MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Liburan Hemat Jakarta Bali Naik Kereta, Emang Bisa?

Liburan Hemat Jakarta Bali Naik Kereta, Emang Bisa?
Add Comments
2 February 2024

Bagi sebagian orang, liburan ke Bali sudah menjadi salah satu bucket list destinasi yang wajib dikunjungi. Ragam alam dan budaya menjadi daya Tarik tersendiri. Bahkan Bali sudah menjadi salah satu destinasi dunia.

Jakarta Bali Naik Kereta

Tapi tahu nggak sih, kalau biaya transportasi menggunakan pesawat dari Jakarta ke Bali, harganya lumayan? Kebayang kan ya, jika liburan satu keluarga, pastinya tiket pesawatnya saja sudah lumayan menguras kantong.

Makanya harus tahu nih cara liburan hemat Jakarta Bali. Apakah bisa menggunakan kereta api? Secara Pulau Bali dan Pulau Jawa letaknya terpisah. Nah, ternyata dengan menggunakan kereta api, transportasi dari Jakarta ke Bali jauh lebih murah, tapi tetap saja ada hal yang perlu dipertimbangkan.

Rute Liburan Hemat Jakarta Bali Naik Kereta

Jujur, naik kereta api itu nyaman banget. Leluasa kesana-kemari dan jika bosan, masih bisa lalu-lalang pindah gerbong. Atau nongkrong di kafetaria kereta. Tetapi bagaimana dengan rute liburan hemat Jakarta-Bali, apakah bisa naik kereta? Jawabannya bisa dengan catatan khusus.

Berikut beberapa pilihan rute kereta dan panduan lengkap dari Jakarta menuju Bali beserta biayanya:

1.     Jakarta-Bali Naik Kereta Rute Jalur Utara

Menuju ke Bali dari Jakarta memang paling hemat jika startnya dari stasiun pasar Senen. Karena rute yang dipilih adalah rute kereta jalur utara maka perjalanan dimulai dengan menggunakan Kereta Api Airlangga tujuan Surabaya Pasar Turi dengan harga tiket 104ribu. Berangkat dari Jakarta pukul 11.20 siang dan tiba di Surabaya Pasar Turi pukul 23.05.

Setibanya di pasar Turi,  dilanjutkan menggunakan Commuter Line Sindro Ekonomi menuju stasiun Surabaya Gubeng. Berangkat dari Pasar Turi pukul 03.50 dan tiba di Gubeng pukul 04.04 dengan tarif 4 ribu.

Dari stasiun Gubeng, perjalanan dilanjutkan menuju Ketapang Banyuwangi dengan memilih kereta api Probowangi. Berangkat dari Surabaya Gubeng pukul 05.35 dan tiba di Ketapang pukul 12.45 dengan harga tiket 56 ribu.

Nah, stasiun Ketapang yang ada di Banyuwangi ini lah sebagai batas akhir perjalanan menggunakan kereta dari Jakarta ke Bali, selanjutnya perjalanan menggunakan kapal penyeberangan ferry. Dari stasiun Ketapang ke Pelabuhan Ketapang jaraknya tidak jauh kok, hanya sekitar 500 meter dan ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Untuk tiket penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk sebesar Rp 11.600. Murah banget kan. Lama perjalanan sekitar 45 menit.

Liburan hemat naik kereta


Setibanya di Pelabuhan Gilimanuk, lanjutkan perjalanan menuju Terminal Gilimanuk dengan jarak tempuh, sekitar 200 meter saja. Barulah dari Terminal Gilimanuk, naik bus Sehati dengan tujuan Terminal Ubung Denpasar. Tarif bus Sehati 50 ribu dengan lama perjalanan sekitar 5-6 jam. Dari Terminal Ubung Denpasar menuju Kuta Parkir Sentral bisa menggunakan Bus Kota Trans Metro Dewata dengan harga Rp 4.400. Lama perjalanan plus minus 1 jam tergantung kemacetan lalu lintas.

Rincian Biaya Perjalanan Jakarta-Bali Rute Menggunakan Kereta Api Jalur Utara

Kereta Api Airlangga         : Rp 104.000

Commuter Line Sindro           : Rp 4.000

Kereta Api Probowangi          : Rp 56.000

Ferry Ketapang-Gilimanuk      : Rp 11.600

Bus Sehati                            : Rp 50.000

Trans Metro Dewata              : Rp 4.400

Total                        : Rp 230.000

2.     Jakarta-Bali Naik Kereta Rute Jalur Selatan

Sama seperti rute kereta api jalur utara, jalur Selatan pun bisa dilakukan dengan memilih titik start stasiun pasar Senen. Opsi terbaik yang bisa digunakan menuju ke Bali dari Jakarta menggunakan kereta api dimulai dengan Kereta Api Cikuray dengan rute Pasar Senen-Kiaracondong seharga 45 ribu. Berangkat dari Senen pukul 17.40 dan tiba di Kiaracondong pukul 21.07.

Dari Stasiun Kiaracondong, selanjutnya perjalanan menggunakan Kereta Api Kahuripan menuju Blitar. Perjalanan dimulai dari pukul 22.15 dan tiba di Blitar sekitar pukul 12.10 keesokan harinya. Harga tiket KA Kahuripan sebesar 84 ribu.

Perjalanan dilanjutkan menggunakan CL Dhoho CL Penataran Ekonomi menuju stasiun Kota Malang dengan harga tiket 12 ribu. Pilihlah jadwal perjalanan pukul 13.40 dan akan tiba di Malang sekitar pukul 15.52.

Setibanya di Malang, perjalanan dilanjutkan menuju stasiun Ketapang di Banyuwangi menggunakan kereta Tawang Alun. Kereta ini berangkat pukul 16.46 dan tiba di Ketapang sekitar pukul 23.40.

Sama seperti jalur utara, menggunakan rute kereta api untuk liburan hemat Jakarta Bali menggunakan kereta api via jalur Selatan berhenti di stasiun Ketapang kemudian dilanjutkan menuju Pelabuhan Ketapang dengan berjalan kaki.

Stasiun Kereta Api

Untuk menyeberang, tetap sama menggunakan ferry Ketapang-Gilimanuk dan dari Gilimanuk ke Terminal Ubung menggunakan bus sehati. Begitupun dari terminal Ubung ke Kuta Parkir Sentral bisa menggunakan Bus Kota Trans Metro Dewata dengan harga Rp 4.400.

Rincian Biaya Perjalanan Jakarta-Bali Rute Menggunakan Kereta Api Jalur Selatan

Kereta Api Cikuray             : Rp 45.000

Kereta Api Kahuripan       : Rp 84.000

CL Dhoho CL Penataran        : Rp 12.000

Tawang Alun                         : Rp 62.000

Ferry Ketapang-Gilimanuk      : Rp 11.600

Bus Sehati                            : Rp 50.000

Trans Metro Dewata              : Rp 4.400

Total                          : Rp 269.000

3.     Jakarta-Bali Naik Kereta Rute Jalur Tengah

Selain menggunakan jalur utara dan Selatan, liburan hemat Jakarta Bali menggunakan kereta api juga bisa via jalur Tengah. Dengan titik keberangkatan yang sama yaitu stasiun pasar senen. Dari stasiun pasar senen menggunakan kereta Progo dengan tujuan stasiun Lempuyangan di Yogyakarta. Kereta berangkat pukul 23.00 dan tiba di Lempuyangan sekitar pukul 07.05 keesokan harinya. Untuk harga tiketnya sendiri di 190 ribu.

Nah, dari stasiun Lempuyangan, perjalanan selanjutnya menuju stasiun Ketapang dengan menggunakan kereta api Sri Tanjung yang berangkat sekitar pukul 07.20 dan tiba di Ketapang sekitar pukul 20.10. Adapun harga tiket kereta Api Sri Tanjung rute Lempuyangan-Ketapang adalah 94ribu.

Kereta Api


Sama seperti jalur utara dan Selatan, setelah tiba di stasiun Ketapang tinggal jalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang dan selanjutnya menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk menggunakan Ferry. Setelah itu lanjut menggunakan bus Sehati menuju terminal Ubung sebelum akhirnya menggunakan Bus Kota Trans Metro Dewata menuju Kuta Parkir Sentral.

Rincian Biaya Perjalanan Jakarta-Bali Rute Menggunakan Kereta Api Jalur Tengah

Kereta Api Progo              : Rp 190.000

Kereta Api Sri Tanjung           : Rp 94.000

Ferry Ketapang-Gilimanuk      : Rp 11.600

Bus Sehati                            : Rp 50.000

Trans Metro Dewata              : Rp 4.400

Total                        : Rp 350.000

Kesimpulan Liburan Hemat Jakarta Bali Via Kereta

Secara umum, liburan hemat Jakarta Bali naik kereta bukanlah seluruhnya menggunakan kereta api tetapi gabungan kereta api, kapal ferry dan bus. Adapun rute terhemat yang bisa digunakan adalah via kereta Jalur Utara dengan total biaya dari Jakarta hingga Bali sekitar Rp 230.000 dan lama perjalanan sekitar 1,5 hari.


Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.