MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Menjadi Surveyor Lapangan dengan Dukungan Laptop Bisnis HP Dragonfly G4

Menjadi Surveyor Lapangan dengan Dukungan Laptop Bisnis HP Dragonfly G4
Add Comments
29 October 2023

Bekerja sebagai surveyor lapangan itu memang sesuatu. Selain dibutuhkan fisik yang kuat dan senantiasa sehat juga pastinya dukungan device yang mumpuni, terutama untuk urusan laptop. Makanya tidak heran jika laptop bisnis HP Dragonfly G4 adalah pilihan yang tepat.

surveyor

Jujur, menjadi surveyor lapangan itu dibutuhkan mobilitas cepat dan kemampuan dalam mengolah data dengan cepat pula. Bahkan dalam sehari, itu terkadang bisa mengunjungi lebih dari satu lokasi. Bukan hanya lokasi yang berada di kota besar tetapi sering juga lokasi yang berada di pedalaman tanpa sinyal.

Fisik sudah pasti harus dijaga, apalagi jika yang di survey langsung beberapa tempat sekaligus. Saya pernah melakukan perjalanan dinas dengan beberapa moda transportasi dalam sehari. Kala itu perjalanan dinas menuju salah satu lokasi di pulau Salawati Papua Barat.

Dari Jakarta ke Sorong menggunakan pesawat. Terus dilanjutkan perjalanan darat menggunakan mobil menuju pelabuhan Sorong. Habis itu menggunakan kapal untuk menyeberang ke Pulau Salawati baru kemudian lanjut menggunakan mobil lagi ke lokasi kerja. Perjalanan seperti ini saja membutuhkan waktu 1 hari perjalanan. Makanya butuh banyak persiapan agar pekerjaan lancar dan juga tetap sehat.

Syarat Menjadi Surveyor Tangguh

Mungkin masih banyak yang belum tahu, pekerjaan surveyor itu seperti apa sih? Jadi, seorang surveyor itu biasanya bertugas untuk mengumpulkan data langsung dari lapangan. Nah, data yang dikumpulkan ini banyak jenisnya tergantung dari perusahaan pengirim surveyor.

Contohnya nih ya, seorang surveyor kesehatan maka biasanya mengumpulkan data berupa data jenis kelamin, angka kelahiran dan kematian hingga angka gizi suatu lokasi.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi surveyor tangguh yaitu:

1. Harus sesuai dengan jurusan

Beberapa jurusan yang berpeluang menjadi surveyor ketika kerja nantinya adalah jurusan FKM, jurusan kedokteran, jurusan sains, jurusan yang ada di teknik dan jurusan analis data. Nah, jurusan-jurusan ini lah nantinya bisa menjadi surveyor ketika terjun ke dunia kerja.

2. Memiliki passion kerja di luar kantor alias lapangan

Banyak loh orang ketika interview, cenderung memilih untuk kerja di dalam kantor. Nah, berbeda dengan surveyor yang lebih dari 50% area kerjanya itu di luar kantor alias lapangan. Makanya tidak heran jika para surveyor tangguh itu passionnya memang kerja di luar, bukan di dalam ruangan ber-AC layaknya kantor.

3. Terbiasa travelling

Bagi sebagian surveyor, traveling sudah menjadi satu kesatuan dalam kerja. Banyak diantara para surveyor sejati selalu menjadikan pekerjaannya juga sebagai ajang traveling ke tempat-tempat baru.

4. Teliti dan cekatan terhadap informasi

Ini penting banget loh. Seorang surveyor, harus memiliki kemampuan teliti dan cekatan terhadap informasi yang didapatkan. Jangan sampai sudah terjun ke lapangan, eh datanya malah tidak akurat.

5. Memiliki kesehatan dan fisik yang mumpuni

Kebayang nggak sih, jika kesehatan dan fisik para surveyor tidak mumpuni. Alih-alih pekerjaan beres yang ada malah menambah beban baru ke timnya. Makanya penting banget untuk memiliki kesehatan dan fisik yang mumpuni

Peralatan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Surveyor

Pernah dengar kalimat ‘alat perang’? Nah, bagi seorang surveyor ‘alat perang’ yang dimiliki kala terjun ke lapangan juga harus lengkap. Mulai dari buku catatan, peralatan sampling, peralatan dokumentasi hingga device atau laptop untuk media penyimpanan data dan pengolahannya.

Beberapa surveyor malah sudah dilengkapi dengan peralatan canggih untuk sampling termasuk peralatan untuk kondisi darurat. Seperti tali sling untuk mobil dan peralatan P3K yang selalu stand by di kendaraan.

Kondisi jalan ketika menjadi surveyor
Kondisi salah satu jalan di area kerja para surveyor

Khusus untuk media dokumentasi, tidak jarang loh para surveyor memiliki kamera mumpuni sekelas mirrorless atau DSLR. Devices ini dibutuhkan agar kualitas foto yang didapatkan itu baik dan mudah untuk di adjust jika dibutuhkan nantinya.

Bukan hanya itu saja, seorang surveyor pastinya juga membutuhkan yang namanya laptop kerja. Nah, laptop ini lah nantinya yang bakal sering digunakan sepanjang hari. Entah untuk transfer hasil dokumentasi atau untuk mengolah data dan membuat laporan. Intinya, bakal sering banget digunakan dan dibutuhkan laptop yang tahan banting, alias bisa diajak kerja keras.

Dukungan Laptop Bisnis HP Untuk Menunjang Pekerjaan Seorang Surveyor

Menjadi seorang surveyor pastinya membutuhkan dukungan laptop yang tepat. Seperti yang ditawarkan oleh laptop bisnis HP. Meskipun ada kata bisnis yang disematkan, bukan berarti Laptop Bisnis HP hanya bisa digunakan oleh para pebisnis saja. Anda salah besar.

Laptop Bisnis HP maksudnya adalah laptop HP yang ditujukan untuk mendukung pekerjaan dengan menghadirkan fitur-fitur mumpuni dan kelas dunia. Fitur-fitur yang ditawarkan ini lah nantinya yang akan membantu dan memudahkan pekerjaan kedepannya.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh laptop bisnis HP yang bakal menunjang pekerjaan seorang surveyor tentunya antara lain:

1. HP Wolf Security

Fitur HP Wolf Security pastinya menjadi salah satu fitur yang membuat tenang dan secure bagi seorang surveyor. Fitur ini membantu dalam melindungi data yang ada pada laptop agar lebih aman. Tahu sendiri kan, kalau data adalah hasil nomor satu bagi seorang surveyor. Selain itu dengan kecanggihan fitur HP Wolf protect and trace, para pemilik laptop bisa melacak keberadaan laptopnya ketika hilang atau dicuri kemudian bisa melakukan penguncian laptop atau bisa langsung menghapus semua data yang ada di laptop bisnis HP. Tujuannya agar data yang ada tidak disalahgunakan.

Teknologi HP Wolf Security pada laptop bisnis HP Dragonfly G4

2. Didukung dengan prosesor canggih dari Intel

Sudah sejak dahulu, intel terkenal sebagai penyedia processor canggih sekaligus uptodate terhadap perkembangan kebutuhan pasar. Nah dengan hadirnya processor canggih dari intel seperti intel core generasi ke-13 maka kecepatan laptop Bisnis HP dalam pemrograman, pengolahan data dan multitasking benar-benar nyaman. Dan hal ini pastinya disukai oleh para surveyor.

3. Tipis dan ringan

Salah satu yang membuat nyaman para surveyor dalam bekerja dan bepergian adalah membawa laptop yang tipis sekaligus ringan. Makanya, dengan hadirnya laptop bisnis HP dengan penawaran menarik berupa laptop tipis sekaligus ringan pastinya bakal menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan pilihan oleh para surveyor. Seperti laptop bisnis HP Dragonfly G4.

Laptop HP Dragonfly G4

Spesifikasi Laptop Bisnis HP Dragonfly G4

Kata orang, tak kenal maka tak sayang. Makanya penting juga untuk mengetahui terlebih dahulu spesifikasi dari laptop Bisnis HP Dragonfly G4 sebagai salah satu laptop HP yang bisa digunakan oleh para surveyor.

Spesifikasi laptop HP Dragonfly G4

Menarik banget kan ya. Spesifikasi dari GP Dragonfly G4 ini benar-benar luar biasa. Dari segi prosesor, storage, berat dan konektivitas semuanya menggunakan teknologi terbaik. Dan pastinya, spesifikasi tersebut benar-benar bakal membantu para surveyor nantinya dalam bekerja.

Bukan hanya sebagai media untuk menyimpan dan mengolah data, tetapi nantinya bakal menjadi teman setia yang bisa dibawa kemana-mana. Display lebar dan tidak kecil serta keyboard yang sudah dilengkapi dengan backlit sehingga nggak perlu lagi khawatir kerja di area yang penerangannya kurang.

Laptop bisnis HP

Saya sih yakin. Kehadiran Laptop Bisnis HP Dragonfly G4 bisa menjadi salah satu device terbaik yang bakal mendukung pekerjaan nantinya. Apalagi dengan spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki, benar-benar menjawab dan memenuhi kebutuhan pekerja yang terbiasa di luar kantor.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.