MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Memilih Bengkel yang Tepat Untuk Ganti Oli Mesin

Tips Memilih Bengkel yang Tepat Untuk Ganti Oli Mesin
Add Comments
12 December 2023

Ingat ya bro. Punya kendaraan bermotor itu jangan Cuma untuk dipakai enaknya saja. Dipakai wara-wiri kesana kemari tetapi tidak pernah diperhatikan jadwal servicenya. Kayak kita juga loh, kala dipaksa kerja terus lama kelamaan bisa stres. Begitu juga kendaraan”. Begitu lah celoteh temen, kala melihat kilometer mobil tapi belum dilakukan service berkala.

Tips memilih bengkel untuk ganti oli

Terkadang memang alasan klise. Jika tidak menyempatkan diri untuk mencari bengkel ganti oli untuk kebutuhan mobil. Alasannya selalu sibuk kerja. Jika hari biasa, mobil digunakan untuk kerja, tetapi jika hari libur, mobil digunakan untuk jalan-jalan Bersama keluarga. Jadinya, urusan service dan ganti oli terabaikan. Nah, kalau sudah seperti ini malah bahaya. Kendaraan tidak akan selamanya berada pada kondisi prima.

Manfaat Oli Pada Kendaraan

Tahu nggak, jika oli pada kendaraan itu memiliki banyak manfaat. Meskipun bentuknya cairan, tetapi memiliki peranan penting antara lain:

1.         Mengurangi gesekan part mesin

Mesin kendaraan ketika beroperasional maka akan mengalami proses maju mundur, atau berputar. Kebayang kan, jika berputar pastinya akan mengalami gesekan antar bagiannya. Selama proses ini, maka kehadiran oli atau pelumas pada mesin akan mengurangi gesekan tersebut sehingga bagian-bagian mesin tetap awet sekaligus mencegah terjadinya kerusakan mesin.

2.         Menjaga suhu mesin tetap stabil

Tahu kan ya, jika mesin dari kendaraan bermotor dalam posisi aktif, maka lama kelamaan suhu mesin akan meningkat. Salah satu manfaat pelumas adalah menjaga kestabilan suhu mesin dengan menyerap kelebihan suhu dan menyalurkan secara merata pada semua lapisan dari pelumas itu sendiri.

3.         Melindungi dari proses pengkaratan mesin

Layaknya material yang mengandung besi, jika teroksidasi dan terkontaminasi maka lama kelamaan bagian dari mesin juga akan mengalami proses karat. Nah, fungsi dari pelumas yang ada pada mesin adalah mencegah proses oksidasi material mesin agar tidak mengalami karat.

4.         Mencegah terjadinya turun mesin

Paling bahaya adalah ini, turun mesin. Meskipun pelumas terlihat hanyalah sebuah cairan saja. Tetapi bisa jadi, pelumas tersebut adalah cairan Ajaib untuk mesin kendaraan motor yang kita miliki. Kehadiran oli mesin yang rutin diganti akan mengurangi resiko turun mesin.

Jelas banget kan, manfaat oli mesin kendaraan yang bakal membantu dalam menjaga performa mesin tetap optimal.

Manfaat pelumas

Memilih Bengkel Ganti Oli

Jika sudah tahu manfaat dari proses ganti oli secara rutin, pastinya tidak akan ada lagi alasan untuk tidak ganti oli. Makanya, penting banget memilih bengkel ganti oli yang tepat dengan berbagai keuntungan dan keunggulan.

Berikut beberapa alasan yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih bengkel untuk ganti pelumas.

1.       Lokasi bengkel yang mudah ditemui

Lokasi bengkel yang dekat dengan rumah atau tempat kerja bisa menjadi poin plus dalam memilih bengkel untuk ganti oli. Semakin mudah lokasi dan aksesnya maka semakin besar peluang bengkel tersebut difavoritkan. Apalagi jika sudah terafiliasi dengan layanan service seperti Otoklix dengan standar pelayanan prima.

2.       Menjual pelumas asli (original) dengan beragam pilihan merek

Salah satu kekhawatiran jika bengkel tersebut abal-abal adalah kualitas oli yang digunakan. Bisa jadi, oli tersebut bukan lah original pabrikan. Makanya, jangan sampai salah dalam memilih bengkel tempat ganti oli. Pilihlah bengkel yang memberikan layanan penjualan pelumas original dengan berbagai merek yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan kita.

3.       Memberikan layanan service tambahan

Umumnya bengkel bukan hanya menyediakan layanan ganti oli saja tetapi juga bisa memberikan general service dalam waktu bersamaan. Hal ini sangat membantu pemilik kendaraan. Bukan hanya sekadar mengganti oli saja untuk menghindari keausan mesin tetapi juga bisa mengecek kondisi lain dari kendaraan.

Baca juga: tips mempersiapkan motor

4.       Harga kompetitif

Masing-masing bengkel pastinya sudah memiliki standar harga, tetapi terkadang suka dongkol juga kan, jika hanya ganti oli tapi total harganya selangit. Nah, pilihlah bengkel dengan harga kompetitif. Bisa dengan cara cek aplikasi penyedia bengkel atau bisa dengan cek ulasan bengkel tersebut di google. Simple kan

Memilih Bengkel


Jadi, apapun kesibukan kita jangan lupa untuk memberikan perhatian terhadap kendaraan yang menjadi moda transportasi mobilitas selama ini. Ganti oli tepat waktu di bengkel yang tepat bisa membantu terhindar dari kerusakan mesin yang lebih parah. Percaya deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.