MASIGNASUKAv102
1508570391356967755

Review Film Jomblo Fi Sabilillah

Review Film Jomblo Fi Sabilillah
Add Comments
6 September 2023

 Ali, kamu harus bisa dapat perempuan untuk dijadikan istri dalam waktu 1 bulan. Kalau tidak, maka Babe akan turun tangan mencarikan wanita sesuai selera Babe. Babe pengen juga nimang cucu kayak tetangga-tetangga lain” Begitulah salah satu percakapan antara Ali dan Babe nya di film Jomblo Fi Sabilillah.

Jomblo Fi Sabilillah

Film ini menarik karena diangkat dari Novel Karya Asma Nadia dan Helvy Tiana Rosa. Saya sendiri mengenal Helvy Tiana Rosa, kala mengisi materi di Kota Palu tahun 2002 silam. Nggak nyangka banget, kali ini berkesempatan untuk hadir dalam Gala Premiere Film ini, 2 September 2023 silam.

Jomblo Fi Sabilillah dibuka dengan pengenalan para tokohnya yaitu Ali (Adhin Abdul Hakim), Yusuf (Ricky Harun), Imron (Masaji Wijayanto) dan  Anton (Mario Irwinsyah). Karakte Jomblo benar-benar melekat pada mereka. Seperti Yusuf, sang ahli bermain bola dan banyak disukai oleh penggemarnya tapi ternyata hatinya tertaut dengan janda bernama Ratih sejak 10 tahun lalu.

Begitupun dengan Imron yang hampir menjadi mahasiswa abadi karena lebih sering nongkrong dibanding serius kuliah. Setali tiga uang, Anton dengan logat khas Sulawesinya adalah yang paling dewasa dan sering hampir nikah meskipun nggak jadi-jadi. Terakhir Ali sebagai karakter tokoh utama yang mendapatkan tantangan dari Babe-nya untuk segera menikah dalam waktu 1 bulan.

Alur Cerita yang Nano-Nano Penuh Canda Tawa

Jujur, nonton film ini, alur ceritanya itu kayak roller coaster loh. Terkadang bercanda, eh tiba-tiba langsung menyedihkan. Bahkan nih, beberapa adegan itu tidak bisa ditebak loh. Meskipun memang plating filmnya oke banget.

Contohnya nih ya, kala si Ali lagi kerja part time sebagai fotografi di acara pesta perkawinan temannya. Ternyata, Ali ini punya penyakit unik loh. Tubuhnya akan memberikan reaksi kala bertemu dengan wanita cantik. Reaksinya pun menarik, mulai dari berkeringat, ekspresi diam hingga pingsan.  

Makanya, mengapa saya bilang nano-nano, jadi kebayang kan ya kala adegan melihat wanita cantik terus si Ali dari awalnya terpana eh tiba-tiba jatuh pingsan.

Gala Premiere film Jomblo Fi Sabilillah

Belum lagi munculnya singkatan menarik atas Geng Jomblo ini yang diberi oleh Ibu Imron. Mereka dijuluki sebagai BUPATI, alias Bujangan Kepala Tiga. Keren sih memang, pemilihan kata dan angel berbagai scene nya. Jenakanya dapat, cerianya dapat dan sedihnya juga langsung terasa.

Sarat Akan Quotes dan Nasehat Hidup

Salah satu ciri khas dari film Asma Nadia, apalagi sekarang berkolaborasi dengan Helvy Tiana Rosa adalah selalu menyematkan nilai moral di setiap adegannya. Termasuk quote-quote unik terkait Jomblo Fi Sabilillah.

“Jomblo Fi Sabilillah adalah jalan hidup yang dipilih dengan cara menjalankan hidup sebagai seorang jomblo dibandingkan pacaran penuh maksiat. Untuk proses mencari jodohnya dengan Taaruf”.

Beberapa Quote menarik yang sempat muncul dalam adegan antara lain:

Pengen Nikah Tanpa Pacaran” mantep banget kan.

Jemuran saja, kalau lambat diangkat bakal hilang. Apalagi perasaan” nah ini nih, jangan sampai telat mengutarakan perasaan.

Shodaqoh itu penolak bala” jadi langsung bisa introspeksi diri juga, sudahkah kita Shodaqoh?

Jodoh itu sudah ada yang atur” bener banget ini mah.


Selain Quote menarik yang sarat akan makna, juga dalam film ini muncul nasehat bijak yang siapapun nonton pasti akan terngiang apalagi kalau bukan:

“Seburuk Apapun Dunia Memperlakukanmu Nanti, Jangan Lupa Untuk Selalu Berbuat Baik”.

Bukan Hanya Tentang Jomblo

Meskipun tema besar dari film ini adalah jomblo, tetapi semua pemain dan karakter didalamnya benar-benar apik dalam menciptakan scene yang layak untuk dinikmati. Nuansa Betawi dan kota Jakarta juga bermunculan di setiap adegan filmnya.

Belum lagi rasa setia kawan di antara para pemain juga ditonjolkan, termasuk sisi melankolis seorang pria. Seperti laki-laki juga berhak menangis, berhak sedih dan berhak untuk menyendiri.

Review Film Jomblo Fi Sabilillah

Makanya tidak heran jika film yang bergenre remaja ini, benar-benar asyik untuk dinikmati. Nah, daripada penasaran seperti apa filmnya, nggak ada salahnya nonton dulu treasure-nya karena film ini baru akan rilis secara serentak di Bioskop kesayangan pada tanggal 14 September 2023.

Pokoknya harus pada nonton ya. Bukan hanya buat mereka yang Jomblo kok, bagi yang sudah berumah tangga juga cocok karena banyak adegan penuh kejutan dan nasehat di dalamnya. Percaya deh.

Talif

Saat ini selain sebagai blogger juga bekerja sebagai technical team khususnya dalam dunia kimia perminyakan.