu Cebu Pacific Airlines, Manila menjadi salah satu destinasi wisata hemat di luar negeri. Dengan mata uang peso (1 peso = 290 rupiah) membuat manila juga banyak dikunjungi oleh warga Indonesia. Bahkan negara ini, menjadi salah satu destinasi negara transit ketika ingin berkunjung ke Jepang atau Dubai. Untuk penginapan di Manila mulai dari 170 ribuan rupiah untuk tipe kamar yang bisa dihuni oleh 2 orang.

Beberapa destinasi wisata di Manila antara lain Rizal park, Fort Santiago, Museum Nasional Filipina hingga Mall terbesar di Asia yaitu Mall of Asia.

Manila Filipina

3. Vientiane - Laos

Berkunjung ke Vientiane serasa berada di Thailand tapi persi sepinya. Cocok buat yang butuh healing tapi tidak suka keramaian. Mata uang laos adalah Kip Laos (1 kip laos = 0,76 rupiah). Untuk akomodasi penginapan juga terjangkau mulai dari 150 ribuan untuk tipe kamar yang bisa diisi berdua. Menariknya lagi, hamper semua destinasi wisata di Vientiane bisa diakses dengan jalan kaki. Jadi tidak perlu ekstra cost untuk sewa atau biaya transportasi.

Beberapa destinasi wisata di Vientiane yang bisa dikunjungi antara lain Patuxai, Pha That Luang, Wat Si Muang.

Vientiane

4. Hanoi - Vietnam

Sebagai salah satu negara Indochina, Hanoi menjadi menarik untuk dikunjungi. Apalagi didukung dengan maskapai VietJet yang sering mengadakan tiket promo ke Hanoi. Untuk mata uang Vietnam adalh dong Vietnam (1 dong Vietnam = 0,65 rupiah). Salah satu lokasi favorit wisatawan adalah Old quarter. Di lokasi ini menyediakan berbagai destinasi wisata mulai dari temple of literature, mausoleum Ho Chi Minh, Hanoi Opera House, tran Quoc Pagoda dan yang paling jauh adalah Halong Bay.

Untuk penginapan di area Old Quarter juga terjangkau mulai dari 190 ribu rupiah untuk tipe kamar yang muat 2 orang. Lumayan terjangkau bukan? Makanya tidak heran jika Hanoi menjadi salah satu destinasi favorit untuk liburan hemat ke luar negeri.

Hanoi

5. Siem Reap - Kamboja

Jujur, Siem Reap menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi minimal sekali. Bukan karena tanpa sebab, itu dikarenakan kehadiran Angkor Wat sebagai area percandian terluas di dunia (162,6 hektar). Dengan mata uang Riel Kamboja (1 Riel = 3,87 rupiah) menjadi alat tukarnya. Menariknya lagi, di Siem Reap mata uang USD bisa digunakan secara langsung tanpa perlu ke money changer. Bahkan terkadang beli sesuatu, dibayar USD kembaliannya dengan Riel kamboja. Menarik banget kan.

Untuk urusan akomodasi, juga terbilang hemat loh. Menginap di Guest house dengan tipe kamar untuk 2 orang hanya dengan 100 ribuan per malam. Di area touristicnya juga tersedia banyak Night Bazaar dan penyewaan sepeda seharga 5 USD per hari.

Angkor Wat

6. Kuala Lumpur - Malaysia

Penggemar Upin-Ipin pasti tahu lah ya, kalau Kuala Lumpur menjadi salah satu destinasi liburan hemat di luar negeri. Bahkan banyak orang Indonesia menjadikan KL sebagai batu loncatan sebelum akhirnya melancong lebih jauh. Ada banyak wisata menarik yang ada di KL seperti Menara kembar Petronas, pusat kuliner Alor Star, Batu Cave, KL Tower, Petaling Street, Masjid Jamik, Little India, Dataran Merdeka, Genting Highland dan lain-lain.

Di balik banyaknya turis ke KL, itu karena didukung oleh murahnya tiket pesawat ke KL. Bayangin saja, untuk tiket pesawat pergi pulang dari Jakarta ke Kuala Lumpur terkadang hanya 1 jutaan saja. Murah banget kan. Untuk penginapan, mulai dari 150 ribuan per malam untuk tipe kamar yang cukup untuk 2 orang. Dengan mata uang ringgit Malaysia (1 Ringgit = 3400 rupiah) membuat Kuala Lumpur layak masuk dalam destinasi liburan hemat di Asia. Bahkan, saya pernah menuliskan cara backpacker ke Kuala Lumpur. Saking murahnya.

Central Market Kuala Lumpur


Gimana, sudah ada gambaran bukan untuk liburan hemat ke luar negerinya? Tinggal mulai menabung dan rencanakan perjalanannya dengan baik. Jangan lupa untuk susun itinerary agar liburan jadi lebih terarah. Cobain deh

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.