MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Begini Loh Keunggulan Memilih Jasa Pengiriman Paket Besar yang Terpercaya

Begini Loh Keunggulan Memilih Jasa Pengiriman Paket Besar yang Terpercaya
Add Comments
4 October 2023

Siapa sih yang tidak kenal dengan Jepara? Selain sebagai kota asal dari R.A Kartini, Jepara juga dikenal sebagai penghasil furniture kayu jati terbaik di Indonesia. Saya sendiri ketika berkunjung ke Jepara sangat takjub dengan berbagai model kursi, meja, lemari, hingga bentuk olahan kayu jati lainnya. 

UMKM Furniture

Makanya, tidak heran jika kreativitas para pengusaha furniture kayu jati di Jepara itu juara. Bukan hanya mengandalkan kekuatan dari kayu jati, tetapi juga bentuk dan pilihan model yang beragam.

Bagi warga yang tinggal di sekitar Jepara seperti Kudus, Pati, Demak atau malah kota Semarang biasanya jika membeli furniture di Jepara bakal langsung diantar oleh para pemilik UMKM. Tetapi masalahnya jika yang beli adalah di luar jangkauan tersebut? Ini akan jadi kendala baik oleh pihak pembeli maupun pihak penjual.

Kendala Pembelian Furniture

Berbicara tentang pembelian furniture, berikut beberapa kendala terkait pembelian yang sering terjadi:

1. Kendala Jarak

Untuk urusan pick up dan delivery furniture kayu jati di Jepara, umumnya hanya melayani daerah lokal. Masalahnya adalah, jika pembeli di luar pulau jawa yang ingin memiliki furniture kayu jati khas Jepara harus mikir ratusan kali karena jarak tempuhnya yang jauh.

Dengan jarak tempuh beda pulau, dari pihak pemilik UMKM pun tidak berani memberikan jasa pengiriman langsung. Apalagi jika belinya hanya dalam jumlah sedikit seperti sepasang kursi jati saja atau satu buah meja kayu jati saja. Ini kan ukurannya nanggung. Jika masalah jarak seperti ini tidak terselesaikan, maka mau nggak mau pembeli bakal memikirkan cara mengatasi masalah jarak ini.

2. Kendala Biaya

Jujur, urusan biaya juga menjadi perhatian kala membeli furniture. Apalagi jika furniture seperti buatan Jepara dari kayu jati. Saat ini kan memang banyak jasa pengiriman berbasis ekspress, alias serba kilat dengan biaya terjangkau jika beratnya hanya sekitar 1-3 kilogram saja. Tetapi kebayang nggak sih, jika membeli furniture tanggung kayak sepasang kursi kayu jati tadi?

Jika mengandalkan tarif normal dari layanan pengiriman ekspress, bisa-bisa harga beli kursinya lebih murah dibandingkan harga pengirimannya. Tentu ini akan membuat pembeli berpikir ribuan kali untuk membeli furniture tersebut.

3. Tidak Ada Kepastian Waktu

Selain masalah jarak dan biaya, ternyata membeli furniture kayu jati dengan mengandalkan layanan jasa pengiriman barang yang tidak jelas maka urusan kepastian barang diterima juga tidak jelas. Padahal nih ya, orang biasanya membeli barang itu butuh kepastian perkiraan waktu sampai agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan peruntukkan nantinya.

Apalagi berbicara dengan furniture kayu jati. Beberapa model kayu jati jepara ini, biasanya digunakan untuk acara-acara penting seperti pembukaan resto atau cafe atau malah digunakan untuk acara pernikahan.

Kebayang banget kan ya, jika barang ini dibeli untuk acara penting, eh malah tidak datang pada tanggal yang diharapkan. Jadi masalah baru malah.

Makanya penting banget nih, untuk urusan dalam memilih jasa pengiriman yang tepat. Baik oleh pemilik UMKM furniture maupun oleh pihak pembeli.

Jujur, saya sendiri pun pernah merasakan bagaimana tidak adanya kepastian waktu ini menyebabkan saya harus menggunakan planning susulan.

Pengiriman paket besar souvenir pernikahan

“Kala itu, lagi membeli souvenir pernikahan di Jepara untuk dikirim ke Sulawesi. Jumlah itemnya memang ribuan, sehingga mau nggak mau jasa pengiriman barang yang digunakan adalah non express. Lumayan banget soalnya jumlah segitu. Karena ada kendala pada proses produksinya, pengiriman dari Jogjanya terhambat 3 hari dan ternyata ini ngefek banget loh. Souvenir dengan berat sekitar 15 kilo tersebut baru tiba pas H-1 sore. Deg degan banget kan. Awalnya souvenirnya akan diolah kembali sesuai tamu undangan, karena sudah H-1 malah nggak sempat. Padahal dari segi ukuran cuma 2 kardus besar”.

Untungnya, saat ini urusan jasa pengiriman sudah semakin maju dan komprehensif. Jika dulu hanya mengandalkan jasa pengiriman barang yang tidak jelas kantor atau outlet resminya, kini sudah ada kok layanan pengiriman yang jelas, siapa lagi kalau bukan J&T Cargo.

Mengenal Lebih Dekat Jasa Pengiriman J&T Cargo

Jasa pengiriman barang

Urusan paket besar itu memang sesuatu. Seperti yang sudah saya sampaikan di awal tadi. Kendala paket besar seperti masalah jarak karena sulitnya pick up dan drop point, terus biaya pengiriman yang mahal hingga tidak adanya range kepastian waktu membuat J&T Cargo ada untuk mengatasi masalah ini.

J&T Cargo merupakan layanan pengiriman paket besar yang mulai beroperasi pada semester 2 tahun 2021. Segmentasi jasa pengiriman J&T Cargo adalah perusahaan, pabrik, grosir, distributor, retail dan termasuk juga UMKM yang lagi banyak berkembang saat ini

Menariknya, J&T Cargo ini sudah bisa melayani di 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan China untuk berbagai jenis keperluan layanan pengiriman paket besar seperti paket besar e-commerce, paket kecil kargo, standard cargo, cargo besar hingga FTL.

Hingga 31 Agustus 2023, J&T Cargo sebagai jasa pengiriman barang di Indonesia sudah memiliki lebih dari 3200 outlet dengan jumlah karyawan lebih dari 10.000 orang. Makanya, tidak heran jika banyak pelaku UMKM sudah menggunakan jasa J&T Cargo dalam mendukung operasional pengiriman untuk paket besar, termasuk furniture kayu jati yang ada di Jepara.

Keunggulan J&T Cargo Sebagai Jasa Pengiriman Barang

Sejak hadir di tahun 2021 lalu, J&T Cargo terus menunjukkan performa yang signifikan. Seperti jumlah paket yang dihandle, awalnya hanya mencapai sekitar 200 ton per hari kini meningkat hingga 1500 ton per hari. Hal ini tidak terlepas dari keunggulan J&T Cargo itu sendiri antara lain:

1. Variasi pengiriman paket besar

Seperti yang saya sampaikan tadi, bahwa urusan paket besar jelas J&T Cargo pilihannya. Ini dikarenakan J&T Cargo memiliki banyak variasi pengiriman paket besar yang bisa disesuaikan dan pastinya lebih aman. Mulai dari berat 1-68 kilogram, hingga lebih dari 3000 kg. Bahkan untuk layanan pindah rumah antar kota pun, bisa banget loh menggunakan jasa pengiriman barang J&T Cargo.

J&T Cargo Truck

2. Tersebar di seluruh Indonesia

Ini penting, bukan hanya buat para pengguna biasa tetapi juga buat para UMKM. Dengan jumlah sekitar 98 gateway yang dimiliki dan 2500 lebih armada, membuat coverage area yang dijangkau oleh J&T Cargo hingga 98 % se-Indonesia.

Jangkauan ini sangat penting, apalagi mengingat Indonesia memiliki topografi yang sangat berbeda antara satu pulau dengan pulau lainnya. Pastinya sih dengan coverage setinggi itu, para pelaku UMKM tidak lagi khawatir untuk urusan jarak dan waktu tempuh karena sudah teratasi dengan kehadiran J&T Cargo. Lebih terpercaya deh pokoknya.

3. Tersedia layanan lain yang bisa di request

Sebagai penyedia jasa pengiriman profesional, J&T Cargo bukan hanya memberikan layanan pengiriman paket besar saja tetapi juga memberikan jasa layanan lain yang masih relevan dengan supply chain service. Layanan tersebut antara lain seperti penyediaan warehouse, supply chain solution, asuransi pengiriman, DO (Delivery order) return, API System yang terintegrasi hingga fast claim.

Layanan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Khusus untuk asuransi dan nominal klaim itu sudah ada juga cara perhitungannya.

Contohnya nih ya, perhitungan asuransi J&T Cargo untuk perlindungan maksimal semua barang sebesar 0,2% dari harga barang dengan nominal klaim maksimal Rp 200.000.000 per setiap nomor AWB. Jadi, jika harga barangnya Rp 5.000.000 terus biaya pengirimannya sebesar Rp 100.000, maka asuransi yang dibayarkan sebesar Rp 10.000 dan total biaya pengirimannya adalah Rp 110.000.

Nah, dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan dan profesionalisme dari pihak J&T Cargo maka tidak ada salahnya loh untuk mempercayakan pengiriman paket besarmu ke J&T Cargo.

Oh iya. Bagi Para Pelaku Bisnis yang Hendak Mengetahui Lebih Lanjut terkait Pengiriman Barang, Sampaikan Kebutuhanmu melalui bit.ly/JTCargoRangkulUMKM

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.

  1. Nah ini, kalau mau buat usaha yang produknya berat, memang membutuhkan riset menyoal pengiriman sih kak. Untungnya ada Jnt cargo ya yang bisa mempermudah pengiriman

    ReplyDelete
  2. Asuransi sih yang paling dibutuhkan terkait pengiriman cargo, biaya asuransinya terhitung rendah ya di J&T Cargo

    ReplyDelete
  3. Jepara memang sudah terkenal dengan ukirannya. Kursi, lemari, bufet, termasuk ukiran dinding. Dan dulu itu kendalanya memang pengiriman. Tapi sekarang dengan ahdirnya jasa cargo, sudah lebih memudahkan ya, Mas.
    Ini tentu saja meningkatkan pendapat pengrajin ukir juga.

    ReplyDelete
  4. biasanya kalo aku perlu kirim barang dalam jumlah banyak atau besar, aku juga lebih milih j&t cargo kak.. soalnya udah terpercaya dan selalu ontime datangnya

    ReplyDelete
  5. Mantap ya JnT Cargo. Bisa kirim paket besar ke seluruh Indonesia.

    BTW saya asli Jepara hehehe (leluhurnya) tapi tinggal di Malang. Furniture jati Jepara emang bagus2, Kak. Dan awet sampai puluhan tahun.

    ReplyDelete
  6. JnT cargo ini paling oke sih ya di antara yang lain, aku soalnya seriiiing pake ini kalo pesen2 barang, dan sekali ngirim barang jg pake ini oke bangett cepet nyampenyaa padahal antar provinsi

    ReplyDelete
  7. Kalau beli sesuatu memang bagusnya dalam jumlah besar ya kak, terus pakai cargo deh biar lebih hemat juga. Apalagi ini punya proteksi yang besar juga 👍

    ReplyDelete
  8. J&T Cargo memang solusi untuk pengiriman paket besar. Harganya juga lumayan murah kalau untuk kargo paket besar

    ReplyDelete
  9. J & T memang yang paling tepat deh buat pengiriman barang. Aman dan terpercaya

    ReplyDelete
  10. Aku dulu jg pake jasa J&T Cargo ini buat pindahan rumah. Emg harga paketnya sgt terjangkau. Mereka jg gercep dlm bekerja. Terutama saat menaikkan dan menurunkan barang kita dr mobil ke rumah/sebaliknya.

    ReplyDelete
  11. kebetulan ada teman yang mau pindaha dan dia bingung pilih ekspedisinya, terus saya ingat J&T Cargo banyak pilihannya dan melayani banyak tempat, saya langsung rekomendasikan J&T Cargo ini, mereka happy banget karena terbantu

    ReplyDelete
  12. sy pernah dengar teman sy yg pindahan rumah menggunakan ekspedisi cargo, sangat membantu katanya. sy pribadi belum pernah mencoba J&T Cargo ini, mungkin suatu saat bisa menjadi referensi.

    ReplyDelete
  13. Nah, ini. Biasa suka bingung kalau mau kirim atau pesan barang dengan ukuran besar. Ongkirnya itu lho... bisa-bisa lebih mahal ongkir daripada barangnya, hehe. Untungnya sekarang udah ada solusi ya buat kita yang mau kirim paket besar, pake jasa JNT & Cargo.

    ReplyDelete
  14. Pilih jasa pengiriman paket besar memang harus yg pasti aman yah. Solusi banget nih pake jasa J&T Cargo yg udah terpercaya juga.

    ReplyDelete