MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Tips Mempersiapkan Motor Untuk Perjalanan Mudik

Tips Mempersiapkan Motor Untuk Perjalanan Mudik
Add Comments
19 April 2023

Musim mudik telah tiba. Sebagai warga Jabodetabek yang terbiasa menggunakan motor untuk aktivitas sehari-hari pastinya nggak akan ketinggalan juga untuk menggunakan motor tersebut ketika berkunjung ke kampung halaman.

Tips mempersiapkan motor untuk perjalanan mudik

Nah, berhubung lebaran sudah semakin dekat. Bagi yang ingin menggunakan motor di kampung nantinya, jangan lupa untuk tetap mempersiapkan motor dengan baik. Apalagi biasanya kondisi jalan dan medan di kampung tidak semulus jalan ibukota.

Maka dari itu, perlu banget untuk tahu dan paham dalam mempersiapkan motor sebelum digunakan untuk mudik atau penggunaan di kampung nantinya. Agar semua berjalan lancar dan tetap selamat.

Tips Mempersiapkan Motor Untuk Mudik

Sebenarnya, sekarang banyak banget program dari pemerintah maupun pihak swasta terkait pengiriman motor gratis ke beberapa destinasi kota di pulau Jawa. Program ini benar-benar membantu nih, agar para pemudik bisa mengirimkan motornya terlebih dahulu. Jadi nggak perlu repot-repot nantinya harus mengendarai motor dari ibukota ke kampung halaman.

Tetapi, biasanya ada juga yang memiliki banyak pertimbangan untuk mengendarai sendiri motornya. Entah itu karena motor masih digunakan untuk aktivitas kerja sehingga baru bisa digunakan mudik hanya pada saat cuti bersama. Atau karena memang lebih nyaman membawa sendiri motor untuk melintasi jalur mudik. Jika pilihannya seperti itu, maka sebaiknya perhatikan tips mempersiapkan motor untuk mudik berikut:

1. Lakukan General Service Motor Terlebih Dahulu

Bagi sebagian pemudik pengguna motor sering banget lupa untuk melakukan general service sebelum mudik. Padahal urusan service ini penting banget loh. General service untuk motor bertujuan untuk memastikan motor dalam kondisi prima sekaligus mengecek apakah ada sparepart motor yang perlu untuk diganti. Tujuannya jelas, agar ketika motor digunakan tidak menimbulkan masalah nantinya. Apalagi digunakan untuk perjalanan jauh.

Service Motor

Biasanya banyak alasan orang tidak melakukan service motor karena sibuk kerja dan tidak punya waktu. Solusinya sih simpel, tinggal cari service center di sekitar area kerja. Biasanya service center ini, motor bisa ditinggal dan jika sudah selesai, pihak service center akan menghubungi untuk jadwal pengambilan motor yang sudah di service. So, pastikan melakukan service motor sebelum mudik.

2. Gunakan Pakaian Standar Keselamatan Pengendara Sepeda Motor

Berbicara dengan standar keselamatan berkendaraan tidak terlepas dari apa-apa saja yang digunakan agar selama berkendara khususnya kendaraan bermotor tetap nyaman. Ada beberapa pakaian standar yang perlu dipersiapkan jika ingin mengendarai motor jarak jauh:

a) Jaket

Fungsi jaket kala berkendara bukan hanya sebagai aksesoris pakaian tetapi juga berfungsi sebagai pelindung tubuh. Kebayang kan kondisi perjalanan yang banyak angin, panas terik, hujan, debu dan lain-lain. Nah, jaket disini melindungi tubuh dari berbagai kondisi jalanan tersebut agar tetap nyaman selama perjalanan. Sebaiknya pilih jaket tebal berbahan dasar dari kulit.

b) Celana Panjang

Salah satu pakaian standar yang digunakan pemotor untuk mudik adalah celana panjang. Tujuannya agar seluruh bagian kaki terlindungi selama perjalanan. Pilihlah celana panjang berbahan dasar jeans agar lebih nyaman selama berkendara.

c) Sepatu

Penting banget untuk menggunakan sepatu kala mudik bersama motor kesayangan. Sepatu akan membantu melindungi kaki dari kerikil dan debu jalanan. Selain itu juga menjaga kestabilan pijakan kala berhenti.

d) Helm SNI

Perlu diketahui bahwa, helm SNI (Standar Nasional Indonesia) sudah menjalani berbagai tes dan uji kelayakan agar bisa melindungi para pengguna motor jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Makanya penting banget memilih helm SNI minimal half face.

Asuransi Motor

3. Hindari Membawa Barang Berlebih

Sedari dulu hal yang berlebih itu nggak bagus. Apalagi buat para pemudik menggunakan sepeda motor. Penting banget untuk diketahui bahwa, motor itu didesain hanya untuk membawa satu orang pengemudi dan satu penumpang. Untuk urusan barang, bisa memanfaatkan bagasi motor atau space di sekitar area kaki pengemudi motor. Tetapi ingat jangan sampai barang yang dibawa mengganggu kenyamanan dan konsentrasi berkendara.

4. Pastikan Kembali Kondisi Motor

Ini yang sering dilupakan oleh para pemudik sepeda motor, yaitu memastikan kembali kondisi motor sebelum tancap gas. Ada beberapa hal yang perlu dipastikan kembali agar nanti tidak menimbulkan masalah. Mulai dari tekanan ban, lampu sein dan rem, kondisi rem serta mengisi bahan bakar hingga penuh.

5. Manfaatkan Selalu Area Istirahat di sepanjang Jalur Mudik

Naik motor itu biasanya lebih lelah dibandingkan menggunakan mobil. Makanya penting untuk menjaga kondisi tubuh dan selalu istirahat jika diperlukan. Urusan istirahat bukan berdasarkan jarak yang sudah ditempuh tetapi berdasarkan waktu tempuh. Bagi pengendara motor, sebaiknya istirahat diperlukan ketika sudah menempuh waktu 2-hingga 2,5 jam.

Gunakan area peristirahatan terdekat untuk merilekskan kondisi tubuh bila perlu lakukan peregangan dan gerakan-gerakan simpel lainnya agar otot tidak kaku. Selama istirahat, pastikan juga kembali kondisi motor tetap prima.

6. Pilih Asuransi Perjalanan

Banyak yang beranggapan bahwa asuransi perjalanan itu tidak penting. Padahal fungsi dari asuransi adalah untuk melindungi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, berhubung mudik menggunakan motor juga memiliki resiko sepanjang perjalanan maka perlu banget loh mempersiapkan asuransi perjalanannya.

Tetapi namanya orang awam, terkadang bingung dalam memilih asuransi motor yang tepat. Apalagi jika baru pertama kali menggunakan dan untuk keperluan mudik. Mau tanya teman, belum tentu punya jawaban pasti. Yang ada malah, jawaban ngambang.

Nah, jika bingung ingin memilih asuransi motor sesuai kebutuhan maka sebaiknya cek langsung saja di cekpremi.com sebagai salah satu portal online yang membantu dalam memberikan informasi dan perbandingan berbagai produk asuransi. Jadi pastinya nggak akan bingung lagi dalam menentukan jenis asuransi yang ingin digunakan.

So, buat kalian yang ingin mendapatkan informasi perbandingan berbagai jenis asuransi jangan sungkan-sungkan untuk cek langsung di cekpremi.com agar mudik aman, lancar dan selamat sampai tujuan. Ingat selalu, safety first and safety riding.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.